Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan – Setiap orang tentu menginginkan pekerjaan tetap agar bisa memiliki penghasilan setiap bulannya atau setiap periode waktu tertentu. Penghasilan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk keperluan sehari hari untuk diri sendiri dan keluarga. Namun berbicara mengenai pekerjaan, tentu bukanlah perkara mudah. Hal ini dikarenakan sekarang ini sudah sangat susah mencari pekerjaan.

Jika anda tidak ingin berlama lama membaca mengenai penjelasan ini dan ingin langsung membaca contoh contohnya saja, maka anda bisa membacanya pada Contoh Surat Lamaran Pekerjaan.

Ada banyak orang yang secara bersama sama mencari pekerjaan setiap saat. Tidak heran jika satu lowongan kerja saja harus diperebutkan oleh ratusan atau bahkan ribuan orang. Dan nantinya yang terpilih hanya satu, sementara sisanya masih juga tidak bisa bekerja. Maka dari itu, anda harus bisa maju selangkah lebih maju dari orang lain yang juga sama sama melamar pekerjaan.

Salah satu cara yang bisa anda siasati adalah melalui surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja yang menarik dan baik tentu akan menarik perhatian pihak penyedia lowongan kerja yang anda lamar. Jika surat lamaran kerja yang anda kirimkan terlihat menarik, maka peluang anda pun akan semakin besar untuk dipanggil, begitu juga sebaliknya. Jika surat lamaran kerja anda kelihatan kurang menarik, mereka mungkin tidak akan membacanya dan bahkan langsung membuangnya.

Kenapa harus surat lamaran kerja?. Karena surat lamaran kerja yang anda kirimkan adalah hal pertama yang akan dinilai mereka. Jika surat lamaran kerja anda menarik, mereka pun mungkin akan memanggil anda untuk mengikuti interview atau test. Pada saat tersebutlah anda bisa menjelaskan secara rinci mengenai potensi diri yang anda miliki.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Berbicara mengenai surat lamaran kerja, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini. Bahkan mungkin anda sendiri sudah sering menggunakannya karena masih tidak memiliki pekerjaan sampai sekarang. Pekerjaan memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari mereka.

Surat Lamaran Pekerjaan adalah surat permohonan yang dibuat oleh pelamar kerja dan dikirimkan kepada instansi atau badan usaha yang menyediakan lowongan pekerjaan dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan di instansi atau badan usaha tersebut. Ada banyak pihak yang mungkin menyediakan lowongan pekerjaan, seperti instansi pemerintah, lembaga lembaga, dan badan badan usaha.

Dalam menulis surat lamaran kerja, maka anda harus memperhatikan penggunaan bahasa, dimana harus menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Penggunaan bahasa pada surat lamaran kerja tidak berbeda dengan surat resmi lainnya. Namun selain itu, anda pun harus memperhatikan struktur surat lamaran pekerjaan ataupun sistematika surat lamaran pekerjaan.

Jadi, jika anda sudah bisa melengkapi unsur unsur surat lamaran pekerjaan dan struktur surat lamaran pekerjaan secara sistematis, maka anda sudah bisa menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Ya, dalam sebuah surat, unsur unsur surat adalah hal yang tidak boleh untuk anda lewatkan dan harus anda perhatikan dengan teliti.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Menulis surat lamaran kerja tidaklah perkara yang sudah sebenarnya. Namun mungkin masih ada beberapa orang yang tidak begitu paham bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Seperti yang saya sampaikan tadi, anda harus memperhatikan struktur surat lamaran pekerjaan dengan baik dan unsur unsur surat lamaran pekerjaan, tanpa ada yang terlewatkan sedikitpun.

Berikut adalah bagian bagian atau struktur surat lamaran pekerjaan yang harus anda lengkapi.

  1. Nama Kota dan Tanggal, merupakan nama kota dimana surat itu anda tulis dan tanggal anda menulis surat lamaran kerja tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda cukup menulis Lamaran Pekerjaan ataupun Permohonan Lamaran Pekerjaan.
  3. Tujuan Surat, merupakan nama instansi atau badan usaha yang anda lamar, beserta alamatnya jika anda mengetahui alamatnya.
  4. Salam Pembuka, merupakan kalimat pembuka pada surat lamaran kerja. Untuk bagian ini anda bisa menuliskan Dengan hormat sebagaimana biasanya dipergunakan oleh banyak orang.
  5. Isi Surat, merupakan bagian terpenting pada surat lamaran kerja, karena berisikan banyak informasi. Pada bagian ini, anda bisa mencantumkan identitas diri anda secara lengkap. Beberapa yang harus anda cantumkan dan menjadi kewajiban adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, dan nomor telepon yang bisa digunakan untuk menghubungi anda. Anda juga bisa melampirkan beberapa berkas pendukung pada bagian ini dan menyebutkan pengalaman kerja yang pernah anda miliki, serta sekilas mengenai kemampuan yang anda miliki.
  6. Kalimat Penutup, berisi ucapan terimakasih dan harapan kiranya anda diberikan kesempatan wawancara, agar bisa menjelaskan lebih rinci mengenai potensi diri yang anda miliki.
  7. Nama dan Tanda Tangan, jangan lupa untuk mencantumkan nama dan tanda tangan anda pada bagian akhir surat tersebut.

Menulis surat lamaran kerja tidaklah serumit menulis surat resmi lainnya, seperti surat dinas atau surat niaga. Bagian bagian dari surat lamaran kerja juga lebih sedikit dan mudah dimengerti. Itulah tadi beberapa struktur surat lamaran pekerjaan atau unsur unsur surat lamaran pekerjaan yang harus anda perhatikan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Untuk anda yang sedang mencari pekerjaan sekarang ini, maka tetaplah berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. Walaupun mencari pekerjaan memang susah, namun tentu saja anda harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa membuahkan hasil yang manis.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis surat lamaran kerja yang mungkin sesuai dengan surat lamaran pekerjaan yang ingin anda tulis atau ingin anda lamar.

  1. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
  2. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum
  3. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia
  4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
  5. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan
  6. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru
  7. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email
  8. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana
  9. Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel
  10. Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko.

Mungkin masih ada beberapa jenis surat lamaran kerja lainnya yang tidak dicantumkan di atas. Namun setidaknya, beberapa jenis surat lamaran kerja di atas sudah bisa menjadi bahan inspirasi untuk anda sekalian. Anda bisa mencocokkan jenis mana yang paling sesuai dengan surat lamaran kerja yang akan anda tulis, untuk kemudian mengembangkannya menjadi sebuah surat lamaran kerja yang baik.

Itulah tadi sedikit penjelasan megnenai surat lamaran pekerjaan, struktur surat lamaran pekerjaan, unsur unsur surat lamaran pekerjaan, dan juga sistematika surat lamaran pekerjaan.