16 Contoh Surat Izin Sakit Sekolah, Kerja, Kuliah, DLL

Contoh Surat Izin Sakit – Berbicara mengenai penyakit, tentu tidak ada orang yang ingin jatuh sakit. Semua orang ingin selalu sehat, agar bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Jika anda jatuh sakit, maka tanggung jawab anda mungkin saja harus anda tinggalkan untuk sesaat dan harus beristirahat untuk memulihkan kesehatan. Nah, maka dari itulah anda akan membutuhkan berbagai contoh surat izin sakit sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Jika anda ingin membaca lebih lengkap tentang penjelasan mengenai pengertian surat izin sakit, cara membuatnya, bagian bagian surat izin sakit, dan jenis jenisnya, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Izin Sakit.

Ya, setiap orang tentu memiliki tanggung jawab, baik itu anak sekolah, mahasiswa/i di kampus, para karyawan di perusahaan, para PNS, maupun para dosen dosen yang bekerja pada suatu kampus. Namun ketika anda jatuh sakit, maka tanggung jawab ini harus anda tinggalkan. Sebagai bentuk pemberitahuan dan pertanggung jawaban, maka anda pun bisa mengirimkan surat izin sakit.

Anda bisa meminta izin kepada atasan, kepada guru guru sekolah, dan kepada dosen untuk meminta izin dengan menggunakan contoh surat ini. Setiap sekolah memiliki peraturan yang harus ditaati oleh setiap siswa, begitu juga dengan perusahaan yang memiliki tata tertib untuk ditaati oleh semua karyawan. Salah satunya adalah datang belajar atau datang bekerja setiap hari yang sudah ditentukan. Jika tidak, maka mungkin anda akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan.

Untuk menghindari sanksi tersebut, maka anda pun bisa menggunakan surat izin sakit. Kondisi anda yang sedang sakit biasanya akan ditoleransi oleh pihak sekolah maupun oleh pihak perusahaan. Anda pun tidak akan dikenakan sanksi, karena sudah memberitahukan mengenai ketidakhadiran dan alasan ketidakhadiran anda.

Contoh Surat Izin Sakit

Peranan dan manfaat dari beberapa jenis surat resmi memang bukan hanya untuk kepentingan perusahaan ataupun instansi pemerintahan. Salah satunya adalah penggunaan surat izin yang pada umumnya digunakaa oleh perseorangan ataupun pihak pribadi. Namun karena surat ini merupakan salah satu bentuk surat resmi, maka anda pun harus memperhatikan penggunaan bahasa dan kaidah kaidah penulisan yang benar.

Untuk anda yang masih sekolah, masih kuliah, ataupun sudah bekerja, maka tidak ada salahnya untuk mengirimkan surat izin sakit ketika anda sakit. Berikut beberapa contoh surat izin sakit sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Jika anda merupakan seorang siswa dan sedang jatuh sakit, maka tentu anda tidak akan bisa menerima pelajaran dengan maksimal. Akan lebih baik bagi anda untuk beristirahat agar lebih cepat pulih kembali. Maka dari itu, anda pun bisa meminta izin kepada pihak sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit sekolah di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit

Kepada Yth,
Bapak Wali Kelas XII
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Siswa:Kelas XII SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud meminta izin tidak masuk sekolah pada hari ini, Senin, 02 September 2019, dikarenakan sedang sakit. Adapun menurut keterangan dokter saya harus berisitirahat di rumah untuk bisa cepat pulih kembali.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Izin Sakit Kuliah

Bukan hanya anak sekolah, para mahasiswa/i juga bukan tidak mungkin jika jatuh sakit. Dan agar segera pulih kembali, anda pun bisa menjalani perawatan atau beristirahat di rumah.  Namun anda tetap harus mengirimkan surat izin kepada pihak kampus ataupun kepada dosen pengampu mata kuliah yang tidak bisa anda hadiri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit kuliah di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Hal : Permohohonan Izin Sakit Kuliah

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Dosen Pengampu Mata Kuliah Hukum Islam
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:83978929835
Program Studi:S-1 Hukum
Fakultas:Fakultas Hukum

Dengan ini memberitahukan bahwa pada Senin, 02 September 2019 tidak dapat mengkuti proses perkuliahan pada mata kuliah Hukum Islam yang Bapak ampu dikarenakan saya sedang dalam kondisi sakit. Sehubungan dengan hal tersebut saya bermaksud untuk memohon izin kepada Bapak Muhammad Ilham atas ketidakhadiran saya tersebt.

