16 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum, Guru, DLL

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan – Setiap orang tentu menginginkan pekerjaan yang baik dan tetap agar bisa memenuhi kebutuhan sehari harinya. Namun sebagaimana kita ketahui, mencari pekerjaan sekarang ini sangatlah susah. Hal tersebut dikarenakan para pelamar kerja yang semakin banyak, dan terbatasnya lowongan pekerjaan yang ada. Alhasi, banyak orang, ratusan atau bahkan mungkin ribuan orang harus berusaha memperebutkan satu lowongan pekerjaan.

Jika anda ingin membaca lebih lengkap mengenai penjelasan dan pengertian surat lamaran pekerjaan, struktur surat lamaran pekerjaan, unsur unsur surat lamaran pekerjaan dan jenis jenisnya, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan.

Tentu saja anda tidak bisa tinggal diam dengan hal tersebut. Setidaknya anda harus berusaha untuk mengantar lamaran pekerjaan ke penyedia lowongan pekerjaan tersebut, sekecil apapun kemungkinannya untuk diterima. Namun anda bisa menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan menarik, untuk menarik perhatian mereka. Dan pada akhirnya, anda pun akan memiliki peluang yang lebih besar.

Kenapa harus surat lamaran pekerjaan?. Karena surat lamaran pekerjaan merupakan hal pertama yang akan dinilai dari anda sebagai pelamar kerja. Walaupun anda memiliki skill dan potensi diri yang mumpuni, namun asal asalan dalam menulis surat lamaran kerja, bukan tidak mungkin kalau anda akan segera tersingkir hanya menilai dari surat lamaran pekerjaan yang anda berikan saja.

Berbeda dengan orang yang menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik, akan mendapatkan nilai lebih bagi para penyedia lowongan kerja. Akhirnya, pelamar inipun memiliki peluang lebih untuk dipanggil dan menjalani interview. Pada saat itulah anda bisa menjelaskan potensi diri yang anda miliki dan berikan alasan mengapa mereka harus memilih anda sebagai calon kandidat karyawan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Ada banyak jenis dan contoh surat lamaran pekerjaan yang seringkali kita jumpai. Bahkan mungkin mayoritas orang sudah menggunakan surat lamaran kerja. Namun tidak banyak yang menyadari jika surat lamaran ini juga sangat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam mendapatkan suatu pekerjaan. Maka dari itu, berusahalah untuk menulis surat lamaran kerja dengan sebaik dan semenarik mungkin. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan peluang anda diterima menjadi calon kandidat karyawan.

Mungkin ada banyak orang yang harus bersusah payah untuk download surat lamaran kerja, mencari contoh surat lamaran kerja doc, mencari surat lamaran kerja pdf, untuk kemudian mengeditnya. Namun anda tidak perlu melakukan hal tersebut, karena di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang tinggal anda copy dan edit di microsoft word sesuai keinginan anda sekalian.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum di Perusahaan Swasta

Ada banyak perusahaan swasta saat ini yang berkembang di Indonesia, dan ada banyak juga lowongan kerja yang tersedia. Namun walaupun banyak lowongan kerja yang tersedia, pelamar kerja disana juga tidak kalah banyak. Maka dari itu, anda harus menulis surat lamaran kerja dengan sebaik dan semenarik mungkin. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja umum di perusahaan swasta berikut ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1990
Pend. Terakhir:SMA
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
No. HP:0821 3875 8865

Berkenaan dengan ini, kami mengajukan surat lamaran  kepada Bapak / Ibu Pimpinan agar sekiranya diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini juga saya lampirkan :

  1. Foto copy KTP
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas Foto 4×6
  5. Fotocopy SKCK
  6. Foto Copy Kartu Keluarga

Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya sampaikan, besar harapan saya agar diberi kesempatan untuk wawancara atau test agar saya bisa menjelaskan lebih detail mengenai potensi diri yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum Sebagai Admin Sosial Media

Sekarang ini ada banyak badan usaha yang menggunakan social media untuk promosi mereka. Semakin banyak promosi dari sosial media, tentu akan dibutuhkan orang yang ahli dalam menggunakan sosial media tersebut dan bisa mempromosikan barang barang yang mereka jual disana. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja umum sebagai admin sosial media di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berkaitan dengan sumber informasi lowongan pekerjaan di internet yang saya dapatkan bahwa PT. Sukses Makmur memerlukan karyawan untuk menjadi Admin Sosial Media dalam mempromosikan barang barang yang dijual oleh PT. Sukses Makmur.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Pend. Terakhir:D3 Teknik Informatika
Telepon:0813 2326 3848

bermaksud untuk mengajukan diri sebagai Admin Sosial Media seperti yang sedang Bapak butuhkan. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini juga saya lampirkan :

