16 Contoh Surat Teguran Disiplin Karyawan dan PNS

Contoh Surat Teguran Disiplin – Ada peribahasa mengatakan, dimana kita berpijak, disitu langit dijunjung. Hal ini berlaku pada berbagai ruang lingkup kehidupan, tidak terkecuali di lingkungan pekerjaan. Jadi, jika anda bekerja di suatu perusahaan ataupun suatu instansi pemerintahan, maka anda harus menaati semua peraturan dan tata tertib disana. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin kalau anda akan menerima surat teguran disiplin dari atasan.

Penggunaan surat teguran dalam dunia pekerjaan bukanlah sesuatu hal yang baru lagi bagi kita semua. Ada banyak jenis – jenis teguran yang biasanya diberikan oleh seorang atasan kepada bawahan atau pegawai mereka. Bisa saja disebabkan oleh kesalahan kerja, ataupun dikarenakan pelanggaran peraturan. Hal inilah yang menyebabkan keluarnya surat teguran disiplin.

Peraturan ataupun disiplin memang sangat penting untuk kita perhatikan, dimanapun kita berada. Pada sebuah perusahaan, peraturan dibuat untuk mengatur seluruh karyawan mengenai hal – hal yang bisa dilakukan, hal – hal yang tidak bisa dilakukan, dan beberapa hal lainnya yang harus dipatuhi oleh semua karyawan/pegawai tanpa terkecuali.

Sebelumnya, kami sudah pernah membahas mengenai surat teguran, yang meliputi banyak jenis jenis teguran. Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak contoh surat teguran, maka anda bisa membacanya terlebih dahulu, karena pada artikel ini, kami hanya akan memberikan contoh teguran disiplin saja dengan lebih spesifik.

Contoh Surat Teguran Disiplin

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat teguran disiplin?. Ada beberapa hal, di antaranya adalah penggunaan kop surat, identitas dari penerima teguran, alasan diberikannya teguran, dan saran – saran jika ada. Dengan demikian, maka karyawan/pegawai yang diberikan teguran akan bisa segera memperbaiki diri agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari ataupun kesalahan yang lain.

Bagi anda yang berwenang memberikan surat teguran disiplin kepada para karyawan, pegawai, ataupun PNS, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini. Namun berbeda jika anda merupakan seorang anak sekolah ataupun mahasiswa dan mendapat tugas untuk menulis surat teguran disiplin. Maka beberapa contoh surat teguran disiplin di bawah ini mungkin akan bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Teguran Disiplin Perusahaan

Pihak perusahaan tentu ingin mendapatkan karyawan yang terbaik untuk perusahaan mereka dan tidak ingin mempertahankan karyawan ataupun pegawai yang berbuat kesalahan secara terus menerus. Maka dari itu, ketika seorang karyawan melanggar disiplin tertentu, bisa saja akan langsung diberikan surat teguran disiplin, agar tidak mengulangi kesalahan di kemudian hari.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN DISIPLIN
Nomor : 123/STD/MJS/11/2019

Surat teguran ini diterbitkan oleh Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera dan ditujukan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
No. Karyawan:B23
Jabatan:Operator Mesin Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran disiplin ini diberikan atas bukti pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh Sdr. Muhammad Ilham di lingkungan perusahaan, yakni :

  1. Meninggalkan mesin produksi yang sedang bekerja dan pergi beristirahat tanpa seizin dari mandor.

Sebagaimana peraturan perusahaan yang sudah menetapkan agar semua karyawan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Tidak ada alasan yang bisa kami terima jika seseorang meninggalkan pekerjaan tanpa seizin dari pihak yang bersangkutan. Kami berharap, agar ke depannya yang bersangkutan bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan yang sama, ataupun kesalahan yang lain.

Demikian surat teguran ini diberikan, untuk bisa dijadikan sebagai pedoman perbaikan diri ke depannya.

Medan, 18 November 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Teguran Karena Absen Kerja

Absen yang dimaksud disini adalah tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan. Jika anda meminta izin kepada atasan dan memberitahukan alasan, maka tentu tidak akan diberikan surat teguran. Namun jika absen tanpa pemberitahuan, apalagi lebih dari satu hari, maka tentu pihak perusahaan tidak akan tinggal diam.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/STD/MJS/11/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Adapun dasar dari penerbitan surat teguran disiplin ini adalah berdasarkan data dari Departemen Personalia yang menyatakan bahwa yang bersangkutan absen kerja tanpa pemberitahuan selama 2 (dua) hari berturut – turut, yakni pada tanggal 16 dan 17 November kemarin.

Kami berharap agar semua karyawan selalu patuh terhadap peraturan dan disiplin kerja pada perusahaan ini. Kami juga menghimbau agar para karyawan yang tidak bisa masuk kerja selalu memberitahukan alasan dengan bukti yang otentik.

Demikian surat teguran ini diperbuat, untuk bisa dijadikan pedoman perbaikan diri oleh yang bersangkutan ke depannya.