Demikian permohonan izin kuliah ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Izin Sakit Untuk Sekolah oleh Guru

Seorang guru yang mengajar di suatu sekolah tentu sudah memiliki jadwal mengajar sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Namun ketika guru tersebut sedang sakit, maka bisa meminta izin kepada kepala sekolah untuk tidak masuk sekolah dan tidak mengajar. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit untuk sekolah di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham, M. Pd
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasasri
NIP:19681231 199303 2
Jabatan:Guru Bahasa INggris
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin pada hari ini, Senin, 02 September 2019 dikarenakan sedang sakit dan harus menjalani peratawan di rumah sakit.

Demikian surat izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

4. Contoh Surat Izin Sakit Kerja oleh Karyawan Swasta

Seorang karyawan swasta tentu sudah memiliki jadwal kerja sebagaimana yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. Namun jika anda ternyata jatuh sakit, maka anda pun bisa memohon izin dengan cara mengirimkan surat izin sakit kepada pihak perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit kerja oleh karyawan swasta di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Hal : Permohonan Izin Sakit Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
No. Induk Karyawan:38958935345
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja pada hari Senin, 02 September 2019 dikarenakan saya sedang dalam kondisi sakit. Bersama ini juga sudah saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter rumah sakit.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD

Seorang anak SD mungkin saja belum begitu mampu untuk menulis surat izin sakit. Maka dari itu, anda sebagai orang tua bisa menulis surat izin sakit untuk anda anda yang masih SD. Surat tersebut pun nantinya anda tanda tangani sebagai bukti pengesahan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit sekolah SD di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
Sekolah SD Negeri 123456 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama:Intan Permatasari
Kelas:Kelas IV SD Negeri 123456 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 02 September 2019 dikarenakan anak saya sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat permohonan izin sakit ini saya buat, atas perhatian dan dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMP

Seorang siswa SMP mungkin sudah bisa untuk  menulis surat izin sakit sekolah. Namun untuk bisa lebih meyakinkan pihak sekolah, maka alangkah baiknya jika surat izin sakit tersebut ditanda tangani oleh orang tua/wali. Dengan demikian, maka pihak sekolah pun akan lebih yakin dengan alasan siswa yang menyatakan sedang sakit. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit sekolah SMP di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Sekolah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMP Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama:Dewi Cahaya
Siswa:Kelas VII SMP Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud untuk memberitahukan bahwa anak saya dengan nama tersebut diatas tidak bisa masuk sekolah pada hari ini, Senin, 02 September 2019 dikarenakan sedang sakit. Sebagai bukti, bersama ini juga sudah saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Untuk itu, sudilah kiranya Bapak memberikan izin kepada anak saya karena tidak bisa masuk sekolah.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Tanpa Surat Dokter

Jika anda merupakan seseorang yang sudah bekerja, namun dalam keadaan sakit, maka anda harus meminta izin kepada atasan untuk tidak masuk kerja. Alangkah baiknya jika anda pun bisa melampirkan surat sakit dari dokter sebagai bukti. Namun jika anda tidak memilikinya, maka anda pun bisa tetap mengirimkan surat izin sakit kepada atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit tidak masuk kerja tanpa surat dokter di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Hal : Permohonan Izin Sakit

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

bermaksud memberitahukan jika saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, Senin, 02 September 2019 dikarenakan sedang dalam kondisi sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya pun bermaksud meminta izin kepada Bapak terkait ketidakhadiran saya.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat, atas perhatian dan pemberian izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih,.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah dari Wali

