16 Contoh Surat Resmi Perusahaan, Instansi, Organisasi dan Lembaga

Contoh Surat Resmi – Surat merupakan suatu media komunikasi yang sampai saat ini masih seringkali dipergunakan. Namun khusus untuk komunikasi pribadi, kebanyakan orang sudah meninggalkan surat. Kenapa demikian?, sebab sekarang ini sudah banyak media komunikasi elektronik yang jauh lebih canggih dan cepat. Tidak hanya bertukar informasi, bahkan kita juga sudah bisa bertatap muka melalui layar smartphone atau layar komputer sekarang ini.

Jika anda ingin membaca mengenai pengertian surat resmi, bagian – bagian surat resmi dan jenis- jenisnya, maka bisa membacanya lebih lanjut pada Pengertian Surat Resmi.

Namun khusus untuk perusahaan, instansi pemerintahan, organisasi, dan lembaga, kebanyakan masih menggunakan surat sebagai media komunikasi. Surat yang mereka gunakan pun seringkali disebut dengan surat resmi. Jenis – jenis dan contoh surat resmi sangatlah banyak, tergantung penggunanya dan tujuan dari masing – masing surat tersebut. Dan salah satu ciri khas dari surat resmi adalah penggunaan bahasa yang harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Menulis surat resmi memang tidak semudah menulis surat pribadi. Ketika anda menulis surat pribadi, mungkin saja anda bebas menggunakan bahasa dan kata – kata, serta penulisannya yang tidak harus teratur. Namun berbeda dengan surat resmi, dimana memiliki banyak syarat – syarat karena berguna mewakili suatu kekompok. Walaupun surat resmi memang bisa dipergunakan oleh perorangan, namun pada umumnya surat resmi ini dipergunakan oleh kelompok, seperti perusahaan, instansi pemerintahan, organisasi, dan lembaga.

Tujuan dari penggunaan surat resmi juga sangat banyak, tergantung isi dari surat tersebut. Untuk perusahaan, biasanya disebut dengan surat niaga atau surat bisnis. Berbagai contoh surat resmi perusahaan adalah surat penawaran, surat pesanan, surat pemberitahuan, surat permintaan penawaran, dan berbagai jenis surat resmi lainnya. Sementara untuk instansi pemerintahan, kita bisa menemukan surat keputusan, surat perintah kerja, surat undangan, dan berbagai surat resmi lainnya.

Contoh Surat Resmi Terbaru dan Terlengkap

Kebanyakan orang tentu sudah tidak canggung lagi untuk menulis surat pribadi. Namun berbeda dengan surat resmi, mungkin saja masih banyak orang yang tidak begitu paham. Kebutuhan akan surat resmi juga memang sangat penting. Seperti anda yang mungkin sudah bekerja dan bertugas menangani proses surat menyurat. Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah juga mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat resmi.

Maka dari itu, anda akan membutuhkan berbagai referensi untuk menulis surat resmi. Baik itu karena memang keperluan dan ingin digunakan ataupun karena mendapat tugas. Berikut adalah beberapa contoh surat resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi dalam menulis surat resmi.

1. Contoh Surat Resmi Pengunduran Diri

Setiap orang tentu menginginkan pekerjaan yang tetap, agar bisa memiliki penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari – hari. Namun bukan tidak mungkin jika seseorang ingin keluar dan berhenti bekerja di suatu perusahaan karena banyak hal. Maka dari itu, anda pun bisa mengirimkan surat resmi pengunduran diri kepada atasan anda. Walaupun memang digunakan oleh perseorangan, namun surat pengunduran diri ini memang disebut sebagai salah satu contoh surat resmi.

Medan, 09 Agustus 2019

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya selaku karyawan PT. Sukses Makmur,

Nama:Anton Syahputra
Departemen:Logistik
Jabatan:Kepala Bidang
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti, terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. Sukses Makmur untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. Sukses Makmur dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya.

