Home » Umum » Doa Kristen Sebelum Tidur Malam Untuk Anak dan Dewasa

Doa Kristen Sebelum Tidur Malam Untuk Anak dan Dewasa

Malam adalah waktu yang paling tepat untuk beristirahat bagi semua orang. Setelah menyelesaikan berbagai aktivitas sepanjang hari, mungkin badan akan terasa lelah dan ingin langsung tidur. Namun sebagai orang kristen yang beriman, hendaknya membaca doa kristen sebelum tidur di malam hari.

Apapun situasinya, sudah seharusnya kita mengucapkan syukur atas apa yang kita jalani pada hari itu. Satu hari bisa kita lewati tentu semuanya atas seizin Tuhan dan karena cinta kasih-Nya kepada kita sebagai umat manusia. Lewat doa kristen sebelum tidur malam hari, kita bisa mengucapkan rasa syukur atas semuanya itu.

Setiap orang menginginkan hari yang akan dilalui besok hari agar lebih baik daripada hari ini. Juga ketika kita menjumpai kesulitan pada hari ini, semuanya bisa kita serahkan ke tangan Tuhan, kirannya tangan Tuhan yang bekerja dan memberikan kita kekuatan untuk keesokan harinya.

Contoh Doa Kristen Sebelum Tidur

Bagi para orang tua, alangkah baiknya sejak dini mengajarkan anak – anaknya untuk berdoa sebelum tidur. Pelan tapi pasti, sang anak pun akan terbiasa untuk berdoa sebelum tidur. Namun tentunya, di awal – awal para orang tua harus ekstra berusaha untuk membimbing anak dalam berdoa.

Khusus doa kristen sebelum tidur untuk anak – anak, sebaiknya memang tidak terlalu panjang. Sang anak pun seharusnya akan lebih mudah mengahapal doa kristen singkat, dan lebih mudah membiasakan diri. Di bawah ini adalah contoh doa kristen sebelum tidur yang bisa anda jadikan referensi.

1. Doa Kristen Sebelum Tidur Untuk Anak – Anak

Sadar atau tidak, anak – anak biasanya akan sedikit sulit untuk diajak doa bersama. Namun jika doa kristen yang diajarkan hanya doa singkat saja, maka tentu sang anak pun akan lebih mudah memahaminya. Maka dari itu, orang tua seharusnya tidak memaksakan anak belajar berdoa layaknya orang dewasa.

Cukup ajarkan doa kristen sebelum tidur yang singkat dan pendek saja untuk anak – anak anda. Di bawah ini adalah contoh doa kristen sebelum tidur untuk anak – anak yang bisa anda pergunakan.

Contoh 1

Tuhan Yesus, terima kasih Tuhan atas segala penyertaan-Mu yang saya rasakan hingga saat ini. Kami bersyukur atas semua berkat dan rahamat-Mu sepanjang hari ini, hingga tiba waktunya bagi kami untuk beristirahat.

Tuhan Yesus, malam hari ini kami hendak menutup mata untuk beristirahat, kirannya hanya perlindunganmu yang menjaga kami, hingga bangun besok pagi dan memulai aktivitas kami sebagaimana biasanya.

Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur, Amin.

Contoh 2

Ya Allah Bapa Kami, yang bertahta dalam Kerajaan Surga, malam hari ini kami menghadap-Mu untuk mengucap syukur atas cinta kasih-Mu yang masih kami rasakan hingga pada malam hari ini.

Terimakasih Bapa atas semua penyertaan-Mu, hingga kami mampu melewati hari ini dengan penuh sukacita dan damai sejahtera. Bilamana saat ini kami hendak menutup mata dan beristirahat, kirannya kuasa Bapa yang menyertai kami, menjaga kami, melindungi kami, hingga terbangun besok hari.

Diatas semua itu, kirannya terlebih dahulu ampuni kesalahan dan dosa kami Bapa, agar layak disebut sebagai anak anak-Mu yang beriman. Terima kasih Bapa, Amin.

