16 Contoh Surat Risent Kerja, Organisasi, Sekolah, Kuliah

Contoh Surat Risent – Berbicara mengenai surat risent/surat resign/surat pengunduran diri, tentu bukan merupakan hal yang baru untuk anda sekalian. Surat ini seringkali dipergunakan oleh berbagai pihak perseorangan ketika ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, sekolah, kuliah, bahkan dari organisasi. Maka dari itulah anda akan membutuhkan surat risent.

Penggunaan surat risent memang sangat dibutuhkan manakala anda ingin keluar dan berhenti dari suatu kelompok. Hal ini dibutuhkan untuk menunjukkan tanggung jawab dan itikad baik dari anda sendiri. Walaupun anda mungkin saja bisa mengundurkan diri tanpa surat risent, namun hal tersebu tetaplah tidak disarankan.

Semua orang tentu memiliki tanggung jawab masing masing, baik di bidang pekerjaan, sekolah, kuliah, maupun organisasi. Dan dengan anda mengajukan surat permohohonan ini, maka berarti anda meminta agar terlepas dari tanggung jawab tersebut. Berdasarkan hal tersebut, anda pun sudah menunjukkan rasa tanggung jawab akan sesuatu hal.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang harus risent atau mengundurkan diri. Ada yang dikarenakan faktor dari diri sendiri, namun ada juga dikarenakan faktor dari pekerjaan tersebut. Namun apapun yang menjadi alasan anda, maka sebaiknya tetap mengundurkan diri dengan baik, dan juga menulis surat risent dengan sopan.

Contoh Surat Risent

Bagi anda yang ingin berhenti dari pekerjaan, keluar dari sekolah, kuliah, ataupun organisasi, alangkah baiknya jika memberikan surat risent beberapa hari sebelum benar benar keluar dan mengundurkan diri. Anda pun bisa mencari banyak contoh surat yang bisa anda contek untuk dijadikan bahan referensi.

Anda pun tidak boleh lupa bahwa dalam menulis surat risent, anda harus menggunakan bahasa dan kata kata yang sopan, serta tidak boleh menyinggung pihak lain. Sebagai bahan referensi, di bawah ini adalah beberapa contoh surat risent yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Risent Kerja

Ada banyak orang yang berusaha mencari pekerjaan dan mendapatkan penghasilan. Namun ada juga orang yang ingin keluar dan berhenti bekerja dari suatu pekerjaan dikarenakan alasan tertentu. Jika anda merupakan salah satunya, maka anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri kerja di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri Kerja

Kepada Yth,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Sales
Departemen:Pemasaran

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin fokus menjalankan dan mengembangkan bisnis keluarga saya. Saya berharap agar Bapak Direktur bisa memahami alasan saya ini dan memberikan apa yang menjadi hak saya, sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku pada perusahaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Bapak berikan selama ini, saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Risent Simple

Menulis surat risent tidaklah harus panjang, namun juga bisa dengan singkat dan simpel, asalkan tetap padat dan jelas maksud dan tujuan dari surat tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri simple di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Direktur PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Anton Syahputra, staff produksi PT. Sukses Makmur, dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri, terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terimakasih karena sudah diberi kesempatan bekerja pada perusahaan ini dengan baik. Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf jika selama bekerja disini saya pernah berbuat kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Risent dari Organisasi

Ada banyak organisasi yang bisa kita temukan di lingkungan kita, salah satunya adalah di kampus, dimana terdapat BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Banyak mahasiswa yang tentu ingin bergabung dengan organisasi ini, namun mungkin saja seseorang ingin mengundurkan diri dari sana karena sesuatu hal. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari organisasi di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Pembina dan Ketua BEM
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Sekretaris
Fakultas:FMIPA
NIM:345345
Telp.:081234567890

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari BEM Universitas Sumatera Utara.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Pembina dan rekan rekan sekalian yang sudah mempercayakan jabatan sekretaris kepada saya selama ini. Saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak Pembina dan kepada rekan rekan semua, jika saya pernah berbuat salah, baik dari perkataan maupun dari tindakan saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