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

2.  Contoh Surat Resmi Penawaran Barang/Produk

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang/produk, mennjual barang tentu merupakan hal yang paling penting. Namun di tengah persaingan pasar, menjual produk atau barang tentu tidak selalu mudah. Maka dari itu, sebuah perusahaan bisa mengirimkan surat resmi penawaran produk kepada perusahaan lain, dengan tujuan perusahaan tersebut berkeinginan dan tertarik untuk membeli barang atau produk yang mereka tawarkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor   : 15 / BJE / XI / 2019
Lampiran : 1 Bundel
Perihal : Penawaran Barang Elektronik

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami dari PT. Maju Jaya Sejahtera, bermaksud untuk  mengajukan penawaran barang kepada Bapak Muhammad Ilham selaku pemilik PT. Sukses Makmur. Beberapa barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut :

Nama BarangMerkHarga (Rp)
PC All in OneLenovoRp. 7.200.000
Speaker 10.000 WattSonyRp. 2.850.000
ACLGRp. 3.500.000
Mesin cuciSHARPRp. 2.890.000
Home TheatreLGRp. 8.500.000

Adapun cara untuk pembayarannya dapat dilakukan dengan cara kredit, namun harus menyerahkan uang muka atau DP terlebih dahulu sebanyak 10% dari jumlah total pembelian. Selain itu, kami juga menerima pembayaran secara cash atau lunas dengan cara mengirimkan uang kepada rekening kami. Untuk hal ini, silahkan hubungi kami pada nomor telepon yang tersedia.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Resmi Undangan Rapat

Surat undangan rapat bisa dipergunakan dimana saja. Bukan hanya di perusahaan, namun juga di berbagai tempat lainnya, seperti instansi pemerintahan, lembaga, organisasi, bahkan desa. Namun memang surat undangan rapat ini paling sering dipergunakan oleh perusahaan dan instansi pemerintahan. Maka jika anda ingin menulis surat resmi undangan rapat, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor  : 020/UR/MHUTP/11/2019
Hal  : Undangan Rapat
Lampiran  : –

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Manager Marketing
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka akan diadakannya agenda tahunan untuk memperingati hari ulang tahun perusahaan yang ke 15, maka kami bermaksud untuk mengundang Bapak untuk menghadiri acara rapat persiapan hari ulang tahun perusahaan. Rapat akan diadakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Waktu:Pukul 09.00 WIB – Selesai
Tempat:Ruang Rapat Direksi

Mengingat pentingnya acara rapat tersebut maka kami sangat mengharapkan kehadiran bapak di tempat. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Resmi Pemberitahuan

Ada banyak jenis dan contoh surat pemberitahuan yang mungkin sering diperlukan pada berbagai kelompok. Namun kita ambil salah satu contoh adalah lembaga sekolah, sebagai lembaga penyelenggara pendidikan. Ketika ingin memberitahukan sesuatu hal atau informasi kepada para orang tua/wali siswa, maka pihak sekolah bisa memberikan surat resmi pemberitahuan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor  : I/ II /III/2019
Perihal  : Pemberitahuan
Lampiran  : –

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
Kelas XI SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan hasil rapat orang tua wali pada tanggal 01 Agustus 2019 yang lalu, SMA Negeri 1 Medan pada tahun ajaran 2019/2020 akan menyelenggarakan acara Study Tour yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XI. Acara Study Tour ini akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Biaya Per Siswa:Rp. 500.000,-
Tujuan:SMA Negeri 2 Medan dan PT. Universal Indofood Product

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Si

5. Contoh Surat Resmi Rekomendasi

Berbagai surat rekomendasi memang seringkali dipergunakan untuk kepentingan seseorang. Namun walaupun dipergunakan oleh seseorang, surat rekomendasi ini harus dikeluarkan oleh pejabat atau seseorang yang berwenang di bidangnya. Salah satu contoh adalah surat resmi rekomendasi kerja dari perusahaan. Jadi, ketika anda keluar dan berhenti bekerja di suatu perusahaan, anda bisa meminta surat rekomendasi dari perusahaan tersebut. Surat resmi rekomendasi ini nantinya bisa anda pergunakan saat melamar pekerjaan di perusahaan lain, dengan tujuan agar lebih mudah diterima. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat resmi rekomendasi di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT REKOMENDASI
Nomor: 09/SD/PBD/XII/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, memberikan rekomendasi kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Manager Planning
Alamat:Jl. Kapten Muslim No. 123, Medan

Kepada perusahaan manapun tempat Sdr. Muhammad Ilham nanti bekerja. Surat rekomendasi kerja ini kami keluarkan dengan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisiplinan, kualitas kerja, serta loyalitas Muhammad Ilham selama 5 tahun bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera dengan jabatan terakhir sebagai Manager Planning. Kami sangat yakin bahwa Sdr. Muhammad Ilham akan tetap memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat Sdr. Muhammad Ilham bekerja nanti.

