16 Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris, Untuk Teman, dan Guru

Contoh Surat Tidak Resmi – Ada banyak jenis surat yang sudah seringkali kita temukan dan kita pergunakan. Pembagian surat juga bermacam macam menurut kategori tertentu. Namun pada umumnya, surat dibagi menjadi dua jenis, yakni surat resmi dan surat tidak resmi. Khusus untuk surat resmi, biasanya dipergunakan oleh perseorangan dan untuk urusan pribadi ataupun komunikasi pribadi dengan orang lain.

Harus diakui kalau surat tidak resmi ini memang sudah sangat jarang dipergunakan. Adapun sekarang ini kebanyakan contoh surat yang dipergunakan adalah jenis jenis surat resmi. Mengapa demikian?, sebab kebanyakan orang sudah menggunakan media komunikasi elektronik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun sebenarnya tidak ada yang salah jika anda menggunakan berbagai jenis surat tidak resmi tersebut.

Surat tidak resmi ini bisa anda kirimkan kepada teman, kepada guru, kepada orang tua, kepada saudara, dan yang lainnya. Anda pun bebas menggunakan kata apa saja, tidak seperti surat resmi yang harus menggunakan bahasa sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Kendati demikian, anda tetap harus menjaga kesopanan dalam menulis kata kata pada surat tidak resmi.

Jika anda mengirimkan surat tidak resmi kepada seseorang, tentu orang tersebut akan merasa terkejut, sebab penggunaan surat tidak resmi sekarang ini sudah sangat jarang kita temukan. Namun sisi baiknya, surat tersebut bisa disimpan sebagai kenang kenangan dari anda. Dengan mengirimkan surat tidak resmi juga kepada orang lain, berarti anda sudah berusaha menyisihkan waktu dan repot repot hanya untuk menulis surat tersebut.

Contoh Surat Tidak Resmi

Menulis surat tidak resmi bukanlah perkara yang susah sebenarnya. Bahkan surat tidak resmi jauh lebih mudah dibandingkan dengan menulis surat resmi. Namun tidak bisa dipungkiri kalau mungkin banyak orang yagn tidak begitu paham bagaimana menulis surat tidak resmi. Hal ini tentu saja karena sudah sangat jarang kita temui penggunaan surat tidak resmi.

Namun kalau anda ingin mengirimkan surat tidak kepada orang lain, tidak ada salahnya mencari beberapa bahan contoh surat tidak resmi untuk dijadikan bahan referensi. Berikut ini adalah beberapa contoh surat tidak resmi yang mungkin akan berguna untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Teman Berisi Permohonan Maaf

Setiap orang bisa saja salah dan khilaf, namun akan lebih salah lagi jika tidak mau mengakui kesalahan dan meminta maaf. Maka dari itu, anda perlu meminta maaf ketika berbuat kesalahan kepada orang lain, sekalipun itu kepada teman anda sendiri. Jika anda merasa minder untuk meminta maaf secara langsung, maka tidak ada salahnya untuk mengirimkan sepucuk surat tidak resmi  berisi permohonan maaf. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi untuk teman berisi permohonan maaf di bawah ini .

Medan, 05 September 2019

Kepada Temanku,
Dewi Cahaya
di Tempat

Dear Dewi Cahaya.
Melalui surat ini, saya ingin meminta maaf perihal kejadian kemarin di kantin kampus. Saya tidak bermaksud untuk membuat kamu marah. Awalnya saya hanya ingin bercanda saja.  Tetapi maaf, ternyata bercanda saya keterlaluan sehingga membuat kamu marah. Kamu mau maafin aku kan?.

Saya sudah sangat lama berteman denganmu, dan kamu sudah saya anggap sebagai sahabat dan keluarga saya sendiri, jadi sangat tidak mungkin jika saya bermaksud untuk menyakiti kamu.

Jujur, saya sangat menyesal telah melakukan hal yang membuatmu marah.  Saya tidak tahan jika harus dalam keadaan seperti ini. Saya ingin kita seperti sedia kala lagi. Pulang dan pergi ke kampus bersama, curhat ini itu, kamu dan saya selalu bersama ketika ada masalah, dan lain sebagainya.

Sekali lagi, saya mohon maaf yang sebesar – besarnya kepada kamu. Saya berjanji tidak akan melakukan hal – hal keterlaluan lagi yang akan membuatmu marah.

