16 Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Pena, Singkat, Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat – Setiap orang tentu memiliki sahabat, termasuk anda, bukan?. Sebagai sepasang sahabat, tentu akan saling menjaga komunikasi, yang mana sekarang ini bukanlah hal yang susah lagi. Namun sebenarnya anda pun bisa menggunakan surat pribadi untuk sahabat anda, daripada hanya menggunakan media sosial dan media chatting setiap harinya.

Mungkin terdengar agak klasik, namun hal ini patut untuk anda coba. Bagaimana tidak?, sahabat yang anda kirimi surat tentu akan sangat senang dan merasa bahagia, sebab anda bersedia meluangkan waktu dan sedikit repot untuk mengirimkan sepucuk surat untuknya. Berkomunikasi melalui media sosial atau media chatting tidaklah membutuhkan usaha lebih, namun berbeda dengan mengirimkan sepucuk surat.

Anda tidak perlu pintar merangkai kata kata dengan sangat baik, karena surat pribadi untuk sahabat ini termasuk ke dalam surat tidak resmi. Jadi, anda bebas menggunakan bahasa sehari hari dan sesuai dengan bahasa yang anda pergunakan setiap harinya kepada sahabat anda. Selain itu, tidak ada bagian bagian wajib yang terlalu mengikat dalam menulis surat pribadi untuk sahabat.

Ada banyak jenis dan macam surat pribadi untuk sahabat yang bisa anda gunakan, seperti surat untuk sahabat pena dalam bahasa Inggris, surat untuk sahabat pena singkat, surat untuk sahabat sejati singkat, ataupun sekedar surat pendek untuk sahabat.

Walaupun sudah jarang digunakan, namun mengirimkan surat pribadi untuk sahabat bukan berarti tidak bisa dilakukan. Sahabat akan bisa menyimpan surat dari anda, untuk dijadikan kenang kenangan, dan itu tentu saja sangat spesial. Tidak seperti chatting yang bisa terhapus kapan saja tanpa meninggalkan bekas.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Untuk anda yang ingin memberikan sesuatu hal yang spesial untuk sahabat, nampaknya tidak salah jika menggunakan surat pribadi. Ya, sebut saja ketika anda ingin menanyakan kabar, mengucapkan selamat atas sesuatu hal yang diraihnya, ataupun sekedar bercerita mengenai cita cita atau liburan yang anda lewati. Namun tidak bisa dipungkiri jika mungkin menulis surat pribadi untuk sahabat tidak mudah anda lakukan.

Hal ini karena jenis surat yang satu ini memang sudah sangat jarang dipergunakan dan mulai ditinggalkan. Namun jika anda berniat, tidak ada salahnya untuk mencari contoh surat di internet, khususnya surat pribadi untuk sahabat. Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi untuk sahabat yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Dalam Bahasa Inggris Mengucapkan Selama Ulang Tahun

Mengucapkan selama ulang tahun melalui media sosial?, sudah terlalu mainstream. Menunggu jam 12.01 malam dan mengirimkan chat berisikan ucapan selamat ulang tahun?, nampaknya tidak kalah mainstream juga. Coba deh anda sesekali mengucapkan selama ulang tahun dengan menggunakan surat pribadi, dijamin akan sangat berkesan. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat untuk sahabat dalam bahasa Inggris mengucapkan selama ulang tahun di bawah ini.

Medan, September, 10 2019

To :
Intan Permatasari
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Hi Intan,
Happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthday, happy birthday, happy birthday to you.

Days change days, weeks change weeks, months change months, and years change year, your age is now 17 years old. It doesn’t feel you are getting older now and have become a beautiful girl. I am very grateful to have friends as good as you and I will never forget you.

Happy birthday Intan, all the best prayers from me for you. I hope you are more beautiful, smarter, and more affectionate to your parents, and more affectionate with me. Intan, about gifts, I give them tomorrow morning on campus, ok?.

Once again, happy birthday Intan, i love you.

Your Friend,

Dewi Cahaya.

2. Contoh Surat Sahabat Pena Dalam Bahasa Inggris Mengenai Liburan

Ketika libur musim tiba,  maka biasanya setiap orang akan mempergunakan hari libur dengan sebaik mungkin. Nah, jika anda memiliki sahabat, tidak ada salahnya dong menceritakan pengalaman liburan anda kepada mereka. Namun agar lebih istimewa, anda pun bisa menulisnya dalam bahasa Inggris. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat pena dalam bahasa inggris mengenai liburan di bawah ini.