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 09 Agustus 2019

Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Resmi Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan memang kerapkali menggunakan surat resmi untuk berbagai tujuan. Salah satu tujuan dari surat resmi sekolah yang paling sering kita lihat adalah orang tua/wali siswa dari sekolah tersebut. Berbagai informasi memang perlu diberitahukan oleh pihak sekolah kepada para orang tua/wali siswa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat resmi sekolah di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor : 199/SMAN1/2019
Lampiran : –
Perihal : Undangan Wali Siswa

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMAN 1 Medan, kami bermaksud untuk  melakukan acara santunan kepada anak yatim piatu, dan mohon kiranya para orang tua/wali siswa dapat berpartisipasi dalam memberikan sumbangan, oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan
Acara:Ulang Tahun SMA Negeri 1 Medan

Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Si

7. Contoh Surat Resmi Perusahaan

Perusahaan merupakan salah satu kelompok yang paling sering menggunakan berbagai jenis surat resmi. Baik untuk komunikasi internal maupun untuk komunikasi eksterna, surat resmi masih sangat diperlukan. Dan orang yang bertugas untuk menangani urusan surat menyurat di perusahaan juga sudah dipegang oleh seseorang. Jika anda membutuhkan referensi untuk menulis surat resmi perusahaan, maka anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor : 010/URP/MB/IV/2019
Lampiran : –
Hal : Undangan Rapat Perusahaan

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Manager Produksi
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diadakannya evaluasi kerja perusahaan per semester PT. Maju Jaya Sejahtera, kami bermaksud mengundang Bapak untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Waktu:Pkl 13.00 – 15.00
Tempat:Ruang Rapat Direksi

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara rapat ini maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak.

Atas perhatian dan kedatangannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur Utama PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Resmi Kampus/Perguruan Tinggi

Tidak berbeda jauh dengan sekolah, kampu sebagai salah satu lembaga pendidikan juga seringkali menggunakan surat resmi untuk berbagai urusan. Tidak hanya untuk komunikasi eksternal, namun juga untuk komunikasi internal. Surat resmi kampus yang bersifat internal salah satunya adalah surat resmi yang ditujukan kepada para dekan dari kampus tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Almamater Kampus USU No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax, 061-123456

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor : A.010/RAKER/UGM/I/2019
Perihal : Undangan Rapat
Lampiran : –

Kepada Yth,
Dekan dan Wakil Dekan
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara terkait dengan persiapan akreditasi BAN/PT. Dengan ini kami mengundang para dekan dan wakil dekan seluruh fakultas Universitas Sumatera Utara untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Pukul:08.30 WIB – Selesai
Tempat:Ruang Rapat Utama Universitas Sumatera Utara

Dengan demikian kami mengharapakan kehadiran para Bapak/Ibu dekan dan wakil dekan Universitas Sumatera Utara untuk menghadiri rapat tersebut demi masa depan kampus kita ini.

Hormat Kami,
Rektor Universitas Sumatera Utara,

 

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Resmi Kelurahan

Sebuah desa atau kelurahan biasanya akan dipimpin oleh seorang Kepala Desa dan Lurah. Dalam berbagai kegiatan juga, seorang kepala desa atau lurah seringkali menggunakan surat resmi. Tidak hanya untuk ditujukan kepada instansi pemerintahan, namun juga kepada para warga yang tinggal di daerah tersebut. Salah satunya adalah surat resmi undangan rapat kepada para warga. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat undangan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor : A.004/ADM/PROV/I/2019
Perihal : Undangan
Lampiran : –

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan semakin dekatnya perayaan HUT RI yang ke 74, maka seperti biasanya kita akan merayakan HUT RI tersebut dengan berbagai acara. Maka dari itu, kami berharap agar Bapak/Ibu Warga Kelurahan Padang Bulan bersedia menghadiri rapat, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/12 Agustus 2019
Pukul:19.00 WIB – Selesai
Acara:Rapat Persiapan HUT RI
Tempat:Balai Kelurahan Padang Bulan

Dalam rapat tersebut, kita akan membahas hal – hal yang akan berkaitan dengan persiapan menjelang perayaan HUT RI yang ke -74.