Medan, 18 November 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Teguran Disiplin Karena Terlambat Masuk  Kerja

Setiap perusahaan sudah memiliki jam kerja tersendiri untuk para karyawan mereka. Walaupun mungkin ada beberapa shift, namun tetap saja jam masuk kerja sudah diatur dan tidak bisa dilanggar oleh para karyawan/pegawai. Jika melanggar, maka surat teguran dari atasan bukanlah hal yang mustahil, bahkan bisa diberikan surat peringatan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/STD/MJS/11/2019

Surat teguran ini diterbitkan oleh Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera dan diberikan kepada :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan oleh yang bersangkutan, yakni berupa :

  1. Terlambat masuk kerja selama 1 jam, dari yang seharusnya masuk  kerja jam 08.00, tetapi masuk kerja jam 09.00 pada tanggal 17 November 2019.

Disiplin dan kepatuhan terhadap peraturan adalah salah satu kunci sukses karyawan itu sendiri, termasuk kunci sukses perusahaan. Maka dari itu, kami sangat berharap agar semua karyawan memperhatikan aturan dan disiplin, termasuk jam masuk kerja yang tidak boleh terlambat.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, agar kirannya bisa dipergunakan sebagai pedoman perbaikan diri oleh yang bersangkutan ke depannya.

Medan, 18 November 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

 

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Teguran Disiplin PNS

Tidak hanya di lingkungan perusahaan, para PNS yang bekerja di instansi pemerintahan juga bisa saja mendapat surat teguran dari atasan jika tidak bisa menjaga disiplin kerja mereka. Hal ini  bisa saja karena seseorang PNS tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan, terlambat masuk kerja, pulang lebih awal, ataupun dikarenakan beberapa hal lainnya.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN DISIPLIN
Nomor : 123/STD/Disdik/11/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:89767 6776 7657
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Staff Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini didasarkan pada data dari bagian personalia mengenai pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan oleh yang bersangkutan, yakni  berupa :

  1. Pulang kerja lebih awal, yakni jam 16.00, dari yang seharusnya jam 16.30 pada tanggal 16 November 2019.
  2. Terlambat masuk kerja, yakni pada jam 08.30, dari yang seharusnya jam 07.30 pada tanggal 17 November 2019.

Kami berharap agar semua ASN mematuhi semua peraturan dan disiplin sebagai seorang ASN. Kami juga berharap agar yang bersangkutan bisa segera memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari, ataupun melakukan kesalahan yang lain.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dijadikan sebagai pedoman perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 18 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

 

Drs. Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Teguran Guru PNS

Sebagai seorang guru, tentu sudah memiliki jadwal untuk mengajar yang diatur oleh pihak sekolah. Dan semua guru bertanggung jawab untuk masuk kelas sesuai dengan jadwal tersebut. Jika tidak, apalagi tanpa pemberitahuan kepada pihak sekolah, maka siap – siap saja menerima surat teguran dari kepala sekolah.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT TEGURAN DISIPLIN
Nomor : 123/STD/SMAN1/11/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIP:897675465435
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Guru Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Surat teguran ini diberikan kepada yang bersangkutan atas pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan, yakni tidak masuk sekolah dan tidak mengajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan pada hari Senin, 17 November 2019.

Kami berharap agar ke depannya semua guru mengisi jadwal masing – masing. Jikalau ada keperluan mendadak dan tidak bisa ditinggalkan, maka bisa memberitahukan kepada guru piket, agar mencari guru pengganti.

Demikian surat teguran ini diberikan kepada yang bersangkutan, agar bisa dipergunakan sebagai pedoman perbaikan diri ke depannya.

Medan, 18 November 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra, M. Pd.

6. Contoh Format Surat Teguran Disiplin

Walaupun ada beberapa jenis surat teguran disiplin, namun pada umumnya itu semua tidak jauh berbeda. Pada umumnya terdapat kop surat, identitas penerima teguran, alasan pemberian surat teguran, dan beberapa informasi yang mungkin penting diberitahukan. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu buah format contoh surat teguran disiplin yang bisa anda pergunakan.

(KOP SURAT PERUSAHAAN/INSTANSI/LEMBAGA)

SURAT TEGURAN DISIPLIN
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Surat teguran ini diterbitkan oleh . . . . . . . . . . . . . . . . . .  dan diberikan kepada :

Nama:
Jabatan:
Alamat:

Adapun dasar dari penerbitan surat teguran ini adalah atas pelanggaran disiplin yang sudah dilakukan oleh yang bersangkutan, yakni berupa :

  1. Pelanggaran disiplin yang dilakukan,
  2. Pelanggaran lain (jika ada)
  3. Pelanggaran lain (jika ada), dst.

Demikian surat teguran ini kami terbitkan, agar bisa dipergunakan sebagai pedoman perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

 

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Ada banyak pelanggaran yang seringkali dilakukan oleh para karyawan ataupun pegawai dalam suatu lingkungan kerja. Jika kesalahan yang dilakukan masih bisa ditoleransi, maka mungkin akan diberikan surat teguran saja. Namun jika tidak, maka bisa saja akan dikeluarkan surat peringatan, yang tentunya lebih dari sekedar teguran. Itulah tadi beberapa contoh surat teguran disiplin yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.