4. Contoh Surat Risent Doc

Mungkin ada banyak orang yang mencari contoh surat risent doc atau surat pengunduran diri doc, untuk kemudian didownload dan diedit sesuai keingina. Namun hal tersebut sebenarnya tidak perlu anda lakukan, karena hanya akan membuang banyak waktu saja. Anda pun bisa mengcopy surat pengunduran diri di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya pada microsoft word.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pembina dan Ketua OSIS
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Kelas:XII IPA
Jabatan:Seksi Kebersihan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari OSIS SMA Negeri 1 Medan, terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang. Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya ini adalah karena orang tua sudah tidak mengizinkan lagi. Saya berharap agar Bapak Pembina OSIS bisa memaklumi alasan saya.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Pembina dan rekan rekan sekalian yang sudah memberikan kesempatan kepada saya untuk bergabung dalam OSIS SMA Negeri 1 Medan, yang mengajarkan banyak pelajaran kepada saya. Saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak Pembina dan rekan rekan sekalian, jika saya pernah berbuat salah selama ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

5. Contoh Surat Risent yang Baik dan Benar

Surat risent atau surat pengunduran diri harus ditulis dengan baik dan benar, serta harus menggunakan kata kata yang sopan. Anda tidak boleh menyinggung pihak lain, terlebih pihak yang anda tinggalkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa :

Nama:Intan Permatasari
Kelas:XI – IPA 2
Nomor Induk:4587

dengan ini mengajukan pengunduran diri anak saya dengan nama tersebut di atas dari SMA Negeri 1 medan, dengan alasan :

Keluarga kami harus pindah domisili ke Pekanbaru, dikarenakan saya sebagai seorang TNI AD dipindahtugaskan kesana dan tidak mungkin meninggalkan anak kami di Medan sendirian, serta akan melanjutkan pendidikan di Pekanbaru nantinya. Mengenai pengurusan kepindahan sekolah akan kami urus secepatnya ke sekolah bersama dengan anak kami, sekalian untuk berpamitan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan dengan harapan Bapak Kepala Sekolah dapat mengabulkan permohonan ini, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Risent Guru

Bagi seorang guru pns, tentu tidak akan mudah untuk risent dari suatu sekolah atau dari pekerjaan tersebut. Namun berbeda dengan guru honorer yang pada dasarnya masih tidak terikat dengan pemerintah. Maka jika anda ingin menggundurkan diri dari pekerjaan sebagai guru, anda pun bisa memberikan surat risent kepada kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri guru di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Guru Honorer
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMA Negeri 1 Medan secara resmi, terhitung dari tanggal 15 November 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena sudah diterima bekerja di salah satu perusahaan  BUMN di kota Medan.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang sudah memberikan saya kesempatan untuk mengajar di sekolah ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan guru semua yang sudah banyak membimbing dan mengajari saya selama ini.

Tidak lupa, saya pun ingin meminta maaf jika selama ini saya pernah berbuat salah, baik dari perkataan maupun dari tindakan yang saya lakukan, yang saya sadari maupun tidak saya sadari. Saya hanya berharap agar ke depannya SMA Negeri 1 Medan bisa semakin maju dan semakin berkembang pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannnya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

7. Contoh Surat Risent Perusahaan

Ada sangat banyak perusahaan yang berdiri di Indonesia dan tentu membutuhkan banyak karyawan. Namun dikarenakan alasan tertentu, bisa jadi seseorang ingin mengundurkan dari perusaaan tempatnya bekerja. Jika anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan, maka anda pun bisa memberikan surat risent kepada pimpinan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari perusahaan di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. Karyawan:C8934875
Jabatan:Teknisi Mesin Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera, dengan jabatan terakhir sebagai Teknisi Mesin Produksi, terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak pimpinan yang sudah memberikan saya kesempatan bekerja di perusahaan ini selama kurang lebih 5 tahun. Saya hanya berharap agar ke depannya perusahaan ini semakin maju dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Risent Bahasa Inggris

Anda mungkin akan sangat jarang bahkan tidak pernah menggunakan surat risent bahasa Inggris. Namun untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, mungkin saja mendapat tugas untuk menulis surat risent dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

Medan, October, 15 2019

Subject : Resignation

To :
Director of PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

With Respect,
I, the undersigned below :

Name:Dewi Cahaya
Position:HRD Staff
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

hereby intend to submit an application for resignation from PT. Sukses Makmur with the last position as HRD staff, starting from the date November, 15 2019.

I thank the director for giving me the opportunity to work in this company. I also want to thank all colleagues who have helped and guided me to work well and professionally.

I also want to apologize to the father of the director and colleagues, if I have done anything wrong while working here, both through words and from what I did. I hope that this company will be more advanced and can grow rapidly in the future.

I did this letter of resignation in truth and without any pressure from anyone. Thank you for your attention.

Sincerely,

Dewi Cahaya.