Medan, September, 10 2019

Dewi Cahaya
Jl. Arteri No. 123
Pekanbaru

Hi Dewi,
How are you there? I have a ton of stories in my new city. Clearly, this city is exceptionally wonderful and I think I would stay here in a drawn out stretch of time. A week ago, I visit to numerous extraordinary places, for example, shoreline, waterfall, and hot showering spot.

My family and I went in the morning to visit the shoreline and we went for surfing. As I would like to think, that was the best surfing place ever. In the event that you are traveling to my city, you will locate the huge waves and you’ll adore it. At that point, I went to the waterfall. I felt how the waterfall falling into my body and it was extremely energizing. Shouldn’t something be said about the hot washing spot? I would prefer not to let you know now, on the grounds that I need you to visit here so we can appreciate those spots together. It is a decent city, particularly for the traveler destinations.

Ideally we can meet soon, my closest companion.

Best Regard,

Intan Permatasari.

3. Surat Untuk Sahabat Pena Dalam Bahasa Inggris di Luar Negeri

Anda mungkin saja memiliki sahabat yang tinggal di luar negeri karena melanjutkan pendidikan ataupun karena pekerjaan. Nah, untuk melepas rindu, anda pun bisa mengirimkan surat kepadanya. Untuk lebih memberinya kejutan, anda pun bisa menulis surat tersebut dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat pena dalam bahasa inggris di luar negeri di bawah ini.

Medan, September, 10 2019

To My Belove Friend
Intan Permatasari
Arteri Road
Paris

Hello Intan,
How are you today? Hopefully you are fine. It’s been a while since you left me here alone, huhuhu so sad. My family and I here are missing you a lot.

How is Paris? I guess it’s very beautiful. Winter is coming soon right? Ah, I really want to know how the winter is. But, most Importantly, please wear warm outfits and don’t get sick.

And how about your college life? Is it run smoothly as you expected. I guess you will be the best in the class because you are the smartest one haha. Oh, By the way I will be starting my study in January. I’m very excited about it, because it is the first college class. I take English Education as my majority.

Okay, I think that’s all for now. I want to hear everything about your new life in Paris. Please don’t forget to reply my letter! See you and good luck.

With Love,

Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Pena

Mencari sahabat memang bukanlah semudah mencari musuh. Bahkan banyak orang yang bilang kalau sahabat itu jauh lebih daripada sekedar teman. Maka dari itu, jagalah hubungan baik dengan sahabat pena anda, salah satunya dengan memberikannya kejutan berupa sepucuk surat untuk sahabat pena singkat ataupun surat untuk sahabat sejati singkat. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat untuk sahabat pena di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Muhammad Ilham
Jl. Mahameru No. 123
Jakarta

Hai Ilham, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Medan. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu sobat. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dan keluarga berencana pulang ke Jakarta untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Ilham.

Oh iya Ilham, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Pena Berupa Permintaan Maaf

Sepasang sahabat pena bukan berarti bisa dipastikan terlepas dari masalah dan kesalahpahaman. Mungkin saja anda berbuat kesalahan kepada sahabat, hanya karena masalah sepele dan membuatnya marah. Sebagai seorang sahabat, maka anda pun bisa meminta maaf kepadanya. Jika segan meminta maaf secara langsung, maka anda bisa menggunakan sepucuk surat untuk sahabat pena berupa permintaan maaf, walaupun hanya berisikan contoh surat sahabat pena singkat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat buat sahabat berupa permintaan maaf di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Intan Permatasari

Intan Sahabatku,
Aku ingin meminta maaf atas kelakuanku terakhir kali pada saat itu. Setelah beberapa refleksi jelas bahwa bukan salah kamu, bahwa aku putus dengan pacarku dan mungkin itu yang terbaik untuk kami. Kamu memang benar, tidak ada gunanya memperjuangkan cowok seperti dia.

Maaf aku marah padamu dan menyalahkanmu, aku hanya sedih saja. Aku harap ini tidak akan merusak persahabatan kita dan kita bisa melewati masa ini. Aku mengerti bagaimana perasaan kamu sekarang, dan aku sangat meminta maaf atas kesalahan yang aku perbuat untukmu.

Salam hangat,

Dewi Cahaya.

6. Contoh Surat Sahabat Pena Singkat

Menulis surat pribadi untuk sahabat pena tidaklah harus panjang lebar. Namun yang terpenting adalah anda mau berusaha memberikan sesuatu yang spesial untuk sahabat anda, yakni sepucuk surat untuk sahabat sejati singkat. Walaupun singkat, surat untuk sahabat sejati ini tentu akan sangat membekas di hati sahabat anda. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi pendek untuk sahabat di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku
Dewi Cahaya
Jakarta

Hei, apa kabar kamu Wi? Aku berharap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja Wi.

