16 Contoh Surat Teguran Dinas Disiplin dan Pelanggaran

Contoh Surat Teguran Dinas – Pada berbagai ruang lingkup pekerjaan, surat teguran bukanlah sesuatu hal yang baru. Seringkali seorang atasan terpaksa harus menerbitkan surat teguran dan ditujukan kepada bawahannya yang melanggar aturan. Hal ini tentu bertujuan agar para karyawan ataupun pegawai bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan di kemudian hari. Maka dari itulah, sangat dibutuhkan surat teguran dinas.

Dimanapun anda bekerja, tentu sudah ada peraturan yang mengikat. Peraturan tersebut biasanya berisikan hal – hal apa saja yang bisa dilakukan dan hal apa saja yang tidak bisa dilakukan. Jika melanggar dari peraturan, maka tentu sudah disiapkan sanksi untuk pihak yang melanggar tersebut. Jika pelanggaran yang dilakukan masih ringan, maka biasanya akan diberikan surat teguran saja.

Bukan hanya instansi pemerintahan atau dinas pemerintahan saja, namun pihak swasta juga seringkali menggunakan surat teguran. Ada juga lembaga – lembaga tertentu yang menggunakan surat teguran, seperti lembaga kesehatan ataupun lembaga pendidikan. Jadi, penggunaan surat teguran ini meliputi semua ruang lingkup kerja tanpa terkecuali.

Surat teguran akan diterbitkan berdasarkan kesalahan yang dilakukan oleh bawahan. Salah satu contoh adalah ketika atasan menerima laporan dari HRD atau bagian personalia mengenai ketidakhadiran seorang karyawan tanpa pemberitahuan beberapa hari berturut – turut. Kesalahan atau pelanggaran tersebut bisa dijadikan dasar untuk memberikan surat teguran kepada yang bersangkutan.

Contoh Surat Teguran Dinas

Lantas, apa saja yang merupakan isi dari surat teguran dan bagaimana struktur penulisan surat teguran. Satu hal yang pasti adalah memiliki kop surat, yakni kop surat dari pihak atau instansi, ataupun lembaga yang mengeluarkan surat teguran dinas tersebut. Kemudian akan diikuti tulisan surat teguran bersama dengan nomor surat, serta isi dari surat teguran tersebut.

Khusus untuk surat teguran dinas, pada umumnya dipergunakan untuk berbagai instansi pemerintahan ataupun lembaga pemerintahan. Bagi anda yang ingin mengeluarkan surat teguran dinas kepada bawahan ataupun sedang mencari bahan tugas, maka beberapa contoh surat teguran di bawah ini mungkin akan bisa berguna sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Teguran Dinas Disiplin PNS

Setiap PNS atau pegawai negeri sipil harus menaati semua peraturan dan menjaga disiplin sebagai seorang PNS. Dan bila terdapat kesalahan yang dilakukan oleh seorang PNS, yang disertai dengan bukti cukup, maka seorang kepala dinas berhak memberikan surat teguran kepada bawahannya. Bahkan apabila pelanggaran yang dilakukan sudah terlalu besar, atasan bisa saja memberikan surat peringatan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN DINAS
Nomor : 123/Disdik/11/2019

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan memandang perlu memberikan teguran kepada :

Nama:Anton Syahputra
NIP:897675464 3453 2325
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Kepala Bagian Tata Usaha
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Adapun dasar dari penerbitan surat teguran ini adalah berdasarkan pelanggaran disiplin dari yang bersangkutan, yakni berupa :

  1. Mendukung salah satu Calon Presiden/Wakil Presiden pada pemilu 2019 dengan cara memberikan cinderamata dari pasangan salah satu Calon Presiden/Wakil Presiden kepada para bawahannya.

Setiap anggota ASN atau PNS sama sekali tidak diperbolehkan untuk ikut berkampanye ataupun mendukung salah satu pasangan calon pada pemilu tertentu. Hal ini sudah diatur pada Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010. Atas pelanggaran tersebut, maka kami terpaksa menerbitkan surat teguran. Kami berharap agar yang bersangkutan tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan akan diberikan sanksi yang lebih berat jika masih mengulanginya di kemudian hari.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dipergunakan sebagai pedoman dan perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra, M. Si.
NIP. 345346 3245 6347

2. Contoh Surat Teguran Dinas Bidan

Seorang bidan memiliki kewajiban untuk melayani setiap pasien yang datang untuk memeriksa kesehatan ataupun untuk berobat. Bukan hanya itu, masih ada banyak tugas dan tanggung jawab lain dari seorang bidan. Dan bila terbukti melanggar, seorang bidan bisa saja mendapat surat teguran dari atasannya.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS KESEHATAN KOTA MEDAN
UPT PUSKESMAS PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN DINAS
Nomor : 123/UPT-Pustu/11/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Intan Permatasari, Amd. Keb
NIP:987673545 3463 2344
Jabatan:Bidan Tetap
Unit Kerja:UPT Puskesmas Padang Bulan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas dasar pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan oleh yang bersangkutan, yakni keluar dari puskesmas untuk keperluan lain pada saat jam kerja, sehingga menyebabkan kekurangan bidan yang bertugas menangani setiap pasien pada tanggal 18 November 2019.