Salam Maaf,

 

Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Teman Berisi Ucapan Selamat

Ketika seorang teman anda mendapatkan sesuatu atau meraih sesuatu, tentu anda sebagai teman juga akan merasa senang. Ya, sebut saja ketika teman anda menyelesaikan pendidikan dan sudah wisuda. Anda pun bisa mengirimkan sepucuk surat yang berisikan ucapan selamat atas keberhasilannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi untuk teman berisi ucapan selamat di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Kepada Temanku,
Intan Permatasari
di Tempat

Halo Intan,
Apa kabarnya nih? Aku disni alhamdulillah baik dan sehat. Mudah – mudahan disana kamu sehat dan baik juga ya.  Ga kerasa ya, udah 2 tahun kamu pergi ke Australia demi ngejar cita – cita kamu untuk sekolah disana. Udah 2 tahun pula kita ga ketemu . rasanya kangeen deh. Dan tahun ini waktunya kamu pulang ke Indonesia bukan?.

Oh iya, selamat yaa atas kelulusan s2 kamu diana. Semoga gelas masternya barokah ya. Selamat juga, sebentar lagi kamu bakalan jadi istri orang. Mas Dhani juga udah ga tahan buat ketemu kamu tuh. ciecie.. tapi sayangnya pas kamu pulang ke Indonesia, kamu dan Mas Dhani harus dipingit, karena kepulanganmu tepat  seminggu sebelum hari pernikahan kamu. Tahan – tahan ya kangennya. Setelah ketemu Mas Dhani nanti, kamu kan udah langsung sah jadi istrinya Mas Dhani.

Jujur, aku seneng banget deh. Senengnya banyak banget, sampe aku nggak bisa berhenti senyum. Pertama, aku seneng soalnya kamu bentar lagi bakalan pulang ke Indonesia, itu artinya, kita bakalan cepet ketemu setelah kurang lebih 2 tahun kita ga ketemu.

Eh, sepertinya sudah dulu ya, aku terlalu senang, jadinya banyak sekali yang aku tulis. Jangan bosan membaca suratku ya, pokoknya selamat untuk semuanya. Aku tidak sabar menunggu kamu pulang ke Indonesia. Aku tidak sabar untuk bisa bertemu kamu.

Sampai jumpa di Indonesia :).

Salam kangen,

 

Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Teman Berupa Kejutan

Sebagai sepasang sahabat atau teman, mungkin saja anda sudah lama tidak bertemu dengan teman anda. Nah, jika anda memiliki kesempatan untuk mengunjunginnya, mengapa tidak mencoba memberitahukannya?. Dia tentu akan sangat senang jika mengetahui anda akan menemuinya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi untuk teman di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Kepada Temanku,
Anton Syahputra
di Jakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo windy, gimana kabarnya? Mudah – mudahan kamu sehat dan selalu berada di lindungan Allah SWT. Mohon maaf sebelumnya karena aku sudah jarang menulis surat untukmu. Semenjak tempat kerjaku dipindahkan ke bagian internal, aku jadi semakin sibuk dan banyak kerjaan. Jadi maaf, baru kali aku bisa menulis surat lagi untukmu.

Oh iya, melalui surat ini juga, aku mau memberitahukanmu perihal pekerjaanku. Karena aku sekarang sudah di bagian internal, aku harus ikut bos dinas keluar kota. Dan kebetulan, minggu depan bosku ada meeting di Jakarta, dan setelah aku google, tempat meetingnya tidak jauh dari tempatmu. Aku akan pergi ke Jakarta dengan pesawat hari Senin, 10 September 2019 jam 08.00 WIB. Dan perkiraan sampai disana jam 10.30 WIB. Aku di Jakarta sekitar seminggu lamanya. Mudah – mudahan kamu ada waktu ya untuk kita bisa bertemu walau cuma sebentar.

Sepertinya cukup sekian dulu surat dariku. Hal – hal yang ingin aku ceritakan aku simpan dulu, nanti akan kuceritakan ketika kita bertemu nanti.

Sampai bertemu nanti Anton !!

Wassalamualaikum Wr Wb.

Dari Temanmu,

 

Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris Untuk Teman

Bahasa Inggris memang bukanlah bahasa nasional kita. Namun apapun ceritanya, bahasa Inggris sangat perlu kita pelajari. Bahkan jika anda dan teman anda memang bisa berbahasa Inggris, kenapa tidak mencoba untuk mengirimkan sepucuk surat kepadanya dalam bahasa Inggris?. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi dalam bahasa Inggris untuk teman di bawah ini.