Eh, Wi, rencananya bulan depan aku mau pergi ke rumah tante aku yang ada di Jakarta lgo. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Bolehkan kalau nanti aku main ke rumahmu? Harus boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku sudah rindu berat dengan kamu Wi. Awas aja kalau tidak boleh!. Jangan marah lho wy, aku cuma bercanda aja kok hehe.

Dewi, kamu masih pelihara kodok gak di rumah? Sekarang udah berapa jumlahnya? Pasti udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh kayak kamu, hehehe.

Dewi, sekian dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Wi. Aku tunggu balasan kamu lho.

Dari temanmu yang cantik,

Intan Permatasari.

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Pena Dalam Bahasa Inggris

Ingin memberikan kejutan untuk sahabat pena?, ya wajar dong karena namanya juga sahabat. Namun jika ingin kejutan yang berbeda, coba deh mengirimkannya sepucuk contoh surat buat sahabat. Kalau perlu, gunakan bahasa Inggris agar lebih terlihat upaya dan usaha anda dalam menulis surat tersebut. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat pena dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, September, 10 2019

My Beloved Friend
Intan Permatasari
Bandung

Dear Intan,
It’s a great pleasure to receive a letter from you. I’m sorry I haven’t written for a long time, I was busy with preparation for exams.

You know, I can’t say that I have some definite duties but I try to help my parents as much as possible. As for me, I hate doing the dishes but unfortunately do it from time to time. However, I like to do my room, it makes me feel cheerful. I’m sure that we should help parents. They support us whatever we start doing and helping is the least we can do for them.

What a great news! I adore kittens they’re so cute. What is the name of your, have you already desided it? Is it a girl or a boy? Who presented you with such a wonderful gift?

Now I should go. Look forward to your answer.

With Love,

Dewi Cahaya.

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Dalam Bahasa Jawa

Anda dan sahabat anda merupakan suku jawa dan mengerti bahasa jawa?. Jangan malu lho jika kalian berkomunikasi menggunakan bahasa jawa karena cara membuat surat untuk sahabat pena dalam bahasa Jawa tidaklah susah. Jadi, jika anda ingin mengirimkan surat kepada sahabat, coba deh menulisnya dengan menggunakan bahasa Jawa. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat untuk sahabat sejati dalam bahasa jawa di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Salam Kanggo
Intan Permatasari
Jakarta

Kanthi lumantaran layang iki, aku aweh kabar kanggo awakmu yen kahananku alhamdulillah apik lan sehat, semono ugo mugo-mugo kahananmu tansah sehat lan rahayu wilujeng.

Oh iyo, apa dik acaramu pas dino libur 1 Muharom wingi ?. Acaraku wingi mlaku-mlaku menyang alun-alun karo ayah lam ibu. Neng kono akeh papan mainan anak-anak sing iso atiku seneng. Enek bandulan, enek jungkitan, enek air mancur, enek dolanan pasir puteh lan sak panunggalane. Kabeh iku biso mau gratis lho dik.

Dak kiro cukup semono wae surat soko aku, liyo wektu disambung maneh. Tak enteni balesan suratmu yo dik.

Mitramu,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Dalam Bahasa Sunda

Lain jawa, lain lagi bahasa sunda. Bahasa sunda juga merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia yang berasal dari pulau Jawa. Sama seperti bahasa jawa, anda pun sangat boleh menggunakan bahasa sunda ketika mengirimkan contoh surat pribadi untuk sahabat. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat dalam bahasa sunda di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Kahatur
Teh Intan Permatasari
di Bogor

Assalamualaikum Wr.Wb.
Teh Intan kumaha damang? Alhamdulilah atuh upami damang mah hehe. Abdi oge dina danget ieu mah Alhamdulillah nuju aya dina kasehatan.

Maksad abdi ngadamel ieu serat teh kanggo masihan terang yen minggon payun abdi bade ka Bogor. Upami teu ngarepotkeun mah abdi bade ameng ka bumi Teh Intan. Sareng abdi teh hoyong direncangan ameng ngurilingan kota Bandung supados apal hehe.