  1. Fotocopy KTP (Identitas Diri)
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir : satu lembar
  3. Curriculum Vitae : satu lembar
  4. Pas Foto Terbaru 4 x 6 : dua lembar
  5. Fotocopy Certificate TOEP : satu lembar
  6. Transkrip Nilai

Demikianlah surat lamaran permohonan pekerjaan yang saya ajukan. Besar harapan saya saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di PT. Sukses Makmur. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya

3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum Sesuai EYD

Surat lamaran kerja memang ditulis dan dipergunakan oleh perseorangan. Namun kendati demikian, penggunaan bahasa harus sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Maka dari itu, anda tidak bisa asal asalan dalam menulis surat lamaran kerja tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja umum sesuai EYD di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari surat kabar SindoNews pada tanggal 22 Agustus 2019, PT. Sukses Makmur sedang mencari karyawan untuk diposisikan di bagian pemasaran. Sehubungan dengan hal tersebut, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1995
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pend. Terakhir:D3 Akuntansi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Telp.:081373287538

bermaksud untuk mengajukan diri agar bisa diterima sebagai karyawan di  bagian pemasaran seperti yang sedang Bapak butuhkan. Saat ini saya dalam kondisi sehat baik jasmani maupun rohani. Selain hal itu kemampuan saya dalam berbahasa Inggris cukup menguasai. Saya juga mengutamakan kejujuran dan kerja keras.

Untuk menjadi pelengkap beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di masa yang akan datang, saya juga lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut.

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy KK (Kartu Keluarga)
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto Copy Ijazah Terakhir
  6. Foto Copi Surat Pengalaman Kerja

Saya berharap sekali diberikan kesempatan menjadi salah satu bagian dari perusahaan Bapak supaya saya dapat memberikan lebih lengkap lagi tentang potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak pimpin saat ini.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak pimpinan saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra

4. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Guru Yayasan Pendidikan

Sekarang ini ada banyak sekolah swasta di Indonesia yang tergabung dalam yayasan pendidikan tertentu. Untuk memenuhi  tenaga pengajar, maka tentu setiap yayasan akan selalu membutuhkan guru. Dan jika anda kebetulan mengetahui lowongan pekerjaan sebagai guru di yayasan pendidikan tertentu, anda bisa melamar pekerjaan disana dan menyiapkan surat lamaran kerja anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja guru yayasan pendidikan di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Perihal : Lamaran Kerja

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Pimpinan Yayasan Budi Mulia
Jl. Mahameru No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1985
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Agama:Islam
Pend. Terakhir:S-1

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan agar kiranya bisa diterima sebagai Tenaga Pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Yayasan Budi Mulia yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya juga sudah melampirkan berkas berkas pendukung lainnya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat, atas perhatian Bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum di Bank

Bekerja di sebuah bank masih menjadi keinginan banyak orang hingga saat ini. Tidak heran jika banyak anak muda yang memilih jurusan perbankan atau akuntansi saat menempuh pendidikan tinggi. Nah, jika anda memang memiliki keinginan untuk bekerja di sebuah Bank, maka anda bisa melamar pekerjaan disana dan menulis surat lamaran kerja dengan baik. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja umum di bank seperti di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak Pemimpin Cabang
PT Bank Rakyat Indonesia
Kantor Cabang Iskandar Muda
Jl. Iskandar Muda No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi lowongan kerja pada harian Medan Post tanggal 22 Agustus 2019 bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Iskandar Muda, Medan sedang membutuhkan petugas AO (Account Officer) yang sudah memiliki pengalaman setidaknya 3 tahun, dengan ini saya :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1988
Jenis Kelamin:Perempuan
Pend. Terakhir:S-1 Perbankan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
HP:08378563412

Mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai petugas AO di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Iskandar Muda, Medan yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini juga saya lampirkan :

  1. Pas foto warna 3 x 4
  2. Pas foto warna 4 x 6 (Full Body)
  3. Foto copy Ijazah SMP, SMA dan S-1
  4. Foto Copy KTP
  5. CV (Curiculum Vitae)
  6. Surat Keterangan Belum Menikah
  7. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian
  8. Sertifikat Pelatihan Komputer dan Bahasa Inggris

Saya berharap Bapak bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya

6. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Doc

Mungkin banyak orang yang masih tidak begitu paham bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, padahal sebenarnya tidaklah terlalu susah. Namun jika anda ingin mencari contohnya, maka di bawah ini bisa anda copy dan kemudian anda edit di microsoft word untuk mengganti data data sesuai dengan keinginan anda. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja doc yang bisa anda copy dan edit di microsfot word.

