16 Contoh Surat Teguran PNS, Dinas, Disiplin, Tertulis

Contoh Surat Teguran – Pada lingkungan pekerjaan, penggunaan surat teguran  bukanlah sesuatu hal yang baru. Surat ini dipergunakan untuk menegur ataupun memperingkatkan seorang karyawan ataupun pegawai yang berbuat kesalahan. Tujuannya tentu saja agar tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari.

Salah satu contoh adalah untuk anda yang sudah bekerja di suatu instansi pemerintahan ataupun perusahaan. Sebagai pekerja, anda sudah memiliki kewajiban untuk datang setiap hari kerja dengan tepat waktu. Jika terlambat, maka bukan tidak mungkin kalau anda akan mendapatkan contoh surat teguran tertulis dari atasan. Bahkan jika kesalahan tersebut sudah terlalu fatal, bukan tidak mungkin anda mendapatkan sanksi.

Jadi, penggunaan surat teguran pns atau surat teguran karyawan ini memang pada umumnya di lingkungan resmi. Namun surat teguran juga bisa kita dapatkan dari lembaga atau dinas tertentu, seperti dari dinas perpajakan yang menggunakan surat teguran pajak kepada perorangan ataupun badan usaha swasta misalnya yang menunggak pajak.

Karena kumpulan surat teguran tertulis termasuk ke dalam golongan surat resmi, maka pastinya harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Selain itu, ada juga kaidah kaidah penulisan dan unsur surat teguran pegawai yang harus anda perhatikan. Unsur unsur yang tersusun secara sistematis akan membuat surat teguran lebih mudah dibaca dan dimengerti.

Contoh Surat Teguran

Menulis atau cara membuat surat teguran bukanlah sesuatu hal yang terlalu susah. Terlebih jika anda sudah bekerja dan bertugas untuk menangani urusan surat menyurat ataupun merupakan bagian personalia. Namun untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat teguran, mungkin saja anda harus membutuhkan beberapa bahan referensi.

Namun yang pasti, penggunaan bahasa dan bagian bagian yang terdapat pada surat teguran tidaklah berbeda dengan contoh surat lainnya, khususnya surat resmi. Bagi anda yang ingin menulis surat teguran, berikut adalah beberapa contoh surat teguran untuk anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Teguran PNS Tidak Masuk Kerja

Surat teguran pns tidak masuk kerja biasanya akan diberikan kepada pns yang absen tanpa pemberitahuan. Atau jika sudah tidak masuk kerja selama beberapa hari berturut – turut, maka bisa saja diberikan contoh surat panggilan pns tidak masuk kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat teguran pns tidak masuk kerja di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIP:8765787585
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini dikeluarkan berdasarkan bukti yang menjelaskan bahwa Saudari Intan Permatasari telah melakukan pelanggaran kode etik PNS berupa :

  1. Tindakan Indisiplin, berupa : tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan selama 2 (dua) hari berturut – turut.

Tujuan Pengeluaran Surat Teguran :

Surat teguran ini diterbitkan dengan tujuan agar Saudari Intan Permatasari bisa menghargai peraturan kantor dan bisa masuk kerja setiap hari yang sudah ditentukan.

Demikian surat teguran ini dikeluarkan, untuk dijadikan bahan perhatian dan perbaikan disiplin ke depannya oleh yang bersangkutan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.
NIP. 987345 6436 2355

2. Contoh Surat Teguran PNS Karena Terlambat Masuk Kerja

Sering terlambat datang ke kantor atau masuk kerja?, bisa saja akan diberikan surat teguran pns atau surat peringatan pns. Jika anda terlambat masuk kerja sekali saja, mungkin masih bisa ditolerir, namun jika berturut turut selama beberapa hari, maka bukan tidak mungkin kalau anda akan mendapat surat teguran disiplin pns. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran disiplin pns di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/SMAN1/09/2020

Surat Teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIP:894375934876
Jabatan:Guru Matematika
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan karena Saudari Dewi Cahaya sudah terbukti melanggar peraturan sekolah, berupa :

  1. Terlambat masuk sekolah selama 3 hari berturut turut.

Sebagaimana peraturan sekolah di SMA Negeri 1 Medan, yang mengharuskan setiap guru masuk tepat sebelum pukul 07.15, maka semua guru dan staff harus menaati peraturan dan tata tertib tersebut.

