Home » Contoh Surat » Pengertian Surat Lamaran Kerja, Struktur, Ciri, dan Contoh

Pengertian Surat Lamaran Kerja, Struktur, Ciri, dan Contoh

Pengertian Surat Lamaran Kerja – Ketika sedang mencari pekerjaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari lowongan kerja. Selanjutnya, barulah mempersiapkan berkas – berkas administrasi yang dibutuhkan beserta surat lamaran.

Sebagai pelamar kerja, tentunya harus bisa menulis surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Pihak perusahaan sama sekali tidak mengetahui setinggi apa kemampuan yang anda miliki. Hal yang perlu anda lakukan adalah meyakinkan mereka dengan surat lamaran kerja.

Selain surat lamaran, anda juga harus melengkapi semua berkas administrasi yang dibutuhkan. Sebab jika tidak, maka masih ada banyak orang yang menjadi pesaing anda dengan persyaratan yang memenuhi keinginan perusahaan.

Intinya, surat lamaran kerja dan berkas administrasi merupakan dua hal yang sangat penting dan tidak bisa anda abaikan. Lanta, apa pengertian surat lamaran kerja?, dan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik?. Semuanya akan kami ulas pada artikel ini secara lengkap.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Pengertian Surat Lamaran Kerja adalah surat permohonan yang dikirimkan oleh pencari kerja kepada badan usaha atau instansi untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan posisi yang sedang ditawarkan.

Ketika mengetahui lowongan pekerjaan pada sebuah perusahaan, tentunya anda harus mencocokan kriteria yang dibutuhkan. Mulai dari pendidikan hingga persyaratan lain yang diwajibkan. Jika memenuhi, barulah kemudian anda bisa mempersiapkan lamaran.

Hampir semua orang pernah menggunakan surat lamaran kerja. Baik para luluan SMA sederajat hingga lulusan kuliah. Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu hindari membuat surat lamaran kerja asal jadi, dan berusaha membuatnya semenarik mungkin.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja bukanlah hal yang terlalu susah. Namun anda harus berpikir keras bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semuanya bisa anda awali dengan memperhatikan unsur unsur surat lamaran kerja.

Setelah membahas mengenai pengertian surat lamaran kerja diatas tadi, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai struktur surat lamaran kerja, seperti di bawah ini.

  1. Nama Kota dan Tanggal, jangan pernah lupa untuk menulis nama kota dimana surat tersebut diterbitkan dan tanggal penerbitan surat lamaran pekerjaan tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda bisa mengisinya dengan Lamaran Pekerjaan saja.
  3. Tujuan, merupakan nama instansi atau nama badan usaha yang sedang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut dan anda lamar pekerjaan disana.
  4. Salam Pembuka, untuk bagian ini anda bisa mengisinya dengan kalimat Dengan hormat ataupun ucapan Assalamualaikum.
  5. Isi Surat, merupakan bagian terpenting pada surat lamaran pekerjaan. Anda bisa menuliskan identitas diri anda pada bagian ini, background pendidikan dan pengalaman kerja yang anda miliki, kemampuan yang anda miliki, dan lain sebagainya.
  6. Salam Penutup, berisikan ucapan terimakasih dan ucapan harapan agar pihak instansi atau badan usaha tersebut meluangkan waktu memanggil anda untuk menjalani sesi test atau sesi wawancara.
  7. Nama dan Tanda Tangan, jangan pernah lupa untuk mencantumkan nama anda beserta tanda tangan pada surat lamaran pekerjaan yang anda berikan.

Struktur surat lamaran kerja antara yang satu dengan yang lainnya mungkin saja berbeda. Misalnya surat lamaran kerja di hotel mungkin sedikit berbeda dengan lamaran di pabrik. Namun secara keseluruhan, struktur tersebut diatas bisa anda jadikan patokan untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik.

