16 Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Terlengkap

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa – Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Tidak perduli muda maupun tua, namun pendidikan tetaplah merupakan hal yang tidak bisa disepelekan dalam kehidupan. Maka dari itu, Pemerintah Indonesia, baik dari Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Daerah seringkali menyediakan beasiswa kepada para siswa/mahasiswa yang layak menerimanya, begitu juga dengan pihak – pihak lain.

Ya, bukan hanya pemerintah, ada juga banyak pihak swasta yang menyediakan beasiswa untuk para siswa dan mahasiswa yang berprestasi ataupun yang berasal dari keluarga kurang mampu. Berbicara mengenai beasiswa, siswa atau mahasiswa yang pintar dan yang berasal dari keluarga kurang mampu memang masih menjadi prioritas utama.

Namun semua itu tentu tidak datang begitu saja. Setidaknya anda pun harus berusaha mencari beasiswa yang bisa anda pergunakan untuk membantu pendidikan anda, baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Anda bisa mengajukan permohonan beasiswa kepada pihak – pihak terkait. Namun agar lebih mudah diterima, maka akan jauh lebih baik jika anda menyertakan surat rekomendasi beasiswa dari dinas terkait.

Adapun surat rekomendasi beasiswa ini bisa anda dapatkan dari kepala sekolah untuk para siswa, dari dosen/dekan/rektor jika anda merupakan seorang mahasiswa, dari aparat desa/kelurahan, dari pemerintah setempat, dan berbagai pihak lainnya. Tujuan dari surat rekomendasi beasiswa ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meyakinkan pihak terkait jika anda memang benar – benar layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Sebelum anda bisa mendapatkan surat rekomendasi beasiswa dari pihak terkait, maka tentunya anda harus menulis surat permohonan rekomendasi terlebih dahulu. Mengenai contoh surat permohonan rekomendasi sudah pernah kami bahas sebelumnya dan anda bisa menggunakan salah satu contoh tersebut.

Salah satu contoh paling kecil adalah surat rekomendasi dari kepala desa/lurah ataupun dari kepala sekolah. Mereka bisa menyatakan jika anda merupakan siswa berprestasi ataupun merupakan siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk mempermudah permohonan beasiswa yang akan anda perbuat. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dari Kepala Sekolah

Seperti yang kami jelaskan tadi di atas, rekomendasi beasiswa dari kepala sekolah adalah surat rekomendasi beasiswa yang paling mudah dan sering dipergunakan. Anda hanya perlu meminta kepada kepala sekolah dan kepala sekolah akan membuatkan surat tersebut, demi kelancaran pengajuan beasiswa. Di bawah ini adalah contoh surat rekomendasi beasiswa dari kepala sekolah yang bisa anda pergunakan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT REKOMENDASI BEASISWA
Nomor : 123/SMAN1/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, M. Pd
NIP:786575 2355 2534
Pangkat/Gol:Pembina/IV B
Jabatan:Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan

dengan ini merekomendasikan siswa :

Nama:Intan Permatasari
NISN:786763636
Kelas:XI IPS – 3
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Adapun siswa diatas adalah benar merupakan siswa yang berprestasi, namun berasal dari keluarga kurang mampu sehingga layak untuk menerima beasiswa dari Bapak Walikota Kotamadya Medan.

Demikian surat rekomendasi beasiswa ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 10 Februari 2020

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 786575 2355 2534.

2. Contoh Surat Rekomendasi dari Atasan

Ada banyak para mahasiswa yang harus bekerja sambil kuliah demi bisa membiayai kuliah mereka. Dan itu bisa anda pergunakan sebagai alasan jika anda memang benar – benar membutuhkan beasiswa tersebut, namun tentunya harus didukung dengan data. Maka dari itu, anda pun bisa meminta surat rekomendasi dari atasan anda, untuk selanjutnya anda pergunakan untuk mengajukan surat permohonan beasiswa kepada pihak kampus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat rekomendasi beasiswa dari atasan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT REKOMENDASI
Nomor : 123/MJS/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Departemen Personalia
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini memberikan rekomendasi kepada :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Administrasi PT. Maju Jaya Sejahtera
Kampus:Universitas Cinta Ilmu
Jurusan:S-1 Administrasi Negara
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Dengan ini kami merekomendasikan yang bersangkutan agar bisa menerima beasiswa di Universitas Cinta Ilmu, dikarenakan yang bersangkutan kesulitan dalam mendapatkan biaya untuk kuliah, namun memiliki prestasi yang membanggakan.

Demikian surat rekomendasi ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Medan, 10 Februari 2020

Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Muhammad Iham.

3. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan program pendanaan dari pemerintah yang diperuntukkan bagi para mahasiwa Pascasarjana Program S2, S3, dan Dokter Spesialis. Beasiswa ini bisa diterima oleh para mahasiswa program S2 dan S3 yang sudah bekerja ataupun yang belum bekerja. Bagi anda yang ingin mengetahui format surat rekomendasi beasiswa LPDP atau contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP, maka gambar di bawah ini mungkin bisa anda pergunakan sebagai bahan contoh.

Rekomendasi-Beasiswa-LPDP1
Rekomendasi Beasiswa LPDP
Rekomendasi-Beasiswa-LPDP2
Rekomendasi Beasiswa LPDP

Bukan hanya itu, masih ada satu lagi contoh surat rekomendasi beasiswa LPDP di bawah ini.

