Pengertian Surat Rekomendasi, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Rekomendasi – Berbicara mengenai jenis – jenis surat, ada banyak sekali jenis dan contoh surat yang sampai saat ini masih dipergunakan. Walaupun media komunikasi elektronik sudah semakin banyak, namun surat memang masih tidak bisa ditinggalkan. Salah satu alasannya adalah karena surat merupakan media komunikasi yang resmi, memiliki benda fisik, dan bisa dijadikan sebagai bukti otentik. Maka dari itulah, surat tetap dipertahankan sampai sekarang.

Jika anda tidak ingin berlama – lama membaca pengertian dari contoh surat rekomendasi, bagian – bagian dan jenisnya, maka bisa langsung melihat contoh – contoh suratnya saja pada Contoh Surat Rekomendasi.

Salah satu jenis surat yang mungkin masih sering kita gunakan sampai saat ini adalah surat rekomendasi. Jenis surat yang satu inipun bisa diterbitkan atas permintaan seseorang, namun bisa juga diterbitkan walaupun tidak diminta. Penerbitan surat ini mungkin sudah menjadi kewajiban, sehingga tidak perlu harus diminta lagi, namun sudah langsung diterbitkan.

Surat ini memang memiliki peranan yang sangat penting untuk seseorang. Misalnya saja ketika anda keluar dan berhenti bekerja dari suatu perusahaan karena ingin melamar di suatu perusahaan yang lebih menjanjikan. Maka dari itu, anda bisa meminta surat rekomendasi dari perusahaan tempat anda bekerja sekarang. Surat ini nantinya bisa anda pergunakan saat melamar pekerjaan di perusahaan lain, dengan maksud agar lebih mudah diterima.

Bukan hanya itu, surat ini juga sering dipergunakan ketika anda ingin mengikuti kegiatan tertentu. Mungkin anda akan mengikuti kegiatan tertentu dan menjadi perwakilan dari sekolah ataupun kampus. Nah, untuk memperlancar urusan anda dalam mengikuti kegiatan tersebut, anda bisa membawa surat rekomendasi dari pihak sekolah ataupun kampus. Selain itu, seorang guru yang ingin pindah tugas juga bisa meminta surat ini dari kepala sekolah, agar dipermudah dalam urusan pindah tugas. Masih banyak contoh lainnya, yang tentu saja tidak memungkinkan untuk  dibahas satu persatu.

Pengertian Surat Rekomendasi

Rekomendasi memiliki tujuan yang baik dan positif. Salah satu contoh adalah ketika anda meminta rekomendasi dari perusahaan tempat anda bekerja. Jika anda memang memiliki kinerja yang baik dan disiplin yang tinggi, maka tentu perusahaan tidak akan keberatan untuk memberikan surat ini kepada anda. Namun jika anda merupakan karyawan yang mungkin kurang disiplin dan memiliki kinerja yang kurang baik, bukan tidak mungkin kalau perusahaan tempat anda bekerja akan menolak untuk memberikan rekomendasi kepada anda sendiri.

Jika diartikan secara sederhana, maka rekomendasi bisa disebut sebagai salah satu bentuk komunikasi sekaligus promosi tidak langsung mengenai seseorang. Jadi, manusia atau seseorang menjadi objek dari rekomendasi atau promosi ini. Sementara Surat Rekomendasi merupakan surat yang diterbitkan oleh seseorang dengan tujuan agar pemegang surat tersebut mendapat pandangan yang positif dari pihak lain. Jadi, isi dari surat inipun dipastikan merupakan hal yang baik mengenai seseorang, dan bukan sebaliknya.

Jika anda tidak memenuhi persyaratan untuk menerima surat rekomendasi, maka tentu saja pihak lain tidak akan mau memberikannya kepada anda. Salah satu contoh adalah ketika anda meminta surat rekomendasi dari perusahaan. Jika anda tidak memiliki kinerja yang baik, tentu tidak akan diberikan. Begitu juga ketika anda ingin meminta rekomendasi dari pihak sekolah untuk menerima beasiswa berprestasi. Jika anda tidak layak disebut sebagai siswa berprestasi, bukan tidak mungkin kalau pihak sekolah akan menolak memberikan rekomendasi kepada anda.

