16 Contoh Surat Rekomendasi Kerja Paling Sering Dipakai

Contoh Surat Rekomendasi Kerja – Penggunaan surat rekomendasi merupakan salah satu surat yang sangat sering dipergunakan untuk keperluan pribadi seseorang. Surat ini bisa dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dengan tujuan agar orang yang direkomendasikan bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah, atau setidaknya bisa memberitahukan jika orang yang direkomendasikan tersebut layak untuk bekerja.

Sebagaimana kita ketahui, mencari pekerjaan sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Jadi jika anda sudah pernah bekerja di suatu pekerjaan di perusahaan misalnya, maka bisa meminta atasan anda untuk membuatkan surat rekomendasi, yang nantinya bisa anda pergunakan untuk mencari dan melamar pekerjaan baru. Surat tersebut akan diberikan tentunya jika hasil pekerjaan anda selama ini memuaskan.

Selain itu, anda juga bisa meminta surat rekomendasi kerja dari dosen, dosen kampus dimana anda kuliah. Jika anda kuliah dengan baik, maka bukan hal yang susah untuk meminta surat rekomendasi kerja dari dosen. Walaupun kelihatannya sepele dan jarang diperhatikan kebanyakan orang, namun surat rekomendasi kerja ini akan memiliki banyak kegunaan untuk anda sendiri.

Dalam surat rekomendsai kerja ini, akan diterangkan berapa lama anda berkajd di perusahaan sebelumnya, jabatan terakhir sebagai apa, dan juga kualitas pekerjaan anda selama bekerja disana. Penilaian itu jugalah nantinya yang akan dipergunakan perusahaan baru untuk memutuskan apakah anda diterima atau tidak, walaupun memang masih ada unsur lain tentunya.

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

Namun sebelum anda mendapatkan surat rekomendasi kerja dari pihak lain, ada kalanya anda harus membuat surat permohonan rekomendasi terlebih dahulu. Dan mengenai contoh surat permohonan rekomendasi, kami sudah pernah bahasa sebelumnya di postingan terdahulu. Anda bisa menggunakan salah satu contoh dari surat tersebut untuk anda pergunakan dalam meminta surat rekomendasi kerja.

Menulis surat rekomendasi kerja bukanlah hal yang susah, namun mungkin masih banyak orang yang tidak begitu paham untuk menulis salah satu contoh surat resmi ini. Atau bagi anda yang masih sekolah dan kuliah, mungkin saja mendapatkan tugas untuk menulis surat rekomendasi kerja. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat rekomendasi kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Rekomendasi Kerja Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan surat rekomendasi kerja dalam bahasa Inggris memang mungkin akan sangat jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan. Namun jika anda masih sekolah ataupun kuliah, bisa saja mendapatkan tugas untuk menulis contoh surat rekomendasi kerja dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat rekomendasi kerja bahasa Inggris yang bisa anda pergunakan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

LETTER OF RECOMMENDATION
Number : 123/MJS/02/2020

I, the undersigned below :

Name:Anton Syahputra
Position:Head of Administration PT. Maju Jaya Sejahtera
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

this explains that :

Name:Intan Permatasari
Addres:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

is truly our employee for 3 years as Staff Administration, counted from February, 05 2016 to Februari, 05 2019, and the concerned person has resigned on his own wish.

While working at PT. Maju Jaya Sejahtera, the concerned person has a good performance, full of responsibility, and has never harmed the company, both in terms of material and from the non-material.

We believe that wherever the person concerned works later, will be able to work well, be full of responsibility, and contribute to the company. We also strongly recommend that the person concerned be accepted to work in another company.

So we do this work recommendation letter in fact, to be used properly.

Medan, February, 10 2019

Head of Administration
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen

Jika anda baru saja lulus kuliah dan baru akan mencari pekerjaan, mungkin akan susah mencari surat rekomendasi kerja yang bisa dipertanggung jawabkan. Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda juga bisa meminta surat rekomendasi kerja dari dosen, namun tentunya jika selama ini anda kuliah dengan baik. Di bawah ini adalah contoh surat rekomendasi kerja dari dosen yang bisa anda pergunakan.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
FAKULTAS ILMU SOSAL & ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT REKOMENDASI
Nomor : 123/FSOSPOL-USU/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Prof. Anton Syahputra
Jabatan:Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, USU

dengan ini memberikan rekomendasi kerja kepada :

Nama:Dewi Cahaya, S. Sos
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1996
Pendidikan:S-1 Ilmu Sosial
Tahun Lulus:Tahun 2020
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Berdasarkan kelayakan di bidang akademik dan non-akademik, yang bersangkutan sudah lulus dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara Tahun Angkatan 2019/2020. Dengan ini kami merekomendasikan yang bersangkutan untuk bisa diterima bekerja di Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kotamadya Medan.