Seorang anak sekolah yang ingin menggunakan surat izin sakit tidak masuk sekolah, maka sebaiknya mencantumkan tanda tangan dari orang tua. Namun jika anda tidak tinggal bersama dengan orang tua, maka anda pun bisa meminta bantuan dari wali, seperti keluarga lain ataupun Bapak/Ibu kos untuk menanda tangani surat tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit tidak masuk sekolah dari wali di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan Hormat,
Dengan surat ini, saya selaku wali dari Intan Permatasasri ingin memberitahukan bahwa Intan Permatasari pada Senin, 02 September 2019 tidak bisa mengikuti rangkaian pelajaran seperti biasa dikarenakan sedang dalam kondisi sakit. Bersama surat ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Oleh karena itu, saya mengharapkan Bapak/Ibu Guru di SMA Negeri 1 Medan bisa memberikan izin kepada siswa dengan nama tersebut di atas.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya perbuat, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak/Ibu Guru, saya ucakan terimakasih.

Hormat Saya,
Wali Siswa,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Guru

Seorang guru bukan tidak mungkin akan mengalami sakit dan tidak bisa mengajar di sekolah sebagaimana biasanya. Maka dari itu, guru tersebut pun bisa meminta izin kepada kepala sekolah dan memberitahukan alasan ketidakhadirannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit tidak masuk kerja guru di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, S. Pd
Jabatan:Guru Olahraga
NIP:34587385
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin selama 3 (tiga) hari kerja terhitung mulai tanggal 02 s/d 04 September 2019 dikarenakan saya sedang sakit dan harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan. Bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter RSU Adam Malik Medan.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra, S. Pd.

10. Contoh Surat Izin Sakit Kerja Pegawai

Siapapun bisa jatuh sakit, tidak terkecuali dengan mereka yang bekerja sebagai pegawai. Dan jika anda sedang jatuh sakit, anda pun bisa meminta izin untuk tidak masuk kerja kepada atasan anda. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan menggunakan surat izin sakit kerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit kerja pegawai di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Personalia BRI Cabang Iskandar Muda
di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Teller BRI Cabang Iskandar Muda
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud memberitahukan bahwa pada hari ini. Senin, 02 September 2019 saya tidak bisa masuk kerja sebagaimana biasanya dikarenakan saya sedang sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Bersama dengan surat ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Sehubungan dengan itu, saya bermaksud untuk memohon izin kerja selama saya menjalani perawatan di rumah sakit.

Demikian surat permohonan izin sakit kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dengan Surat Dokter

Sekarang ini ada banyak siswa yang mungkin nakal dan berbohong kepada pihak sekolah. Memberikan alasan sakit dan tidak masuk sekolah, padahal tidak dengan keadaan yang sebenarnya. Maka dari itu, anda pun bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter untuk meyakinkan pihak sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit sekolah dengan surat dokter di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Sekolahz
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Wali Kelas XII
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NISN:98475835
Kelas:Kelas XII SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan izin sakit sekolah pada hari ini, Senin, 02 September 2019. Sebagai bukti atas alasan saya, bersama dengan surat ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin sakit sekolah ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Izin Sakit Kerja PNS

Seorang PNS sudah memiliki jadwal kerja setiap hari yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Namun jika anda sedang jatuh sakit, maka anda bisa meminta izin kepada atasan dan tidak masuk kerja untuk hari itu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit kerja PNS di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pendidikan
Daerah Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIP:348957537
Jabatan:Kepala Sub Bagian
Unit Kerja:Dinas Kesehatan Kotamadya Medan

bermaksud untuk memberitahukan kalau saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, Senin, 02 September 2019 dikarenakn sedang dalam kondisi sakit. Bersama surat ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Sehubungan dengan hal tersebut, saya pun bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja kepada Bapak.

Demikian surat permohonan izin sakit kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Ahmad Syahputra.

13. Contoh Surat Izin Sakit Dalam Bahasa Inggris

Mengenai surat izin sakit, kebanyakan orang memang masih menggunakan bahasa Indonesia. Namun mungkin saja anda mendapat tugas dari sekolah ataupun dari kampus untuk menulis surat izin sakit dalam bahasa Inggris. Jika memang demikian, maka contoh surat izin sakit dalam bahasa Inggris di bawah ini bisa anda jadikan sbagai bahan referensi.