Medan, September, 05 2019

To :
My Best Friend
Dewi Cahaya
Jakarta

Hi my companion,
How are you there? I trust you are great. I miss you on the grounds that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Medan.

I’m certain you will love it in light of the fact that it is an excellent city. I will take you to numerous spots like Masjid Raya and to the most delightful places in Medan. I realize that you cherish surfing and I have such a variety of mystery spots for you to surf, so I prescribe you to visit here a few weeks.

Ideally we can meet soon, my closest companion.

Your companion,

 

Intan Permatasari.

5. Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris Untuk Teman Kepada Ibu

Ibu merupakan harta yang sangat berharga untuk semua orang. Jadi, jika anda jauh dari ibu, berusahalah untuk selalu memberinya kabar mengenai keadaan anda. Bahkan jika ibu anda bisa berbahasa Inggris, mengapa tidak mencoba mengirimkannya sepucuk surat dalam bahasa Inggris?. Tentu saja ibu anda akan sangat senang melihat surat tersebut dan bangga pada anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi dalam bahasa inggris untuk ibu di bawah ini.

Medan, September, 05 2019

To :
My Mom
Pekanbaru

Hi Mom,
Hows you guys at home? do you guys all in good condition? I’m here are healthy and in good shape. I heard the news that mother is sick, and now mother is being treated at hospital, I’m so sorry to hear about the news of you at home, but I can’t go home in the near future, I’m something to be done outside of the city, maybe I’ll go home to see MOM in the next two days, until that day comes I hope mother is already recovered from illness.

With Love,

 

Dewi Cahaya.

6. Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris Untuk Menyatakan Cinta

Menyatakan cinta secara langsung? sudah biasa. Menyatakan cinta melalui media sosial atau chatting?, sudah mainstream. Menyatakan cinta melalui surat?, agak jarang sih dilakukan tapi masih kurang istimewa. Nah, jika anda menginginkan yang spesial dan istimewa, maka anda bisa mencoba untuk menyatakan cinta menggunakan sepucuk surat cinta, namun dengan bahasa Inggris. Dijamin deh gebetan anda akan klepek klepek membacanya. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi dalam bahasa Inggris untuk menyatakan cinta di bawah ini.

Medan, September, 05 2019

To :
Intan Permatasari
Medan

Hi Intan,
I am writing this letter because I have finally mustered the courage to confess that I love you.

We have been best friends for 3 years; shared our secrets and helped each other during trying times. I realize that lately, I feel not just concern and care for you but something more.

Seeing your smile all these years make me have strong feeling for you. Can we become lovers and take our friendship forward?

I am sure we will make a great couple just like we make the best of friends. Please accept my love . I will not feel hurt if you refuse, but please do not end our friendship of these years even if the answer is a no.

Eagerly waiting for your response,

Your best-friend,

 

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris Untuk Guru

Walaupun jarang dilakukan oleh para anak anak zaman sekarang, namun mengirimkan sepucuk surat untuk guru tidak ada salahnya, untuk menjalin hubungan yang lebih baik. Bahkan untuk guru bahasa Inggris anda, anda pun bisa mengirimkan sepucuk surat berbahasa Inggris. Guru anda tentu akan sangat bangga karena anda mampu merangkai kata kata menggunakan bahasa Inggris, walaupun itu hanya untuk sekedar sepucuk surat. Untuk bahan contoh, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi dalam bahasa Inggris untuk guru di bawah ini.

Medan, September, 05 2019

To :
Ms. Dewi Cahaya
Medan

Hi Misss,
I know that I had a lot of mistake to you. I often made you upset or angry because I was hard to be controlled. But, deep down in my heart I am really happy to have a very good teacher like you. You are so patient when dealing with all of your students. Although your students are sometimes naughty, but you still trying to understand us.

Ms. Dewi, thank you for anything you have done. Thank you for teaching me a lot of valuable knowledge. I would never forget anything you have taught me. Thank you for being such a great teacher. I hope you will always healthy and happy.

Your student,

 

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Tidak Resmi Bahasa Inggris Berisikan Undangan Ulang Tahun

Ulang tahun tentu merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi setiap orang. Tidak heran kalau banyak orang yang merayakan ulang tahunnya dengan pesta. Dan jika anda ingin mengundang sahabat atau orang lain, tidak ada salahnya menggunakan bahasa Inggris, selagi orang yang anda tuju bisa mengerti isi dari surat anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi bahasa Inggris berisikan undangan ulang tahun di bawah ini.

