16 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru, Kakak, Saudara

Contoh Surat Pribadi – Di zaman modern dan canggih sekarang ini, mungkin banyak di antara kita yang sudah meninggalkan penggunaan surat. Ya, meninggalkan surat untuk komunikasi pribadi, yang sudah digantikan oleh media komunikasi elektronik sekarang ini. Sementara untuk komunikasi resmi, memang masih harus menggunakan surat sebagaimana dari dulu.

Namun berbicara mengenai surat pribadi, mungkin sudah sangat jarang digunakan, bahkan hampir tidak  bisa kita temui. Padahal sebenarnya tidak ada salahnya kita menggunakan surat pribadi untuk komunikasi pribadi. Surat itu memiliki bukti fisik, sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan berbagai jenis komunikasi elektronik lainnya yang hanya bersifat digital.

Surat pribadi ini bisa anda tujukan kepada banyak orang, seperti kepada guru sekolah anda, kepada kakak, kepada orang tua, kepada sahabat, kepada keluarga, dan lain sebagainya. Sesekali coba deh anda menggunakan surat pribadi kepada mereka. Bisa dipastikan mereka akan terkejut menerima surat dari anda, dan sekaligus senang karena anda bisa menyempatkan diri untuk menulis surat kepada mereka.

Ya, di zaman modern dan canggih sekarang ini, semua orang memang mencari sesuatu hal yang praktis, termasuk dalam urusan komunikasi. Namun jika ingin berkesan, cobalah menggunakan surat pribadi. Orang yang anda kirimi surat sudah pasti akan merasa tersanjung menerima surat dari anda. Dan jika mereka kangen sama anda, tinggal membuka surat dari anda dan membacanya kata demi kata.

Contoh Surat Pribadi

Ada banyak jenis dan contoh surat pribadi yang bisa anda pergunakan, tergantung kepada siapa anda akan mengirimkan surat tersebut. Penggunaan bahasa dalam surat pribadi memang tidaklah baku dan bebas, namun untuk orang orang tertentu, anda harus tetap menjaga kesopanan, seperti kepada orang tua, kepada kakak, ataupun kepada guru anda. Jadi intinya menulis surat pribadi sangatlah mudah dan berbeda jauh dengan menulis surat resmi.

Namun mungkin banyak di antara anda yang kurang mampu menulis surat pribadi, karena sudah sangat jarang digunakan. Tidak perlu khawatir soal hal tersebut, karena di bawah ini ada beberapa contoh surat pribadi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi dalam menulis surat pribadi.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Seorang sahabat tentu saja tidak akan bisa dipisahkan oleh jarak dan waktu. Walaupun sudah lama tidak bertemu, namun tentu saja ada kerinduan yang kalian rasakan. Jadi, coba deh mengirimkan sepucuk surat untuk sahabat anda jika memang sedang rindu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada Sahabatku,
Muhammad Ilham
di Jakarta

Assalamu’alaikum.
Hai Ilham, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Medan. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Ilham. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dna keluarga berencana pulang ke Jakarta untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu. Jadi nanti kita akan bisa bertemu disana ya Ilham.

Oh iya Ilham, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil. Dan akhir bulan ini saya dan keluarga akan kesana.

Sahabatmu,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pribadi Pendek Untuk Sahabat

Ketika ingin menulis surat pribadi untuk sahabat, anda tidak perlu harus menulis surat pribadi dengan panjang lebar. Namun anda cukup menanyakan beberapa hal saja dan memberitahukan bagaimana keadaan anda sekarang ini. Mereka tentu akan sangat senang menerima surat dari anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada Sahabatku,
Dewi Cahaya
Jal. Jend. Sudirman No. 123
Jakarta

Dewi yang imut,

Hei, apa kabar kamu Dewi? Aku berharap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.

Eh, Dewi, rencananya bulan depan aku mau pergi ke rumah tante aku yang ada di Jakarta. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Bolehkan kalau nanti aku main ke rumahmu Wi?. Harus boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku sudah rindu berat dengan kamu Wi. Awas aja kalau tidak boleh.