Mengingat pentingnya acara diatas, kami selaku Lurah Kelurahan Padang Bulan sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Warga Kelurahan Padang Bulan semuanya. Atas kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Lurah Padang Bulan,

 

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Resmi OSIS

OSIS merupakan salah satu organisasi yang akan dengan mudah kita temukan pada setiap sekolah SMP dan SMA sederajat. Sebagai salah satu organisasi yang berada di bawah naungan sekolah, organisasi ini juga sering menggunakan surat resmi. Baik untuk komunikasi internal maupun untuk komunikasi eksternal. Salah satu contohnya adalah surat undangan rapat untuk semua anggota OSIS dalam persiapan acara tertentu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 09 Agustus 2019

No : 022/OSIS/UND EX/I/19
Lamp : –
Hal : Undangan Rapat Persiapan PORSENI

Kepada Sdr/i,
Semua Pengurus OSIS
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara PORSENI di sekolah kita, maka kami berharap agar semua pengurus OSIS bersinergi untuk mempersiapkan perencanaan untuk acara tersebut. Kami pun mengundang Sdr/i untuk hadir pada rapat pembentukan panitia acara PORSENI yang akan diselenggarakan pada  :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Pukul:14.30 WIB – Selesai
Tempat:Aula Serbaguna SMA Negeri 1 Medan
Acara:PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Mengingat pentingnya acara tersebut.  Maka, kami mengharapkan kehadiran seluruh pengurus OSIS SMA Negeri 1 Medan untuk menghadiri undangan rapat tersebut. Atas kerjasama teman-teman sekalian kami ucapkan terimakasih.

Mengetahui,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Resmi Permohonan

Surat permohonan juga disebut dengan surat resmi, terlebih jika dipergunakan oleh orang – orang yang mewakili suatu kelompok tertentu. Salah satu contohnya adalah surat permohonan dari pihak sekolah kepada suatu instansi. Sebagaimana kita ketahui, sekarang ini sudah banyak sekolah yang memiliki website sendiri. Namun tidak bisa asal membuat website, sebuah sekolah harus berkoordinasi terlebih dahulu kepada dinas terkait terkait penggunaan nama domain yang disetujui. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor : B.115/WMB/15/IX/2019
Lampiran : –
Perihal : Permohonan Nama Domain

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Kominfo Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, M. Si
NIP:219856410624912645
Jabatan:Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini kami mengajukan nama domain “sman1medan.sch.id” sebagai nama domain resmi SMA Negeri 1 Medan. Tujuan kami ingin dibuatkan nama domain tersebut adalah sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari sekolah kami.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan. agar dapat di tindaklanjuti sebaik mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Si

12. Contoh Surat Resmi Dinas Pemerintahan

Selain perusahaan, berbagai instansi pemerintahan juga seringkali menggunakan surat resmi sebagai media komunikasi mereka. Tidak hanya untuk komunikasi internal, namun juga untuk komunikasi eksternal. Salah satu contoh adalah Dinas Pendidikan yang membawahi berbagai sekolah di daerahnya masing – masing. Tidak jarang pihak Dinas Pendidikan memberikan surat edaran kepada sekolah – sekolah tertentu terkait beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN KOTA MEDAN
Jl. Pattimura No. 123, Medan
Telp. 061-123456;, Fax. 061-123456

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor : 023/Disdik/IV/2019
Lampiran :
Perihal : Edaran

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Sederajat
Daerah Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan surat ini kami sampaiakan kepada seluruh Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA se-derajat di daerah Kota Medan. Dalam rangka meningkatkan mutu sekolah dalam bidang teknologi dan informasi dan kecakapan teknologi, kami dari pihak Dinas Pendidikan Kota Medan akan mengadakan pelatihan kecakapan teknologi. Sehingga, dengan melalui pelatihan tersebut diharapkan bapak/ibu sekalian mampu dan lebih baik lagi dalam mengelola sistem pendidikan yang ada di sekolah masing-masing dengan baik dan benar.