Medan, September, 05 2019

To :
Intan Permatasari
Medan

Hi Intan,
I hope this letter finds you in the best of health and spirits.

You will be glad to know that my birthday falls on September, 10 2019. I am going to celebrate my birthday at home with you and all of our close friends. We shall have a music program.  There will be a DJ party at 7. 30 pm. I have invited all of our close friends. I hope you will also come join us in my birthday party.

Send my best regards to uncle and aunt.

Your Friend,

 

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Tidak Resmi Bahasa Inggris Untuk Pacar

Sepasang kekasih yang sedang menjalin hubungan tentu akan sering sering berkomunikasi. Namun kebanyakan komunikasi yang digunakan tidak lain dan tidak bukan adalah melalui chatting dan media sosila. Jika anda ingin tampil beda, coba deh sesekali mengirimkan sepucuk surat cinta untuk pasangan anda. Jika anda bingung harus memulai dari mana, contoh surat tidak resmi bahasa Inggris untuk pacar di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda.

Medan, September, 05 2019

To :
My Dear Dewi Cahaya
Medan

Hi Darling,
I write this letter because it’s already been a few days since you haven’t called. I am worried about you. Are you okay? I hope you are okay.

You know darling, there is something I am worried about. I lack so much and I don’t have much to be given to you. Will you still accept me? It’s a bit hard for me. I keep questioning myself, am I the right person for you? But, I want to throw away that thought from my head.

Darling, I know I might not be able to give you the whole world. But, I promise I would be a person who is only for you. I want you to stay by my side just as you are right now. I want to be always with you. Even if I born again I want to look at only you forever because I want to be your last love.

Thank you for always beside me all this time. I love you my darling. I will always do.

Your love,

 

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat Jauh

Jika anda memiliki sahabat yang sudah jauh dari anda, maka tidak ada salahnya untuk sesekali mengirimkan sepucuk surat untuknya. Berkomunikasi sekarang ini memang sangat mudah dan anda bisa chatting dengan mudah. Namun jika ingin memberikan kejutan, cobalah untuk mengirimkan sepucuk surat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi untuk sahabat jauh di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Teruntuk Temanku,
Intan Permatasari
di Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo Intan, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SMP, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Intan, bagaimana keadaanmu di SMA Negeri 1 Jakarta? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMA Negeri 1 Medan. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk SMA Negeri 1 Medan. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Andini! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di SMA Negeri 1 Medan, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke Medan, ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SMP kita  dan teman-teman kita waktu SMP. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas XIIA. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Anton Syahputra angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!.

Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!.

Sahabatmu,

 

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat

Sepasang sahabat memang tidak selamanya harus bersama. Mungkin saja sepasang sahabat harus berpisah dan berbeda kota ketika melanjutkan pendidikan masing masing. Namun anda pun tetap bisa berkomunikasi dengannya karena kemudahan komunikasi sekarang ini. Hanya saja, jika anda ingin tampil beda, maka bisa sesekali mengirimkan sepucuk surat untuk sahabat anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi untuk sahabat di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Untuk Sahabatku,
Dewi Cahaya
di Pekanbaru

Assalamu ‘alaikum.
Dewi , apa kabar ? Aku harap kamu sehat – sehat saja di sana. Sudah terlalu lama kiat tidak bertemu membuat aku sangat kangen terhadap kamu Wi. Aku sangat senang bisa mengirim secupuk surat ini ke kamu.

Wi , bagaimana dengan pelajaran di sekolahmu ?  Katanya sekolahmu memiliki tingkat pelajar yang sangat susah ya ?. Apakah kamu senantiasa mendapat nilai bagus di sana ?. Aku berharap kamu mendapat nilai yang bagus dan menjadi anak pintar di sana. Oh ya setelah ini kan kita akan menghadapi UN , bagaimana dengan persiapanmu ? Apakah kamu mengikuti kursus – kursus tertentu untuk Ujian Nasional nanti ?. Aku sebenarnya ingin ikut kursus namun aku belum tahu ingin ikut kursus di mana karena banyak kursus untuk persiapan Ujian Nasional yang bagus – bagus. Aku menjadi bingung aku harus memilih yang mana.

Oh ya Wi , dengar – dengar kamu 2 bulan lagi libur ya ?, Apa kamu sudah merencanakan jadwal liburan. Kalau belum kamu bisa datang ke rumahku. Kita bisa bermain berbagai mainan dan melakukan banyak hal yang seru. Jika kamu bersedia kabari aku yah.

