16 Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Paling Lengkap

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi – Penggunaan surat undangan memang tidak hanya digunakan untuk urusan resmi saja, namun juga untuk urusan tidak resmi. Anda bisa menggunakan surat undangan untuk keperluan pribadi dan mengundang orang lain, yang tentunya undangan tidak resmi tidak bersifat memaksa.

Sebagaimana kita ketahui, undangan resmi pada umumnya bersifat wajib dan harus dihadiri oleh orang yang diundang. Berbeda dengan undangan non formal yang tidak wajib hadir, namun perlu dipergunakan pada saat mengadakan acara dan kegiatan. Bukan hanya kegiatan/acara pribadi, namun surat undangan tidak resmi juga bisa digunakan untuk keperluan organisasi atau kelompok tertentu.

Beberapa contoh surat undangan tidak resmi yang sering dipergunakan adalah surat undangan ulang tahun, surat undangan pernikahan, surat undangan pengajian, surat undangan khitanan, surat undangan syukuran, dan berbagai contoh lainnya. Beberapa contoh surat undangan ini tidak bersifat memaksa ataupun tidak bersifat wajib.

Surat undangan non resmi bisa ditujukan kepada pihak pribadi, seperti teman/sahabat, keluarga, ataupun saudara, namun juga bisa dipergunakan untuk kelompok tertentu. Anda juga bisa menujukan contoh surat undangan kepada warga sekitar dan tidak perlu menyebutkan nama para tamu undangan satu persatu.

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Menulis surat undangan non resmi mungkin memang tidak sesulit menulis surat undangan resmi. Ketika menulis contoh surat undangan resmi, maka anda harus memperhatikan beberapa faktor, termasuk struktur surat. Lain halnya dengan penulisan contoh surat undangan non formal dimana anda bisa menggunakan bahasa sesuai dengan keinginana anda dan tidak terlalu mengikat. Namun tentu saja anda harus menulis surat undangan tidak resmi secara singkat, padat, dan jelas.

Untuk anda yang hendak mengadakan acara syukuran misalnya, maka mungkin bisa menggunakan surat undangan syukuran yang bersifat tidak resmi. Bagi anda yang mendapat tugas sekolah atau kuliah juga untuk menulis surat ini, mungkin harus membutuhkan bahan contoh. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat undangan tidak resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Surat undangan dalam bahasa Inggris mungkin memang agak jarang dipergunakan. Namun untuk keperluan tertentu, anda bisa saja menulis surat undangan tidak resmi dalam bahasa Inggris, seperti surat undangan ulang tahun misalnya yang ditujukan kepada teman/sahabat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat undangan tidak resmi dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, April 20, 2019

To : My Friend
Intan Permatasari

Hi Intan,
Entering April it I always feel cheerful and happy over the previous. Yes, you know right?, if April is the month of birth of I and this month I will be celebrating its 17th anniversary. If the words of a young child right now, sweet seventeen.

I certainly don’t want to miss these moments for granted, because it only happens once in a lifetime. So, you should come to the Diamond anniversary events I. Later we will do the party anniversary events on :

Day/Date:Saturday/April 25, 2019
Time:19.00 – Finish
Place:Bolle Cafe
Jl. Amal No. 123, Medan

I will certainly be very glad and happy if you come to my birthday I event. No need to have to bring a gift, which is important you have to come and that’s enough for me.

I hope you come on the show’s birthday I and no doubt should be timely.

Your Friend,

Dewi Cahaya.

Terjemahannya

Di atas tadi adalah contoh surat undangan tidak resmi dalam bahasa Inggris yang merupakan undangan ulang tahun kepada sahabat. Nah, dibawah ini adalah terjemahan dari surat undangan tidak resmi tersebut.

Medan, 20 April 2019

Hai Intan,
Memasuki bulan April ini aku selalu ceria dan merasa bahagia lebih dari sebelumya. Ya, kamu tahu kan?, kalau bulan April adalah bulan kelahiran aku dan bulan ini aku akan merayakan ulang tahun ke-17. Kalau kata anak muda sekarang ini, sweet seventeen.

Aku pun tentu tidak mau melewatkan momen ini begitu saja, karena hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Jadi, kamu harus datang Intan ke acara ulang tahun aku. Nanti kita akan melakukan pesta acara ulang tahun pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/25 April 2019
Pukul:19.00 – Selesai
Tempat:Cafe Bolle
Jl. Amal No. 123, Medan

Aku pasti akan sangat senang dan bahagia jika kamu datang ke acara ulang tahun aku. Tidak perlu harus bawa kado, yang penting kamu harus datang dan itu sudah cukup untuk aku.

Aku harap kamu datang di acara ulang tahun aku dan pastinya harus tepat waktu.

Temanmu,

Dewi Cahaya.

2. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Acara Pengajian

Berbagai pihak mungkin saja mengadakan acara pengajian dan tentunya harus mengundang pihak – pihak tertentu untuk bisa menghadiri acara pengajian tersebut. Untuk lebih mudah dalam mengundang, maka bisa menggunakan surat undangan pengajian yang merupakan surat undangan tidak resmi. Di bawah ini adalah contoh surat undangan tidak resmi untuk acara pengajian yang bisa anda pergunakan.

