16 Contoh Surat Untuk Sahabat Pena yang Patut Dicoba

Contoh Surat Untuk Sahabat Pena – Harus diakui jika penggunaan surat pribadi sekarang ini memang sudah sangat jarang kita temukan. Surat pribadi atau surat tidak resmi maksudnya disini adalah surat yang dipergunakan sebagai media komunikasi untuk urusan pribadi ataupun untuk komunikasi perseorangan. Banyaknya media komunikasi digital dan elektronik membuat penggunaan surat pribadi sudah sangat jarang kita temukan.

Namun sebenarnya tidak ada salahnya jika anda sesekali ingin menggunakan surat pribadi untuk berkomunikasi. Ya, sekedar mengirimkan sepucuk surat cinta kepada pacar dan gebetan, ataupun sekedar mengirimkan sepucuk surat pribadi untuk sahabat pena singkat. Tentu akan sangat istimewa rasanya jika seseorang mengirimkan sepucuk surat kepada kita, dan anda pun bisa menggunakan cara ini kepada orang lain.

Jika kita sudi melihat dan mengenang tahun 90-an dan tahun 2000-an, penggunaan surat untuk urusan pribadi sekalipun sangat sering dipergunakan. Namun dikarenakan kecanggihan teknologi yang sudah semakin maju, pelan tapi pasti semua itupun tergusur dan beralih menggunakan media komunikasi digital ataupun media komunikasi elektronik.

Nah, untuk kali ini kita pun akan membahas salah satu contoh surat tidak resmi yang bisa anda pergunakan, yakni surat pribadi untuk sahabat. Teman atau sahabat anda tentu akan sangat bahagia bisa menerima sepucuk surat untuk anda. Jika ingin terlihat anti mainstream, maka anda pun bisa mengirimkan surat untuk sahabat dalam bahasa Inggris, yang mungkin sangat jarang dipergunakan.

Contoh Surat Untuk Sahabat Pena

Jika kita bertanya pada anak muda sekarang ini, apakah pernah mengirimkan sepucuk surat untuk sahabat?. Bisa dipastikan bahwa jawabannya adalah tidak pernah. Ya, ngapain harus menggunakan surat pribadi jika sudah ada banyak media komunikasi yang canggih dan terbaru?. Pendapat itu mungkin akan diberikan oleh sebagian besar anak muda sekarang ini. Namun tentu saja tidak semuanya yang akan berpendapat demikian.

Mungkin juga ada beberapa orang yang ingin mencoba cara ini, untuk memberikan sesuatu hal yang spesial kepada sahabat penanya. Ya, anggap saja ketika sahabat pena kita ulang tahun dan ingin memberikan kejutan yang tidak biasa biasa saja. Caranya, ya anda bisa mengirimkan kado untuknya, dan jangan lupa menyelipkan sepucuk surat untuk sahabat pena anda tersebut. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat untuk sahabat yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Surat Untuk Sahabat Pena Dalam Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang mungkin terasa kurang istimewa jika menulis surat untuk sahabat dalam bahasa Indonesia saja. Nah, anda pun bisa mencoba untuk mengirimkan sepucuk surat untuk sahabat pena dalam bahasa Inggris. Sahabat anda tentu akan merasa sangat senang karena anda mau bersusah payah menulis surat bahasa Inggris, yang tentu saja tidak mudah bagi sebagian besar orang.

Medan, November, 04 2019

For My Friend
Intan Permatasari
Jakarta

Hi Intan,
How are you? I hope you are always in good health and without any shortcomings. I also hope that your studies there will always be smooth and can get good grades on campus.

Oh yeah Intan, it doesn’t feel long, yes, we don’t meet. You are, too, rarely in Medan and it seems very comfortable to live in Jakarta. Maybe it’s because there are a lot of college seniors who are handsome, right ?, or you already have my replacement friends there?.

