Pengertian Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah – Bagi seorang siswa yang masih bersekolah, tentu merupakan kewajiban untuk datang ke sekolah setiap hari yang sudah ditentukan. Kehadiran pun harus rutin dan dengan waktu yang sudah ditentukan, atau tidak boleh terlambat. Bahkan banyak juga pihak sekolah yang mempersiapkan hukuman untuk para siswa yang absen tanpa pemberitahuan dan tidak mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Jika anda ingin langsung membaca mengenai contoh – contoh surat izin tidak masuk sekolah, maka anda bisa membukanya pada Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah.

Namun bukan tidak mungkin jika anda terpaksa tidak datang ke sekolah karena sesuatu hal. Salah satu alasan atau penyebab yang paling sering kita temukan adalah karena sedang dalam keadaan sakit. Penyakit memang tidak ada yang tahu kapan datangnya, namun itu tidak bisa menjadi alasan anda untuk absen tanpa pemberitahuan. Maka dari itulah, anda harus mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah. Dengan surat izin yang anda berikan, maka berarti anda bertanggung jawab atas ketidakhadiran anda.

Jika anda tidak mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah, maka tentu anda akan menerima resikonya. Jika hanya dalam satu hari saja, mungkin masih bisa dimaklumi oleh pihak sekolah. Namun jika sampai berturut – turut selama beberapa hari, bukan tidak mungkin anda akan menerima surat peringatan atau surat panggilan terhadap orang tua anda dari sekolah. Kenapa demikian?, karena pihak sekolah tentu tidak akan tahu jika anda sedang sakit.

Menulis surat izin tidak masuk sekolah mungkin bukanlah hal yang susah untuk banyak orang, terlebih untuk siswa yang sudah SMA. Namun saat menulis surat izin ini, usahakan agar orang tua juga menandatangani surat yang anda tulis. Dengan demikian, maka pihak sekolah pun akan lebih mempercayai dan lebih yakin dengan alasan yang anda berikan.

Pengertian Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bukan hanya para karyawan dan pegawai, namun seorang siswa juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab tersendiri. Salah satunya adalah datang setiap hari yang sudah ditentukan dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Dan jika anda tidak bisa hadir, sangat penting adanya untuk mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah. Walaupun hanya satu hari saja, namun manfaat dari surat izin ini sangatlah banyak.

Surat izin biasanya digunakan oleh seseorang ketika dia tidak bisa hadir atau menjalankan kewajibannya sebagaimana biasanya. Begitu juga dengan anak sekolah yang memiliki kewajiban untuk datang dan belajar di sekolah. Jadi, Surat Izin Tidak Masuk Sekolah merupakan surat yang dikirimkan oleh seorang siswa kepada pihak sekolah dengan tujuan meminta izin atas ketidakhadirannya.

Adapun alasan yang bisa anda gunakan sanga beragam, namun usahakan untuk menggunakan alasan yang memang benar dan sesuai dengan fakta sebenarnya. Jika anda memang sakit, maka sebutkan alasan sakit. Dan jika anda memang sedang ada urusan, maka sebutkan alasan karena urusan tertentu.  Walaupun memungkinkan untuk berbohong, namun hal tersebut sangat tidak disarankan.

Usahakan juga agar surat izin yang anda tulis ditanda tangani oleh orang tua. Sebab di zaman sekarang ini banyak siswa yang semakin nakal dan sering bolos dari sekolah. Mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah, padahal hal tersebut tanpa sepengetahuan dari orang tua masing – masing. Maka dari itu, tanda tangan orang tua sangat diperlukan ketika menulis surat izin sekolah. Anda juga bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau bidan jika anda memang memilikinya.

Bagian – Bagian Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Menulis surat izin sekolah mungkin bukan merupakan hal yang terlalu susah untuk sebagian orang. Namun kendati demikian, mungkin saja masih banyak orang yang tidak begitu paham dalam menulis surat izin sekolah, terlebih untuk anda SD dan anak SMP. Selain memperhatikan penggunaan bahasa yang harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, ada beberapa hal lain yang perlu untuk anda perhatikan.

Salah satunya adalah bagian – bagian atau elemen dari surat izin sekolah. Ada beberapa bagian yang harus anda cantumkan dalam surat izin sekolah tersebut, agar bisa menulis surat izin sekolah yang baik. Berikut adalah beberapa bagian yang harus anda cantumkan ketika menulis surat izin sekolah.

  1. Nama Kota dan Tanggal, selalu tulis nama kota dan tanggal dari penerbitan surat tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda bisa menuliskan Permohonan Izin saja.
  3. Lampiran, jika anda sudah berobat ke dokter atau berobat ke bidan, ada baiknya bagi anda untuk meminta surat keterangan sakit dan melampirkannya pada surat izin yang anda kirimkan kepada pihak sekolah.
  4. Tujuan, sebutkan tujuan dari surat izin yang anda tulis, apakah kepada pihak sekolah atau hanya kepada wali kelas saja. Namun pada umumnya, kebanyakan orang menuliskan Bapak/Ibu Guru sekolah saja, karena ada banyak guru yang mungkin masuk di kelas anda pada hari itu.
  5. Salam Pembuka, bisa diisi dengan kata Dengan Hormat atau ucapan Assalamualaikum.
  6. Isi Surat, sebutkan nama dan identitas anda lainnya, lalu beritahukan alasan mengapa anda tidak bisa hadir untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah pada hari itu.
  7. Salam Penutup, ucapan terimakasih dan harapan agar anda diberikan izin terkait ketidakhadiran tersebut.
  8. Nama dan Tanda Tangan, untuk bagian ini bisa anda isi dengan nama dan tanda tangan sendiri. Namun agar lebih meyakinkan, anda bisa mengisinya dengan nama orang tua dan meminta tanda tangan dari orang tua anda.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Tujuan dari surat izin tidak masuk sekolah adalah untuk meminta izin kepada pihak sekolah karena tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar. Walaupun memiliki tujuan yang sama, sebenarnya ada banyak alasan yang mungkin menyebabkan seseorang tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Ada banyak juga jenis – jenis dan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang sesuai dengan anda.

Berikut adalah beberapa contoh dan jenis surat izin sekolah yang mungkin sesuai dengan kondisi anda sekarang.

  1. Surat Izin Sekolah Karena Sakit
  2. Surat Izin Sekolah diketahui Orang Tua
  3. Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga
  4. Surat Izin Sekolah Anak SD
  5. Surat Izin Sekolah Anak SMP
  6. Surat Izin Sekolah Anak SMA
  7. Surat Izin Sekolah Tulis Sendiri
  8. Surat Izin Sekolah dengan Bukti Surat Keterangan Sakit
  9. Surat Izin Sekolah Karena Sedang Berduka
  10. Surat Izin Sekolah Karena Acara Keluarga

Jadi ada banyak jenis dan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa sesuai dengan keadaan anda. Maka dari itu, gunakanlah contoh yang paling mirip dengan kondisi anda saat ini, baik itu berupa alasan dan hal – hal lainnya. Dan walaupun memungkinkan untuk berbohong, sebaiknya hindari berbohong dan sebutkan alasan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.