Jangan marah lho, Wi, aku cuma bercanda aja kok hehe.

Dewi, kamu masih pelihara kodok gak di rumah? Sekarang udah berapa jumlahnya? Pasti udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh kayak kamu.

Dewi, sekian dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya Wy. Aku tunggu balasan kamu lho!.

Dari temanmu yang cantik,

Intan Permatasari.

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Sekolah Dulu

Ketika anda sudah lulus sekolah, mungkin saja anda akan kesulitan untuk bertemu dengan guru guru anda semasa sekolah. dan sebenarnya anda pun bisa mengirimkan surat kepada guru jika memang sedang rindu. Anda bisa bercerita mengenai keadaan diri anda sekarang, sekaligus juga menanyakan keadaan dan kesehatan guru anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk guru sekolah di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,
Ibu Dewi Cahaya
di Jakarta

Assalamu’alaikum wr. wb.
Bagaimana kabar Ibu? Saya berharap saat ini Ibu dalam keadaan sehat wal ’afiat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Oh iya Bu, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira pada Ibu. Berita inil merupakan berita yang menjadi harapan kita berdua pada saat saya masih berada di bangku SMA dulu. Alhamdulillah. saat ini saya telah berhasil terpilih menjadi atlet Kung-Fu yang akan mewakili Indonesia dalam ajang SEA GAMES tahun depan.

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu atas didikan dan bimbingan Ibu sejauh ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu, Ibulah yang telah menemukan bakat yang ada pada diri saya, dan Ibu juga yang sudah membimbing saya menjadi atlet yang terkenal dan serba bisa seperti sekarang ini.

Ibu ini tidak ada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidik saya selama ini. Ibu selalu melatih saya dengan semangat dan penuh keyakinan dalam hati Ibu. Ibu selalu memotivasi saya dan menyakinkan saya untuk menjadi atlet yang hebat di masa depan. Kini, semua usaha Ibu yang telah Ibu lakukan selama ini telah terbayarkan Bu.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu atas jasa-jasa yang telah Ibu berikan kepada saya selama ini.

Sekian surat ini saya buat, saya selalu bersyukur memiliki guru seperti Ibu dan selalu mengharapkan Doa dari Ibu.

Salam Hormat,

Intan Permatasari.

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Berisi Permintaan Maaf

Seorang siswa sudah terbiasa melakukan kesalahan di sekolah. Namun yang menjadi masalah adalah ketika seseorang siswa yang bersalah tidak mau meminta maaf atau berubah. Jadi, anda pun bisa meminta maaf kepada guru anda ketika melakukan kesalahan. Jika merasa canggung untuk meminta maaf secara langsung, maka cobalah mengirimkan surat kepada guru anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk guru mengenai permintaan maaf di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada Guruku Yth,
Bapak Anton Syahputra
di Tempat

Assalamualaikum,
Sebelumnya saya memohon maaf kepada Bapak karena mengganggu waktu Bapak dengan mengirimkan surat ini. Saya Muhammad Ilham Pak, yang tadi siang harus mendapatkan hukuman dari Bapak karena tidak mengerjakan PR Matematika. Saya mengaku salah dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari Pak.

Saya sadar Bapak menghukum saya karena sayang sama saya dan tidak ingin hal tersebut terjadi lagi di masa mendatang. Saya juga sangat menyadari jika Bapak tentu tidak ingin kami para siswa/i Bapak malah tertinggal dari para siswa/i sekolah lain. Namun terkadang usia puber dan remaja kami membuat kami sangat senang bermain – main.