Surat teguran ini ditujukan sebagai bahan perhatian untuk yang bersangkutan dan juga bahan perbaikan diri ke depannya.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, atas perhatian dan kerjasamannya dalam menaati peraturan sekolah, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 43727277 2435 3473

3. Contoh Surat Teguran Tertulis

Suatu pelanggaran ataupun kesalahan memiliki tingkatan yang berbeda – beda. Ada yang termasuk ke dalam pelanggaran ringan, namun ada juga yang termasuk ke dalam pelanggaran berat. Jika hanya pelanggaran ringan saja, maka mungkin masih bisa ditegur secara lisan. Namun jika berbuat kesalahan yang terlalu berat, maka tentu saja akan menggunakan surat teguran tertulis pegawai negeri sipil atau karyawan. Di bawah ini adalah contoh surat teguran tertulis yang bisa anda pergunakan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/MJS/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas bukti yang menyatakan jika Saudari Intan Permatasari sudah melanggar peraturan perusahaan, berupa :

  1. Terlambat masuk kerja selama 3 hari berturut turut.

Setiap karyawan dan staff harus masuk kerja tepat pada pukul 08.00, dan peraturan tersebut berlaku kepada semua staff dan karyawan tanpa terkecuali. Kami pun berharap agar surat teguran ini menjadi bahan perhatian dan perbaikan disiplin oleh yang bersangkutan ke depannya.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Teguran Dinas

Pada umumnya, surat teguran dinas ataupun contoh surat peringatan dinas dipergunakan di berbagai lingkungan instansi pemerintahan. Contoh surat peringatan dinas biasanya dipergunakan untuk menegur para anggota ASN atau pegawai negeri sipil yang melanggar disiplin seorang pns. Di bawah ini adalah salah satu contoh teguran dinas untuk pegawai negeri sipil.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:98785476
Jabatan:Kepala Bagian Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan karena Saudara Muhammad Ilham tidak bisa menyelesaikan laporan anggaran dan belanja Bagian Administrasi pada Unit Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

Kami berharap agar yang bersangkutan segera memberikan laporan pertanggung jawaban anggaran dan belanja periode semester I TA 2020 ini, setidaknya 1 minggu setelah surat teguran ini diterbitkan.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra, M. Si.
NIP. 84637566 3466 2352

5. Contoh Surat Teguran Pegawai Negeri Sipil

Seorang pegawai negeri sipil harus bisa menjaga disipin kerja sebagai seorang anggota pns. Untuk membatasi atau mencegah pelanggaran ini, maka atasan berhak memberikan contoh suat teguran tertulis pegawai negeri sipil. Hal ini sudah diatur dengan detail pada Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2019. Disana juga disebutkan mengenai hukuman yang bisa diterima para PNS yang melanggar disiplin. Salah satu hukuman ataupun sanksi yang bisa diberikan adalah contoh surat teguran pns seperti di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Didik/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIP:987547658
Jabatan:Kepala Sub Bagian Pemerintahan
Unit Kerja:Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan karena yang bersangkutan sudah terbukti bersalah melanggar aturan dan tata tertib kerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, berupa :

  1. Pulang sebelum jam kerja selesai selama 3 hari berturut turut.

Kami berharap dengan adanya surat teguran ini bisa menjadi perhatian bagi yang bersangkutan. Kami juga berharap agar yang bersangkutan tidak mengulangi kesalahan di kemudian hari, demi menciptakan lingkunga kerja yang kondusif dan patuh pada peraturan.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dijadikan bahan perhatian dan perbaikan diri ke depannya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.
NIP. 90387685 1235 1512

6. Contoh Surat Teguran Disiplin

Karyawan yang tidak mematuhi peraturan, bisa saja diberikan contoh surat peringatan tidak disiplin. Begitu juga dengan pns yang bisa mendapat contoh surat teguran disiplin pns. Pada dasarnya, surat teguran disiplin pns dan surat teguran karyawan tidak disiplin ditujukan untuk membatasi pelanggaran. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran disiplin di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/MJS/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan berdasarkan bukti yang menyatakan jika saudara Muhammad Ilham sudah melanggar disiplin kerja di PT. Maju Jaya Sejahtera, berupa :

  1. Berisitirahat sebelum jam kerja tanpa alasan dan melalaikan pekerjaan.

Kami berharap agar yang bersangkutan bisa memperbaiki diri dan belajar menaati peraturan, serta disiplin kerja di PT. Maju Jaya Sejahtera. Jika dalam waktu 1 bulan yang bersangkutan masih melakukan kesalahan lain, maka dengan terpaksa kami akan memberikan surat peringatan.

