16 Contoh Surat Referensi Kerja Bidan, Guru, Karyawan, dan Lainnya

Contoh Surat Referensi Kerja – Mencari pekerjaan sekarang ini bukanlah hal yang mudah untuk kebanyakan orang. Terlebih untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita sendiri. Nah, maka jika anda sudah memiliki pengalaman kerja sekarang atau sebelumnya, alangkah baiknya jika anda meminta surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja dari atasan anda.

Sedikit banyaknya pengalaman kerja memang mempermudah seseorang dalam mencari pekerjaan baru. Namun pengalaman kerja yang anda miliki tentu tidak bisa dibuktikan dengan mudah. Dan pihak perusahaan kemungkinan besar tidak akan memberikan anda kesempatan untuk mencoba dulu pekerjaan tersebut.

Maka cara yang paling mudah untuk seseorang menunjukkan pengalaman kerjanya adalah dengan membawa surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja. Surat referensi kerja ini bisa anda dapatkan dari atasan anda sebelumnya dimana bekerja, seperti di perusahaan. Namun untuk mendapatkan surat pengalaman kerja tersebut, maka anda pun harus mengundurkan diri dengan baik baik dari perusahaan tersebut.

Salah satu jenis surat resmi ini memang memiliki peranan yang sangat penting untuk seseorang pelamar kerja. Walaupun mungkin ada perusahaan yang mengutamakan para fresh graduate atau yang baru lulus pendidikan, namun mayoritas perusahaan menginginkan karyawan yang sudah berpengalaman, terlebih di bidangnya masing masing.

Contoh Surat Referensi Kerja

Meminta surat referensi kerja adalah hak setiap karyawan dari perusahaan tempat mereka bekerja. Namun untuk itu, anda pun harus mengundurkan diri dengan baik baik dari perusahaan tersebut dan mengutarakan keinginan anda untuk meminta surat referensi kerja. Untuk anda yang ingin memberikan surat referensi kerja kepada bawahan juga tentu tidak susah, karena ada banyak contoh surat yang bisa anda jadikan bahan contoh.

Surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, walaupun mereka sudah sadar akan menfaatnya. Padahal menulis surat referensi kerja bukanlah sesuatu hal yang susah. Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah juga dan mendapat tugas untuk menulis surat referensi kerja, maka di bawah ini adalah beberapa contoh surat referensi kerja yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Referensi Kerja Bidan

Bidan merupakan salah satu profesi yang membutuhkan skill dan pendidikan yang berfokus pada bidang tersebut. Jadi, jika anda memiliki basis pendidikan di bidang kebidanan dan bekerja menjadi seorang bidan pada lembaga kesehatan tertentu, alangkah baiknya bagi anda untuk meminta surat pengalaman kerja bidan dari atasan anda ketika mengundurkan diri dari sana. Surat tersebut nantinya bisa anda pergunakan untuk melamar pekerjaan baru di tempat yang baru lagi.

DINAS KESEHATAN KOTA MEDAN
PUSKESMAS PADANG BULAN MEDAN BARU
Jl. Jamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/Puskes/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:98768746
Jabatan:Kepala Puskesmas Padang Bulan

dengan ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Alamat:Jl. Amal  No, 123, Medan

benar telah pernah bekerja di Puksesmas Padang Bulan, Medan dengan jabatan terakhir sebagai bidan tidak tetap selama 3 tahun, terhitung dari tanggal 25 Oktober 2016 s/d 25 Oktober 2019. Adapun yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri.

Selama menjadi bidan tidak tetap di Puksesmas Padang Bulan, saudari Intan Permatasari sudah menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan, bertanggung jawab terhadap pekerjaan, dan selalu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kami yakin, saudari Intan Permatasari akan bisa bekerja dengan sangat baik dimanapun nantinya bekerja.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sesungguhnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 28 Oktober 2019

Mengetahui,
Kepala Puksesmas Padang Bulan,

 

dr. Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru

Jika anda bekerja sebagai guru di salah satu sekolah dan sudah menjabat sebagai PNS, tentu tidak akan bisa mengundurkan diri dengan mudah dan begitu saja. Namun jika anda masih menjadi guru honorer, maka anda pun berhak untuk mengundurkan diri kapan saja. Untuk itu, anda pun bisa meminta surat referensi kerja dari atasan atau kepala sekolah tempat anda mengajar untuk bekal di kemudian hari dalam melamar pekerjaan baru. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat referensi kerja guru di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SMAN1/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:8765643
Jabatan:Kepala Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan

dengan sesungguhnya menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan Terakhir:Guru Matematika
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar telah pernah menjadi guru honorer di SMA Negeri 1 Medan selama kurang lebih 2 tahun, terhitung sejak tanggal 20 Oktober 2017 s/d 25 Oktober 2019. Dalam hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Kami berharap dan yakin jika Bapak Muhammad Ilham akan bisa sukses dan bekerja dengan baik dimanapun nantinya bekerja. Keyakinan kami tersebut didasarkan pada dedikasi dan tanggung jawab yang sudah ditunjukkan oleh yang bersangkutan selama mengajar di SMA Negeri 1 Medan sebagai guru mata pelajaran Matematika.