Sekali lagi saya meminta maaf pak dan berharap bapak tidak jera jeranya mendidikan serta mengajari kami. Saya berharap agar Bapak selalu sehat dan bisa bertugas untuk mendidik kami para siswa/i Bapak. Terimakasih sebelumnya pak dan sekali lagi saya memohon maaf atas kesalahan saya pak.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Berisi Ucapan Terimakasih

Anda mungkin memiliki salah satu atau beberapa guru yang senantiasa memberikan anda banyak hal positif, sampai anda bisa meraih sesuatu hal. Salah satu contoh adalah ketika anda bisa lulus masuk Universitas melalui jalur SBMPTN pada jurusan tertentu. Maka dari itu, anda pun berniat mengucapkan terimakasih kepada seorang guru yang mungkin banyak mmebantu anda dalam mencapai hal tersebut. Jika tidak memiliki waktu untuk bertemu, maka anda pun bisa mengirimkan surat pribadi untuk guru. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk guru berisi ucapan terimakasih di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada Guruku Tercinta,
Ibu Dewi Cahaya
di Tempat

Assalamualaikum,
Apa kabar Bu?, saya berharap agar Ibu sehat selalu dan bisa melaksanakan aktivitas sebagaimana biasanya.

Oh ya Bu, saya mau memberitahukan suatu kabar gembira untuk ibu saat ini. Pada pengumuman penerimaan mahasiswa kemarin, saya ternyata lulus SBMPTN untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Sumatera Utara bu. Saya sangat senang dan memang ini sudah menjadi impian saya sejak dulu.

Saya juga tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada ibu karena sudah banyak berusaha mengajari dan mendidik saya dalam pelajaran Bahasa Indonesia Bu. Saya berharap akan ada banyak siswa ibu lagi yang bisa seperti ini berkat didikan dan ajaran dari Ibu. Tidak lupa saya memohon Doa dari Ibu, agar saya bisa menyelesaikan pendidikan saya ini dengan cepat dan tepat waktu ya Bu.

Sekali lagi saya tidak lupa mengucapkan terimakasih untuk ibu dan semoga ibu selalu diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Salam Hormat,

Intan Permatasari.

6. Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Kebanyakan orang tentu akan menulis surat pribadi dalam bahasa Indonesia. Namun tidak ada salahnya jika anda menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris lho. Namun pastikan terlebih dahulu kalau orang yang akan kamu kirimi surat juga mengerti bahasa Inggris. Jangan nanti dia malah tidak mengerti apa yang anda ucapkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, August 22, 2019

To :
Dewi Cahaya
Jl. Pertahanan No. 123
Bandung

Hi my companion, how are you there? I have a ton of stories in my new city. Clearly, this city is exceptionally wonderful and I think I would stay here in a drawn out stretch of time. A week ago, I visited numerous extraordinary places, for example, shoreline, waterfall, and hot showering spot.

My family and I went there in the morning to visit the shoreline and we went for surfing. As I would like to think, that was the best surfing place ever. In the event that you are traveling to my city, you will locate the huge waves and you’ll adore it. At that point, I went to the waterfall. I felt how the waterfall falling into my body and it was extremely energizing. Shouldn’t something be said about the hot washing spot? I would prefer not to let you know now, on the grounds that I need you to visit here so we can appreciate those spots together. It is a decent city, particularly for the traveler destinations.

Ideally we can meet soon, Dewi Cahaya my closest companion.

Best Regard,

Intan Permatasari

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak yang Merantau

Sekarang ini ada banyak orang yang harus pergi dari kampung halaman untuk menuntut ilmu ataupun untuk bekerja di kota lain. Nah, jika anda memiliki kakak yang merantau di kota lain, coba deh sesekali mengirimkan surat pribadi kepadanya. Kakak anda tentu akan sangat senang menerima surat dari adeknya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk kakak di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada Kakakku Tercinta
Dewi Cahaya
di Jakarta

Assalamualaikum wr.wb.
Hai, apa kabarmu di sana Kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami di sini sekeluarga baik-baik dan sehat semua. Tapi tetap hanya ada satu yang kurang, yaitu kehadiran dirimu di sini yang sangat kami harapkan Kak. Kami sekeluarga di sini sangat rindu sama kakak. Apalagi si Intan yang selalu bawel dan bertanya kapan kakak bisa pulang ke rumah. Dia cuma berpesan kalau jangan lupa oleh-oleh kakak pulang Hehe.