Demikian surat teguran ini diterbitkan untuk diperhatian dan dijadikan bahan perbaikan diri. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Peringatan Pembayaran

Contoh surat teguran pembayaran ini mungkin akan bisa kita temukan pada sekolah dimana setiap siswa memiliki kewajiban pembayaran. Dan biasanya, semua siswa harus melunasi kewajiban sebelum melaksanakan ujian. Jika tidak, maka pihak sekolah biasanya akan mengirimkan contoh surat teguran keterlambatan pembayaran kepada orang tua siswa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran pembayaran di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/SMAN1/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Dewi Cahaya
Kelas:XI SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan karena Siswa dengan nama tersebut di atas masih belum melakukan pembayaran Buku Sekolah dan LKS sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Jika memang pembayaran terlambat karena sesuatu kendala, maka kami sangat berharap agar yang bersangkutan segera melunasi semua kewajiban tersebut setidaknya sebelum pelaksanaan ujian MID Semester mendatang.

Demikian surat teguran ini diterbitkan untuk bisa dijadikan perhatian. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 9873673589 2663 2737

8. Contoh Surat Teguran Karyawan

Contoh surat peringatan karyawan dipergunakan untuk mengingatkan karyawan yang melanggar kesalahan. Sebagai orang yang bekerja dan mendapatkan gaji, maka semua karyawan harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan pada perusahaan tersebut. Jika tidak, maka surat teguran karyawan karena tidak disiplin akan dilayangkan oleh atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran karyawan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/ST/MJS/09/2020

Surat teguran ini ditujukan kepada :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan karena yang bersangkutan terbukti melanggara peraturan dan tata tertib perusahaan di PT. Maju Jaya Sejahtera, berupa :

  1. Tidak masuk kerja selama 3 hari berturut turut dan tanpa pemberitahuan.

Adapun tujuan dari surat teguran ini adalah sebagai bahan perhatian dan perbaikan diri untuk yang bersangkutan. Kami berharap agar semua karyawan mematuhi peraturan yang berlaku pada PT. Maju Jaya Sejahtera.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Peringatan Kepada Kontraktor

Seorang atau perusahaan kontraktor harus bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sesuai dengan kualitas yang sudah disepakati. Jika ada perjanjian yang dilanggar, maka pemberi pekerjaan berhak untuk melayangkan contoh surat teguran kepada kontraktor tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran kepada kontraktor di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 10 September 2020

Nomor : 123/MJS/09/2020
Perihal : Teguran
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Elektronik
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berkaitan dengan pengerjaan instalasi listrik di kantor baru kami yang beralamat di Jl. Mahameru No. 234, Medan, sesuai dengan surat perjanjian yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak antara kami dari PT. Maju Jaya Sejahtera dan saudara dari PT. Sukses Elektronik, yang mana fotocopynya sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Namun setelah kami memeriksa instalasi listrik yang dikerjakan oleh pihak saudara, kami mendapatkan adanya kabel kabel yang kurang rapi dan bisa saja nantinya terjadi korslet, dan ini tidak sesuai dengan isi dari perjanjian yang sudah kita tanda tangani bersama.

Maka dengan ini kami  berharap agar saudara segera memperbaiki segala sesuatu hal yang masih kurang beres dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut.

Demikian surat teguran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Teguran Pajak

Untuk orang orang yang sudah mendaftar sebagai wajib pajak, maka setiap tahunnya harus memberikan laporan penghasilan kepada dinas perpajakan. Jika mengabaikan hal tersebut, maka dinas perpajakan bisa mengirimkan surat teguran pajak kepada anda. Anda pun tidak bisa mengirimkan surat balasan teguran pajak, melainkan langsung melunasinya atau memberikan laporan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran pajak di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KANTOR PELAYANAN PAJAK KOTA MEDAN
Jl. Perjuangan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/DPP/09/2020

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan peraturan pemerintah, maka semua Warga Negara Indonesia yang sudah masuk dalam daftar pajak dan memiliki npwp, harus melakukan pelaporan penghasilan setiap tahun berjalan. Peraturan ini berlaku juga untuk badan badan usaha yang sudah memiliki npwp dan terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak.