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Februari 2019

Dekan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Universitas Sumatera Utara,

Prof. Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Rekomendasi Kerja dari Perusahaan

Salah satu jenis surat rekomendasi kerja yang paling sering dipergunakan adalah surat rekomendasi kerja atau surat keterangan kerja dari perusahaan. Jika anda memiliki kinerja yang baik dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan, maka tentu atasan tidak akan mudah untuk memberikan surat keterangan kerja dari perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Di bawah ini adalah contoh surat rekomendasi kerja dari perusahaan yang bisa anda pergunakan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT REKOMENDASI KERJA
Nomor : 123/MJS/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Departemen Personalia

dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

adalah benar merupakan karyawan kami yang bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera selama 5 tahun, terhitung sejak 30 Januari 2015 s/d 30 Januari 2020, dengan jabatan terakhir sebagai Staff Marketing. Adapun yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari pekerjaan atas keinginan sendiri dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Selama bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera, yang bersangkutan selalu bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab, dan tidak pernah merugikan perusahaan secara materil maupun non-materil. Kami berharap yang bersangkutan akan bisa semakin sukses nantinya dimanapun bekerja dan bisa memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Februari 2020

Kepala Departemen Peronalia
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Rekomendasi Kerja Karyawan

Jika anda sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka tentu anda akan lebih mudah untuk mendapatkan surat rekomendasi kerja. Semua itu tergantung pada kinerja anda selama bekerja di perusahaan tersebut, dan itulah yang akan dicantumkan dalam surat rekomendasi kerja anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat rekomendasi kerja karyawan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT REKOMENDASI
Nomor : 123/MJS/02/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera dengan ini memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan kami :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan Terakhir:Staff Keuangan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Kepada perusahaan tempat Saudari Dewi Cahaya bekerja nanti, surat rekomendsai ini kami keluarkan dengan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisiplinan, kualitas, serta loyalitas Saudari Dewi Cahaya selama 4 tahun bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera dengan jabatan terakhir sebagai Staff Keuangan.

Kami sangat yakin jika Saudari Dewi Cahaya akan tetap memberikan hal yang sama nantinya dimanapun bekerja demi kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami perbuat dengan sebearnya – benarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 10 Februari 2019

Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Format Surat Rekomendasi Kerja

Ada banyak contoh surat rekomendasi kerja yang bisa dipergunakan demi kepentingan seseorang. Namun salah satu yang paling sering dipergunakan adalah surat rekomendasi kerja dari perusahaan ataupun surat keterangan kerja dari perusahaan. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu contoh rformat surat rekomendasi kerja dari perusahaan yang bisa anda pergunakan.

KOP SURAT PERUSAHAAN

SURAT REKOMENDASI KERJA
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:
Alamat:

adalah benar merupakan mantan karyawan kami yang pernah bekerja di . . . . . . . . . . selama . . . . . tahun, terhitung dari tanggal . . . . . . . . . . . . s/d . . . . . . . . . . . . ., dengan jabatan terakhir sebagai . . . . . . . . . . . Adapun saat ini yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri.

Berdasarkan penilaian kualitas pekerjaan, kedisiplinan dalam bekerja, tanggung jawab dalam pekerjaan, loyalitas terhadap perusahaan, dengan ini kami sangat merekomendasikan yang bersangkutan untuk diterima bekerja dimanapun nantinya. Kami yakin yang bersangkutan akan tetap memberikan kinerja yang baik dimanapun bekerja, dan bisa memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

(Nama Jabatan Berwenang)

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Penggunaan surat rekomendasi kerja taupun surat keterangan kerja memang sangat dibutuhkan oleh seseorang pada kondisi tertentu, misalnya pada saat ingin mencari pekerjaan baru. Walaupun tidak menjamin anda akan mudah mendapatkan pekerjaan baru, namun setidaknya surat rekomendasi kerja akan memberikan jnilai positif terhadap anda sendiri. Itulah tadi beberapa contoh surat rekomendsai kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.