Anton punya kabar baik nih Kak, kemarin kan ada seleksi penerimaan CPNS, nah Alhamdulllah Anton lulus dalam tahap awalnya kak, doain Komar ya semoga tahap selanjutnya bisa lulus lagi tentunya dengan hasil yang memuaskan. Kalau Anton lulus, nanti Anton bisa segera menyusul kakak di sana hehe.

Oh iya kak, Bapak sama Ibu nitip pesan, katanya jangan pernah lupakan sholat lima waktu dan ngajinya juga jangan sampai ditinggal, dan yang juga termasuk penting adalah istirahat yang cukup dan makan teratur, dan jangan suka keluar malam kalau tidak terlalu penting.

Kak, sepertinya sampai sini saja dulu ya, jangan lupa balas surat ini ya kak, kalo tidak Anton bakalan ngambek hohoho. Jaga diri baik-baik ya kak di sana. Kami sekeluarga tetap bangga sama Kakak.

Adikmu yang rindu,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Kelas

Tidak hanya sahabat dan teman sekelas, mungkin juga anda memiliki sahabat yang merupakan kakak kelas dulu, namun harus berpisah karena sesuatu hal. Nah, sebagai kakak kelas yang banyak menghabiskan waktu bersama dulunya, tentu merasa rindu kan?, terlebih kalau dia sering mengajari anda belajar dulu. Coba deh mengirimkan sepucuk surat sesekali kepada kakak kelas anda tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat untuk kakak kelas di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Untuk :
Sahabatku Sekaligus Kakak Kelasku
Dewi Cahaya
di Tempat

Assalamualaikum…
Hay Kakak Dewi Cahaya yang cantik jelita, bagaimana kabarmu sekarang? Aku di sini Alhamdulillah baik-baik saja Kak. Semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.

Sudah lama ya Kak kita tidak bertemu? Terakhir kita berjumpa itu kayaknya waktu saya baru saja naik kelas 3 dan kamu malah pindah ke Jakarta. Sekarang aku sudah SMA Kelas 1 Kak, dan kakak pasti sudah SMA Kelas 2 sekarang. Hehehe.

Eh, bagaimana keadaan kakak di Jakarta sekarang? Aku yakin kamu pasti sudah besar dan cantiknya pasti semakin-semakin deh. Kalau jumpa sama kakak, bisa bisa deh aku langsung jatuh cinta sama kakak saking cantiknya. He . he . he. .

Mae, kapan ya masa-masa kebersamaan itu akan terulang kembali?. Saya sih berharap agar nantinya bisa kuliah di Jakarta dan bisa ketemu sama kakak lagi. Aku disini selalu merindukanmu kak dan berharap kita bisa betemu lagi dan bernostalgia seperti dulu kita saat kecil.

Sekian dulu ya Kak, kapan-kapan disambung lagi. Kalau kamu ada waktu, mohon segera balas ya suratku ini. Kalau kamu tidak membalasnya berarti kamu itu sombong dan sudah melupakanku karena kamu sekarang sudah punya banyak teman baru.

Pesanku, jaga diri kamu baik-baik ya, dan yang terpenting adalah jaga kesehatan kamu. Jangan lupa belajar. Semoga kita bisa segera bisa bertemu. Jangan lupa juga untuk menjaga kecantikanmu ya kak, siapa tahu nanti kita malah berjodoh. He.. he.. he…

Wassalamualaikum…

Salam Manis Adek Kelasmu
Sekaligus Sahabatmu,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga

Anda tentu memiliki banyak anggota keluarga dong ya kan?. Baik itu kakak, adek, orang tua, sampai juga kakek. Nah, jika anda merasa rindu dengan mereka, coba deh tidak hanya menelepon saja. Namun anda juga bisa mengirimkan sepucuk surat untuk mereka. Di bawah ini adalah contoh surat pribadi untuk keluarga yang bisa anda jadikan bahan referensi dalam menulis surat pribadi untuk keluarga anda, seperti kakek dan nenek.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada :
Kakek/Nenek Tercinta
di Pekanbaru

Assalamualaikum Wr.Wb
Nek atau kakek, apa kabar? sehat-sehat saja kan? Anton selalu berdoa semoga kakek dan nenek dikampung dalam keadaan sehat selalu, begitu juga dengan keadaan Anton disini.