Namun sesuai dengan data yang kami miliki, Bapak Muhammad Ilham belum memberikan laporan penghasilan untuk periode Tahun 2017. Kami berharap agar Bapak segera melaporkan pendapatan dengan mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kota Medan.

Demikian surat teguran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan,  10 September 2020

Hormat Kami,
Kepala Kantor Pelayanan Pajak
Daerah Kota Medan,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Teguran Keterlambatan Pembayaran

Setiap siswa di sekolah tertentu mungkin diwajibkan untuk membayar SPP. Namun bisa saja ada siswa yang terlambat membayarnya. Hal inipun belum tentu menjadi kesalahan orang tua, karena mungkin saja sang siswa yang tidak membayarkannya walupun sudah diberikan orang tua. Maka dari itu, pihak sekolah bisa memberikan surat teguran keterlambatan pembayaran kepada orang tua. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran keterlambatan pembayaran di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 20 November 2020

Nomor : 123/SMAN1/09/2020
Sifat : Penting
Perihal : Tunggakan Pembayaran

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua Siswa
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan berakhirnya semester I pada Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Medan, maka kami selaku pihak sekolah memberitahukan bahwa siswa yang berikut :

Nama:Muhammad Ilham
NISN:86756744474
Kelas:X SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

masih memiliki tunggakan yang belum dibayarkan, berupa uang SPP selama 5 bulan berturut turut, dengan jumlah total Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Kami berharap agar tunggakan tersebut segera diselesaikan sebelum penerimaan raport siswa pada Semester ini.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 9082636578 2365 2362

12. Contoh Surat Peringatan Tertulis Disiplin PNS

Banyak orang yang beranggapan kalau menjadi seorang PNS memang sangat enak. Mungkin ada benarnya, namun yang pasti ada juga banyak peraturan dan tata tertib yang harus para PNS taati. Jika melanggar peraturan, maka ganjaranya bisa berupa contoh surat teguran tertulis pegawai negeri sipil. Pada perusahaan, contoh teguran tertulis ini tentunya juga berlaku. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran tertulis disiplin pns di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/09/2020

Surat ini diberikan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:3457634876
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan sehubungan dengan pelanggaran tata tertib yang berlaku di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, yaitu tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 5 (lima) hari kerja berturut – turut. Maka dengan ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan memberikan surat teguran ini dengan harapan agar yang bersangkutan bisa memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan di kemudian hari.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa diperhatian dan dijadikan bahan perbaikan diri. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.
NIP. 78632876235 2356 2353

13. Contoh Surat Peringatan Pegawai

Surat teguran pegawai bukan hanya bisa dipergunakan untuk pns, namun juga untuk pegawai bank, pegawai bumn dan bumd, pegawai honorer, ataupun yang lainnya. Jadi, ruang lingkup penggunaan contoh surat teguran pegawai atau surat peringatan pegawai memang sangat luas. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran pegawai di bawah ini.

PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk
Kantor Cabang Medan Iskandar Muda
Jl. Iskandar Muda No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/BRI/09/2020

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Teller
Unit Kerja:Bank BRI Cabang Medan Iskandar Muda
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas bukti yang menyatakan jika Saudari Intan Permatasari sebagai teller di Kantor Cabang BRI Medan Iskandar Muda sudah melanggar peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan BRI Kantor Cabang Iskandar Muda, yakni tidak masuk kerja selama 4 (empat) hari berturut turut dan tanpa pemberitahuan.