Ciri Ciri Surat Lamaran Kerja

Ciri ciri surat lamaran kerja tidak terlepas dari unsur unsur surat lamaran kerja tersebut diatas. Ada sedikit perbedaan penulisan surat lamaran kerja dibandingkan dengan berbagai jenis surat lainnya.

Berikut adalah ciri ciri surat lamaran kerja yang perlu anda perhatikan.

  1. Penulisan tempat dan tanggal diposisikan di bagian sudut kanan atas tanpa diakhiri tanda titik (.)
  2. Penulisan Lampiran dan Perihal tidak bisa disingkat, seperti Lam. atau Hal
  3. Penulisan Tujuan dan Alamat tidak diakhiri dengan tanda titik (.)
  4. Penulisan Salam Pembuka diawali dengan kata “Dengan Hormat”, ditempatkan berbeda garis dengan kalimat selanjutnya, namun tidak terpisah oleh spasi antar baris
  5. Menulis alinea pembuka dengan kata yang sopan dan jangan sampai menyinggung perasaan orang lain, terutama pihak perusahaan yang dilamar
  6. Mencantumkan identitas diri dengan selengkap mungkin
  7. Menyampaikan maksud dan tujuan, serta alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Bisa juga diikuti dengan memberitahukan pengalaman kerja sebelumnya
  8. Memberitahukan lampiran, yakni semua berkas persyaratan administrasi yang anda lampirkan bersama surat lamaran kerja tersebut
  9. Menulis kalimat penutup dengan antusias dan semangat serta harapan yang tinggi untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut
  10. Menempatkan tanda tangan dan nama terang (jangan disingkat) pada bagian sudut kanan bawah surat

Sama halnya dengan unsur unsur diatas, ciri ciri surat lamaran kerja juga harus anda perhatikan. Penting untuk anda ingat, jika pihak perusahaan tidak mengetahui kemampuan yang anda miliki.

Alhasil, dari sekian banyak pelamar tentu akan dipilih siapa saja yang akan diundang untuk test ataupun wawancara. Penilaiannya tentu saja dari surat lamaran kerja dan kelengkapan berkas administrasi.

Jika anda mengabaikan kedua hal tersebut, maka tentu masih ada banyak pelamar lain yang mengincari peluang kerja tersebut. Anda pun akan tersingkirkan, sekalipun memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada pelamar yang lain.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Ada banyak jenis jenis surat lamaran pekerjaan yang mungkin sering dipergunakan. Semuanya tergantung dari lowongan pekerjaan yang anda lamar, dan bagaimana tata cara melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Sample Surat Lamaran Kerja
Sample Surat Lamaran Kerja

Jika anda membutuhkan beberapa inspirasi untuk menulis surat lamaran kerja, maka beberapa contoh surat lamaran kerja di bawah ini mungkin bisa anda pergunakan.

  1. Surat lamaran kerja di perusahaan
  2. Surat lamaran kerja dokter
  3. Surat lamaran kerja guru
  4. Surat lamaran kerja di hotel
  5. Surat lamaran kerja via email
  6. Surat lamaran kerja di pabrik.

Jika dikategorikan lagi, maka tentu masih ada banyak sekali surat lamaran yang lain. Namun semuanya bisa anda baca pada artikel contoh surat lamaran kerja yang sebelumnya sudah kami ulas dengan lengkap.

Itulah pengertian surat lamaran kerja, unsur unsur dan ciri ciri yang perlu anda perhatikan. Dengan memperhatikan unsur unsur dan ciri ciri surat lamaran kerja tersebut diatas, maka anda tidak akan kesulitan membuat surat lamaran kerja yang menarik.

Mempersiapkan surat lamaran kerja sebaik mungkin dan menarik, tentunya anda akan memiliki peluang lebih tinggi untuk dipanggil wawancara ataupun test. Disanalah anda bisa menjelaskan kemampuan yang anda miliki serta alasan mengapa perusahaan harus menerima anda.