Medan, September 02, 2019

Subject : Permit Application

To :
Mr./Mrs. Teacher
SMA Negeri 1 Medan
Jl. Pendidikan No. 123, Medan

With Respect,
I am the undersigned, parent of :

Name:Intan Permatasari
Student:Class XII SMA Negeri 1 Medan
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

notify that my child cannot follow the lesson as always on this day, Monday, September 02 2019  due to being sickk. In connection with this, I intend to ask permission from Mr. / Mrs. teacher for the absence of my child.

As I did, I made this request for a sick license, for your attention and permission from the teacher / teacher, I thank you.

Respect me,
Parents of Student,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah dari Orang Tua

Walaupun anda sudah bisa menulis surat izin sakit sekolah dengan baik, namun akan lebih baik jika orang tua anda mencantumkan tanda tangan pada surat tersebut. Hal tersebut akan lebih mampu meyakinkan pihak sekolah dengan alasan sakit yang anda berikan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit sekolah dari orang tua di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit Sekolah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Kelas XII
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama:Dewi Cahaya
Kelas:Kelas XII SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan bahwa anak saya dengan nama tersebut di atas tidak bisa mengikuti pekajaran di sekolah pada hari ini, Senin, 02 September 2019 dikarenakan sedang dalam kondisi sakit. Bersama dengan surat ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti. Oleh karena itu, saya pun bermaksud untuk meminta izin dari Bapak/Ibu Guru Kelas XII SMA Negeri 1 Medan untuk sudi kirannya memberikan izin kepada anak saya.

Demikian surat permohonan izin sakit sekolah ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Izin Sakit Mahasiswa

Ketika seorang mahasiswa tidak bisa mengikuti mata kuliah tertentu di kampus, maka dia harus memberikan penjelasan kepada dosen atau kepada pihak kampus. Seperti karena sedang sakit, maka mahasiswa tersebut harus mengirimkan surat permohonan izin sakit kepada dosen. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sakit mahasiswa di bawah ini.

Medan, 02 September 2019

Perihal : Permohonan Izin Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Dekan Fakultas Sosial Politik
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:346346
Semester:VI ( Enam)
Fakultas:Fakultas Sosial Politik
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

bermaksud memberitahukan jika saya sedang dalam kondisi sakit dan tidak bisa mengikuti mata kuliah di kampus selama 3 hari, terhitung mulai dari hari in. Hal tersebut sehubungan dengan hasil pemeriksaan dari dokter yang saya lampirkan bersama dengan surat ini, yang mewajibkan saya untuk menjalani rawat inap selama 3 hari di Rumah Sakit Umum Adam Malik. Oleh karena itu, saya pun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak atas ketidakhadiran saya di kampus.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Izin Sakit

Sudah ada banyak contoh surat izin sakit di atas tadi yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi ketika sedang sakit dan ingin meminta izin. Namun salah satu jenis surat sakit yang paling sering digunakan mungkin adalah salah satunya surat izin sakit sekolah. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah contoh format surat izin sakit sekolah.

(Nama Kota dan Tanggal)

Perihal : Permohonan Izin Sakit
Lampiran :

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupkan orang tua dari :

Nama: 
Kelas: 
NISN: 
Alamat: 

bermaksud memberitahukan jika anak saya dengan nama tersebut di atas tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari ini, . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  dikarenakan sedang dalam kondisi sakit. Bersama surat ini, saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, sudilah kirannya Bapak/Ibu Guru memberikan izin kepada anak saya.

Demikian surat permohonan izin sakit sekolah ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu Guru, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Penyakit memang tidak pernah diinginkan oleh setiap orang, namun merupakan alasan yang paling bisa diterima ketika anda tidak masuk sekolah, tidak masuk kuliah, ataupun tidak masuk kerja. Kendati demikian, anda pun harus tetap mengirimkan surat izin sakit sebagaimana contoh surat izin sakit di atas tadi, sebagai bentuk permintaan izin anda dan sebagai bentuk pertanggung jawaban sebagai siswa, sebagai mahasiswa, dan sebagai seorang pekerja.