If you get a handsome senior campus, I don’t have a problem. But if you are looking for my replacement as your best friend there, I’m not willing to. How come I was put on the spot? Boyfriends can still be made, but cooking friends also want to be put together?.

It’s not my intention to forbid you to have friends there, Diamond, I just hope that you don’t forget me as your best friend here, even though you might already have many new friends there.

Oh yeah Intan, if there is a semester holiday, don’t forget to go back to Medan, and don’t forget to take it with me. If there is no by, then I will not want to meet you. Hehehe, joking Intan, I’m not that cruel.

But by the way, it’s already been Intan, I hope you take the time to reply to my letter. And I also hope that your studies will run smoothly there, as well as me here. Bye Intan, I Miss you.

Your Friend,

Dewi Cahaya.

Terjemahanya

Medan, 04 November 2019

Untuk Sahabatku,
Intan Permatasari
Jakarta.

Hai Intan,
Apa  kabar?, saya berharap kamu selalu dalam keadaan sehat dan tanpa kekurangan satu apapun juga. Saya juga berharap agar kuliah kamu disana selalu lancar dan bisa mendapatkan nilai yang baik di kampus.

Oh ya Intan, tidak terasa sudah lama ya kita tidak berjumpa. Kamu sih, jarang pula ke Medan dan kelihatannya sangat betah tinggal di Jakarta. Mungkin karena banyak senior kampus yang ganteng yah?, atau kamu sudah memiliki sahabat penggantiku disana?.

Kalau kamu mendapatkan senior kampus yang ganteng, saya sih tidak masalah. Tapi kalau kamu mencari penggantiku sebagai sahabat terbaikmu disana, aku gak rela dong. Masak aku diduakan?, pacar masih bisa diduakan, tapi masak sahabat juga mau diduakan?.

Bukan maksud saya melarang kamu memiliki sahabat disana ya Intan, saya cuma berharap agar kamu tidak melupakan saya sebagai sahabatmu disini, walaupun kamu mungkin sudah memiliki banyak sahabat baru disana.

Oh ya Intan, kalau ada liburan semester nanti, jangan lupa pulang ke Medan ya, dan jangan lupa juga untuk membawa oleh oleh samaku. Kalau tidak ada oleh oleh, maka saya tidak akan mau menemui kamu. Hehehe, bercanda Intan, saya tidak sekejam itu kok.

Tapi ngomong ngomong, udah dulu ya Intan, saya berharap kamu menyempatkan diri untuk membalas suratku ini. Dan saya juga berharap agar kuliahmu lancar disana, begitu juga dengan aku disini. Bye Intan, I Miss you.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Pena

Jika berbicara mengenai surat pribadi, maka yang paling banyak digunakan adalah surat cinta. Kalau tidak, ya mungkin surat pribadi untuk sahabat pena. Anda bisa memberikan kejutan kepada sahabat pena anda dengan mengirimkannya sepucuk surat pribadi. Ya, misalnya saja ketika dia sedang ulang tahun, dan anda bisa mengirimkan kado, sekalian surat ucapan selamat ulang tahun.

Medan, 4 November 2019

Sahabatku,
Intan Permatasari
di Jakarta

Happy birthday to you,
Happy birthday to you,
Happy birthday,
Happy birthday,
Happy birthday to youuuuuuu.

Happy birthday Intan,
Selamat ulang tahun, panjang umur, sehat selalu, dan jangan lupa semakin baik samaku yah. Segala Doa yang terbaik dari saya untukmu Intan.

Tidak terasa ya Intan, usiamu sudah 20 tahun sekarang, kurang lebih sama dengan usiaku. Sudah banyak hari hari yang kita lewati mulai dari kita kecil dan selalu bersama. Sedih rasanya harus terpisah jarak dan waktu dari kamu Intan. Tapi saya sadar, kamu ke Jakarta untuk kuliah, dan bukan untuk meninggalkan sahabatmu ini.