Mengapa demikian?, sebab orang atau pejabat yang mengeluarkan surat ini harus bertanggung jawab atas semua isi surat tersebut. Walaupun mungkin tidak semua penerbit rekomendasi palsu kepada orang lain bisa dipidana, namun tentu saja ini akan merusak citra dirinya sendiri. Seperti salah satu direktur perusahaan yang memberikan rekomendasi kepad anda, sementara anda tidak memiliki kinerja yang baik. Maka ketika perusahaan lain menerima anda sebagai karyawan mereka dan ternyata anda tidak bisa memberikan kinerja yang baik, perusahaan tersebut akan memandang rendah kepada direktur perusahaan lama anda.

Bagian – Bagian Surat Rekomendasi

Menulis surat rekomendasi bukanlah merupakan sesuatu hal yang terbilang susah. Namun mungkin masih banyak orang yang tidak begitu paham untuk menulis jenis surat yang satu ini. Baik itu bagi anda yang memang sudah bekerja dan bertugas menangani urusan surat menyurat, ataupun bagi anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat.

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan ketika menulis rekomendasi. Mulai dari penggunaan bahasa yang harus sopan dan sesuai dengan ejaaan yang disempurnakan, sampai dengan beberapa elemen atau bagian – bagian penting surat. Berikut adalah beberapa bagian yang sangat penting dalam menulis rekomendasi.

  1. Kop Surat, merupakan kop surat dari perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, dan organisai yang menerbitkan surat.
  2. Nomor, merupakan penomoran surat yang sudah ditetapkan sesuai dengan urutan tertentu.
  3. Isi Surat, untuk bagian ini anda bisa menjelaskan mengenai siapa dengan jabatan apa yang mengeluarkan surat tersebut. Setelah itu, anda pun perlu menjelaskan nama dan berbagai identitas lainnya dari penerima rekomendasi. Jangan lupa juga untuk mencantumkan maksud dan tujuan dari rekomendasi yang diterbitkan tersebut.
  4. Salam Penutup, untuk bagian ini anda bisa menuliskan, Demikian surat rekomendasi ini kami terbitkan, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.
  5. Nama Kota dan Tanggal, jenis surat yang satu ini memang berbeda dengan kebanyakan jenis surat lainnya. Pada surat rekomendasi, nama kota dan tanggal berada di bawah salam penutup dan ditempatkan pada bagian kiri surat.
  6. Nama dan Tanda Tangan, merupakan nama dan tanda tangan dari pejabat atau orang yang mengeluarkan rekomendasi tersebut.
  7. Stempel, jangan lupa juga untuk membubuhkan stempel perusahaan, instansi pemerintaha, lembaga dan organisasi yang mengeluarkan surat tersebut.

Contoh Surat Rekomendasi

Ada banyak jenis dan contoh surat rekomendasi yang bisa anda tulis. Untuk anda yang memang memiliki pekerjaan menanangani urusan surat menyurat, mungkin bisa mencari contoh mana yang paling cocok dengan pekerjaan anda. Dan untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, bisa mencari contoh dan jenis mana yang paling sesuai untuk anda tulis. Ide dari jenis surat tersebut nantinya bisa anda kembangkan menjadi sebuah rekomendasi.

Berikut adalah beberapa jenis – jenis surat rekomendasi yang bisa anda jadikan bahan inspirasi dan referensi dalam menulis rekomendasi.

  1. Rekomendasi Pendirian Sekolah Baru
  2. Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan Untuk Guru
  3. Rekomendasi Sekolah
  4. Rekomendasi Kerja dari Perusahaan
  5. Rekomendasi Kerja dari Kampus/Perguruan Tinggi
  6. Rekomendasi Organisasi
  7. Rekomendasi Beasiswa Berprestasi
  8. Rekomendasi Pindah Tugas
  9. Rekomendasi Untuk Mengikuti Kegiatan
  10. Rekomendasi Mahasiswa

Sebenarnya masih ada banyak jenis – jenis rekomendasi lainnya yang mungkin akan bermanfaat untuk anda. Namun setidaknya berapa jenis rekomendasi di atas mungkin sudah bisa menjadi bahan referensi dan bahan inspirasi untuk anda dalam menulis rekomendasi.