9. Contoh Surat Risent Kuliah

Pendidikan memang sangat penting untuk setiap orang, bahkan tidak memandang usia sekalipun. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari perkuliahan, maka itu tentu menjadi hak anda. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri kuliah di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Dekan Fakultas MIPA
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:875753
Fakultas:MIPA

dengan ini bermaksud mengundurkan diri dari Fakultas MIPA, Universitas Sumatera Utara, terhitung sejak hari ini, Senin, 15 Oktober 2019. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah dikarenakan kondisi kesehatan yang semakin menurun, sehubungan dengan penyakit leukimia yang saya alami.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,Mengetahui,
Orang Tua Mahasiswa,
Intan Permatasari.Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Risent Hotel

Bekerja di sebuah hotel mungkin masih menjadi impian bagi banyak orang. Namun seseorang yang bekerja di sebuah hotel bisa saja mengundurkan diri dari sana dikarenakan sesuatu alasan, dan itu sudah menjadi hak anda. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari hotel di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD
Hotel Sukses Jaya
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Posisi:Frontliner
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri saya dari Hotel Sukses Jaya, terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang, dengan jabatan terakhir sebagai Frontliner.

Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kesempatan bekerja di Hotel ini selama kurang lebih 4 tahun ini. Saya juga berterimakasih kepada rekan rekan kerja semua yang sudah banyak mengajari dan membimbing saya untuk bisa bekerja dengan lebih profesional.

Tidak lupa, saya pun ingin meminta maaf kepada Bapak Pimpinan dan rekan rekan semua, serta semua pihak manajemen Hotel Sukses Jaya, jika selama bekerja di Hotel ini saya pernah berbuat kesalahan, baik sengahar maupun tidak sengajar. Saya berharap agar ke depannya Hotel Sukses Jaya ini semakin maju dan bisa berkembang pesast.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, serta tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan selama ini, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Risent dari Jabatan

Seseorang bisa saja mengundurkan diri dari jabatan tertentu tanpa harus keluar dari pekerjaan tersebut. Hal ini mungkin karena dia diberikan jabatan yang menurutnya terlalu besar dan tidak bisa ditanggung jawabi. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari jabatan di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri Jabatan

Kepada Yth,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Kepala Departemen
Departemen:Departemen Pemasaran
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengundurkan diri dari Jabatan sebagai Kepala Departemen Pemasaran PT. Maju Jaya Sejahtera, dan saya berharap agar Bapak Direktur bisa memberikan jabatan yang lebih rendah kepada saya.

Adapun alasan pengunduran diri dari jabatan saya ini adalah karena saya merasa masih kurang mampu untuk memikul tanggung jawab sebagai seorang Kepala Departemen Pemasaran. Saya berharap agar Bapak sudi memaklumi alasan saya ini dan sudi memberikan jabatan yang lebih rendah lagi.

Demikian surat pengunduran diri saya dari jabatan ini saya perbuat dengan sebenarnya, tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Atas perhatian dan pengertian dari Bapak Direktur, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

Seseorang karyawan kontrak tentu tidak bisa mengundurkan diri begitu saja tanpa alasan yang jelas, sebelum waktu kontrak yang tertera pada surat perjanjian selesai. Namun jika anda memiliki alasan kuat, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri karyawan kontrak di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan Perjanjian Kontrak Kerja yang saya tanda tangani bersama dengan perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera, bahwa saya terikat kontrak kerja dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun, terhitung dari tanggal 10 Mei 2018 s/d 10 Mei 2021 mendatang. Namun dikarenakan alasan tertentu, saya pun tidak mampu melanjutkan kontrak kerja ini sebagaimana yang sudah disepakati bersama.

Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Posisi:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera sebagai karyawan kontrak, terhitung sejak hari ini, Senin, 15 Oktober 2019.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah karena kecelakaan parah yang saya alami, yang membuat saya harus menjalani banyak perawatan intensif untuk bisa beraktivtias kembali. Menurut keterangan dokter, dibutuhkan waktu setidaknya 6 bulan untuk saya bisa pulih kembali.

Saya memohon maaf yang sebesar besarnya atas kejadian ini, sehingga tidak bisa melanjutkan kontrak kerja saya lagi sampai habis. Saya juga berharap agar Bapak Direktur bisa memaklumi alasan saya, yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, setidaknya selama 6 bulan ke depan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atsa perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

13. Contoh Surat Risent Resmi

Surat risent atau surat pengunduran diri memang harus ditulis secara resmi dan disampaikan kepada atasan. Dalam menulis surat pengunduran diri ini, anda pun harus menggunakan bahasa dan kata kata yang sopan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri resmi di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Mandor Bagian Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Makmur, dengan jabatan terakhir sebagai Mandor Bagian Produksi, terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan, bimbingan, serta dukungan pengalaman yang saya terima selama menjadi bagian dari PT Tirta Company. Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada rekan rekan kerja semuanya atas bantuan dan kerjasamanya selama ini.

Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak pimpinan dan rekan rekan kerja semua jika selama ini saya pernah berbuat salah. Saya berharap agar ke depannya perusahaan ini semakin maju dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Seorang siswa bisa saja mengundurkan diri dari suatu sekolah dan pindah ke sekolah lain. Namun ketika ingin menggunakan surat pengunduran diri, maka sebaiknya surat tersebut ditulis dan dibuat oleh orang tua dari siswa tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari sekolah di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa :

Nama:Dewi Cahaya
NISN:78564763
Kelas:VIII SMP Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohohonan pengunduran diri dari sekolah atas nama anak kami dengan nama tersebut di atas.

Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri anak kami adalah karena saya sebagai orang tua di pindah tugaskan ke Malang sebagai seorang Perwira Polisi. Kami sekeluarga pun harus pindah kesana dan tidak mungkin meninggalkan anak kami sendirian di Medan.

Mengenai pengurusan surat pindah sekolah dan berbagai berkas lainnya akan kami urus secepatnya bersama dengan anak kami, sekaligus untuk berpamitan kepada Bapak/Ibu guru dan rekan rekannya siswa yang lain.

Demikian surat pengunduran diri ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama dari Ibu Kepala Sekolah, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Muhammad Ilham.

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Partai

Ada banyak partai politik yang berdiri di Indonesia dan tentu memilik banyak anggota. Namun bisa saja seseorang anggota dari partai tersebut ingin mengundurkan diri dikarenakan alasan tertentu. Jika memang demikian, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari partai di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Umum Partai Maju Sejahtera
di Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. Anggota:S-12456
DPP:Sumatera Utara
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Ketua Umum Partai Maju Sejahtera dan Ketua DPP Sumatera Utara yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk bergabung dengan Partai Maju Sejahtera selama kurang lebih 3 tahun ini.
  2. Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Partai Maju Sejahtera DPP Sumatera Utara dikarenakan tidak memiliki waktu lagi untuk berfokus pada partai politik dan ingin mengembangkan bisnis.

Saya berharap agar Bapak Ketua Umum bisa memaklumi alasan saya ini dan memaafkan saya sekirannya ada kesalahan yang saya lakukan selama bergabung dengan Partai Maju Sejahtera ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pengunduran Diri Alfamart

Alfamart merupakan salah satu perusahaan retail di Indonesia yang sudah memiliki sangat banyak cabang. Tentu saja perusahaan ini juga memiliki banyak karyawan untuk ditempatkan di setiap toko. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari sana, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri alfamart di bawah ini.

Medan, 15 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pimpinan Alfamart ( PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk)
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Posisi:Kasir Toko
Unit Toko:Jamin Ginting 2
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Alfamart (PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk), terhitung sejak tanggal 15 November 2019 mendatang, dengan posisi terakhir sebagai Kasir Toko.

Saya mengucapkan banyak terimakasih karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja disini dan memiliki banyak pengalaman. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan kerja saya, yang sudah banyak membimbing saya untuk bisa bekerja dengan profesional.

Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak pimpinan dan rekan rekan semuanya, jika saya pernah berbuat salah selama bekerja disini, baik sengaja maupun tidak sengaja. Saya berharap agar perusahaan ini semakin maju ke depannya dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

16. Format Contoh Surat Risent

Ada banyak jenis dan contoh surat risent yang sering dipergunakan. Namun salah satu yang paling sering digunakan adalah surat risent dari perusahaan. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan salah satu contoh format surat pengunduran diri dari perusahaan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , terhitung sejak tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . . . mendatang, dengan jabatan terakhir sebagai . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak/Ibu Pimpinan yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan kerja semuanya yang sudah banyak membantu dan membimbing saya untuk bisa bekerja dengan profesional.

Tidak lupa, saya pun ingin meminta maaf kepada Bapak/Ibu Pimpinan dan rekan rekan kerja semuanya, atas kesalahan yang mungkin pernah saya perbuat, baik dari perkataan maupun dari tindakan yang saya lakukan. Saya berharap agar ke depannya perusahaan ini semakin maju dan bisa berkembang dengan pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, serta tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya dan kesempatan yang diberikan selama ini, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Penggunaan contoh surat risent atau contoh surat pengunduran diri memang masih sangat diperlukan sekarang ini. Baik itu ketika ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, sekolah, kuliah, organisasi, dan lainnya. Itulah tadi beberapa contoh surat risent yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.