Doa Kristen Untuk Keluarga

Doa Kristen Untuk Keluarga

Doa Kristen Untuk Keluarga – Sebuah keluarga kristen hendaknya diselimuti dengan doa. Mulai dari bangun di pagi hari hingga akan tidur di malam hari, tidak ada batasan waktu dan tempat untuk berdoa bagi umat kristen. Tentunya ada banyak jenis doa kristen untuk keluarga yang mungkin akan sering kita gunakan.

Doa kristen untuk keluarga bisa dibuat oleh orang tua ataupun anak. Baik itu doa untuk keluarga yang sedang sakit, untuk keluarga yang jauh, untuk keluarga yang meninggal, untuk keluarga yang baru menikah, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah keluarga, hendaknya doa kristen tidak hanya dipimpin oleh orang tua. Namun doa bersama keluarga bisa juga dipimpin oleh anak secara bergantian dalam berbagai momen tertentu. Dengan demikian, semua anggota keluarga akan terbiasa memimpin doa bersama.


Contoh Doa Untuk Keluarga

Jika doa bersama keluarga dipimpin oleh orang tua, maka tentu saja akan mendoakan anak – anaknya. Demikian juga jika doa bersama dipimpin oleh anak, bisa mendoakan kesehatan dan rejeki orang tuannya agar selalu dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Keluarga yang rajin berdoa dengan sepenuh hati, tentu saja akan memiliki ketenangan hati yang lebih baik, terutama jika didukung dengan didikan yang baik dan benar dari orang tua. Di bawah ini adalah beberapa contoh doa kristen untuk keluarga yang bisa anda jadikan referensi.


1. Doa Kristen Untuk Keluarga dari Anak

 

Jika sang anak diajari berdoa dengan rutin sejak kecil, maka seharusnya tidak akan canggung lagi saat diminta untuk memimpin doa bersama keluarga. Para orang tua juga tentu akan bangga jika anaknya mampu dan lancar memimpin doa bersama keluarga. Di bawah ini contoh doa kristen untuk keluarga yang bisa anda gunakan.

Bapa yang Baik, kembali kami menghadap-Mu Bapa untuk mengucap syukur atas semua berkat yang masih kami rasakan hingga pada saat ini. Terima kasih Bapa atas semua cinta kasih-Mu kepada keluarga besar kami ini.

Bapa, terima kasih kami ucapkan atas semua kecukupun atas kebutuhan kami, yang Engkau berikan melalui orang tua kami. Berkati selalu orang tua kami Bapa, umur yang panjang, lindungi mereka dari semua mara bahaya, berikan mereka kesehatan, rejeki yang melimpah, serta kebijaksanaan untuk membimbing kami anak – anaknya bisa bertumbuh sesuai dengan keinginan-Mu.

Bapa yang Maha Pengasih, ajari kami anak anak-Mu untuk selalu bersyukur Bapa. Ajari kami untuk menghormati orang tua kami, sebagaimana kami memuliakan nama-Mu. Tuntun dan bimbing kami Bapa, kirannya bisa menjadi anak yang berguna kelak, membanggakan orang tua kami, dan menyenangkan hati-Mu Bapa.

Bapa yang Maha Pengampun, kami adalah manusia yang lemah dan penuh dosa. Kirannya ampuni terlebih dahulu dosa dan kesalahan kami Bapa, agar layak disebut sebagai anak-Mu dan layak menerima berkat daripada-Mu.

Hanya di dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu, Amin.

Baca Juga: Doa Kristen Sebelum Makan


2. Doa Kristen Untuk Keluarga oleh Orang Tua

 

Doa kristen bersama keluarga tentu saja bisa dipimpin oleh orang tua, baik itu ayah atau ibu. Para orang tua tentu akan bersyukur atas keluarga yang mereka miliki, dan juga berdoa dan memohon agar anaknya rajin belajar, hormat pada orang tua, memiliki iman yang kuat, dan berbagai hal positif lainnya.

Para orang tua juga pada umumnya akan memohon bimbingan dari Tuhan, agar bisa mendidik anak – anak mereka dengan baik dan sesuai dengan keinginan Tuhan. Di bawah ini contoh doa kristen untuk keluarga dari orang tua yang bisa anda jadikan referensi.

Ya Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Surga, kembali kami menghadap-Mu Bapa untuk mengucap syukur atas semua berkat dari-Mu yang masih kami rasakan hingga pada saat ini.

Ya Bapa, aku bersyukur atas keluarga kecil yang Engkau berikan kepadaku. Aku bersyukur memiliki istri dan anak – anak yang baik, yang selalu bersamaku disaat susah maupun senang. Berikanlah saya hati yang suci untuk selalu mencintai istri dan anak – anakku dengan tulus ya Bapa.

Ya Bapa yang Maha baik, kami memohon kirannya jagalah selalu keluarga kami ini Bapa. Biarlah kami selalu hidup dalam kasih yang berasal dari-Mu. Ajari kami Bapa untuk bisa menjadi keluarga yang selalu memuji dan memuliakan nama-Mu.

Ya Bapa, kirannya berikanlah rejeki yang melimpah dari-Mu Bapa, agar saya bisa membutuhi kebutuhan rumah tanggaku. Berikanlah saya keuletan Bapa, untuk bisa selalu bekerja sesuai dengan keinginan-Mu dan tidak menyimpang dari jalan kebenaran-Mu.

Bapa, kami adalah anak anak-Mu Bapa. Bimbing kami Bapa sebagai orang tua untuk bisa mendidik anak – anak kami dengan baik. Berikan hikmah yang dari-Mu kepada anak – anak kami, kirannya kelak bisa menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara ini, membanggakan orang tua, terutama menjadi anak kebanggaan-Mu ya Bapa.

Ya Bapa yang Maha pengampun, kami adalah manusia yang tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Siapa lah kami Bapa jika bukan karena pengampunan yang dari-Mu. Kirannya ampuni terlebih dahulu kesalahan dan dosa kami ya Bapa, agar kami layak disebut sebagai anak anak-Mu dan layak menerima berkat dari-Mu.

Hanya dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami memanjatkan doa dan syukur kepada-Mu, Amin.

Baca Juga: Doa Kristen Sebelum Tidur


Penutup

Sebuah keluarga hendaknya saling mengasihi, dengan menggunakan kasih agape, yakni kasih yang tidak mementingkan diri sendiri, ataupun tidak mengharapkan imbalan atas kasih dan cinta yang diberikan. Untuk itu, keluarga kristen harus selalu hidup dalam sukacita dan kasih yang dari Tuhan.

Dengan berdoa, keluarga kristen tidak serta merta akan mendapatkan segala keinginannya. Namun rutin berdoa bersama keluarga dengan hati yang ikhlas dan tulus, tentunya Tuhan pun akan ikut bekerja pada keluarga tersebut. Doa kristen untuk keluarga hendaknya menjadi kebutuhan setiap keluarga kristen.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top