Pengertian Surat Dispensasi, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Dispensasi – Dalam kehidupan modern sekarang ini, tentu semua orang ingin mencari kepraktisan. Tidak terkecuali untuk urusan komunikasi, dimana sekarang ini sudah tersedia banyak media komunikasi elektronik. Jadi tidak heran jika sudah semakin banyak orang yang meninggalkan penggunaan surat sebagai media komunikasi. Namun itu hanya berlaku untuk komunikasi pribadi atau komunikasi perseorangan saja. Sementara untuk urusan resmi, kebanyakan orang dan pihak masih menggunakan surat.

Jika anda tidak ingin membaca topik ini lebih lanjut dan ingin langsung membaca mengenai contohnya saja, maka anda bisa membacanya pada Contoh Surat Dispensasi Kerja, Kuliah, Sekolah Terbaru dan Terlengkap.

Berbagai pihak, seperti instansi pemerintahan, perusahaan, organisasi, dan lembaga masih menggunakan surat sebagai media komunikasi resmi. Dan salah satu surat yang mungkin masih sering digunakan adalah surat dispensasi. Berbicara mengenai dispensasi, mungkin masih banyak orang yang tidak begitu paham dengan arti dispensasi. Namun kali ini kita akan membahasnya lebih dalam.

Arti dispensasi adalah suatu keputusan yang memberikan kebebasan atas suatu peraturan resmi atau undang undang yang berlaku. Nah, tentu anda setuju jika ada banyak sekali aturan dalam hidup ini yang harus kita penuhi. Baik itu di lingkungan sekolah, lingkungan pekerjaan, maupun di lingkungan bermasyarakat. Dan semua orang harus patuh dengan aturan aturan resmi tersebut tanpa terkecuali.

Namun ada kalanya dikarenakan sesuatu hal, kita harus terbebas dari aturan aturan resmi tersebut. Dengan kata lain, kita bisa terlepas dari kewajiban kita dalam periode waktu tertentu. Maka dari itulah dibutuhkan surat dispensasi dari suatu pihak atau orang yang lebih tinggi untuk kita. Namun tentu saja anda harus memiliki alasan yang kuat dan bisa diterima agar bisa mendapatkan dispensasi.

Pengertian Surat Dispensasi

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan di atas tadi, mungkin masih banyak orang yang tidak begitu paham dengan dispensasi. Namun untuk mempermudah anda dalam mengetahui hal tersebut, maka saya akan mencoba memberikan contoh kecil. Dengan contoh kasus, maka biasanya seseorang akan lebih mudah mengetahui dan memahami tentang sesuatu hal.

Salah satu contoh kecil adalah di lingkungan pekerjaan. Jika anda seorang wanita dan sedang menunggu kelahiran anak anda, maka anda berhak mendapatkan dispensasi dari perusahaan. Jadi, anda bisa mengajukan dispensasi cuti melahirkan selama periode waktu tertentu kepada atasan anda, dengan alasan yang tentu sudah lumrah tersebut, serta memang tidak bisa dibohongi. Maka dari itu, pihak perusahaan wajib memberikan contoh surat dispensasi kerja kepada anda. Anda pun bisa tidak masuk kerja selama periode waktu tertentu dan terbebas dari peraturan perusahaan, termasuk peraturan untuk masuk kerja.

Contoh lain adalah dalam lingkungan kampus atau perguruan tinggi. Anda sebagai seorang mahasiswa mungkin diwajibkan untuk membayar SPP setiap tahunnya. Namun dengan tidak disangka – sangka terjadi bencana alam yang akhirnya menyebabkan hasil pertanian orang tua anda di kampung tidak membuahkan hasil apapun. Anda pun akhirnya tidak memiliki uang untuk membayar SPP tersebut tepat waktu.