Maka, mohon sekiranya Bapak/Ibu Kepala Sekolah sekalian untuk dapat hadir mengikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Waktu:Pukul 08.00 WIB – Selesai
Tempat:Gedung Aula Dinas Pendidikan Kota Medan

Demikianlah surat ini kami sampaiakan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

 

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Resmi Penawaran Jasa

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang produk barang atau produk. Namun bukan hanya itu, ada banyak  juga perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Menawarkan jasa kepada orang lain atau kepada pihak lain tentu membutuhkan skill yang bagus. Selain itu, sebuah perusahaan penyedia jasa juga bisa menggunakan surat resmi penawaran jasa. Dengan surat tersebut, maka diharapkan perusahaan tujuan akan berkeinginan atau berminat menggunakan jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor   : 005/PTSAB/60/VIII/2019
Perihal  : Penawaran Jasa
Lampiran  : –

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan,kami dari PT. Maju Jaya Sejahtera yang dalam hal ini kami bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Baik dalam ataupun Luar pulau,kami berniat menawarkan bentuk kerja  sama dalam bidang expedisi.besar harapan kami bisa membantu pendistribusiannya.adapun service yang kami berikan DOOR to DOOR,Cy to DOOR,atau pun Cy to Cy.

Kami juga melayani trucking untuk seluruh wilayah Indonesia. Disini kami memprioritaskan keamanan, kenyamanan coustemer. Kami berusaha berkomit dengan LEAD time yang kami berikan.jika,kedepannya Bapak/ Ibu berkehendak membutuhkan jasa kami.dengan senang hati,kami akan memberikan penawaran  harga.

Sekian surat penawarn ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Resmi Panggilan Kerja

Melamar pekerjaan merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh setiap orang yang sudah lulus sekolah atau lulus kuliah. Dan ketika anda sudah selesai interview dan test di suatu perusahaan tertentu, hal yang paling ditunggu adalah tentu panggilan kerja. Mungkin banyak perusahaan yang akan memanggil kandidat karyawan mereka dengan menggunakan komunikasi telepon atau mengirimkan pesan melalui email atau SMS. Namun tidak jarang juga perusahaan yang memanggil kandidat karyawan mereka dengan cara mengirimkan surat resmi panggilan kerja seperti contoh di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 09 Agustus 2019

No. : 12/BPJJS/NAS/V/2019
Lamp : –
Hal : Panggilan kerja

Kepada Yth,
Muhammad Ilham
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan keikutsertaan saudara dalam mengikuti interview dan test di perusahaan kami pada tanggal 30 Juli 2019 lalu, maka dengan ini kami mengumumkan jika saudara telah lulus interview dan test. Maka dengan itu, kami mohon kesediaan saudara untuk mengikuti orientasi di perusahaan kami yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Tempat:Aula PT. Maju Jaya Sejahtera
Waktu:Pukul 09.00 WIB – Selesai

Kami harapkan kedatangan saudara di tempat yang tertera di atas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Hormat Kami,
Manajer Personalia,

 

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Resmi Instansi Pemerintahan

Selain perusahaan, instansi pemerintahan merupakan kelompok yang sangat sering menggunakan surat sebagai media komunikasi resmi mereka. Tujuan dari penggunaan surat resmi instansi pemerintahan ini juga sangat banyak, seperti undangan, edaran, pemberitahuan, maupun berbagai hal keperluan lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
SEKRETARIAT KOTAMADYA MEDAN
Jl. Iskandar Muda No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 09 Agustus 2019

Nomor   : 123/DPPK/2019
Lampiran   : –
Perihal  : Undangan

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya rapat internal, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir pada :

Hari/Tanggal:Senin/15 Agustus 2019
Tempat:Gedung Aula Kotamadya Medan
Acara:Pembahasan Kegiatan Bersama Anggota DPRD Kotamadya Medan

Demikianlah surat undangan ini kami buat dengan harapan Bapak dapat berpartisipasi. Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Walikota Medan,

 

Anton Syahputra, M. Si

16. Contoh Format Surat Resmi

Ada banyak contoh dan jenis surat resmi yang sering digunakan oleh berbagai pihak. Dan beberapa contoh di atas mungkin sudah cukup berguna sebagai bahan referensi untuk anda semua. Salah satu contoh surat resmi yang paling sering digunakan adalah surat undangan rapat, seperti di perusahaan. Maka dari itu, kami akan memberikan satu contoh format surat resmi undangan rapat perusahaan di bawah ini.

(KOP SURAT)

(Nama Kota dan Tanggal)

No. :
Lampiran :
Hal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Sehubungan dengan surat ini, kami ingin mengundang Bapak . . . . . . . . . . . .  untuk menghadiri rapat perusahaan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:
Pukul:
Acara:
Tempat:

Mengingat pentingnya rapat perusahaan ini, maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
. . . . . . . . . . . . . . . . . ,

 

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.