16 Contoh Surat Panggilan Orang Tua, Kerja, Interview,DLL

Contoh Surat Panggilan – Berbicara mengenai surat panggilan, tentu akan banyak orang yang langsung berpikir mengenai kesalahan ataupun pelanggaran. Ya, surat panggilan ini biasanya ditujukan kepada orang orang yang melanggar peraturan, baik itu di sekolah, kampus, maupun tempat kerja. Dan penggunaan surat panggilan bukanlah merupakan sesuatu hal yang baru untuk beberapa pihak tersebut.

Ada sangat banyak jenis atau contoh surat panggilan yang seringkali dipergunakan oleh berbagai pihak. Namun jika diteliti lebih dalam, maka surat panggilan tidak hanya ditujukan kepada orang orang yang berbuat kesalahan. Surat ini juga biasa dipergunakan untuk contoh surat pemanggilan kerja, surat panggilan interview atau wawancara, dan lain sebagainya. Surat panggilan jenis ini biasanya dipergunakan oleh perusahaan dan ditujukan kepada perseorangan yang baru saja melamar pekerjaan di perusahaan mereka.

Surat ini juga bisa dipergunakan oleh seseorang atasan terhadap bawahannya, kendati tidak berbuat salah. Hal ini mungkin saja ketika sang atasan memiliki hal penting yang perlu dibicarakan dengan bawahannya. Maka dari itu, sang atasan pun bisa menggunakan surat panggilan dinas kerja.

Surat panggilan merupakan salah satu jenis surat resmi, dimana anda harus memperhatikan struktur penulisan surat dan juga penggunaan bahasa yang baik dan benar. Salah satu ciri dari surat ini adalah memiliki kop surat, yakni dari pihak yang menerbitkan surat. Selain itu, surat ini juga akan berisikan dasar atau alasan dari dibuatnya surat panggilan tersebut.

Contoh Surat Panggilan

Menulis surat panggilan tidaklah jauh berbeda dengan penulisan jenis surat resmi lainnya. Untuk anda yang sudah bekerja dan bertugas menangani surat menyurat, mungkin saja sudah pernah menggunakan surat ini untuk memanggil karyawan ataupun orang tua siswa. Dan jika anda baru ingin menggunakan surat panggilan untuk pertama kalinya, ada banyak contoh surat yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

Bagi anda yang masih sekolah atau kuliah, dan mendapat tugas untuk menulis surat panggilan, juga mungkin akan membutuhkan bahan contoh. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat panggilan yang bisa anda pergunakan untuk bahan referensi dalam penulisan contoh surat yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Panggilan Orang Tua

Surat panggilan orang tua biasanya dipergunakan oleh pihak sekolah dan ditujukan kepada orang tua siswa. Siswa disini maksudnya adalah siswa yang melanggar tata tertib sekolah dan dinyatakan berbuat kesalahan di sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan orang tua di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/SMAN1/10/2019
Perihal : Panggilan Orang Tua

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan jika kami bermaksud untuk memanggil orang tua dari siswa :

Nama:Muhammad Ilham
Kelas:XI SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Adapun pemanggilan ini kami dikarenakan siswa dengan nama tersebut di atas sudah tidak masuk sekolah selama 5 hari berturut – turut tanpa izin dan pemberitahuan kepada pihak sekolah. Maka dari itu, kami memohon agar Bapak/Ibu orang tua dari siswa tersebut di atas bisa hadir di sekolah pada jam sekolah dan pada hari belajar. Kami juga berharap agar kehadiran ini tidak diwakilkan kepada wali.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 7832573275328325.

2. Contoh Surat Panggilan Kerja

Ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan, maka biasanya akan diadakan test dan interview terlebih dahulu. Dan hasil keputusan pun biasanya akan diumumkan beberapa hari kemudian. Anda bisa mengirimkan surat panggilan interview ataupun undangan interview dalam bahasa Inggris ketika menemukan calon karyawan yang cocok. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pemanggilan kerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Panggilan Kerja

Kepada Yth,
Sdr. Muhammad Ilham
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini kami beritahukan jika Saudara Muhammad Iham sudah diterima bekerja di perusahaan kami, berdasarkan hasil test dan wawancara yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Maka dari itu, kami pun berharap agar Saudara bisa segera masuk kerja setelah surat ini diterima, lengkap dengan pakaian resmi sebagaimana layaknya.

