6 Tips Membeli HP/Smartphone Yang Perlu Anda Perhatikan

Tips Membeli HP / Smartphone – Perangkat smartphone sekarang ini memang sudah bagaikan sebuah kewajiban. Kemana mana selalu membawa smartphone, yang tentunya sangat penting untuk berbagai keperluan. Bukan hanya sekedar berkomunikasi, namun smartphone sekarang ini juga rata rata sudah bisa diandalkan untuk mengabadikan momen lewat foto.

Ketika ingin membeli hp atau smartphone baru, alangkah baiknya anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Membeli hp atau smartphone tanpa memikirkannya dengan matang matang, bukan tidak mungkin kalau anda akan menyesal telah membelinya di kemudian hari. Jadi, penting memperhatikan tips membeli hp atau smartphone baru terlebih dahulu.

Tips Membeli Hp/Smartphone Baru

Jika anda ingin membeli hp atau smartphone baru, maka sekarang ini tersedia sangat banyak pilihan di berbagai range harga. Mulai dari hp murah, hp dengan harga menengah, sampai dengan hp mahal flagship dari masing masing vendor smartphone. Tentu anda tidak mau jika ternyata harus membeli hp yang salah, dan baru menyadarinya di kemudian hari, bukan?

Nah, maka dari itu, anda sebaiknya melakukan langkah langkah atau beberapa tips membeli hp/smartphone baru di bawah ini.

1.Tentukan Budget

Jika anda memiliki uang sekian, bukan berarti anda harus membelanjakan semua uang tersebut untuk membeli hp baru. Mungkin saja anda ingin membeli cover smartphone, earphone, anti gores, atau beberapa aksesoris lainya setelah membeli smartphone baru. Jadi, tentukan dengan baik dan bijak seberapa besar budget yang akan anda keluarkan untuk membeli hp baru.

2. Buat Daftar HP/Smartphone

Tips membeli hp atau smartphone kedua yang sebaiknya anda lakukan terlebih dahulu adalah mengumpulkan daftar daftar hp baru yang berada di range harga sesuai dengan budget anda. Jangan memaksakan diri untuk membeli smartphone dengan harga di atas budget anda sendiri.

Jika anda tidak terlalu fanatik dengan satu brand atau vendor smartphone, maka bisa mencari informasi mengenai beberapa smartphone dari berbagai vendor di range harga sesuai dengan budget anda. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada anda hanya berfokus pada satu brand saja, yang tentunya mempersempit variasi pilihan smartphone baru anda.

3. Tentukan Spesifikasi

Spesifikasi yang dimiliki smartphone tentu akan berbeda beda, walaupun dibanderol di range harga yang kurang lebih sama. Maka dari itu, anda sebaiknya membuat list seperti apa spesifikasi smartphone baru yang anda inginkan.

Spesifikasi dimaksud bisa meliputi, ukuran RAM, ukuran memori internal, kemampuan lensa kamera belakang dan kamera depan, ukuran baterai, dukungan teknologi fast charging atau tidak, bahan material smartphone yang digunakan, dan lain sebagainya.

Anda tentu tidak bisa mendapatkan hp atau smartphone yang sempurna, semua tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Smartphone jenis A misalnya, memiliki spesifikasi dapur pacu yang mumpuni, namun kurang handal di sektor kamera. Jika anda mengutamakan spesifikasi dapur pacu dan mengesampingkan fitur kamera, maka hal tersebut tentu tidak masalah bagi anda.

4. Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Hp/Smartphone

Tips membeli hp atau smartphone baru selanjutnya adalah pelajari mengenai kelebihan kekurangan hp atau smartphone baru yang sudah anda masukkan dalam daftar tadi. Tidak ada smartphone yang sempurna, dan semua tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung fokus vendor smartphone tersebut di sektor mana.

Bisa dikatakan jika tips ini adalah yang paling penting, agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari setelah membeli hp baru. Smartphone mahal bukan berarti selalu yang terbaik, dan smartphone murah bukan berarti selalu yang terburuk. Semuanya sesuaikan dengan keinginan anda, dan mana smartphone dengan spesifikasi yang paling bisa sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika anda menginginkan sektor kamera yang mumpuni, maka perhatikan smartphone mana yang memberikan kemampuan kamera paling mumpuni. Begitu juga jika anda menginginkan sektor dapur pacu yang gahar, maka lihat daftar smartphone tadi dan tentukan smartphone mana yang memiliki dapur pacu paling kencang.

5. Perhatikan Aksesoris Bawaan

Tips membeli hp smartphone yang satu ini juga termasuk penting, namun seringkali diabaikan oleh banyak orang. Seperti kita ketahui, sekarang ini banyak smartphone baru yang dijual di pasaran dengan aksesoris yang minim. Terkadang tidak ada earphone, tidak ada anti gores tambahan, tidak ada cover, dimana beberapa aksesoris tersebut lumayan dibutuhkan oleh banyak orang.

Mungkin memang tidak butuh biaya yang terlalu banyak nantinya jika harus membeli beberapa aksesoris tambahan tersebut. Namun mungkin saja itu tidak terlalu menyenangkan bagi sebagian orang, dan ingin mendapatkan aksesoris bawaan smartphone. Sementara jika anda tidak terlalu mementingkan hal ini, maka bisa melewatinya saja.

6. Tentukan Pilihan

Akhir dari tips membeli hp atau smartphone baru ini adalah agar anda bisa menentukan pilihan harus membeli smartphone mana dari sekian banyak pilihan yang tersedia di pasaran. Tidak perlu repot repot, dengan memperhatikan beberapa tips membeli hp di atas tadi saja, seharusnya anda sudah bisa menentukan pilihan dengan baik dan yakin.

Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari karena ternyata smartphone yang anda beli tidak sesuai dengan ekspektasi. Banyak terjadi hal seperti ini, mungkin dikarenakan vendor ini, lantas membelinya karena yakin vendor tersebut akan memberikan yang terbaik.

Pentingnya Tips Membeli HP

Smartphone memang bukan untuk digunakan selamanya, dan dalam jangka 2 atau 3 tahun kemudian bisa saja sudah mengganti smartphone dengan yang lebih baru. Namun dalam jangka waktu tersebut, anda tentu tidak ingin merasakan penyesalan karena sudah salah memilih smartphone tanpa memperhatikan tips membeli hp yang sebenarnya sangat penting.

Anda juga sebaiknya tidak terlalu memaksankan jumlah budget yan harus dibelanjakan untuk smartphone baru. Belilah smartphone yang sesuai dengan budget dan juga kebutuhan anda. Jika anda hanya membutuhkan smartphone untuk sekedar komunikasi dan sosial media saja, maka tentunya akan terasa mubazir jika harus membeli smartphone dengan RAM sebesar 6GB misalnya.

Last, itulah beberapa tips membeli hp atau smartphone baru yang mungkin bisa berguna untuk anda sekalian. Dan tetap yang paling utama dari semua tips tersebut adalah, belilah smartphone baru sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.