Sekian dulu ya surat dariku untuk dirimu. Hari sudah larut malam dan saatnya untuk tidur. Aku berharap kamu bisa membalasnya dengan cepat ya. Sampai jumpa lagi di lain waktu.

Wassalamu ‘alaikum.

Sahabatmu,

 

Intan Permatasari.

12. Contoh Surat Tidak Resmi Bahasa Sunda Untuk Teman

Ada banyak bahasa di negara kita ini, dan itu tergantung daerah masing masing. Salah satunya adalah bahasa Sunda yang sangat lemah lembut. Jika anda dan sahabat anda sama sama merupakan suku sunda dan mengerti bahasa sunda, tidak ada salahnya dong untuk berkirim surat dengan menggunakan bahasa sunda. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi bahasa sunda untuk teman di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Kahatur :
Intan Permatasari
di Jakarta

Assalamualaikum Intan, kumaha kabar anjeun ayena, damang?. Mugi wae damang salawasna, sareng keluargi oge mugia dina kaayaan sehat walafiat, sarta dilindungan ku allah swt. Amin.

Kumaha ayena ris sakola di bogor teh pikabeutaheun teu? pasti tos seueur rerencangan anu anyar yeh, tapi kahade ulah hilap ari ka abdi mah Intan.

Ayena abdi alhamdullilah sakola di SMA Negeri 1 Medan, nu caket sareng bumi, nu penting mah dimana wae sakolana urang teh kudu rajin diajar, beh teu katinggaleun ku jaman modern sapertos ayena.

Intan, kadang mah abdi teh sok emut euy basa harita urang osok sasarengan di sakola SMP Negeri 1 Medan. Urang harita mah sakelas bari jeung sok ocon bareng di kelas. Emm.. Mani sono, abdi janten hoyong kapendak pisan sareng Intan.

Iraha Intan, anjeun bade ameng deui ka bandung? Supados urang tiasa papendak paampok jonghok deui sasarengan. Intan, sakitu wae surat ti abdi, ulah hilap lamun aya waktos dibales suratna nya.

Wassalamualaikum wr.wb

Salam sono,

Dewi Cahaya.

13. Contoh Surat Tidak Resmi Bahasa Jawa

Suku Jawa merupakan salah satu suku yang sangat besar di Indonesia dan memiliki bahasa sendiri, yakni bahasa Jawa. Jadi, anda pun bisa mengirimkan surat tidak resmi bahasa jawa kepada orang lain, seperti kepada orang tua. Orang tua anda tentu akan senang karena anda menggunakan bahasa jawa, yang merupakan kekayaan budaya kita. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi bahasa jawa di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Kegem :
Bapak lan Ibu
Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kados pundi kahananipun Bapak lan Ibu? Mugi – mugi Gusti Allah tansah maringi kanugrahan lan kesehatan dhumateng Bapak lan Ibu. Alhamdulillah dalem lan putra mantu tansah bagas waras.

Bapak lan Ibu ingkang satuhu kula bekteni, kenanthenan serat menika, kula badhe matur bilih dalem Insya Allah badhe wangsul dateng Jakarta benjang sasi Agustus kinepatan sasi riyaya Idul Fitri. Nyuwun pangetunipun mugi – mugi sedoyo dipun paring lancar sahinggo mboten wonten tambahan tugas kuliah ingkang kedah dalem rampungaken.

Mbok bilih wonten upakarti utawi oleh – oleh ingkang dipun kersakaken saking Semarang, sumonggo dalem aturi telepon dalem. Insya Allah saged dalem padosaken dateng mriki.

Dalem kinten cekap semanten rumiyin serat saking ingkang putro.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Salam Sejati,

 

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Sunda

Kepada siapapun anda bisa mengirimkan surat dengan menggunakan bahasa sunda. Tentu saja hal tersebut tidak masalah, selagi orang yang anda tuju juga mengerti bahasa sunda. Sebab kalau dia tidak mengerti bahasa sunda, maka sia sia saja anda mengirimkan surat untuknya. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi dalam bahasa sunda di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Kahatur :
Mang Anton
di Bogor

Assalamualaikum.
Mang Anton, kumaha ayena kabarna sehat?. Aduh sombong euy, mani eweh kabarna pisan, mudah-mudahan wae sing sehat nya! Kieu mang, urang teh arek ngabejaan lamun bisa engke minggu hareup arek ngajakan ulin ka curug bandung, di daerah jasinga bogor, bisa teu mang?.