Nenek dan kakek tercinta, Anton kangen banget sama nenek dan kakek, apalagi kalau Anton ingat masakan nenek yang enak, jadi pengen cepet-cepet Anton ke sana. Oh ya, Anton juga pengen mancing ama kakek. Entar kalau Anton udah disana temenin Anton mancing ya kek. Minggu depan Anton libur sekolah, jadi Anton bisa berlibur sekaligus melepas kangen disana.

Udah dulu ya Nek / Kakek,

Salam Kangen Cucumu,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Keluarga Dalam Bahasa Inggris

Jika ternyata keluarga anda bisa berbahasa Inggris, tidak ada salahnya dong mengirimkan surat pribadi kepada mereka dalam bahasa Inggris?. Ya, pastinya mereka memang harus mengerti bahasa Inggris terlebih dahulu, agar tidak kerepotan mencerna apa yang anda sampaikan. Untuk bahan referensi, di bawah ini adalah contoh surat pribadi untuk keluarga dalam bahasa Inggris.

Medan, August 23, 2019

Dear Grandpa,

How are you grandpa? I was really happy to see you and Grandma at my graduation ceremony, and I hope you’re recovering from your high blood pressure soon.

Do you mind if I visit you on Saturday? I’d really like to show you my new crocodile. I think you’ll adore her. Her name is Susan, and I got her last week. For your information, she’s your favorite breed: an angora crocodile, just like Soho!

I’m excited to come and to see you soon. Let me know if Saturday will be ok for my coming.

Love,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara

Anda mungkin memiliki banyak saudara, baik itu saudara kandung maupun saudara sepupu. Dan anda pun bisa mengirimkan surat kepada mereka dikala anda rindu. Ya, jangan menggunakan teknologi sekarang melulu, coba deh menggunakan sesuatu yang klasik namun berkesan, surat contohnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi kepada saudara di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada :
Dewi Cahaya
Sepupuku yang tercinta
Jl. Gajah Mada No. 123
Jakarta

Hai Dewi yang cantik.
Apa kabar Wy? Bagaimana keadaanmu sekarang? Sehat dan bahagia bukan? Apa kabar bunga mawar yang di depan rumah kamu? Apa kamu masih merawatnya?.

Dewi, aku ingin sekali loh bertemu sama kamu. Kamu pasti tambah imut deh sekarang, ya kan? Atau mungkin tambah tinggi aja ya badan kamu?. Dulu kita bersama sama waktu masih kecil di Medan, sebelum kamu sama om dan tante harus pindah ke Jakarta karena om pindah tugas kesana.

Dewi yang cantik, sejak kita berpisah waktu itu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat Wi. Kamu masih ingat dengan gedung yang dulunya menjadi tempat pentas dan latihan drama kita? Gedung itu sekarang sudah rata dengan tanah Wi. Kini sudah muncul bangunan-bangunan baru yang super mewah dan menjulang ke langit, tapi sayang tempat itu hanya sebagai tempat belanja. Rasanya sudah tidak mungkin untuk menjadi tempat kesenian, apalagi untuk pentas drama.

Dewi, sekian dulu ya. Jangan lupa balas ya surat aku ini. Jangan lupa juga sampaikan salamku sama om dan tante.

Salam Dariku,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara Kandung

Ada banyak hal yang mungkin harus membuat anda terpisah dari saudara dan keluarga anda karena pindah ke kota lain. Baik itu karena anda harus kuliah di kota lain maupun karena anda harus bekerja di kota lain. Namun sesekali cobalah untuk mengirimkan surat kepada saudara anda di kampung, sekaligus memberikan kabar kepada mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi kepada saudara kandung di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kepada Adikku Tercinta
Intan Permatasari
di Pekanbaru

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Intan dan keluarga apa kabar dek? Kakak berharap semoga Intan, ayah dan ibu sama keluarga yang lain selalu dalam keadaan sehat, Aamiiin. Kakak di sini Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat dan baik-baik saja.

