Doa Kristen Sebelum Makan Untuk Anak dan Dewasa

Berdoa merupakan cara untuk berkomunikasi dengan Tuhan Yesus, khususnya untuk umat Kristen. Baik dilakukan secara pribadi, ataupun bersama – sama dalam perkumpulan. Semua kegiatan harus diawali oleh doa, termasuk doa kristen sebelum makan, dimana kita bisa mengucap syukur atas hidangan yang akan kita nikmati.

Saat kita berdoa, tentunya harus dengan sungguh – sungguh, memusatkan hati dan pikiran kita hanya pada doa tersebut, dan berserah penuh pada cinta kasih Tuhan. Berdoa harus dibiasakan sebisa mungkin dari kecil, misalnya mengajari anak dengan doa kristen sebelum makan.

Apapun yang kita nikmati, itu semua adalah pemberian Tuhan. Untuk itu, sudah seharusnya kita mengucap syukur atas nikmat yang masih kita terima. Bukan hanya menyampaikan rasa syukur, namun juga menyampaikan permohonan, termasuk permohonan pengampunan dari Tuhan Yesus.

Contoh Doa Kristen Sebelum Makan

Bagi sebagian besar orang dewasa, tentunya sudah tidak akan kesulitan lagi untuk membaca doa sebelum makan. Tidak ada yang salah dengan doa tentunya jika kita benar – benar sepenuh hati dan berserah pada Tuhan. Namun tentu akan sedikit berbeda untuk anak – anak yang masih harus dididik untuk berdoa sebelum makan.

Anak kecil tidak akan tahu betapa pentingnya berdoa jika tidak diajari sejak dini. Mereka juga tidak akan tahu bagaimana mengucapkan doa kristen yang baik dan benar. Jika tidak diajari sejak dini, mungkin saja sang anak terbiasa langsung makan tanpa mengucapkan doa terlebih dahulu.

Untuk itulah dibutuhkan bimbingan orang tua yang harus dilakukan secara intens, hingga sang anak terbiasa. Di bawah ini beberapa contoh doa kristen sebelum makan yang bisa anda pergunakan.

1. Contoh Doa Kristen Sebelum Makan Untuk Anak

Daya ingat anak anak tentu belum sekuat daya ingat orang dewasa. Maka dari itu, alangkah baiknya jika mengajari sang anak dengan doa sebelum makan yang singkat saja. Alhasil, sang anak akan lebih mudah menghapalkannya dan mengucapkannya setiap sebelum makan. Di bawah ini beberapa contoh doa kristen sebelum makan untuk anak – anak.

Contoh 1

Ya Bapa kami, saat ini kami menghadap-Mu untuk mengucap syukur atas semua berkat yang masih kami terima, terutama atas berkat makanan dan minuman yang terhidang di depan kami saat ini.

Terima kasih Bapa, untuk semua yang telah Engkau sediakan bagi kami. Semuanya itu bukan karena kekuatan kami, melainkan karena berkat-Mu yang melimpah kepada kami. Semua makanan dan minuman ini berasal dari pada-Mu, kirannya biarlah dengan makanan ini nama Tuhan selalu dipermuliakan.

Terima kasih Bapa, di dalan nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur, Amin.

Contoh 2

Ya Bapa yang baik, kami mengucap syukur Bapa atas semua makanan dan minuman yang tersedia di hadapan kami saat ini.

Terima kasih ya Bapa, berkat-Mu yang melimpah masih kami rasakan hingga hari ini, terutama berkat atas semua makanan dan minuman yang tersedia. Biarlah makanan dan minuman ini menjadi sumber tenaga dan kesehatan bagi kami, untuk selalu bisa memuji dan memuliakan nama-Mu.

Terima kasih Bapa, kami berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu, Amin.

Contoh 3

Tuhan Yesus, saat ini kami mengucap syukur kepada-Mu, atas semua makanan dan minuman yang akan kami makan pada saat ini. Semuanya ini tersedia hanya karena cinta kasih-Mu pada kami ya Tuhan.

Berkati makanan dan minuman ini Tuhan, kirannya bisa menjadi sumber tenaga dan kesehatan bagi kami, untuk tetap memuji dan memuliakan nama-Mu. Ajari kami Bapa untuk senantiasa mengucapkan syukur atas semua berkat-Mu yang kami terima tanpa henti – hentinya.

Terima kasih ya Tuhan Yesus, biarlah doa kami ini kami serahkan sepenuhnya hanya dalam nama-Mu, Amin.

2. Contoh Doa Kristen Protestan Sebelum Makan

Untuk orang dewasa, tentu akan sedikit kurang cocok jika menggunakan doa diatas tadi, yang umumnya memang lebih cocok untuk anak kecil. Orang dewasa tentu akan lebih detail dalam berdoa, dari pengucapan ataupun kalimat demi kalimat yang digunakan.

Penyusunan doa setiap orang mungkin saja berbeda. Maka dari itu, anda bisa hanya mengambil inti – intinya saja dari contoh doa kristen sebelum makan yang kami berikan di bawah ini.

Bapa yang baik, Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Surga, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu Bapa, untuk segala cinta kasih-Mu yang masih kami rasakan hingga pada saat ini.

Terima kasih Bapa untuk semua makanan dan minuman yang tersedia di hadapan kami dan akan segera kami nikmati. Semuanya ini tersedia bukan karena kekuatan kami, melainkan karena kasih karunia-Mu ya Bapa.

Bapa yang baik, berkati makanan dan minuman yang tersedia ini Bapa. Kirannya bisa menjadi sumber tenaga dan kesehatan bagi kami untuk tetap memuji dan memuliakan nama-Mu. Kirannya biarlah Bapa yang senantiasa mencukupkan segala kebutuhan kami setiap hari.

Ajari kami Bapa untuk senantiasa bersyukur kepada-Mu atas semua berkat yang kami terima. Ajari kami Bapa untuk menjadi berkat bagi diri sendiri dan juga orang lain. Kirannya segala perbuatan kami bisa memuliakan nama-Mu di tengah – tengah dunia ini.

Ya Bapa yang Maha Pengampun, kami adalah mahkluk yang lemah dan penuh dosa. Kirannya terlebih dahulu ampuni dosa dan kesalahan kami, agar kami layak menerima berkat dari-Mu dan layak disebut sebagai anak anak-Mu yang beriman.

Hanya dalam nama Anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu, Amin.

Penutup

Perut yang sudah lapar tentunya memang akan sangat menggoda untuk bisa melahap makan secepat mungkin. Namun sebagai orang Kristen yang beriman, kita harus senantiasa mengingat darimana kita menerima semua makanan dan minuman yang akan segera kita nikmati tersebut. Bukan karena kekuatan kita, melainkan semuanya karena karunia Tuhan.

Hanya butuh waktu sedikit saja untuk mengucapkan doa kristen sebelum makan. Mengucap syukur atas semua makanan dan minuman yang tersedia, sudah seharusnya kita lakukan disaat kita akan menikmati nikmat dari Tuhan.