Demikian surat panggilan kerja ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Panggilan Interview

Pada masa seleksi calon karyawan baru, maka biasanya akan dilaksanakan test terlebih dahulu. Dan jika sudah lolos dari sesi test, barulah kemudian dilanjutkan dengan sesi interview. Dalam hal ini, anda bisa mengirimkan surat panggilan interview dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan interview di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Panggilan Interview

Kepada Yth,
Sdri. Intan Permatasari
di Tempat

Dengan hormat,
Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi Saudari dalam melamar pekerjaan di perusahaan kami. Kami juga mengucapkan terimakasih atas kesediannya mengikuti sesi test pada minggu lalu.

Dengan ini kami beritahukan jika Sauddari Intan Permatasari lulus tahapt test dan akan dilanjutkan pada sesi interview. Untuk itu, kami berharap kehadirannya pada :

Hari/Tanggal:Senin/10 Oktober 2019
Pukul:09.00 WIB
Tempat:Ruang Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera
Pakaian:Celana Hitam dan Kemeja Putih

Kami berharap kedatangannya tepat waktu, untuk bisa mengikuti sesi interview sebagaimana mestinya.

Demikian surat panggilan interview ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Panggilan Interview Dalam Bahasa Inggris

Anda mungkin memang akan sangat jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan surat panggilan interview dalam bahasa Inggris ataupun contoh surat panggilan interview bahasa Inggris. Ya tidak bisa dipungkiri jika penggunaan contoh surat bahasa Inggris masih jarang digunakan di Indonesia. Namun di perusahaan berskala internasional, contoh surat interview bahasa Inggris ini bisa saja dibutuhkan. Maka dari itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat undangan interview bahasa Inggris di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, October, 05 2019

Number : 123/MJS/10/2019
Subject : Interview

To :
Dewi Cahaya
in Place

With Respect,
We thank you for your interest in applying for a job in our company. We also thank you for your willingness to attend the test session for receiving new employees last week in our company.

We hereby notify you if you have passed the test session and will take part in an interview session. For that, we look forward to your presence at :

Day/Date:Monday/October, 10 2019
Time:09.00 WIB
Point:HRD Room

We also tell you to use a white shirt and black pants. We hope that you arrive on time, for the sake of smooth interview sessions to be held.

We convey this interview letter, for your attention and presence, we thank you.

Best Regards,
Director of PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Panggilan Menghadap/Dinas

Perihal pemanggilan menghadap atau cntoh surat panggilan dinas kerja memang sering dipergunakan oleh para pejabat yang lebih tinggi kepada bawahannya. Dan untuk keperluan tersebut, seorang atasan pun bisa mengirimkan surat panggilan dinas kerja kepada bawahan yang dimaksud. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan dinas kerja untuk menghadap di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/Disdik/10/2019
Perihal : Panggilan Menghadap

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA Sederajat se-Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Mengingat waktu pelaksanaan Ujian Nasional untuk SMA Sederajat sudah semakin dekat, maka tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh setiap sekolah untuk meyambut pelaksanaan ujian tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami perlu mengetahui sejauh mana persiapan yang sudah dilaksanakan oleh setiap sekolah. Maka dengan ini kami bermaksud memanggil Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Sederajat Se-Kota Medan untuk datang dan hadir pada :

Hari/Tanggal:Senin/10 Oktober 2019
Waktu:Pukul 09.00
Tempat:Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan

Mengingat pentingnya acara tersebut, maka kami berharap agar semua Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA Sederajat Se-Kota Medan bisa datang tempat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra.
NIP. 8973245698235326.