Lamun bisa mah engke mereun mangkatna isuk-isuk, jadi lamun arek milu geura kabaran nya mang? eta oge lamun hente gawe. Nya, tos atuh sakitu wae nya mang, mun bisa dibales suratna. Hatur Nuhun.

Wassalamualaikum wr.wb.

Hormat abdi,

 

Dewi Cahaya.

15. Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Guru

Menjalin komunikasi dengan guru kita memang sangatlah penting. Walaupun mungkin anda sudah tamat sekolah, namun tidak ada salahnya memberikan kabar kepada guru guru anda semasa sekolah dulu. Hal tersebut tentu akan sangat bagus, dan mampu membuat guru anda senang. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi untuk guru di bawah ini.

London, 05 September 2019

Teruntuk :
Ibu Guruku Tercinta
Ibu Intan Permatasari
di Medan

Asalamualaikum WR. WB.
Halo ibu, bagaimana kabar ibu di sana? Semoga ibu di sana selalu baik-baik saja, sehat walafiat, dan selalu dalam lindungan Allah Swt ya, amin yarobal alamin. Saya Dewi Cahaya bu, murid Ibu sewaktu SD dulu.

Mungkin ibu telah lupa dengan wajah saya karena lama sekali kita tidak berjumpa, kira-kira sudah 12 tahun lamanya. Namun saya berusaha mengingatkan kembali kepada ibu bahwa saya adalah murid perempuan yang paling nakal, bandel, cengeng dan selalu ngambek.

Entah mengapa hari ini saya sangat rindu sekali dengan ibu, ingin sekali bertemu namun sayangnya saya tidak bisa karena saya berada di London untuk melanjutkan belajar saya ke jenjang berikutnya. Ada hal yang membuat saya ingat kepada ibu, yakni tentang sosok perempuan yang tingkah lakunya hampir sama dengan ibu, penyabar, penyayang, dan selalu memberi motifasi dikala aku malas dulu.

Saat ini saya sedang melanjutkan study master di negara Inggris). Saya mendapatkan beasiswa prestasi bu, sehingga saya tidak meminta biaya dari orang tua sepeser pun.

Kini sedikit perjalanan telah dapat saya raih dengan sempurna, saya mampu menjadi seorang murid yang dapat ibu banggakan. Terimakasih ibu, sungguh semua ini berkat didikan dan bimbingan ibu yang begitu sabar kala itu.

Sekian dulu surat dari saya untuk ibu, lain waktu bisa kita sambung lagi.

Hormat Saya,

 

Dewi Cahaya.

16. Contoh Surat Tidak Resmi Dalam Bahasa Bali

Bali merupakan suatu daerah di Indonesia yang selalu menjadi tujuan wisata, baik oleh turis dalam negeri, maupun dari luar negeri. Nah, jika anda jauh dari Bali sekarang, namun meninggalkan keluarga disana, tidak ada salahnya mengirimkan surat kepada mereka dengan menggunakan bahasa Bali. Tunjukkan kepada mereka jika anda tidak lupa bahasa Bali, walaupun sudah jauh dari Bali. Untuk bahan referensi, anda bisa melihat contoh surat tidak resmi dalam bahasa Bali di bawah ini.

Medan, 05 September 2019

Praya katur ring :
Ajik tiang sane sayangan tiang

Om suastiastu,
Malarapan antuk asung kerta wara nugraha ida sang hyang widhi wasa dumogi sareng sami nemu kerahajengan.

Sepengrauh surat tiang puniki dumugi ajin tiange sane ring tongos megae ring denpasar mangda seger tur becik–becik manten. Tiang sareng keluarga ring jumah sampun ngantosang apang bape prasida enggal mulih saking tongos megae apang ngidang sareng–sareng ajak mekejang care biasane iriki pekedek pekenyung. Aji titiang iriki polih prestasi juara 1 tarung karate, kejuaraan bupati karangasem. Dumogi ring sepengerauh aji meriki mersidayang ngicen titiang hadiah.

Sapunika surat tiang mangda aji seger lan rahajeng sareng sami. Titiang sayang bape.

OM Santi, Santi, Santi OM,

 

Anton Syahputra.

Penutup

Harus diakui jika penggunaan surat tidak resmi belakangan ini memang sudah semakin jarang. Namun sebenarnya ada banyak contoh surat tidak resmi yang bisa anda coba, baik kepada teman, kepada guru, kepada orang tua, dan keluarga. Tentu akan terasa spesial jika anda menggunakan berbagai contoh surat tidak resmi tersebut di tengah canggihnya teknologi komunikasi sekarang ini.