Home » Umum » Perbedaan HRD dan Personalia, Pengertian dan Tugasnya

Perbedaan HRD dan Personalia, Pengertian dan Tugasnya

Dalam sebuah perusahaan istilah HRD dan personalia tentu sudah tidak asing lagi. Human Resource Department atau HRD memang sekilas mirip dengan personalia. Keduanya memang saling berkaitan erat, namun terdapat perbedaan HRD dan personalia yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Perbedaan antara hrd dan personalia yang paling menonjol terdapat pada ruang lingkup kerja dan tujuannya. Jika manajemen personalia menganggap karyawan sebagai alat, maka HRD menganggap para karyawan sebagai aset perusahaan.

Manajemen HRD akan selalu memperhatikan sistem yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan karyawan. Baik dalam mencapai tujuan perusahaan, tanggung jawab, serta memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi.

Pengertian Human Resource Department

Sebelum memasuki inti perbedaan hrd dan personalia, apa yang dimaksud dengan HRD?. Pengertian HRD atau Human Resources Department adalah suatu bagian pada perusahaan yang bertanggung jawab mengelola sumber daya manusia di perusahaan tersebut.

Hal ini meliputi perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji, dan menumbuhkan hubungan kerja yang baik antara sesama karyawan dan antara karyawan dengan perusahaan.

Tidak sampai disitu, hrd juga bertanggung jawab terhadap Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan dengan alasan – alasan tertentu. Dikarenakan hal ini merupakan hal yang kompleks, tidak heran jika hampir semua perusahaan besar selalu memiliki Human Resource Department.

Tujuan dari adanya HRD adalah untuk meningkatkan mutu kerja dan kemampuan karyawan demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan.

Pengertian Personalia

Pengertian Personalia adalah serangkaian kegiatan dalam mengelola sumber daya manusia untuk berbagai urusan yang terkait dengan administratif. Jika HRD bertanggung jawab untuk merekrut, maka personalia bertanggung jawab mengatur hubungan karyawan dengan perusahaan.

Human Resource Department memiliki keterlibatan langsung dengan karyawan. Sementara bagian Personalia bertanggung jawab terhadap database, penggajian, pembayaran reward dan lain sebagainya. Dalam hal ini termasuk juga pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti.

HRD memiliki keterlibatan langsung dengan karyawan, mulai dari tingkat bawah hingga tingkat managerial. Intinya, bagian ini bertanggung jawab terhadap karyawan mulai dari perekrutan hingga pemutusan hubungan kerja atau pensiun.

Perbedaan hrd dan personalia terdapat pada bagian ini. Personalia sendiri lebih berfokus pada urusan administrasi karyawan, bukan untuk berinteraksi langsung dengan karyawan perusahaan.

Perbedaan HRD dan Personalia

Berkaca pada pengertian tersebut diatas, sudah bisa ditebak apa perbedaan HRD dan personalia. Walaupun sama – sama berurusan dengan karyawan, namun tugas masing – masing tetap berbeda, begitu juga dengan orientasinya.

Secara umum, pekerjaan dan tugas HRD perusahaan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan tugas personalia. HRD memiliki tugas penting terhadap keberadaan karyawan, mulai dari perekrutan hingga memberikan surat pemberhentian kerja terhadap karyawan.

Sementara itu, bagian personalia berfokus pada tugas dan tanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia atau karyawan tersebut di bidang administratif. Jika hrd bertugas merekrut, maka personalia bertugas mempersiapkan perjanjian kerja untuk karyawan.