Pengertian Surat Permohonan, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Permohonan – Ada banyak jenis surat yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Memang harus diakui jika penggunaan surat untuk komunikasi pribadi atau perseorangan sudah sangat jarang digunakan sekarang ini. Namun berbeda dengan berbagai urusan resmi, yang memang seringkali harus menggunakan surat resmi. Tidak hanya untuk kepentingan instansi perusahaan, badan usaha, organisasi, dan lembaga, namun banyak juga surat resmi yang digunakan untuk keperluan pribadi.

Jika anda ingin langsung membaca mengenai contoh – contoh surat permohonan, maka anda bisa membacanya pada Contoh Surat Permohonan.

Salah satu contoh nya adalah surat permohonan, salah satu jenis surat yang bisa digunakan oleh perseorangan untuk kepentingan pribadi, dan juga bisa digunakan oleh suatu kelompok tertentu. Dikarenakan jenisnya yang merupakan salah satu jenis surat resmi, maka penulisan surat ini pun tidak bisa sembarangan. Tidak hanya bahasa yang harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Namun anda juga harus memperhatikan struktur penulisan dari surat tersebut.

Salah satu contoh permohonan yang mungkin sering kita digunakan oleh banyak orang adalah contoh surat permohonan kerja. Surat ini juga sering disebut dengan surat lamaran kerja, dimana kita memohon kepada pihak penyedia lowongan kerja agar diterima menjadi seorang karyawan ataupun pegawai. Dan untuk anda yang sedang mencari pekerjaan, surat ini tentu sudah bukan merupakan surat yang asing lagi. Namun selain dari itu, masih ada banyak juga berbagai contoh permohonan lainnya yang bisa kita temukan.

Contoh lain dari permohonan adalah permohonan izin. Permohonan yang satu ini juga sangat sering digunakan dan meliputi banyak jenis. Berbagai contoh yang bisa kita temukan adalah permohonan izin kerja, permohonan izin usaha, permohonan izin kegiatan, permohonan izin tidak masuk kerja, permohonan izin tidak masuk sekolah, permohonan izin tidak masuk kuliah, dan lain sebagainya. Jadi, ada sangat banyak jenis permohonan yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari – hari.

Pengertian Surat Permohonan

Berbicara mengenai permohonan, tentu kita akan langsung berpikir pada suatu permintaan. Ya, karena permohonan merupakan permintaan kepada orang lain ataupun pihak lain terkait sesuatu hal. Hal yang kita minta tersebut bisa berupa izin, bantuan dana, beasiswa, rekomendasi, dan lain sebagainya. Dan sebagai orang yang sedang meminta sesuatu hal, maka kita tentu harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Alhasi, orang lain atau pihak lain pun akan lebih bersedia untuk memberikan atau memenuhi permintaan kita.

Surat Permohonan adalah surat yang berisikan permintaan secara resmi, yang ditujukan kepada orang lain ataupun pihak lain. Memohon sesuatu hal kepada pihak lain memang memungkinkan untuk kita lakukan secara lisan. Anda tinggal menjumpai pihak lain, lalu mengutarakan permohonan yang ingin anda sampaikan. Namun hal tersebut tentu saja akan kurang memuaskan, karena tidak berlandaskan komunikasi yang resmi.

Salah satu contoh adalah surat permohonan bantuan dana. Misalnya anda terpilih menjadi seorang panitia rehabilitasi masjid yang membutuhkan banyak dana. Dan untuk memenuhi dana yang dibutuhkan, anda pun bisa meminta bantuan dana kepada pihak lain. Namun banyak orang yang mungkin akan kurang percaya jika anda memintanya secara lisan. Maka dari itulah, surat sangat diperlukan, sebagai bentuk permohonan secara resmi. Dengan menggunakan surat ini, maka orang lain pun akan berpikiran jika bantuan dana tersebut memang benar – benar akan digunakan untuk rehabilitasi masjid.

Kenapa demikian?, karena surat resmi permohonan dana yang anda berikan sudah pasti dilengkapi dengan kop surat dan stempel. Jadi, keabsahan dari surat yang anda berikan pun sudah terjamin, yang memberikan kepercayaan kepada orang lain. Sementara jika secara lisan, bukan tidak mungkin ada orang yang mengaku sebagai panitia rehabilitasi masjid dan meminta bantuan dana, padahal sebenarnya tidak.

Bagian Bagian Surat Permohonan

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan di atas tadi, ada banyak hal yang harus anda perhatikan ketika menulis surat permohonan. Bukan hanya penggunaan bahasa saja, namun juga struktur penulisan tersebut. Ada berbagai elemen atau bagian – bagian penting dalam surat yang harus anda cantumkan. Dengan demikian, surat tersebut pun akan terlihat lebih rapi dan isi dari permohonan pun bisa tersampaikan dengan baik.

Untuk anda yang sedang ingin menulis surat permohonan, mungkin membutuhkan panduan penulisan maupun struktur penulisan dari surat permohonan. Berikut adalah beberapa bagian penting yang harus anda perhatikan dalam suatu permohonan.

  1. Kop Surat, merupakan kop surat dari pengirim surat, yang sekaligus berguna juga sebagai identitas dari pemohon.
  2. Nama Kota dan Tanggal, merupakan nama kota dimana surat tersebut diterbitkan dan tanggal dari penerbitan dari surat tersebut.
  3. Perihal, untuk bagian ini anda cukup menuliskan kata Permohonan diikuti dengan isi dari permohonan yang ingin anda sampaikan.
  4. Tujuan, merupakan nama orang atau pihak yang anda harapkan untuk memberikan apa yang anda minta.
  5. Salam Pembuka, untuk bagian ini anda bisa menulis Dengan hormat ataupun ucapan Assalamualaikum.
  6. Isi Surat, merupakan bagian terpenting dalam semua surat. Anda bisa mencantumkan beberapa informasi pada bagian ini, termasuk apa yang ingin anda minta, baik itu bantuan dana, izin, rekomendasi, dan lain sebagainya.
  7. Salam Penutup, berupa ucapan terimakasih dan juga harapan agar permohonan anda diterima atau dikabulkan.
  8. Nama dan Tanda Tangan, berisikan nama dan tanda tangan pemohon ataupun pejabat yang mewakili.

Contoh Surat Permohonan

Ada banyak jenis surat permohonan yang biasa kita temukan sekarang ini. Dan mungkin saja anda hanya membutuhkan beberapa jenis saja. Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah, mungkin juga mendapat tugas untuk menulis surat permohonan. Namun harus diakui jika tidak semua orang sudah paham jenis – jenis dan contoh contoh dari permohonan.

Maka dari itu, beberapa contoh surat permohonan di bawah ini bisa anda jadikan panduan untuk selanjutnya menulis surat permohonan dengan lengkap.

  1. Contoh Permohonan Izin
  2. Contoh Permohonan Bantuan Dana
  3. Contoh Permohonan Pribadi
  4. Contoh Permohonan Resmi
  5. Contoh Permohonan Kerja
  6. Contoh Permohonan Beasiswa
  7. Contoh Permohonan Rekomendasi
  8. Contoh Permohonan Pindah Tugas
  9. Contoh Permohonan Izin Kegiatan
  10. Contoh Permohonan Pindah Sekolah.

Jadi ada begitu banyak jenis jenis dan contoh contoh surat permohonan yang mungkin ingin anda gunakan. Kendati demikian, anda pun harus memperhatikan jenis mana yang paling cocok dengan jenis yang ingni anda kerjakan. Maka dari itu, saya memberikan beberapa informasi mengenai jenis surat permohonan di atas.