suratresmi » Contoh Surat » Pengertian Surat Izin Sekolah dan Contohnya

Pengertian Surat Izin Sekolah dan Contohnya

Surat Izin Sekolah

Pengertian Surat Izin Sekolah – Bagi seorang siswa, sudah menjadi kewajiban untuk datang dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Jadwalnya pun sudah diatur oleh kalender pendidikan. Namun dengan alasan tertentu, seorang siswa mungkin saja harus absen dari kegiatan belajar di sekolah, dan disinilah pentingnya menggunakan surat izin tidak masuk sekolah.

Surat izin sekolah ini akan berguna sebagai media permohonan izin seorang siswa kepada guru sekolah. Surat ini juga berguna sebagai bentuk pertanggungjawaban siswa. Sebab mungkin saja seorang siswa absen sekolah tanpa sepengetahuan orang tua mereka masing – masing. Memberikan alasan sakit, namun ternyata hanya karena sedang malas masuk sekolah saja.

Saat menulis surat izin sekolah, maka sebaiknya anda mencantumkan alasan ketidakhadiran anda di sekolah. Salah satu alasan yang paling sering digunakan dan memang terjadi adalah karena siswa sedang dalam kondisi sakit. Alasan ini jugalah yang paling bisa ditolerir oleh para guru di sekolah. Kondisi sakit tentu membuat anda tidak akan bisa belajar dengan maksimal, bahkan mungkin hanya akan memperburuk kondisi anda.

Anda mungkin bisa saja mengarang alasan dengan mengatakan sakit, padahal sebenarnya tidak. Namun sebisa mungkin anda harus menghindari hal tersebut. Lantas, apa pengertian surat izin sekolah?, dan bagaimana cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar?.


Pengertian Surat Izin Sekolah

Pengertian Surat Izin Sekolah

Pengertian Surat Izin Sekolah adalah surat resmi dari siswa, orang tua, atau wali untuk meminta izin kepada guru dan pihak sekolah atas ketidakhadirannya di sekolah karena sesuatu alasan tertentu. Surat izin memang ditulis dan dibuat oleh perseorangan, namun digunakan untuk tujuan resmi, yakni meminta izin.

Surat izin sekolah tidak selamanya ditulis dan ditanda tangani oleh siswa yang bersangkutan. Ada banyak siswa juga yang lebih memilih untuk meminta bantuan dari orang tua atau wali dalam menulis dan menandantangani surat tersebut. Hal ini memang jauh lebih baik, agar bisa lebih meyakinkan pihak sekolah.

Jika anda memberikan alasan karena sedang sakit, maka anda pun bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau bidan. Hal tersebut akan berguna untuk menambah keyakinan pihak sekolah dengan kondisi anda yang sedang sakit.

Untuk para siswa SD, maka mungkin harus membutuhkan bantuan dari orang tua untuk menulis surat izin sekolah mereka. Namun untuk anak SMP dan SMA, maka mungkin sudah bisa menulis sendiri, dan hanya meminta tanda tangan dari orang tua/wali saja sebagai bukti penguat alasan yang mereka berikan.


Bagian Bagian Surat Izin Sekolah

Bagian Bagian Surat Izin Sekolah

Setelah mengetahui pengertian surat izin sekolah, lantas bagaimana cara membuat surat izin sekolah yang baik dan benar?. Tentu saja anda harus mengetahui struktur penulisan surat izin terlebih dahulu. Dengan demikian, akan lebih mudah mengonsep surat izin sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Selain menggunakan bahasa yang sopan, beberapa bagian atau struktur surat izin sekolah di bawah ini harus anda cantumkan.

  1. Nama Kota dan Tanda Tangan, merupakan nama kota dimana surat tersebut diterbitkan dan juga tanggal penulisan surat tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda bisa membuat perihal sebagai Permohonan Izin Sekolah.
  3. Lampiran, bagian ini bisa anda isi, namun juga bisa tidak. Jika anda melampirkan surat keterangan sakit, maka bisa mengisi bagian lampiran. Namun jika tidak, maka sebaiknya anda pun mengosongkannya saja.
  4. Tujuan Surat, merupakan pihak yang anda tuju untuk surat tersebut. Apakah semua guru guru sekolah, guru kelas anda saja, ataupun wali kelas anda.
  5. Salam Pembuka, merupakan bagian yang tidak boleh anda lewatkan sebelum masuk ke inti surat. Bagian ini bisa anda isi menggunakan kata Dengan hormat.
  6. Isi Surat, merupakan bagian terpenting pada semua jenis surat. Pada bagian ini anda bisa menjelaskan secara rinci nama siswa yang bersangkutan, alasan ketidakhadiran anda, dan juga beberapa informasi lainnya.
  7. Salam Penutup, berupa ucapan terimakasih dan harapan agar diberikan izin dari pihak sekolah.
  8. Nama dan Tanda Tangan, merupakan nama dan tanda tangan dari orang tua/wali ataupun siswa yang bersangkutan.

Contoh Surat Izin Sekolah

Surat Izin Sekolah
Surat Izin Sekolah

Ada banyak jenis dan contoh surat izin sekolah yang mungkin bisa anda pergunakan. Namun semua itu tergantung dengan alasan anda, agar bisa mencocokkan jenis mana yang paling cocok untuk anda gunakan. Jika anda memang tidak bisa masuk sekolah karena suatu acara, maka jangan menggunakan alasan karena sedang sakit.

Berikut adalah beberapa contoh dan jenis surat izin sekolah yang paling sering dipergunakan oleh para siswa.

  1. Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit
  2. Contoh Surat Izin Sekolah Untuk Kegiatan
  3. Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri
  4. Contoh Surat Izin Sekolah Tulisan Tangan
  5. Contoh Surat Izin Sekolah dari Orang Tua

Mungkin memang masih ada banyak jenis surat izin lainnya yang bisa digunakan. Namun beberapa contoh di atas adalah beberapa yang paling sering dan paling umum dipergunakan. Anda pun bisa memilih mana yang paling cocok untuk anda dan kemudian mengembangkannya menjadi sebuah surat izin sekolah yang lengkap dan baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top