Dupi mung sakieu hela serat ti abdi, mugia tiasa enggal tepang minggon payun. Hatur nuhun.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Hormat abdi,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Sejati Singkat

Mencari sahabat sejati bukanlah hal yang mudah, bahkan mungkin sama susahnya dengan mencari cinta sejati. Nah, jika anda mendapat sahabat sejati dan benar benar merupakan sahabat yang setia, pertahankan deh dan jangan buat sakit hatinya. Jika ingin berkomunikasi, cobalah memberi kejutan dengan sepucuk surat pribadi untuk sahabat. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat untuk sahabat sejati singkat di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Anton Syahputra
di Jakarta

Assalamualaikum.
Hay Anton, bagaimana kabarmu sekarang? Aku di sini Alhamdulillah baik-baik saja sobat. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.

Sudah lama ya Anton kita tidak bertemu? Terakhir kita berjumpa itu kayaknya waktu kita baru saja naik kelas 3 dan kamu malah pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah kelas VI. Kamu juga dong sama tentunya. Hehe.

Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta sekarang? Aku yakin kamu pasti sudah besar dan gantegnya pasti semakin-semakin deh. Aku dengar kabar dari orang-orang katanya kamu sekarang sudah jadi pemain karate ya? Jika benar demikian, aku turut bahagia dan bangga menjadi teman kamu Anton.

Oh iya Anton, aku sengaja nih menulis surat ini karena aku sedang rindu sama kamu. Aku rindu masa-masa dulu saat kita selalu main bersama setiap waktu. Bermain, bercanda, dan belajar bersama. Dulu kita selalu menghabiskan waktu bersama-sama.

Sekian dulu ya Anton, kapan-kapan disambung lagi. Kalau kamu ada waktu, mohon segera balas ya suratku ini. Kalau kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong dan sudah melupakanku karena kamu sekarang sudah punya banyak penggemar. Pesanku, jaga diri kamu baik-baik ya, dan yang terpenting adalah jaga kesehatan kamu. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bisa bertemu.

Wassalamualaikum…

Sahabatmu,

Muhammad Ilham.

11. Contoh Surat Pribadi Tentang Cita Cita Untuk Sahabat

Semua orang tentu memiliki cita cita dan ingin sekali meraih cita cita tersebut. Dan cita cita sebaiknya jangan dipendam, cobalah berbagi dengan orang lain apa yang menjadi cita cita anda, seperti kepada sahabat misalnya. Ya, walaupun hanya sekedar dengan mengirimkan contoh surat pribadi tentang cita cita tersebut. Dengan demikian, maka orang orang di sekeliling anda tentu akan memberikan support untuk anda. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi tentang cita cita untuk sahabat di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Intan Permatasari
Pekanbaru

Assalamuaialkum.
Hay Intan, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini.

Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini.

Seperti yang sudah kukasih tahu samamu, saya bercita cita menjadi seorang guru Bahasa Indonesia. Dan menurut saya, ini adalah awal yang sangat bagus untuk menggapai cita cita saya. Doakan ya Intan, agar semuanya berjalan lancar dan kita bisa mencapai apa yang kita cita citakan saat ini.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamuaalikum.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

12. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat SD atau SMP

Masa anak anak dan remaja seperti masa SD dan SMP tentu akan menjadi masa yang sangat berkesan untuk setiap orang. Dan mungkin juga pada saat tersebut, anda mendapatkan sahabat yang baik dan tetap menjalani persahabatan, walaupun sudah tidak bersama lagi. Namun walaupun anda sudah lama tidak bertemu dengan sahabat, tidak ada salahnya jika anda mengirimkannya sepucuk surat untuk teman sd. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat untuk sahabat pena anak SD di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Dewi Cahaya
Pekanbaru

Salam persahabatan,
Hai, apa kabar Wi? Bagaimana keadaanmu sekarang? Sehat dan bahagia bukan? Apa kabar bunga mawar yang di depan rumah kamu? Apa kamu masih merawatnya?.

Dewi, aku ingin sekali loh bertemu sama kamu. Sudah lama kita tidak bertemu, tepatnya sudah 6 tahun yang lalu. Kita terakhir bertemu saat masih baru tamat SMP dan kami sekeluarga harus pindah ke Medan karena Ayah pindah tugas. Tapi walaupun begitu, aku masih tetap ingat kamu dan kamu adalah sahabat terbaikku semasa SMP.

Dewi, sekian dulu ya. Jangan lupa balas ya surat aku ini. Kutunggu kabarmu loh!.

Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak, juga kepada adek adekmu.Terima kasih Dewi, sampai jumpa di liburan panjang yang akan datang.

Sampai jumpa,

Intan Permatasari.