Medan, 23 Agustus 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dari PT. Sukses Makmur yang saya peroleh dari harian Radar Medan pada tanggal 22 Agustus 2019, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan berkonstribusi pada perusahaan yang Bapak pimpin. Adapun posisi pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian perancangan mekanik dan konstruksi sebagai Teknisi.

Berikut adalah biodata singkat saya :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1990
Pend. Terakhir:S-1 Teknik Mesin
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Telp.:085274375758

Sampai saat ini saya sudah ikut beberapa sertifikasi keahlian yang berkaitan dengan posisi pengembangan konstruksi. Dengan demikian saya yakin bisa bekerja sama dengan mumpuni dan baik karena sudah memiliki kemampuan yang cukup.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya juga melampirkan :

  1. Foto copy ijazah S1
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto 3×4 yang terbaru
  4. Foto copy sertifikat keahlian Mengaplikasikan mekanisme kerja mekanik dasar
  5. Foto copy Transkrip Nilai

Panggilan untuk berkesempatan diwawancarai oleh Bapak amat saya harapkan supaya saya dapat memberikan penjelasan ataupun menunjukkan lebih rinci lagi terkait kemampuan dan keahlian saya yang bisa diaplikasikan pada posisi yang saat ini Bapak inginkan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat sebenar-benarnya, terima kasih atas kerjasama dan perhatiannya.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan via Email

Sekarang ini zaman sudah sangat canggih dan modern. Tidak harus mengirimkan surat lamaran pekerjaan melalui pos atau mengantarkannya langsung, namun anda juga sudah bisa mengirim lamaran kerja melalui email. Terbukti karena sekarang sudah banyak badan usaha yang menggunakan cara tersebut untuk menerima lamaran kerja dari para pelamar kerja. Jika anda ingin melamar kerja dengan cara demikian, maka di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja via email yang bisa anda jadikan bahan referensi.

To : hrd@suksesmakmur.co.id
Cc : –
Subject : Marketing

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Pendidikan:S-1 Manajemen
Telp:081234567890

bermaksud untuk mengajukan diri sebagai salah satu kandidat calon karywan seperti yang sedang Bapak butuhkan, yakni di bagian Marketing.

Sebagai pertimbangan maka saya lampirkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto Terbaru
  3. Scan KTP
  4. Scan ijazah pendidikan terakhir
  5. Scan sertifikat keahlian
  6. Scan SKCK

Kesempatan diterima di PT. Sukses Makmur sangat saya harapkan agar saya dapat mengabdi di perusahaan yang Bapak pimpin.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terimakasih atas perhatian dari Bapak.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum CPNS

Menjadi seorang PNS tentu masih menjadi keinginan banyak orang hingga saat ini. Namun menjadi seorang PNS bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang. Anda pun harus melewati banyak test dan tahap wawancara terlebih dahulu. Namun jika anda ingin melamar menjadi seorang CPNS, maka tentu tidak ada salahnya untuk mencoba. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja umum CPNS di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak Walikota Medan
Up. Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1995
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Agama:Islam
Pend. Terakhir:S-1 Ekonomi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Telp.:082184758392

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bayak, supaya sekiranya dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Medan.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya lampirkan :

  1. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 (empat) lembar,
  2. Foto copy ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar.
  3. Foto copy kartu pencari kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Banyak pihak pihak badan usaha tertentu yang mewajibkan para pelamar kerja di perusahaan mereka untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan. Hal ini agar mereka bisa menilai tulisan anda tentunya. Maka dari itu, anda pun harus berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menulis surat lamaran kerja tulis tangan sebaik mungkin. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa anda salin dan tulis tangan nantinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Menurut informasi lowongan pekerjaan dari PT. Sukses Makmur yang terdapat di koran harian Sindo News pada tanggal 22 Agustus 2019, bahwa PT. Sukses Makmur sedang membutuhkan karyawan untuk diposisikan sebagai staff administrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk mengajukan diri supaya boleh bergabung pada PT. Sukses Makmur yang Bapak pimpin.

Adapun data pribadi singkat saya adalah :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1995
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Pend. Terakhir:S-1 Administrasi Bisnis
Telp.:0812435693545

Saya sekarang berada pada kondisi tubuh yang sehat dan fisik yang sangat baik, serta fasih berbahasa Inggris dengan baik lisan ataupun dengan tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat cukup dan mempunyai kemampuan administasi bisnis yang mumpuni.