Maka dari itu, anda bisa mengajukan dispensasi keterlambatan pembayaran SPP kepada pihak kampus. Dan setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata informasi dan alasan yang anda berikan adalah benar, maka pihak kampus pun sudah seharusnya memberikan contoh surat dispensasi kuliah keterlambatan pembayaraan SPP untuk anda.

Nah, Surat Dispensasi adalah surat yang berisikan keputusan untuk memberikan kebebasan dari suatu aturan resmi yang berlaku atau tanggung jawab yang seharusnya dipenuhi.

Bagian – Bagian Surat Dispensasi

Dalam menulis surat dispensasi, anda harus memperhatikan penggunaan kalimat dan bahasa karena surat ini merupakan salah satu bentuk surat resmi. Bahasa yang digunakan pun harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Namun tidak cukup sampai disitu saja, anda pun harus memperhatikan elemen atau bagian bagian surat dispensasi.

Jadi, untuk anda yang membutuhkan bahan referensi untuk menulis surat ini beserta cara caranya, maka berikut di bawah ini bagian bagian surat dispensasi yang harus anda cantumkan pada surat tersebut.

  1. Kop Surat, merupakan kop surat dari penerbit surat tersebut, baik itu instansi pemerintahan, perusahaan , organisasi dan lembaga.
  2. Tulisan Surat Dispensasi, tulisan ini biasanya ditulis dengan huruf kapital dan diposisikan tepat di tengah di bawah kop surat.
  3. Nomor Surat, merupakan penomoran surat resmi dari penerbit surat dan diposisikan tepat berada di bawah tulisan Surat Dispensasi tadi.
  4. Salam Pembuka, biasanya bertuliskan Saya yang bertanda tangan di bawah ini, diikuti dengan identitas pemberi dispensasi.
  5. Isi Surat, berisikan hal – hal yang berkaitan surat tersebut ataupun informasi yang ingin disampaikan pada surat tersebut. Informasi tersebut meliputi identitas pemberi dispensasi, identitas penerima dispensasi, alasan pemberian dispensasi, beserta pariode waktu berlakunya dispensasi tersebut.
  6. Salam Penutup, biasanya bertuliskan Demikian surat dispensasi ini saya perbuat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
  7. Nama Kota dan Tanggal, bagian ini bisa anda posisikan di bawah salam penutup dan berada di sebelah kiri. Nama kota adalah nama kota dimana surat tersebut diterbitkan dan tanggal penerbitan surat tersebut.
  8. Nama dan Tanda Tangan, merupakan nama dan tanda tangan dari orang atau pihak yang memberikan dispensasi.
  9. Stempel, anda juga bisa membubuhkan stempel pada surat tersebut, sebagai bukti penguat dan identitas dari penerbit surat.

Contoh Surat Dispensasi

Ada banyak contoh surat dispensasi yang mungkin akan anda butuhkan. Dan itu semua tentu tergantung dari jenis dispensasi mana yang akan anda gunakan. Demikian juga hal nya dengan anak sekolah atau anak kuliah yang mendapat tugas untuk menulis surat dispensasi.

Maka berikut di bawah ini beberapa jenis surat dispensasi yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi.

  1. Contoh Surat Dispensasi Kerja
  2. Contoh Surat Dispensasi Kuliah untuk Acara
  3. Conoth Dispensasi untuk Guru
  4. Contoh Dispensasi Dinas
  5. Contoh Dispensasi Sekolah untuk Mengikuti Olimpiade
  6. Contoh Dispensasi Kuliah Keterlambatan Pembayaran SPP
  7. Contoh Dispensasi Kerja Cuti Melahirkan
  8. Contoh Dispensai Kerja PNS
  9. Contoh Dispensasi Organisasi
  10. Contoh Dispensasi Sekolah Pertukaran Pelajar.

Jadi ada begitu banyak contoh dan jenis dispensasi yang mungkin ingin anda gunakan. Apakah itu karena anda memang ingin memberikan dispensasi kepada seseorang, ataupun karena anda mendapat tugas untuk menulis surat dispensasi.