16 Contoh Surat Undangan Natal 2019 Terbaru

Contoh Surat Undangan Natal – Perayaan Natal merupakan perayaan yang paling penting untuk umat Kristiani. Ketika ingin menyelenggarakan acara perayaan natal, maka tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Semua persiapan tersebut akan dilakukan oleh panitia natal yang terpilih di tempat tertentu atau oleh pihak tertentu. Dan demi memeriahkan acara natal, tidak jarang panitia natal menyebarkan undangan natal kepada orang atau pihak lain.

Undangan perayaan natal bisa diberikan kepada perorangan, juga kepada pihak kelompok tertentu. Misalnya saja undangan acara natal kepada aparat pemerintah setempat, undangan natal ke gereja lain, dan lain sebagainya. Tentu saja, walaupun dirayakan setiap tahunnya, namun momen natal menjadi momen yang sangat dinantikan semua umat Kristiani di muka bumi.

Siapa saja yang melaksanakan acara natal?, ada banyak pihak dan sangat banyak. Bisa dilakukan oleh sebuah sekolah, kumpulan pemuda/i, kumpulan mahasiswa, STM (Serikat Tolong Menolong), dan tentunya juga oleh pihak gereja tertentu. Acara natal harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin oleh para panitia, dan harus bisa tampil dengan baik pada saat acara natal.

Undangan natal bisa dibuat dalam berbagai bahasa, menyesuaikan daerah masing – masing. Kebanyakan pihak memang menggunakan bahasa Indonesia atau resmi. Namun di daerah Batak misalnya, maka masih banyak yang menggunakan surat undangan natal bahasa batak, begitu juga dengan di berbagai daerah lainnya.

Contoh Undangan Perayaan Natal

Menulis surat undangan natal bukanlah hal yang terlalu susah. Pada umumnya tidak berbeda jauh dengan berbagai jenis surat undangan lainnya. Untuk kop surat bisa menggunakan kop surat panitia natal, bisa juga menggunakan kop surat pihak yang mengadakan acara natal tersebut. Semua itu tergantung kesepakatan antara panitia dengan kelompoknya yang mengadakan acara perayaan natal.

Bagi anda yang terpilih menjadi panitia natal, tentunya harus bisa mempersipkan acara dengan sebaik mungkin. Tidak terkecuali dengan undangan yang harus disebarkan ke berbagai pihak. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat undangan natal yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Undangan Natal Sekolah Untuk Orang Tua

Perayaan natal sekolah sangatlah sering kita temukan, terutama di daerah yang mayoritas beragama Kristen. Ketika mengadakan acara natal, maka biasanya pihak sekolah akan memberikan undangan kepada orang tua siswa. Di bawah ini adalah contoh surat undangan natal sekolah untuk orang tua yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
YAYASAN KRISTEN CINTA KASIH – I

Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061-1234567, Fax. 061-1234567

Nomor : 123/SUN/SMA-I/YKCK/2019
Perihal : Undangan Perayaan Natal

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA YKCK -I
di Tempat

Salam Sejahtera dalam Tuhan Yesus Kristus,
Dengan rendah hati, kami dari Panitia Natal SMA Yayasan Kristen Cinta Kasih -I bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri Acara Perayaan Natal yang akan kami selenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/18 Desember 2019
Waktu:Pukul 18.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA YKCK -I
Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu orang tua/wali siswa dalam Acara Perayaan Natal yang akan diselenggarakan oleh para anak – anak Bapak/Ibu, serta suatu kebahagiaan bagi kami menerima kedatangan Bapak/Ibu sekalian.

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu kami ucakan terimakasih.

Medan, 15 Desember 2019

Ketua Panitia Natal,Sekretaris Panitia Natal,
Anton Syahputra.Dewi Christiani.

2. Contoh Surat Undangan Natal Resmi

Acara natal memang merupakan acara keagamaan, namun tentu saja tidak ada salahnya menggunakan surat undangan bernuansa resmi. Adapun semuanya itu tentu tergantung dari keputusan penyelenggara dan panitia acara natal. Di bawah ini adalah contoh surat undangan natal resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

PANITIA PERAYAAN NATAL
IKATAN MAHASISWA KRISTEN (IMK)
Universitas Pelita Medan

Jl. Cenderawasih No. 123, Medan
Telp. 061-1234567, Fax. 061-1234567

Medan, 15 November 2019

Nomor : 123/SUN/IMK-UPM/2019
Perihal : Undangan Perayaan Natal
Lampiran : –

Kepada Yth,
Saudara/i IMK Universitas Pelita Pematang Siantar
di Tempat

Syalom,
Dalam menyambut perayaan kelahiran Tuhan Yesus Kristus, kami dari Ikatan Mahasiwa Kristen (IMK) Universitas Pelita Medan bermaksud mengadakan perayaan Natal yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/18 Desember 2019
Pukul:18.00 – Selesai
Tempat:Gereja HKBP Sudirman
Jl. Sudirman No. 17A, Medan

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka dengan ini kami bermaksud mengundang Saudara/i Ikatan Mahasiswa Kristen Universitas Pelita Pematang Siantar untuk bergabung dan menghadiri acara perayaan Natal tersebut.

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih. Tuhan Memberkati.

Hormat Kami,

Ketua Panitia Natal,Sekretaris Panitia Natal,
Surya Chrismanto.Anita Sari.

3. Contoh Surat Undangan Perayaan Natal Gereja

Semua gereja tentu akan mengadakan acara perayaan natal setiap tahunnya. Walaupun tidak diberikan undangan acara natal, para jemaat gereja pun pada umumnya akan menghadiri acara perayaan natal tersebut. Namun jika para pengurus gereja dan panitia natal berkeinginan menggunakan surat undangan, tentu tidak ada salahnya.

Acara perayaan natal yang dilaksanakan gereja juga sering disebut dengan acara perayaan natal bersama, dimana merupakan acara natal puncak pada gereja tersebut. Dan di bawah ini adalah contoh undangan natal bersama gereja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

Contoh Surat Undangan Natal Gereja
Contoh Surat Undangan Natal Gereja

4. Contoh Surat Undangan Natal Naposo HKBP

Sebutan Naposo HKBP memang merupakan sebutan yang dipergunakan dalam bahasa batak. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai Kumpulan Pemuda/i sebuah gereja tertentu, dalam hal ini misalnya saja Naposo HKBP. Keberadaan Kumpulan Pemuda/i ini juga bisa kita temukan di hampir semua gereja lainnya.

Dalam merayakan acara natal, para naposo HKBP tentu saja akan mengundang berbagai pihak untuk menghadiri acara tersebut. Sebut saja para pengurus gereja, ataupun Kumpulan Naposo dari gereja lain. Di bawah ini adalah contoh undangan natal Naposo HKBP atau remaja, namun tentu saja bisa dipergunakan untuk semua gereja.

Contoh Surat Undangan Natal Naposo HKBP
Contoh Surat Undangan Natal Naposo HKBP

Penutup

Dalam merayakan acara natal, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Tidak semuanya harus dilakukan oleh panitia, namun juga semuanya harus berperan dalam mensukseskan acara natal. Tidak jarang juga undangan harus disebarkan kepada orang lain demi memeriahkan acara natal. Itulah beberapa contoh surat undangan natal yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.