Saya sangat berharap agar kamu bisa segera menyelesaikan kuliah mu dengan nilai yang bagus, begitu juga dengan saya disini. Makanya, jangan lupa untuk selalu belajar dan berdoa ya Intan. Kelak jika kamu sudah lulus, cobalah untuk mencari pekerjaan di Medan. Jika kamu bisa menemukan pekerjaan di Medan dan tinggal di Medan, maka kita akan bersama sama lagi seperti dulu.

Pacar pergi masih mudah mencari penggantinya, namun jika sahabat sudah jauh, hampa rasanya. Inilah kata kata yang sering dulu kita ucapkan bersama dan menjadi pedoman bagi persahabatan kita sampai sekarang. Saya berharap agar persahabatan kita tidak terputus apapun yang terjadi, dan selalu bisa saling support untuk hal hal yang positif.

Sekian dulu suratku ya Intan. Jika kamu memiliki waktu, cobalah untuk membalas suratku Ini. Sekali lagi , selamat ulang tahun sohib, dan jangan lupa kadonya dibuka ya, hehehe.

Sahabatmu yang cantik,

Dewi Cahaya.

3. Surat Untuk Sahabat Pena Singkat

Sebagian besar anak muda sekarang ini tentu akan merasa malas untuk mengirimkan sepucuk contoh surat untuk sahabat pena mereka masing masing. Namun tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba cara dan trik ini. Jika anda hanya ingin sekedar mencoba coba saja, maka anda bisa mengirimkan sepucuk contoh surat untuk sahabat pena yang singkat saja.

Medan, 4 November 2019

Untuk Sahabatku,
Intan Permatasari
Jakarta

Hai Intan,
Apa kabar kamu?, saya berharap kami baik – baik saja dan sehat selalu ya, sebab saya disini juga dalam keadaan sehat.

Oh ya Intan, bulan depan kan libur semester. Kami sekeluarga memiliki rencana untuk berlibur ke rumah tanteku di Jakarta. Saya sih berharapnya bisa ketemu kamu dan bisa berkunjung ke rumah mu nantinya. Tenang Intan, kami bakalan lumayan lama kok disana, ya setidaknya selama 2 minggu lah di Jakarta.

Jadi, pastikan kalau pintu rumah kami terbuka untuk ku ya Intan, jangan sampai tidak lho. Kalau tidak, maka saya akan marah, hehehe.

Intan, bunga bunga yang di depan rumah kamu masih ada gak?. Kalau kamu masih rawat, tentu sudah sangat cantik ya sekarang. Rumahmu jadi asri dan sejuk pemandangannya. Saya berharap bunga bunganya mekar nanti pada saat saya datang. Jadi, bukan hanya kamu yang menyambutku, tapi bunga bunga di depan rumahmu juga.

Udah dulu ya Intan, nanti saya kabari lagi kalau kami sudah sampai di Jakarta bulan depan. Dan saya akan kabari nanti kalau sudah mau berkunjung ke rumahmu, agar kamu bisa siapkan kue, hehehe.

Love you sahabatku Intan,

Dari Sahabat Tercantikmu,

Dewi Cahaya.

4. Surat Untuk Sahabat Pena di Luar Negeri

Sahabat pena memang tidak selamanya harus selalu dekat dan bersama. Bisa jadi dikarenakan pekerjaan ataupun pendidikan, sahabat pena anda harus berangkat dan tinggal di luar negeri untuk sementara. Nah, anda pun bisa mengirimkan surat kepadanya, walaupun tinggal di luar negeri. Di bawah ini ada satu contoh surat untuk sahabat pena di luar negeri yang bisa anda gunakan.

Medan, 4 November 2019

To :
Intan Permatasari
London.

Hai Intan,
Bagaimana kabar kamu di negeri orang Intan?. Aku berharap kamu dalam keadaan baik – baik saja, tidak kekurangan satu apapun juga, dan lancar studimu disana ya Intan. Saya juga baik – baik disini, begitu juga dengan kuliah saya.

