Pengertian Surat Lamaran Kerja, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Lamaran Kerja – Ada berbagai macam dan jenis surat sekarang ini yang sangat sering dipergunakan. Salah satunya adalah surat lamaran pekerjaan yang memang digunakan oleh hampir semua orang. Terlebih untuk anda – anda yang baru lulus sekolah atau lulus kuliah dan ingin mencari pekerjaan. Tuntutan untuk memiliki pekerjaan pun tentu akan semakin tinggi, mulai dari orang saudara, orang tua, dan kerabat – kerabat lainnya.

Jika anda ingin langsung membaca mengenai contoh – contoh surat lamaran kerja, maka anda bisa membacanya pada Contoh Surat Lamaran Kerja.

Surat lamaran pekerjaan merupakan sesuatu hal yang harus penting untuk anda perhatikan ketika melamar pekerjaan. Baik itu surat lamaran pekerjaan umum, surat lamaran pekerjaan guru, surat lamaran pekerjaan di perusahaan, dan lain sebagainya. Kenapa demikian?, sebab surat lamaran pekerjaan yang anda berikan atau anda kirimkan adalah hal pertama yang akan dinilai oleh pihak penerima surat tersebut.

Jadi jika anda bisa menulis surat lamaran pekerjaan tersebut dengan baik, maka kesempatan anda untuk dipanggil akan semakin besar. Sebaliknya, walaupun anda memiliki skill dan kemampuan yang bagus, namun surat lamaran pekerjaan yang anda berikan kurang bagus dan kurang menarik, maka kesempatan anda untuk dipanggil tentu akan semakin kecil. Hal ini karena pihak perusahaan langsung memberikan nilai untuk anda dari surat yang anda kirimkan.

Lalu apa tujuan dari surat lamaran kerja?. Adapun tujuan surat lamaran pekerjaan adalah untuk mengajukan diri sebagai seorang karyawan atau pegawai kepada pihak yang menyediakan lowongan pekerjaan. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk menguasai struktur surat lamaran pekerjaan, unsur unsur surat lamaran pekerjaan, sistematika surat lamaran pekerjaan, dan ciri – ciri surat lamaran pekerjaan. Dan tentu saja bahasa yang digunakan harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Sangat banyak orang yang sudah menggunakan surat lamaran pekerjaan, mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan setiap harinya. Namun tidak bisa dipungkiri jika mungkin masih banyak orang yang belum begitu mengerti akan pengertian surat lamaran kerja ini. Namun dari tujuan surat lamaran pekerjaan pun kita sudah bisa menyimpulkan apa pengertian dari surat lamaran pekerjaan ini.

Surat Lamaran Kerja merupakan surat permohonan yang dikirimkan oleh pencari kerja kepada badan usaha atau instansi untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan posisi yang sedang ditawarkan. Jadi, anda bisa mengirimkan surat lamaran pekerjaan kepada suatu instansi atau badan usaha ketika mendapatkan informasi jika mereka sedang membutuhkan seorang atau beberapa orang karyawan dengan jabatan atau posisi tertentu. Tentu saja anda harus menyesuaikan pendidikan yang anda miliki dengan lowongan yang sedang tersedia.

Mengenai ciri ciri surat lamaran pekerjaan, mungkin sudah banyak yang mengetahuinya dari anda sekalian. Ya, surat lamaran kerja ini pada umumnya ditulis dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai degan ejaan yang disempurnakan. Selain itu, ada beberapa unsur unsur surat lamaran pekerjaan yang juga harus diperhatikan. Unsur unsur surat lamaran pekerjaan inipun harus ditulis dengan baik dan sesuai dengan struktur surat lamaran pekerjaan atau sistematika surat lamaran pekerjaan.

Mengapa begitu banyak hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat lamaran pekerjaan?. Karena surat lamaran kerja ini merupakan hal pertama yang akan dinilai oleh pihak penyedia lowongan kerja sebelum memutuskan untuk memanggil anda atau tidak. Jadi tidak bisa dipungkiri jika peranan surat lamaran pekerjaan ini sangat penting untuk anda yang sedang mencari pekerjaan.

Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas tadi, ada beberapa unsur unsur surat lamaran pekerjaan yang harus anda perhatikan. Tidak asal menulis surat lamaran kerja, beberapa unsur tersebut juga harus anda tempatkan sesuai dengan struktur surat lamaran pekerjaan pada umumnya. Jadi, bagi anda yang ingin menulis surat lamaran pekerjaan, ada baiknya mencari beberapa referensi terlebih dahulu.

Untuk anda yang sedang mencari pekerjaan dan ingin menulis surat lamaran kerja, beberapa unsur unsur surat lamaran pekerjaan di bawah ini mungkin akan bisa membantu anda dalam menyusun surat lamaran pekerjaan sesuai dengan struktur surat lamaran pekerjaan pada umumnya.

  1. Nama Kota dan Tanggal, jangan pernah lupa untuk menulis nama kota dimana surat tersebut diterbitkan dan tanggal penerbitan surat lamaran pekerjaan tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda bisa mengisinya dengan Lamaran Pekerjaan saja.
  3. Tujuan, merupakan nama instansi atau nama badan usaha yang sedang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut dan anda lamar pekerjaan disana.
  4. Salam Pembuka, untuk bagian ini anda bisa mengisinya dengan kalimat Dengan hormat ataupun ucapan Assalamualaikum.
  5. Isi Surat, merupakan bagian terpenting pada surat lamaran pekerjaan. Anda bisa menuliskan identitas diri anda pada bagian ini, background pendidikan dan pengalaman kerja yang anda miliki, kemampuan yang anda miliki, dan lain sebagainya.
  6. Salam Penutup, berisikan ucapan terimakasih dan ucapan harapan agar pihak instansi atau badan usaha tersebut meluangkan waktu memanggil anda untuk menjalani sesi test atau sesi wawancara.
  7. Nama dan Tanda Tangan, jangan pernah lupa untuk mencantumkan nama anda beserta tanda tangan pada surat lamaran pekerjaan yang anda berikan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Ada banyak jenis jenis surat lamaran pekerjaan atau macam macam surat lamaran pekerjaan yang mungkin akan anda butuhkan. Semua itu tergantung dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar. Selain itu, untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat lamaran kerja, juga mungkin membutuhkan beberapa bahan referensi. Dengan demikian, maka anda akan bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar.

Jika anda membutuhkan beberapa inspirasi untuk menulis surat lamaran kerja, maka beberapa jenis jenis surat lamaran pekerjaan di bawah ini mungkin akan bermanfaat untuk anda sekalian.

  1. Surat Lamaran Pekerjaan Sederhana
  2. Surat Lamaran Pekerjaan Umum
  3. Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris
  4. Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Indonesia
  5. Surat Lamaran Pekerjaan Guru Sekolah
  6. Surat Lamaran Pekerjaan Dokter
  7. Surat Lamaran Pekerjaan di PT Sebagai Karyawan
  8. Surat Lamaran Pekerjaan via Email
  9. Surat Lamaran Pekerjaan Pabrik
  10. Surat Lamaran Pekerjaan Perusahaan Swasta.

Jadi ada begitu banyak jenis jenis surat lamaran pekerjaan yang mungkin akan anda butuhkan. Namun tentu saja anda harus menyesuaikan dengan posisi pekerjaan atau jabatan yang sedang anda lamar. Dengan demikian, maka anda pun akan bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Hal inilah yang nantinya akan memperbesar peluang anda untuk dipanggil interview atau wawancara. Setelah itu anda pun bisa menerangkan secara terperinci mengenai skill dan potensi diri yang anda miliki.