Intan, libur semester ini aku belum bisa pulang ke Pekanbaru. Aku akan melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di salah satu kantor pemerintah di Medan. Tolong kasih tahu sama aya dan ibu ya Intan, dan permohonan maaf dari kakak karena belum bisa pulang libur semester ini.

Kakak berjanji sama adek, sama ayah dan ibu akan belajar dengan baik baik disini, agar nanti saya bisa dapat pekerjaan yang bagus dan bisa membawa kalian kesini ya dek. Doakan saja semoga kakak bisa sukses, begitu juga dengan doa dari Ayah dan Ibu. Kakak sangat merindukan Intan, Ayah, dan Ibu di rumah, namun karena keadaan maka kakak masih belum pulang libur semester ini.

Cukup sampai di sini dulu dek ya suratnya, Kakak mohon doa restu dari Ayah dan Ibu, juga Intan semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untuk kakak dalam melaksanakan ujian semester dan juga KKL.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam rindu dari Kakakmu,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Kebanyakan orang tentu akan menggunakan bahasa Indonesia ketika ingin menulis surat pribadi. Namun sebenarnya tidak ada salahnya jika anda menulis surat pribadi bahasa Inggris. Hanya saja harus ada pastikan terlebih dahulu kalau orang yang menjadi tujuan anda mengerti bahasa Inggris. Jadi, mereka tidak akan kebingungan membaca apa yang anda tulis. Untuk lebih jelas, anda bisa melihat contoh surat pribadi bahasa Inggris di bawah ini.

Bandung, August 23, 2019

Dear Intan Permatasari,

Hello Intan! How are you? I want to say something about my college. My college is a simple college, because the building just has seven parts. I am happy I could pass the test before I got the college although, my college has limit facilities.

The first I do not like with my college is too many students in each class. It makes me not concentrate to learn in the class. My college also has not enough accreditation. I do not know why it can be happened. My college must be able to have higher accreditation than before. How about your college, Intan?

Oh yeah, I will tell you about my daily activities. In the morning, I always go to my college and I come back in the afternoon. After that, I go to my course to improve my knowledge. I have to do it because it is very important for my future. And then, I teach my student in the evening at 7 o’clock until 9 o’clock. How about you?

Okay, all about my story, I hope you can reply my letter too.

Your Best Friend,

Dewi Cahaya.

14. Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Kalau kebetulan anda merupakan suku sunda, tidak ada salahnya dong menggunakan bahasa Sunda. Karena kan bahasa daerah itu merupakan budaya dan kekayaan kita. Begitu juga ketika anda mengirimkan surat pribadi, bisa menggunakan bahasa Sunda. Namun orang yang menjadi tujuan anda juga harus mengerti bahasa Sunda atau setidaknya merupakan suku sunda juga. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi bahasa Sunda di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Kahatur
Teh Dewi Cahaya
Di Bandung

Assalamualaikum Wr.Wb.
Teh Dewi Cahaya kumaha damang? Alhamdulilah atuh upami damang mah hehe. Abdi oge dina danget ieu mah Alhamdulillah nuju aya dina kasehatan.

Maksad abdi ngadamel ieu serat teh kanggo masihan terang yen minggon payun abdi bade ka Bandung. Upami teu ngarepotkeun mah abdi bade ameng ka bumi Teh Dewi. Sareng abdi teh hoyong direncangan ameng ngurilingan kota Bandung supados apal hehe.