Sebagaimana peraturan yang berlaku jika semua pegawai harus masuk kerja setiap hari yang sudah ditentukan, kecuali dengan alasan yang bisa dipertanggung jawabkan dan harus menggunakan surat pemberitahuan. Kami pun berharap agar yang bersangkutan bisa memperbaiki diri dan bekerja dengan lebih baik ke depannya.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 September 2020

Mengetahui,
Kepala Personalia BRI Medan Iskandar Muda,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Teguran Kepada Perusahaan Lain

Contoh surat teguran perusahaan tidak hanya dipergunakan untuk keperluan internal saja. Namun juga bisa untuk eksternal, seperti kepada perusahaan lain. Mungkin saja berisikan surat teguran keterlambatan pembayaran atau contoh surat teguran kepada kontraktor yang mengerjakan proyek perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran kepada perusahaan lain di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 10 September 2020

Nomor : 123/ST/MJS/09/2020
Perihal : Teguran Keterlambatan Pembayaran
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sebelumnya kami ucapkan terimakasih kepada saudara karena sudah mau menjadi langganan dan membeli barang barang elektronik dari perusahaan kami. Namun berdasarkan data yang ada pada bagian marketing kami, saudara masih memiliki pesanan yang belum dibayarkan, dengan nomor faktur 123/MJS/2020, dimana fotocopy fakturnya sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Berdasarkan kesepakatan bersama, faktur tersebut akan dibayarkan pada tanggal 30 Agustus 2020 yang lalu, dan sampai saat ini kami belum menerima pembayaran. Kami pun berharap agar saudara segera melunasi faktur tersebut, mengingat sekarang sudah melewati 1 minggu sejak jatuh tempo.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Teguran Disiplin Guru

Surat teguran guru atau surat peringatan untuk guru dipergunakan untuk menegur guru yang melakukan kesalahan. Biasanya, contoh surat peringatan untuk guru dari kepala sekolah sebagai pengirim. Hal ini bisa saja karena guru tidak masuk kerja atau terlambat masuk kerja. Guru yang menerima surat teguran tertulis pun hendaknya memperbaiki kesalahannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat teguran disiplin guru di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 10 September 2020

Nomor : 123/SMAN1/09/2020
Perihal : Teguran Disiplin

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Guru Matematika SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan data absensi guru yang kami dapatkan dari Bagian Tata Usaha SMA Negeri 1 Medan, kami mendapatkan bukti jika Bapak sudah melanggar peraturan sekolah secara berulang ulang, yakni tidak masuk sekolah selama 4 (empat) hari berturut turut dan tanpa pemberitahuan.

Dengan sangat menyesal, kami harus memberikan teguran kepada Bapak, untuk bisa dijadikan perhatian dan bahan perbaikan diri ke depannya. Kami berharap yang bersangkutan dan semua guru selalu menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku pada SMA Negeri 1 Medan.

Demikian surat teguran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 348762837 2346 2634

16. Contoh Format Surat Teguran

Dalam menulis surat peringatan, setiap pihak tentu sudah memiliki format surat teguran atau contoh format surat peringatan. Jika anda misalnya sudah memiliki format surat teguran tertulis, maka akan lebih mudah membuat surat teguran tersebut. Karena surat peringatan sering digunakan di lingkungan pns, maka di bawah ini adalah contoh format surat teguran pns yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

(KOP SURAT)

SURAT TEGURAN
Nomor : . . . . . . . . . . . . .

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama: 
NIP: 
Jabatan: 
Unit Kerja: 
Alamat: 

Surat teguran ini diterbitkan karena yang bersangkutan dengan nama tersebut di atas terbukti melakukan kesalahan dan melanggar peraturan kerja, berupa : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . .

Dengan sangat menyesal kami terpaksa menegur yang bersangkutan agar bisa lebih memperbaiki diri ke depannya. Semua PNS tanpa terkecuali wajib mematuhi peraturan yang ada di . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Demikian surat teguran ini kami terbitkan, untuk diperhatikan dan menjadi bahan perbaikan diri. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Setiap kesalahan tentu memiliki konsekuensi, salah satunya adalah surat teguran. Dimanapun kita bekerja, tentu harus meminimalisir kesalahan dan ketidakdisiplinan, untuk terhindar dari teguran dan sanksi. Bahkan jika kesalahan yang anda perbuat sudah terlalu besar, maka surat peringatan bisa saja anda terima, atau bahkan surat pemberhentian kerja yang berarti anda dipecat dari pekerjaan.

Khusus di lingkungan pns yang banyak menggunakan contoh surat teguran pns dan surat teguran pegawai. Sementara di lingkungan perusahaan juga sering menggunakan surat teguran karyawan. Itulah beberapa contoh surat teguran yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.