Contoh 3

Tuhan Yesus, kami anak-Mu saat ini menghadap pada-Mu untuk mengucapkan rasa syukur atas kasih dan penyertaan-Mu sepanjang hari ini yang tidak pernah putus – putusnya kami terima.

Ya Tuhan Yesus, malam hari ini kami hendak beristirahat dan menutup mata, kirannya hanya Engkau yang menjaga kami sepanjang malam, hingga kami bisa beristirahat dengan tenang dan memulai hari kami besok pagi dengan penuh sukacita.

Hanya di dalam nama Anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami mengucap syukur dan berdoa kepada-Mu, Amin.

Contoh 4

Ya Tuhan Allah kami, terima kasih Tuhan atas berkat-Mu yang masih kami rasakan sepanjang hari dan sampai saat ini.

Kami memohon perlindungan-Mu Tuhan disaat kami ingin beristirahat dan menutup mata sebentar lagi. Kirannya malaikat-Mu lah yang menjagai tidur kami, hingga kami bisa beristirahat dengan tenang, dan bangun dengan penuh sukacita besok hari.

Ya Tuhan, terpujilah nama-Mu hari ini hingga selama – lamanya. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur, Amin.

2. Contoh Doa Kristen Panjang Sebelum Tidur

Jika anak – anak bisa berdoa walaupun dengan singkat dan pendek, maka orang dewasa harusnya sudah bisa berdoa dengan lebih panjang. Untuk di malam hari, kita bisa mengucapkan doa sebelum tidur, sembari mengucapkan syukur atas apa yang kita terima sepanjang hari.

Di bawah ini adalah contoh doa kristen sebelum tidur yang panjang dan cocok untuk orang dewasa.

Bapa yang baik, Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Surga, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu Bapa, atas segala cinta kasih-Mu yang masih kami rasakan hingga malam hari ini.

Bapa, kami melewati hari ini, semua itu adalah karena penyertaan dan cinta kasih-Mu. Apa yang sudah kami terima di hari ini, semua itu adalah karena pemberian-Mu. Kesulitan yang kami hadapi hari ini, semuanya itu adalah cara-Mu untuk lebih mendewasakan kami, dan mendekatkan diri kami kepada-Mu ya Bapa.

Ya Bapa yang Maha Pengasih, sebentar lagi kami akan menutup mata untuk beristirahat Bapa. Kirannya kasih karunia Bapa yang selalu menjaga dan melindungi kami. Kirannya malaikat-Mu dari surga yang selalu memastikan tidur kami tetap tenang. Hingga kami bangun keesokan hari dengan penuh sukacita dan siap menyambut berkat yang sudah Bapa persiapkan untuk kami.

Ajari kami Bapa untuk semakin mendekatkan diri kepada-Mu. Ajari kami untuk selalu mengandalkan kuasa-Mu dalam menjalani hari – hari kami. Ajari kami untuk bisa menjadi berkat bagi diri kami sendiri dan juga orang lain. Hendaknya nama-Mu selalu dipermuliakan atas semua perbuatan kami terhadap orang lain Bapa.

Ya Bapa yang Maha Pengampun, kami adalah umat-Mu yang penuh dosa dan kesalahan. Siapa lah kami Bapa jika bukan karena kasih-Mu. Untuk itu, kami memohon pengampunan atas dosa dan kesahalan yang kami lakukan, terhadap-Mu dan terhadap sesama kami.

Hanya dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu, Amin.

Penutup

Setiap hari yang kita lewati adalah karena cinta dan kasih karunia Tuhan. Sudah seharusnya kita mengucap syukur atas semuanya itu di saat kita akan beristirahat dan tidur di malam hari. Selain mengucap syukur, juga memohon perlindungan bagi kita hingga bangun besok harinya.

Sesaat sebelum tidur, hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk berdoa. Hendaknya doa kristen sebelum tidur menjadi makanan rohani terakhir untuk kita setiap malam sebagai umat Kristen yang beriman.