13. Contoh Surat Untuk Sahabat Pena Anak SD

Selain sahabat semasa SMP, seseorang juga tentu memiliki sahabat semasa SD. Masa SD, masa kanak kanak yang tentunya sangat membahagikan bagi setiap orang. Namun seiring berjalannya waktu dan harus melanjutkan pendidikan, maka mungkin saja anda dan sahabat sd anda harus terpisah. Maka dari itu, coba deh mengirimkan surat sesekali padanya. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat sd di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Intan Permatasari
Jakarta

Assalamualaikum.
Hay Intan, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat.

Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SD dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Jakarta?, pasti panas banget disana ya.

Intan, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, bercanda, bermain, kemana mana selalu bersama.

Intan aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Dan itu berarti jika aku akan tinggal di Jakarta selama kuliah. Jadi, kita akan bisa bertemu lagi dan bersama sama seperti dulu.

Sudah dulu ya, jangan lupa berdoa dan belajar aga lulus dengan nilai yang memuaskan.

Wassalamualaikum.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

14. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Bahasa Inggris

Menulis surat dalam bahasa Inggris mungkin bukan hal yang mudah untuk sebagian orang. Namun justru disitulah letak usaha dan keunggulan anda jika mau berusaha menulis surat pribadi untuk sahabat pena dalam bahasa Inggris. Mereka pasti akan bangga dan berterimakasih karena anda mau berusaha demi sahabat anda, walaupun sekedar menggunakan contoh surat bahasa inggris saja. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat pena dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, September, 10 2019

My Belove Friend
Muhammad Ilham
Jakarta

Dear Muhammad Ilham.
Thank you very much for your last letter. It was great to hear from you after so many months. You seem to be having a nice time in Korea.

Thanks also for the photographs. I absolutely loved that snap of yours standing in front of the Namsan Tower. Korea looks stunning. Someday, I would definitely like to go there.

There’s not much happening here. I am busy with my part time job and college.

By the way, are you coming home anytime soon? If you are, let me know the dates and we can arrange to meet up.

Hope to see you soon,

Best Regards,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Sejati yang Baik

Memiliki sahabat pena atau sahabat sejati dan akrab tentu merupakan anugerah buat setiap orang. Maka dari itu, menjaga komunikasi dengan sahabat sangatlah penting. Tidak harus menggunakan media sosial dan media chatting melulu, anda pun bisa menggunakan sepucuk surat untuk sahabat pena singkat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat pena yang baik di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Sahabatku,
Intan Permatasari
Jakarta

Halooo Intan,
Apa kabar? aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat di sana. Eh Amanda, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, main dong ke Medan, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Intan, kamu masih ingatkan dengan Putri, teman lama kita?. Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan dia akan melaksanankan pernikahan. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya atas hadiah yang kau berikan kepadaku kemarin. Aku sangat menyukainya. Ternyata kamu tidak lupa dengan warna favoritku.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

16. Contoh Surat Pribadi Pendek Untuk Sahabat Baik

Sahabat anda mungkin saja sudah tidak bersama lagi dengan anda karena pindah sekolah ataupun karena pindah tempat tinggal. Namun sebagai seorang sahabat, akan sangat penting tetap menjaga komunikasi. Anda pun bisa mengirimkannya sepucuk contoh surat buat sahabat pena, daripada hanya mengirimkan chatting setiap harinya. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat baik di bawah ini.

Medan, 10 September 2019

Teruntuk Sahabatku
Dewi Cahaya
Jakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo Dewi, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Dewi, bagaimana keadaanmu di Jakarta? Apakah kamu senang bersekolah di sana?, saya berharap demikian ya Wi.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 1 Medan. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk SMP Negeri 1 Medan. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan.

Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!.

Sahabatmu,

Intan Permatasari.

Penutup

Memang harus diakui jika penggunaan surat pribadi sekarang ini sudah sangat jarang kita temukan, tidak terkecuali dengan surat pribadi untuk sahabat pena. Ada banyak media komunikasi modern yang bisa anda pergunakan sekarang ini. Namun tentu saja penggunan surat pribadi untuk sahabat pena akan sangat menarik untuk anda dan sahabat anda.

Tidak ada salahnya jika anda mencoba mengirimkan sepucuk contoh surat untuk sahabat pena dalam bahasa Inggris ataupun surat untuk sahabat bahasa Indonesia, surat untuk sahabat sejati singkat, ataupun surat pribadi yang pendek untuk sahabat.

Nah, jika anda belum terbisa menulis surat pribadi untuk sahabat, maka beberapa contoh diatas mungkin bisa anda jadikan acuan sebagai cara membuat surat untuk sahabat pena. Itulah beberapa contoh surat pribadi untuk sahabat yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.