Pengertian Surat Pengumuman, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Pengumuman – Surat sebagai media komunikasi mungkin sudah tidak sebanyak dulu lagi digunakan. Hal ini tentu saja karena sekarang sudah tersedia banyak media komunikasi elektronik, yang jauh lebih cepat dan mudah. Namun itu jika kita berbicara mengenai komunikasi pribadi. Sementara untuk komunikasi resmi, kebanyakan orang dan pihak tertentu masih menggunakan surat.

Jika anda tidak ingin membaca penjelasan ini dan ingin membaca contoh contohnya saja, maka anda bisa membacanya pada Contoh Surat Pengumuman.

Salah satunya adalah surat pengumuman, yang memang sudah sangat familiar bagi kita. Nah, jika pada umumnya banyak surat yang dipergunakan untuk komunikasi eksternal, maka jenis surat yang satu ini kebanyakan dipergunakan untuk kepentingan komunikasi internal saja. Jadi, bisa disimpulkan jika surat ini diterbitkan oleh atasan atau pejabat tertentu dan ditujukan kepada para bawahannya.

Maka dari itu, mungkin kita akan jarang melihat tujuan surat yang tercantum pada surat jenis yang satu ini. Hal ini dikarenakan tujuan dari surat sudah pasti, yakni bawahan dari pemberi surat. Kendati demikian, penulisan surat pengumuman harus tetap menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Selain itu, isi dari surat ini juga biasanya singkat saja, namun tetap padat dan jelas.

Ada banyak pihak yang sering menggunakan surat ini, seperti lembaga sekolah, lembaga universitas atau perguruan tinggi, instansi pemerintahan, perusahaan, dan juga organisasi. Pengumuman yang diberikan pun bermacam macam, seperti pengumuman hari libur, pengumuman kerja bakti, pengumuman jadwal suatu kegiatan, pengumuman lomba, pengumuman hasil lomba, dan masih banyak yang lain lagi.

Pengertian Surat Pengumuman

Surat ini merupakan salah satu jenis surat yang sangat familir di lingkungan kita, baik itu lingkungan kerja, lingkungan sekolah, lingkungan kampus, maupun lingkungan bermasyarakat. Namun mungkin masih banyak orang yang tidak begitu paham dari arti surat ini. Maka dari itu, di bawah ini kita akan ulas bersama sama mengenai pengertian pengumuman, jenis jenis pengumuman, tujuan pengumuman, beserta hal hal lainnya yang berhubungan dengan pengumuman.

Pengertian Pengumuman adalah penyampaian informasi kepada dbanyak orang, yang perlu untuk diketahui oleh siapa saja yang berkepentingan dengan informasi yang disampaikan. Jadi, ketika kepala sekolah memberikan pengumuman hari libur kepada siswa, penerima informasi tidak harus diketahui berapa jumlahnya. Namun satu hal yang pasti, semua siswa di sekolah tersebut merupakan orang yang dituju, karena memiliki kepentingan dengan jadwal hari libur yang disampaikan.

Maka dari itu, bisa kita simpulkan bahwa Surat Pengumuman merupakan surat yang berisikan informasi pemberitahuan secara resmi yang ditujukan kepada khalayak ramai. Sementara Tujuan Pengumuman adalah untuk menyampaikan suatu informasi kepada banyak orang dengan lebih cepat. Dengan hanya menggunakan satu surat pengumuman yang ditempel di mading sekolah saja, semua siswa sudah bisa menerima informasi mengenai jadwal hari libur. Ini tentu jauh lebih efektif dibandingkan harus menggunakan surat pemberitahuan, dimana biasanya tujuannya untuk satu orang saja atau satu pihak saja.

Hal inilah yang menjadi keunggulan dari jenis surat yang satu ini. Ketika jenis jenis surat yang lain harus disampaikan satu untuk satu orang, maka tidak dengan pengumuman. Anda hanya membutuhkan satu atau beberapa lembar surat pengumuman saja, maka informasi tersebut akan bisa tersampaikan dengan baik.

