Home » Umum » Doa Kristen Paling Lengkap Untuk Panduan Sehari Hari

Doa Kristen Paling Lengkap Untuk Panduan Sehari Hari

Doa Kristen merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan Tuhan, secara pribadi maupun bersama – sama dengan orang lain. Dalam hal ini, umat kristen yang beriman hendaknya menyadari kekuatan doa, dan selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap sisi kehidupan.

Berdoa tidak harus memandang tempat ataupun waktu. Kapanpun dan dimanapun berada, kita bisa memanjatkan doa kepada Tuhan. Bisa dibilang jika doa kristen sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap umat kristen yang beriman.

Dalam berdoa, tentu saja pertama sekali kita harus menyampakan rasa syukur atas semua berkat yang masih kita rasakan. Kemudian barulah kita memanjatkan atau memohon keinginan kita, dan memohon pengampunan atas dosa – dosa dan kesalahan yang tentu saja banyak kita lakukan.

Ketika kita ataupun orang terdekat kita sedang sakit, maka kita bisa memanjatkan doa kristen untuk orang sakit, tentunya untuk meminta kesembuhan. Namun dalam keadaan senang juga kita harus memanjatkan doa, sebagai tanda syukur atau semua berkat yang masih kita rasakan.

Kumpulan Contoh Doa Kristen

Berdoa bisa dilakukan sendiri ataupun bersama – sama dengan orang lain. Misalnya saja berdoa sebelum makan bersama keluarga, berdoa di perkumpulan gereja, ataupun dalam berbagai kesempatan lainnya. Berdoa sendirian maka tentu saja anda harus menyusun kata – kata sendiri untuk memanjatkan doa.

Namun doa kristen bersama dengan orang lain pun, mungkin saja anda memiliki kesempatan untuk membawakan atau memimpin doa. Mungkin ada banyak orang yang merasa grogi ketika harus memimpin doa di tengah banyak orang, dan itu adalah sesuatu hal yang wajar saja.

Tidak ada doa yang salah, namun tentu saja anda harus mempersiapkan diri sebelum berdoa. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh doa kristen yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

1. Contoh Doa Kristen di Pagi Hari

Pada umumnya, kebanyakan orang akan memulai aktivitasnya sejak bangun di pagi hari. Alangkah indahnya ketika kita bangun pagi, lalu meluangkan waktu sebentar untuk berdoa. Hendaknya setiap hari – hari yang kita jalani selalu diawali dengan berdoa.

Dengan mengawali pagi hari dengan bersyukur, semoga saja hari yang kita jalani akan selalu lebih lancar. Di bawah ini contoh doa kristen di pagi hari yang bisa anda jadikan referensi.

Bapa yang baik, terimakasih Bapa atas segala cinta kasih-Mu hingga pagi hari ini, saya masih bisa bangun dengan sehat, serta akan memulai aktivitas kembali.

Bapa yang Maha Pengasih, tuntun saya Bapa untuk bisa melewati hari ini dengan baik, hingga akhirnya saya beristirahat di malam hari nanti. Berikan kelancaran untuk semua aktivitas saya selama satu hari ini, jauhkan semua cobaan yang sekiranya menjadi penghambat bagi diri saya dalam bekerja.

Bapa yang Maha Penyayang, ajari saya dengan cinta kasih-Mu Bapa untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan menjadi berkat bagi orang lain. Ajari saya Bapa untuk selalu mengucapkan kata – kata yang menyenangkan orang lain, terutama menyenangkan hati-Mu Bapa, dan juga ajari saya untuk selalu memuliakan nama-Mu.

Bapa yang Maha Pengampun, Engkau tahu Bapa saya adalah manusia yang lemah dan penuh dosa. Kirannya ampunilah terlebih dahulu dosa – dosa yang sudah saya lakukan, agar saya layak disebut sebagai anak-Mu dan layak menerima berkat dari-Mu.

Hanya dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, saya berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu. Amin.

2. Contoh Doa Agama Kristen Sebelum Makan

Makan bersama keluarga tentu merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun sudah seharusnya kita tetap ingat bahwa semua makanan tersebut adalah pemberian Tuhan. Untuk itulah sudah selayaknya kita mengucap syukur atas nikmat yang kita rasakan tersebut.