Rekomendasi-Beasiswa-LPDP3
Rekomendasi Beasiswa LPDP
Rekomendasi-Beasiswa-LPDP4
Rekomendasi Beasiswa LPDP

4. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa S2/Pascasarjana

Pendidikan memang tidak ada batasnya, dan ada banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang atau program S2 ataupun sering disebut dengan Program Pascasarjana. Jika anda ingin mendaptkan beasiswa, anda pun bisa meminta surat rekomendasi dari berbagai pihak, seperti dari dekan program S1 anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat rekomendasi beasiswa S2/Pascasarjana di bawah ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT REKOMENDASI
Nomor : 123/FK-USU/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dr. Anton Syahputra, Sp. A
NIP:7687355 2355 2352
Jabatan:Dekan Fakultas Kedokteran USU
Alamat:Jl. Permata No. 123, Medan

dengan ini memberikan rekomendasi kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Pendidikan:S-1 Dokter Umum
Fakultas:Kedokteran USU
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Berdasarkan kelayakan akademik, yang bersangkutan saat ini sudah diterima sebagai Mahasiswa Dokter Spesialis Mata di Fakultas Kedokteran USU Tahun Angkatan 2019/2020. Dengan ini kami merekomendasikan agar yang bersangkutan bisa mendapatkan biaya bantuan pendidikan berupa beasiswa Program S2/Pascasarjana, yakni Beasiswa Unggulan yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian surat rekomendasi ini saya perbuat dengan sebenarnya – benarnya untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Februari 2020

Dekan Fakultas Kedokteran
Universitas Sumatera Utara,

Dr. Anton Syahputra, Sp. A
NIP. 7687355 2355 2352.

5. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dari Kepala Desa/Lurah

Ketika anda ingin mengajukan permohonan beasiswa, maka mungkin dibutuhkan surat rekomendasi dari kelurahan ataupun dari kepala desa. Biasanya beasiswa seperti ini diperuntukkan untuk siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun tidak tertutup kemungkinan untuk siswa yang berprestasi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat rekomendasi beasiswa dari kepala desa/lurah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KECAMATAN MEDAN BARU
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

SURAT REKOMENDASI
Nomor : 123/KPB/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Lurah Padang Bulan
Alamat:Jl. Jamin Ginting No.112, Medan

dengan ini memberikan rekomendasi kepada :

Nama:Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 2004
Kelas:X (Sepuluh)
Sekolah:SMA Negeri 1 Medan
NISN:78654643

merupakan anak dari orang tua :

Nama:Anton Syahputra
Pekerjaan:Buruh Pabrik
Penghasilan:Rp. 2.000.000/Bulan
Tanggungan :5 Orang

Dengan ini kami merekomendasikan yang bersangkutan untuk bisa memperoleh beasiswa dari Dinas Pendidikan Kota Medan, karena anak teresebut diatas merupakan siswa berprestasi, namun berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Demikian surat rekomendasi ini kami perbuat dengan sebenarnya, tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, dan untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Februari 2019

Lurah Padang Bulan,

Muhammad Ilham.

6. Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Dalam Bahasa Inggris

Anda mungkin memang akan sangat jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan surat rekomendasi beasiswa dalam bahasa inggris. Namun bagi anda para pelajar, baik siswa maupun mahasiswa, bisa saja mendapat tugas dari sekolah/kampus untuk menulis surat rekomendasi beasiswa dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, contoh surat rekomendasi beasiswa dalam bahasa Inggris di bawah ini bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

LETTER OF RECOMMENDATION
Number : 123/SMAN1/02/2020

I, the undersigned below :

Name:Dra. Intan Permatasari
ID Number:32567325323 3553 8265
Position:Headmaster of SMA Negeri 1 Medan

hereby provide recommendations to :

Name:Dewi Cahaya
Class:XI IPS – 2
NISN:89623875
Addres:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Students concerned above are students who excel and have contributed to the name of the school. But because these students are from disadvantaged families, we recommend the students concerned to be able to obtain a scholarships from the Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan.

Thus we make this recommendation letter actually and without any element of coercion from any party, to be used properly.

Medan, Februari, 10 2019

Headmaster of SMA Negeri 1 Medan,

Dra. Intan Permatasari.

7. Contoh Format Surat Rekomendasi Beasiswa

Memang ada banyak contoh surat rekomendasi beasiswa yang bisa anda pergunakan, namun pada umumnya semua contoh tersebut tidak memiliki banyak perbedaan. Maka dari itu, di bawah ini kami berikan satu contoh format surat rekomendasi beasiswa dari sekolah untuk siswa, yang paling sering digunakan.

KOP SURAT SEKOLAH

SURAT REKOMENDASI
No. :

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
NIP:
Pangkat/Gol/:
Jabatan:Kepala Sekolah
Unit Kerja:

dengan ini memberikan rekomendasi kepada siswa :

Nama:
NISN:
Kelas:
Alamat:

Berdasarkan nilai akademik, siswa tersebut diatas merupakan siswa berprestasi, namun bersal dari keluarga yang kurang mampu. Maka dari itu, kami merekomendasikan agar siswa tersebut diatas bisa mendapakan bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian surat rekomendasi ini kami perbuat tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Kepala Sekolah . . . . . . . . .,

(Nama dan Tanda Tangan)
NIP. . . . . . . . . . . . . . . . .

Penutup

Penggunaan surat rekomendasi beasiswa memang sangat dibutuhkan ketika anda ingin mengajukan permohonan beasiswa. Surat tersebut akan menguatkan alasan anda dalam memohon beasiswa, baik itu dikarenakan prestasi maupun dikarenakan berasal dari keluarga kurang mampu. Itulah tadi beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa yang bisa anda pergunakan dalam memperlancar urusan permohonan beasiswa anda.