Tidak lupa, kami mengucapkan banyak terimakasih atas dedikasi dan kerja keras Bapak Muhammad Ilham selama mengajar di SMA Negeri 1 Medan dan berharap bisa lebih sukes lagi.

Demikian surat referensi kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 28 Oktober 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd.

3. Contoh Surat Referensi Kerja Karyawan

Menjadi seorang karyawan terkadang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak yang menentukan apakah anda akan betah untuk bekerja di suatu perusahaan atau tidak. Namun jika anda sudah memutuskan untuk berhenti dan keluar dari pekerjaan di suatu perusahaan, alangkah baiknya jika anda meminta surat referensi kerja dari atasan anda, untuk nantinya dipergunakan kembali dalam melamar pekerjaan baru. Di bawah ini adalah contoh surat pengalaman kerja karyawan yang bisa anda pergunakan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/MJS/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan sesungguhnya menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar pernah bekerja di perusahaan kami, PT. Maju Jaya Sejahtera selama kurang lebih 4 tahun, terhitung sejak tanggal 30 Oktober 2015 s/d 25 Oktober 2019. Dalam hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri, dengan jabatan terakhir sebagai Staff Marketing di Departemen Penjualan.

Saudari Dewi Cahaya telah memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan selama bekerja tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan.

Tidak lupa, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas semua kerjasama yang telah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dan berhasil dimasa mendatang.

Medan, 28 Oktober 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejajahtera,

 

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengalaman Kerja Administrasi

Pada umumnya, posisi administrasi pada suatu perusahaan atau pun lembaga tertentu diduduki oleh kaum wanita. Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai administrasi memang membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dan pada umumnya dimiliki oleh wanita. Jika anda mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai administrasi, alangkah baiknya bagi anda untuk meminta surat refeferensi kerja administrasi dari atasan anda.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/MJS/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

dengan sesungguhnya menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan salah satu karyawan di perusahaan kami selama kurang lebih 5 tahun, terhitung sejak tanggal 30 September 2014 s/d 25 Oktober 2019, dengan jabatan terakhir sebagai Staff Administrasi.

Selama bekerja di perusahaan kami, yang bersangkutan sudah menunjukkan dedikasi dan tanggung jawab yang sangat baik, serta tidak pernah melakukan kesalahan yang berakibat pada kerugian perusahaan. Dalam hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera atas keinginan sendiri dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Dengan ini kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas kerja keras yang diberikan oleh Saudari Intan Permatasari terhadap PT. Maju Jaya Sejahtera. Kami yakin dan percaya jika yang bersangkutan akan bisa berhasil dan lebih sukses ke depannya dimanapun bekerja.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sesungguhnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 28 Oktober 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahhputra.

5. Contoh Surat Pengalaman Kerja Sopir

Menjadi seorang sopir tentu bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang bisa menyetir mobil, namun untuk bisa menjadi sopir yang baik, tentu dibutuhkan pengalaman dan tanggung jawab, serta dedikasi yang tinggi. Jika anda sudah pernah bekerja sebagai sopir untuk suatu lembaga atau perusahaan, maka kemungkinan tidak akan susah bagi anda untuk menemukan pekerjaan baru sebagai sopir lagi. Namun tentu saja anda harus memiliki surat pengalaman kerja sopir sebagai bukti dari keahlian anda.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/Disdik/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:876565457
Jabatan:Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan

dengan sesungguhnya menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

adalah benar sudah pernah bekerja sebagai sopir di Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan selama kurang lebih 2 tahun, terhitung sejak tanggal 20 Oktober 2017 s/d 25 Oktober 2019. Dalam hal ini, yang bersangkutan memiliki tugas dan tanggung jawab menjadi sopir pribadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan.

Selama bekerja sebagai sopir di Dinas Pendidikan Kota Medan, yang bersangkutan sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan bisa bekerja dengan tepat waktu. Kami berharap agar yang bersangkutan bisa lebih berhasil dan lebih sukses ke depannya, dimanapun nantinya bekerja.

Tidak lupa, kami pun mengucapkan terimakasih atas kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan Bapak  Muhammad Ilham selama bekerja sebagai sopir di Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sesungguhnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 28 Oktober 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

 

Drs. Anton Syahputra.

Penutup

Pengalaman kerja yang kita miliki adalah sangat penting untuk modal dalam melamar pekerjaan baru. Maka dari itulah anda akan sangat membutuhkan surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja dari atasan dimana anda bekerja sebelumnya.

Surat referensi kerja tersebut akan berguna sebagai bukti jika anda memang benar benar memiliki pengalaman kerja di bidang tertentu. Itulah tadi beberapa contoh surat pengalaman kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi dalam menulis contoh surat.