Tidak terasa ya Intan, sudah hampir satu tahun kita tidak bertemu. Kamu sih tidak pulang ke Indonesia pas libur semester kemarin. Kalau kamu ada waktu, pulang dong libur tahun baru nanti. Kan sebentara lagi libur tahun baru, dan kampusmu di London juga pasti libur kan?.

Gak cuma aku lho, kawan – kawan kita yang lain juga kangen katanya samamu, apalagi saya, ehehehe. Kalau kamu pulang ke Indonesia, kami jemput rame – rame deh ke Bandara. Bahkan kalau perlu, kami bawa kalung bunga khusus untuk menyambut kamu di bandara, hehehe, gak sampe segitunya juga sih yah.

Tapi pokoknya kamu harus pulang dulu deh libur tahun baru nanti. Emang kamu pikir kami disini tidak kangen apa?. Kamu sih, kuliah jauh jauh ke London, kawan – kawan disini malah ditinggalin. Tapi tidak apa – apa deh, yang penting studi kita semua lancar, dan bisa menjadi orang yang sukses nantinya.

Sekian dulu ya Intan, jangan lupa untuk pulang libur tahun baru nanti. Kami menungggu disini, dan kamu harus pulang. Bye Intan.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

5. Surat Untuk Sahabat Pena Mengenai Liburan

Berbicara mengenai liburan, semua orang memang memiliki cara – cara tersendiri untuk menggabiskan liburan mereka. Baik itu libur sekolah, libur kuliah, ataupun libur kerja. Nah, anda pun bisa menceritakan hal ini kepada sahabat anda, berbicara mengenai liburan yang mungkin baru saja terlewati. Di bawah ini ada satu contoh surat untuk sahabat pena mengenai liburan yang bisa anda gunakan.

Medan, 4 November 2019

My Best Friend
Intan Permatasari
Jakarta

Hai Intan,
Apa kabar?, pasti baik dong ya, secara kamu itu tidak pernah gak baik kabarnya, hehehehe. Saya juga dalam keadaan baik kok dan begitu juga dengan kawan – kawan kita yang lain di Medan.

Oh ya Intan, libur semester kuliah kan baru usai. Kamu liburan kemana saja?. Di Jakarta trus kan sumpek dong, penuh debu, asap kendaraan, macet sana – sini, dan masih banyak lagi. Kamu berlibur kemana saja, ceritakan dong ya Intan.

Kalau saya sih rasanya sangat istimewa liburan kali ini. Kami sekeluarga pergi ke Brastagi untuk berlibur. Ya, memang cuma 3 hari aja sih. Kami mengunjungi banyak tempat – tempat yang indah disana. Ya, kamu tahu lah tempat wisata disana, ada air panas, ada kebun jeruk, kebun strawberry, pagoda hils, taman simalem, dan masih banyak lagi tempat yang kami kunjungi. Pokoknya seru banget deh, pasti akan lebih sempurna lagi jika kamu ikut.

Trus liburan kamu disana gimana?. Saya dengar banyak orang yang berlibur ke puncak di Bogor kalau sudah musim liburan, kamu kesana gak?. Tapi saya yakin tidak lebih indah dari Brastagi kok, dan mungkin sama – sama dingin, hehehe.

Tapi pokoknya kamu harus balas suratku ini yah. Ceritain dulu mengenai liburan kamu pas libur semester kemarin, saya juga pengen tahu dong.

Sekian dulu ya Intan, bye.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

Penutup

Walaupun sudah jarang digunakan, namun tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba mengirimkan sepucuk contoh surat untuk sahabat pena anda. Ya, walaupun sudah ada banyak media komunikasi, tapi sepucuk surat tentu akan terasa istimewa. Itulah tadi beberapa contoh surat untuk sahabat pena yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.