Saya sudah biasa bekerja dengan hal yang berhubungan dengan komputer. Khususnya menjalankan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Power Point, Word, Acces, Out Look, dan juga internet, ataupun surat-menyurat menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Foto copy Ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  2. Foto copy sertifikat kursus atau pelatihan
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas foto 3 x 4 terbaru.

Semoga Bapak berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

10. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Umum Guru Bimbel

Sekarang ini sudah banyak bimbel yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dan jika anda merupakan orang yang bercita cita menjadi seorang guru, tidak ada salahnya memulai dari menjadi seorang guru bimbel terlebih dahulu. Namun tentu saja anda pun harus menulis surat lamaran kerja terlebih dahulu. Sebagai bahan referensi, di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja umum guru bimbel yang bisa anda lihat.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan
Bimbel Ganesha Operation
Jl. Iskandar Muda No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan iklan di Koran Suara Rakyat pada 22 Agustus 2019 yang menyebutkan bahwa Bimbel Ganesha Operation sedang membutuhkan tenaga pengajar bidang studi matematika, maka dengan ini saya :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Pend. Terakhir:S-1 Ilmu Matematika
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Bermaksud melamar untuk menjadi guru bidang studi Matematika di Bimbel Ganesha Operation yang Bapak/Ibu pimpin.

Adapun pengalaman kerja saya sudah pernah menjalani kerja magang sewaktu kuliah selama 3 bulan di SMA Negeri 1 Medan sebagai guru bidang studi matematika. Selain itu, saya juga sudah pernah mengajar selama 2 tahun di lembaga bimbingan belajar SMART dengan bidang studi yang sama, Matematika.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan.

  1. Ijazah dan transkrip nilai terakhir.
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Foto copy surat pengalaman kerja
  5. Pas foto ukuran 3 x 4 terbaru sebanyak 3 lembar

Saya berharap besar supaya dapat berkontribusi di Bimbel Ganesha Operation menjadi guru bidang studi Matematika.
Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dari Bapak/Ibu pimpinan Bimbel Ganesha Operation, saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

11. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Sekarang ini kebanyakan orang masih menggunakan surat lamaran kerja bahasa Indonesia. Namun itu semua tergantung dari perusahaan atau badan usaha yang akan anda lamar. Mungkin saja ada perusahaan yang mewajibkan anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris. Maka dari itu, anda pun bisa melihat contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di bawah ini.

Medan, August 23, 2019

Attention To :
Human Resources Department
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
di Tempat

Dear Sir/Madam,
I have read your advertisement at Tribun Jogja and found that your company is looking for employees for Engineer position. And I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering.

My name is Anton Syahputra, I am twenty three years old. I am a fresh graduated from Computer Engineering Department Universitas Sumatera Utara on November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist.

I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

  1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
  2. Academic Transcript
  3. Curriculum Vitae
  4. Recent photograph with size of 4×6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

Sincerely,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Hotel

Bekerja di sebuah hotel masih merupakan keinginan banyak orang saat ini. Hal ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya anak muda yang memilih jurusan perhotelan atau jurusan pariwisata ketika menempuh pendidikan tinggi. Jika anda memang merupakan tamatan dari jurusan tersebut dan memiliki keinginan untuk bekerja di sebuah hotel, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba. Untuk bahan referensi, berikut di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja di hotel yang bisa anda pergunakan.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan
Hotel Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi Hotel Sukses Makmur, bahwa hotel yang Bapak pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi receptionist. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan di atas. Sehubungan dengan hal tersebut berikut saya cantumkan data diri saya :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Jenis Kelamin:Perempuan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Pend. Terakhir:S-1 Perhotelan
Telp.:0812938573654

Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada publik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

  1. Pas foto 3×4 berwarna terbaru (2 lembar)
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotolopi KTP
  4. Fotokopi Ijazah
  5. Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak  berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

13. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan via Email di Perusahaan Retail

Ada banyak perusahaan retail sekarang ini yang bergerak di Indonesia. Sistem dari perusahaan retail inipun sudah terbilang sangat maju dan modern karena sering menerima surat lamaran kerja via email dari para calon kandidat karyawan mereka. Anda pun bisa meniru hal tersebut, agar tidak perlu keluar mengantar surat lamaran kerja ataupun harus pergi ke kantor pos untuk mengirimkan surat lamaran. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja via email di perusahaan retail di bawah ini.