Bagian Bagian Surat Pengumuman

Menulis surat pengumuman bukanlah merupakan sesuatu hal yang terbilang susah. Terlebih karena isinya jauh lebih ringkas daripada jenis jenis surat resmi lainnya. Namun mungkin saja masih banyak orang yang tidak begitu paham untuk menkonsep surat ini. Baik itu untuk anda yang sudah bekerja maupun yang masih sekolah dan mendapat tugas untuk menulis surat.

Selain memperhatikan penggunaan bahasa yang baik, setidaknya anda juga harus memperhatikan struktur surat pengumuman. Berikut ini bagian bagian surat pengumuman yang harus anda perhatikan dan anda lengkapi ketika menulis surat ini.

  1. Kop Surat, merupakan kop surat dari pembuat surat tersebut. Dalam hal ini bisa sekolah, instansi pemerintah, perusahaan, maupun lembaga lembaga lainnya.
  2. Tulisan Pengumuman, yakni tulisan yang diposisikan di tengah, tepat di bawah kop surat. Tulisan pengumuman ini juga pada umumnya ditulis dengan menggunakan huruf kapital semua.
  3. Nomor Surat, merupakan penomoran berurut dan sistematis dari pihak penerbit surat. Nomor surat ini ditempatkan di posisi tengah juga, tepat berada di bawah tulisan pengumuman, yang tercantum pada nomor 2 di atas.
  4. Perihal, anda bisa mengisi bagian ini dan memberitahukan secara singkat mengenai topik dari isi pengumuman tersebut.
  5. Isi Surat/Pengumuman, merupakan bagian yang paling penting dari sebuah surat pengumuman. Pada bagian ini anda harus menyampaikan informasi sedetail mungkin, namun harus tetap singkat, padat, dan jelas. Dengan demikian, para pembaca pun akan lebih mudah mencerna maksud dan tujuan dari informasi yang disampaikan tersebut.
  6. Nama Kota dan Tanggal, merupakan nama kota dimana surat diterbitkan dan tanggal berapa diterbitkan.
  7. Nama dan Tanda Tangan, untuk bagian ini, anda bisa menempatkannya di bawah dari nama kota dan tanggal. Terlebih dahulu isi dengan tulisan Mengetahui, lalu nama jabatan yang menanda tangani surat tersebut. Di bagian bawahnya lagi bisa anda tempatkan tanda tangan dan nama pejabat yang menanda tangani surat.
  8. Stempel, Surat ini merupakan salah satu bentuk surat resmi dan diterbitkan oleh pihak yang resmi juga. Maka dari itu, anda harus membubuhkan stempel tepat pada area tanda tangan.

Contoh Surat Pengumuman

Untuk anda yang ingin menulis surat pengumuman, mungkin masih agak bingung dan tidak harus memulai dari mana. Maka dari itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis jenis pengumuman. Kemudian anda bisa mencari contoh atau jenis pengumuman mana yang paling mudah untuk anda tulis.

Sementara untuk anda yang sudah bekerja, tinggal mencari dan mencocokkan dengan pengumuman yang akan anda tulis. Pengumuman libur sekolah tentu akan berbeda dengan pengumuman libur perusahaan. Maka dari itu, berikut beberapa di bawah ini beberapa jenis surat pengumuman yang bisa anda kembangkan menjadi sebuah surat pengumuman.

  1. Pengumuman Sekolah
  2. Pengumuman Dinas
  3. Pengumuman OSIS
  4. Pengumuman Libur Perusahaan
  5. Pengumuman Dinas Pemerintahan
  6. Pengumuman Kantor
  7. Pengumuman Kegiatan Sekolah
  8. Pengumuman Lomba
  9. Pengumuman Lowongan Kerja
  10. Pengumuman ke Media Massa.

Mungkin masih ada beberapa jenis pengumuman lainnya yang ingin anda kerjakan. Namun beberapa jenis surat pengumuman di atas setidaknya sudah bisa menjadi bahan referensi untuk anda,  dan kemudian mengembangkannya menjadi sebuah surat pengumuman.