Dupi mung sakieu hela serat ti abdi, mugia tiasa enggal tepang minggon payun. Hatur nuhun.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Hormat Abdi,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pribadi Tentang Liburan

Liburan memang selalu menjadi sesuatu hal yang menyenangkan buat semua orang. Dan jika anda sudah melewati liburan yang menyenangkan, tidak ada salahnya dong berbagi dengan sahabat atau teman teman anda. Jika mereka ternyata jauh dari anda, ya anda bisa mengirimkan surat kepada mereka. Tapi jangan lupa juga untuk menanyakan bagaimana liburan mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi tentang liburan di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Sahabatku,
Dewi Cahaya
di Aceh Besar

Salam kangen,
Hai Dewi yang bawel, apa kabar kamu sekarang? Aku berharap kamu baik-baik saja dan selalu dalam keadaan sehat disana ya. Dan aku disini juga sehat dan sebenarnya kurang baik, karena sedang rindu kamu sahabat terbaikku. He..he..hee.

Hey bawel, gimana liburan semester kamu? Kamu berlibur kemana kemarin? Menyenangkan tidak? Aku sekeluarga baru saja pulang dari Bandung. Keinginan aku untuk berlibur kesana betul-betul tercapai, kota indah yang membuatku tak ingin pergi darinya haha, lebay. Disana aku bertemu Diana, kamu masih ingat tidak? teman sekelas kita yang paling gendut itu loh. Kebetulan dia juga berlibur kesana dan aku bermain bersamanya, mengelilingi kota dingin itu bersamanya. Tapi, tetap saja tidak begitu memuaskan, karena tidak ada kamu hehe. Andai saja ada kamu, pasti lebih seru loh.

Bagaimana kalo liburan semester depan kita berlibur bersama? Kita juga sudah lama tidak bertemu, banyak hal yang ingin aku tanyakan padamu. Kamu pasti mau kan? Harus mau dong.

Dewi, sekian dulu surat dari aku ya. Jangan lupa dibalas ya, aku tunggu ni balasan dari kamu yach!.

Dari Sahabat Tercantikmu,

Intan Permatasari.

16. Contoh Surat Pribadi Kepada Saudara di Luar Negeri

Mungkin saja anda memiliki saudara yang berada di luar negeri karena pekerjaan atau karena kuliah. Dan tentu saja anda akan merasakan rindu kepadanya karena jarak dan waktu yang lama untuk bertemu. Namun jika anda merasa rindu, coba deh mengirimkan sepucuk surat untuknya. Jangan hanya menggunakan telepon saja setiap harinya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi kepada saudara di luar negeri di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Untuk :
Mas Anton
di Korea Selatan

Assalamualaikum.

Apa kabarmu disana Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, Amiin. Alhamdulillah kami sekeluarga disini baik-baik saja dan tambah sehat semua, cuma ada satu yang kurang, yaitu keberadaanmu disisi kami Mas. Keluarga disini sudah rindu ringan sama kamu Mas, bukan rindu berat yach ahaha.

Tapi kehadiranmu sangat dinanti-nanti disini, karna mama sudah menyiapkan calon istri buat kamu Mas, sudah tidak sabar ingin ngenalin sama kamu Mas. Perempuan ini cantik loh Mas, aku yakin dech pasti Mas mau menerimanya.

Oh iya Mas, aku udah jadian loh sama cowok yang aku ceritain hari itu sama Mas, dia betul-betul baik, perhatian, setia, pokonya the best lah Mas ahaha. Tidak sabar lah menunggu Mas pulang, aku punya banyak cerita untuk Mas. Perlu Mas tau, adikmu makin hari makin cantik loh hahaha. segera kembali ya Mas, pesanan aku tuh jangan sampe lupa hehe.

Sudah dulu ya Mas, kami semua selalu mendoakan yang terbaik buatmu Mas. Aku tidak menunggu surat balasanmu Mas, yang kutunggu adalah kepulanganmu hehe.

Adikmu Paling Gemesin,

Dewi Cahaya.

Penutup

Memang harus diakui jika penggunaan surat pribadi sekarang ini sudah sangat jarang kita temukan, terlebih di kalangan para anak muda. Namun tentu tidak ada salahnya jika anda ingin mengirimkan sepucuk surat pribadi, seperti surat pribadi untuk sahabat pena anda. Itulah tadi beberapa contoh surat pribadi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.