To : recruitment.hrd@indomaret.co.id
Cc : president@indomaret.co.id
Subject : Pramuniaga (Kode Posisi)

Kepada Yth,
HRD PT INDOMARET GROUP
di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1995
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Pendidikan:SMA Negeri 1 Medan
Alamat::Jl. Amal No. 123, Medan

Berkenaan dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di PT. Indomaret Gorup sebagai pramuniaga. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya juga melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi SIM C
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi Surat Pengalaman Magang
  7. Pas Photo 3×4

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya tulis dengan sebenar-benarnya, saya sungguh berharap supaya diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Guru Bahasa Inggris

Ketika anda melamar pekerjaan sebagai seorang guru di sekolah tertentu, kemungkinan besar anda akan diminta untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia. Namun bukan tidak mungkin kalau anda akan diminta untuk menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, terlebih jika anda melamar kerja sebagai guru bahasa mata pelajaran Bahasa Inggris. Maka dari itu, anda pun bisa menulis surat lamaran kerja guru bahasa Inggris seperti di bawah ini.

Medan, August 23, 2019

Dear :
Headmaster SMA Negeri 1 Medan
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
di Tempat

With respect,
Based on information from the print media Medanpos on August 23, 2019, about the job opening to be Lecturer at the SMA Negeri 1 Medan that Mr / Mrs lead. With this job application letter I volunteered to join as a lecturer / lecturer at the SMA Negeri 1 Medan that Mr / Mrs lead, to fill the position lecturer Course Introduction to Mathematical Statistics 1 that is currently required.

I, the undersigned below :

Name:Dewi Cahaya
Points, Date of Birth:Medan/July 20, 1994
Studi:S-1
Addres:Jl. Amal No. 123, Medan

For completed some of the files needed for the consideration of Mr / Ms, I attach the following administrative paperwork that I have :

  1. Curriculum Vitae
  2. Copy of diploma and academic transcripts S1 which has been legalized
  3. Copy of Police Notes (SKCK)
  4. Copy Job Seekers Katu / Yellow Card from the Department of Labor
  5. Copy of courses and seminars
  6. Copy of Letter of Recommendation Lecturer
  7. Copy of Letter of Work Experience; Copy of Letter (KTP)
  8. Recently color photograph 4×6 cm 3 Latest sheet

Similarly, letters of job application I created with truth. The attention and consideration of Mr / Mrs I say many thanks.

Best regards,

Dewi Cahaya.

15. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sederhana

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, anda tidak harus menulis panjang lebar. Namun anda bisa menulis secara singkat, yang penting padat dan jelas. Hal tersebut akan memudahkan pihak penyedia lowongan untuk menganalisa informasi yang anda berikan dan lebih menarik perhatian mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran pekerjaan sederhana di bawah ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Menanggapi informasi lowongan kerja yang tertera di kantor Pos yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak sedang mencari seorang MANAGER (Manager – FCI). Saya mengirim surat lamaran kerja ini karena ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan anda. Saya juga yakin bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sesuai dengan posisi yang anda tawarkan.

Maka saya Anton Syahputra, SE, dengan pendidikan terakhir S-1 Ekonomi ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak Ibu Pimpin.

Bersama ini saya lampirkan :

  1. Foto copy ijazah & transkrip nilai terakhir (S1)
  2. Foto copy identitas diri (KTP)
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Surat Pengalaman Kerja
  5. Pas Foto 4 x 6

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra, SE

16. Contoh Format Surat Lamaran Pekerjaan

Beberapa contoh surat lamaran pekerjaan di atas tadi mungkin sudah cukup menjadi bahan referensi untuk anda sekalian. Sudah ada beberapa contoh surat lamaran pekerjaan, seperti contoh surat lamaran kerja umum, contoh surat lamaran kerja guru, contoh surat lamaran kerja di hotel. contoh surat lamaran kerja via email, dan beberapa contoh lainnya. Namun salah satu contoh surat lamaran kerja yang paling sering digunakan adalah contoh surat lamaran kerja umum di perusahaan. Maka dari itu, kami akan memberikan format surat lamaran kerja umum di bawah ini untuk anda sekalian.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, bahwa saat ini perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan untuk posisi . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. Maka sehubungan dengan hal tersebut, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Tempat/Tgl Lahir: 
Jenis Kelamin: 
Kebangsaan: 
Agama: 
Pend. Terakhir: 
Alamat: 
Telp.: 

bermaksud untuk mengajukan diri agar kiranya bisa diterima menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu pimpinan, bersama ini saya juga melampirkan beberapa berkas pendukung, diantaranya :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir)
  4. Pas Photo Terbaru Ukuran 4 x 6
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Besar harapan saya agar Bapak/ibu meluangkan waktu untuk mewawancarai saya, agar saya bisa menjelaskan lebih dalam mengenai kemampuan dan potensi diri yang saya miliki.

Atas perhatian dan kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.