MASJID AL-IKHLAS PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kotamadya Medan
Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Nomor : 123/MAI/AP/04/2019
Perihal : Undangan Pengajian

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Saudara/i
Warga Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT, Sholawat serta Salam kita sampaikan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, beserta sahabatnya, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu dan Saudara/i dalam cara pengajian rutin Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/25 April 2019
Pukul:19.00 – Selesai
Tempat:Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan
Pembicara:Ust. Muhammad Ilham

Besar harapan kami kirannya Bapak/Ibu dan Saudara/i bisa menghadiri acara ini demi mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Walaikumsalam, Wr. Wb.

Hormat Kami,
Ketua Panitia Pengajian,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Undangan Tidak Resmi Untuk Acara Syukuran

Acara syukuran biasanya sering diadakan oleh perseorangan ataupun keluarga. Misalnya saja acara syukuran rumah baru, syukuran wisuda, ataupun syukuran pekerjaan baru. Untuk mengundang para tetangga dalam acara syukuran tersebut, maka anda bisa menggunakan surat undangan acara syukuran. Di bawah ini adalah contoh surat undangan tidak resmi untuk acara syukuran yang bisa anda pergunakan.

Medan, 20 April 2019

Perihal : Undangan Acara Syukuran

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga
di Tempat

Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan kepada kita semua hingga saat ini, terutama untuk kami yang dimana anak kami, Intan Permatasari sudah selesai menamatkan pendidikan Sarjana dan sudah diwisuda.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu dalam Acara Syukuran Wisuda yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/25 April 2019
Pukul:19.00 – Selesai
Tempat:Rumah Keluarga Bpk Anton & Ibu Intan
Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Besar harapan kami agar Bapak/Ibu berkenan hadir dalam acara syukuran yang kami adakan dan tiada kata terindah selain ucapan terimakasih dari kami untuk Bapak/Ibu yang meringkankan langkahnya untuk acara ini.

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Kel Bpk Anton & Ibu Intan.

4. Contoh Surat Undangan Pernikahan

Surat undangan pernikahan juga merupakan salah satu bentuk contoh surat undangan tidak resmi yang sering juga dipergunakan. Ada banyak konsep surat undangan pernikahan dan pada umumnya menyesuaikan dengan agama, adat, ataupun budaya dan suku tertentu. Di bawah ini adalah contoh surat undangan pernikahan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 20 April 2019

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan berkat dan karunia-Nya hingga saat ini. Serta Shalawat yang senantiasa kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang selalu kita nantikan sysfaatnya kelak di akhir.

Dengan ini kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i dalam acara resepsi pernikahan putra kami :

Muhammad Ilham
Bin Anton Syahputra

Dengan

Intan Permatasari
Binti Herman Sumarsono

Acara Resepsi Pernikahan Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/25 April 2019
Pukul:15.00 – Selesai
Tempat:Kediaman Bpk. Herman Sumarsono
Jl. Amal No. 123, Medan

Merupakan suatu kehormatan besar bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir pada acara tersebut dan memberikan restu kepada kedua mempelai. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Bpk. Anton Sekeluarga.

5. Contoh Surat Undangan Ulang Tahun

Ulang tahun merupakan momen yang sangat spesial untuk setiap orang. Jadi tidak sedikit orang yang memang selalu merayakan ulang tahun dan mengundang para sahabat ataupun saudara. Untuk memberitahukan perayaan ulang tahun ini, anda pun bisa menggunakan surat undangan ulang tahun yang merupakan contoh surat undangan tidak resmi. Di bawah ini adalah contoh surat undangan ulang tahun yang bisa anda pergunakan.

Medan, 20 April 2019

Kepada Sahabatku
Dewi Cahaya

Hai Dewi,
Apa kabar?, aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat ya Dewi agar bisa berbahagia bareng samaku di bulan ini.

Kamu tahu kan Dewi?, kalau bulan ini aku akan merayakan ulang tahun dan memasuki usia 17 tahun. Aku senang sekali lho, terutama karena ini merupakan ulang tahun sweet seventeen aku, jadi aku tidak akan melewatkannya begitu saja. Jadi, kamu juga harus datang di acara ulang tahun aku yang akan adakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/25 April 2019
Pukul:19.00 – Selesai
Tempat:Sentaro Cafe
Jl. Pertempuran No. 123, Medan

Apapun alasannya, pokoknya kamu harus datang dan aku tidak menerima alasan apapun jika kamu tidak datang. Kamu datang saja aku sudah bahagia dan tidak perlu harus bawa kado ya Wi.

Cukup sekian dulu ya Wi, aku tunggu kamu di acara ulang tahun aku.

Temanmu,

Intan Permatasari.

Penutup

Menggunakan surat undangan tidak resmi sama hal dan pentinya dengan menggunakan surat undangan resmi. Walaupun memang sudah bisa mengundang orang lain melalui media elektronik ataupun media sosial, namun tidak ada salahnya bagi anda untuk menggunakan surat undangan ridak resmi. Terutama surat undangan ulang tahun, surat undangan pernikahan, surat undangan acara, merupakan surat undangan yang sering dipergunakan. Itulah beberapa contoh surat undangan tidak resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.