Berdoa sebelum makan berarti mengucapkan syukur dan juga mendoakan makanan yang akan kita nikmati. Di bawah ini adalah contoh doa kristen sebelum makan yang bisa anda gunakan sebagai referensi.

Ya Bapa, Tuhan kami, segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu Bapa atas segala cinta kasih-Mu yang masih kami rasakan hingga pada saat ini. Terimakasih Bapa kami masih bisa berkumpul bersama – sama sekarang ini.

Ya Bapa, Engkau tahu sebentar lagi kami akan menikmati sebagian dari hasil pemberian-Mu, terimakasih atas semua makanan dan minuman yang tersedia di hadapan kami ini Bapa. Jadikanlah makanan dan minuman ini menjadi berkat bagi kami, menjadi sumber kekuatan dan kesehatan untuk kami semua.

Ya Bapa, berkati semua pekerjaan kami, berkati semua aktivitas kami, kirannya kami bisa selalu berkumpul bersama – sama untuk menikmati berkat dari-Mu seperti sekarang ini Bapa.

Ya Bapa, diatas segala permohonan kami, kirannya berikan pengampunan atas dosa – dosa dan kesalahan yang sudah kami lakukan Bapa, kirannya kami bisa menjadi pribadi – pribadi yang lebih baik lagi dan selalu memulaikan nama-Mu Bapa.

Terimakasih Bapa, doa dan ucapan syukur ini kami panjatkan hanya melalui anak-Mu Tuhan Yesus Kristus. Amin.

3. Contoh Doa Sebelum Bekerja

Pekerjaan merupakan sumber mata pencaharian bagi setiap orang. Bekerja dengan baik tentu sudah menjadi keharusan, dimanapun kita bekerja. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita meminta bimbingan dari Tuhan untuk senantiasa melancarkan pekerjaan yang kita lakukan.

Bekerja bukan semata – mata untuk mendapatkan uang. Namun bekerja juga menjadi salah satu ibadah bagi umat kristen. Di bawah ini adalah contoh doa kristen sebelum bekerja yang bisa anda jadikan referensi.

Bapa yang baik, Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Sorga, segala puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat-Mu Bapa, atas cinta kasih-Mu yang masih saya rasakan hingga saat ini.

Ya Bapa, sebentar lagi saya akan memulai pekerjaan saya sebagaimana biasanya. Kirannya biarlah tangan Bapa yang membimbing saya untuk melakukan semua pekerjaan saya, dari awal hingga akhir nanti. Ajari dan tuntun saya Bapa untuk bisa bekerja dengan baik, dan biarlah kuasa-Mu yang senantiasa membantu saya menyelesaikan semua pekerjaan ya Bapa.

Jauhkan segala godaan yang sekiranya bisa menghambat fokus saya dalam bekerja Bapa. Biarlah pekerjaan saya menjadi berkat bagi saya dan juga orang lain, dan ajari saya untuk selalu memuliakan nama-Mu dalam setiap tarikan nafasku Bapa.

Bapa yang Maha Pengampun, saya hanyalah manusia yang diselimuti oleh dosa dan kesalahan. Kirannya Bapa berikan pengampunan pada saya, hingga saya layak disebut sebagai anak-Mu dan layak menerima berkat dari-Mu ya Bapa.

Hanya dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, saya berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu Bapa. Amin.

Penutup

Berdoa kepada Tuhan bukan berarti jika apapun atau semua yang kita minta akan segera terkabulkan. Namun tentu saja Tuhan memiliki rencana yang jauh lebih indah di balik semuanya itu. Kita hanya perlu berserah diri kepada-Nya dan berdoa semoga yang terbaik selalu menghampiri kita.

Apapun keadaan kita atau apapun yang sedang terjadi, hendaknya doa kristen menjadi salah satu komunikasi dengan Tuhan yang selalu kita lakukan. Baik susah maupun senang, hendaklah nama Tuhan selalu dipermuliakan dengan doa – doa yang kita panjatkan.