Kami berharap agar semua bidan dan pegawai menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan sesuai dengan ketentuan dan tugas, serta tanggung jawab masing – masing. Surat teguran ini berlaku selama 3 (tiga) bulan sejak diterbitkan dan apabila mengulangi kesalahan yang sama, maka akan diberikan sanksi yang lebih berat.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa diperhatikan dan menjadi pedoman perbaikan diri oleh yang bersangkutan.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Kepala UPT Puskesmas Padang Bulan,

dr. Anton Syahputra.
NIP. 34634676 2346 2340

3. Contoh Surat Teguran Dinas Guru PNS

Seorang guru memiliki kewajiban untuk mendidik para siswa/i di suatu sekolah. Seorang guru juga harus bisa menjadi teladan bagi para siswa/i nya dan selalu memberikan contoh yang baik. Maka tidak heran, kalau menjadi seorang guru yang baik bukanlah perkara yang mudah. Dan apabila seorang guru melanggar disiplin, maka bisa saja mendapat surat teguran PNS dari kepala sekolah.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT TEGURAN DINAS
Nomor : 123/SMAN1/11/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:39878643 3476 2346
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Guru Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Surat teguran ini diberikan kepada yang bersangkutan, atas dasar pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan, yakni berupa :

  1. Tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan selama 3 (tiga) hari berturut – turut, yakni pada tanggal 16, 17, dan 18 November 2019.

Sebagai seorang guru, maka harus selalu bisa memberikan teladan dan contoh yang baik untuk para siswa/i kita. Maka dari itu, diharapkan agar semua para guru selalu menjaga disiplin dan mematuhi semua peraturan. Atas dasar kesalahan yang sudah dilakukan, maka kami terpaksa memberikan surat teguran ini kepada yang bersangkutan.

Adapun surat teguran ini berlaku selama 3 (tiga) bulan sejak diterbitkan dan di tanda tangani. Dan apabila dalam jangka waktu 3 bulan yang bersangkutan masih mengulangi kesalahan yang sama, maka akan diberikan sanksi yang lebih berat lagi.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, agar bisa diperhatikan oleh yang bersangkutan.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 134632476 3473 3466

4. Contoh Surat Teguran Dinas Kesehatan

Dinas kesehatan memiliki banyak ruang lingkup pekerjaan, salah satunya adalah rumah sakit. Sebuah rumah sakit haruslah bisa memberikan pelayana yang baik untuk para pasien dan selalu memikirkan kesehatan para pasien mereka. Jikat terdapat kelalaian kerja ataupun pelanggaran disiplin, maka bisa saja seorang dokter ataupun pegawai rumah sakit mendapat surat teguran dari atasan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
BADAN PELAYANAN KESEHATAN
RSU Dr. PIRNGADI MEDAN
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/RSU.Pirngadi/11/2019

Kepala Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi Medan memandang perlu memberikan teguran kepada :

Nama:dr. Dewi Cahaya
NIP:876545643 4367 2342
Jabatan:Dokter Umum
Unit Kerja:RSU Dr. Pirngadi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas dasar pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan oleh yang bersangkutan, yakni pulang kerja lebih awal dan meninggalkan pekerjaan di rumah sakit tanpa izin terlebih dahulu, sehingga terjadi kekurangan personel dokter umum pada tanggal 18 November 2019.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dijadikan bahan pedoman dan perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Direktur RSU Dr. Pirngadi Medan,

Anton Syahputra.
NIP. 23674243467 3456 2324.

5. Contoh Format Surat Teguran Dinas

Walaupun ada berbeda – beda surat teguran dinas, namun pada umumnya tidaklah jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mungkin hanya terdapat perbedaan pada isi pelanggaran dan kesalahan yang dilakukan saja. Maka dari itu, di bawah ini adalah salah satu contoh format surat teguran dinas yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

(KOP SURAT INSTANSI/LEMBAGA)

SURAT TEGURAN DINAS
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . 

Surat teguran ini diterbitkan oleh . . . . . . . . . . . . . . .  dan ditujukan kepada :

Nama: 
NIP: 
Jabatan: 
Unit Kerja: 
Alamat: 

Surat teguran ini diterbitkan atas dasar pelanggaran disiplin oleh yang bersangkutan, yakni berupa :

  1. Pelanggaran yang dilakukan oleh yang bersangkutan,
  2. Pelanggaran lain (jika ada)
  3. Pelanggaran lain (jika ada).

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dijadikan pedoman dan perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Dimanapun anda bekerja, maka tentu disiplin adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Menaati peraturan dan semua tata tertib yang berlaku sudah menjadi kewajiban dari setiap karyawan ataupun pegawai. Karena jika tidak, bisa saja anda mendapat surat teguran, surat peringatan, bahkan surat pemberhentian kerja. Itulah tadi beberapa contoh surat teguran yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.