6. Contoh Surat Panggilan Sidang Cerai

Ketika seorang suami atau seorang istri mengajukan gugatan cerai kepada pasangannya, maka hal tersebut akan diputuskan melalui pengadilan agama. Maka dari itu, kedua pihak, baik termohon maupun pemohon akan dipanggil untuk menjalani sidang cerai. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan sidang cerai di bawah ini.

SURAT PANGGILAN (RELAAS)
Nomor : 123/MJS/10/2019

Pada hari Senin, 05 Oktober 2019, saya Anton Syahputra, SH, Jurusita Pengganti pada Pengadilan Agama Medan, guna memenuhi perintah dari Ketua Majelis Hakim pada tanggal 03 Oktober 2019.

TELAH MEMANGGIL

Muhammad Ilham, umur 29 tahun, Agama Islam, Pekerjaan Karyawan Swasta, bertempat tinggal di Jl. Amal No. 123, Medan, sebagai Pemohon,

Untuk datang menghadap di muka sidang Pengadilan Agama Medan, pada :

Hari/Tanggal:Senin/10 Oktober 2019
Pukul:10.00 WIB

Panggilan ini saya laksanakan di tempat yang dipanggil, dan disana saya tidak bertemu dengan TERMOHON.

Selanjutnya saya telah meninggalkan dan menyerahkan kepada pihak Pemohon sehelai surat panggilan ini.

Demikian surat penggilan ini di buat dan ditandatangani oleh saya sebagai jurusita Pengganti.

Mengetahui,
Jurusita Pengganti,

Anton Syahputra, SH.

7. Contoh Surat Dinas Panggilan Kerja

Panggilan dinas seringkali dipergunakan oleh berbagai instansi pemerintahan, dan biasanya dipergunakan untuk memanggil para pejabat tertentu dari seorang atasan. Surat dinas panggilan kerja ini bisa saja dimaksudkan utnuk membahas permasalahan yang ada ataupun untuk keperluan lainnya. Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa melihat contoh surat panggilan dinas kerja di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KANTOR SEKRETARIAT  KOTA MEDAN
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/Pemkot/10/2019
Perihal : Panggilan Dinas

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Menanggapi semakin banyaknya keluhan dari para warga kota Medan terkait banyaknya lampu jalan yang mati, dan juga penataan taman dan kebersihan kota yang kurang baik, maka dengan ini kami bermaksud memanggil Bapak Muhammad Ilham, Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan, untuk datang dan hadir pada :

Hari/Tanggal:Senin/10 Oktober 2019
Pukul:09.00 WIB
Tempat:Kantor Seretariat Kota Medan

Kami berharap agar yang bersangkutan bisa datang dan hadir tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Walikota Kota Medan,

Anton Syahputra.
NIP. 8734872358325364.

8. Contoh Surat Panggilan Orang Tua Siswa

Jika seorang siswa bermasalah di sekolah dan pihak sekolah tidak bisa mentolerir lagi, maka biasanya akan dilakukan pemanggilan orang tua siswa/murid. Ada banyak tujuan dari pemanggilan orang tua ini, tentunya demi kebaikan bersama, terutama untuk siswa yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan orang tua siswa di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/SMAN1/10/2019
Perihal : Panggilan Orang Tua

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama ini, kami bermaksud mengundang orang tua dari siswa :

Nama:Muhammad Ilham
Kelas:X SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

untuk bisa hadir di sekolah SMA Negeri 1 Medan pada :

Hari/Tanggal:Selasa/06 Oktober 2019
Pukul:10.00 WIB
Tempat:Ruangan Kepala Sekolah

Adapun tujuan dari pemanggilan ini adalah untuk membicarakan mengenai perilaku siswa dengan nama tersebut di atas yang sudah membuat keributan di sekolah dengan memukuli teman temannya.

Kami pun sangat berharap agar Bapak/Ibu Orang tua dari siswa tersebut di atas bisa hadir pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan, serta tidak mewakilkan kehadiran terhadap wali.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 78234873257853289.

9. Contoh Surat Panggilan Polisi

Seseorang bisa dipanggilan kepolisian tentu karena ada hal yang penting. Surat panggilan dari kepolisian pun biasaya diperuntukkan untuk seorang tersangka ataupun saksi dari suatu perkara. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan polisi di bawah ini.

KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA
RESORT KOTAMADYA MEDAN
Jl.Wahidin No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PANGGILAN
Nomor : 123/Polres/10/2019

Pertimbangan :

Bahwa untuk kepentingan pemeriksaan dalam hal penyidik tindak pidana perlu untuk memanggil seseorang untuk didengar keterangannya, dalam hal ini sebagai SAKSI.

Dasar :

  1. Pasal 7 ayat (1) huruf g, Pasal 11, Pasal 112 ayat (1) dan (2) dan Pasal 113 KUHP.
  2. UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
  3. Laporan Polisi No. 98/Pdn-11/102/2019 tanggal 03 Oktober 2019.

MEMANGGIL

Nama:Intan Permatasari
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1992
Agama:Islam
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Kewarganegaraan:Indonesia
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Untuk hadir di Kantor Polisi Resort Kota Medan, pada hari Senin, 10 Oktober 2019, Pukul 10.00 WIB, untuk didengar keterangannya sebagai SAKSI, dalam perkara tindak pidana Perampokan.

Dikeluarkan di : Medan
Pada Tanggal : 05 Oktober 2019

Kepolisian Resort Kota Medan,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Panggilan Wawancara

Pada proses melamar pekerjaan ataupun proses penerimaan calon karyawan baru, maka biasanya akan diadakan sesi wawancara untuk para calon karyawan yang sudah melamar. Pihak perusahaan pun bisa mengirimkan contoh surat panggilan interview dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, tergantung kebutuhannya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan wawancara/interview kerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Panggilan Wawancara

Kepada Yth,
Sdr. Muhammad Ilham
di Tempat

Dengan hormat,
Kami mengucapkan terimakasih atas ketertarikan saudara untuk bekerja di perusahaan kami. Dan setelah memeriksa surat lamaran kerja beserta lampiran lampiran yang saudara  berikan, maka dengan ini nyatakan saudara lulus verfikasi berkas.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud mengundang saudara untuk mengikuti wawancara pada :

Hari/Tanggal:Senin/10 Oktober 2019
Waktu:Pukul 08.00
Tempat:Ruang Personalia
Pakaian:Kemeja Putih dan Celana Hitam Resmi

Mengingat pentingnya sesi wawancara ini dan tidak ada sesi wawancara kedua, maka diharap agar saudara bisa hadir tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

11. Surat Panggilan Karyawan Bermasalah

Jika seorang karyawan melakukan kesalahan atau bermasalah di perusahaan, maka mungkin saja jika dia akan dipanggil oleh atasan untuk menghadap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Bisa untuk diberikan hukuman ataupun untuk tujuan membahas kesalahan yang sudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan karyawan bermasalah di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Panggilan Karyawan

Kepada Yth,
Sdr. Muhammad Ilham
Staff Produksi PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama ini kami bermaksud mengundang Saudara Muhammad Ilham untuk datang pada :

Hari/Tanggal:Senin/06 Oktober 2019
Waktu:Pukul 09.00 WIB
Tempat:Ruang Personalia

Surat pemanggilan ini kami terbitkan dengan tujuan meminta penjelasan dan pertanggungjawaban dari yang bersangkutan mengenai kerusakan Mesin Produksi diakibatkan kelalaian dari yang bersangkutan.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

12. Surat Pemanggilan Karyawan

Seorang karyawan bisa saja dipanggil oleh atasan kapan saja. Namun tentu saja hal tersebut memiliki alasan dan pertimbangan sendiri dari atasan. Dan pada umumnya hal tersebut dikarenakan kesalahan dari karyawan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan karyawan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Panggilan Karyawan

Kepada Yth,
Sdri. Intan Permatasari
Staff Marketing
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Mengingat pentingnya pencapaian target penjualan perusahaan, maka kita akan selalu berusaha memonitoring semua staff marketing dan berusaha mencapai target yang sudah ditentukan. Namun menurut pengamatan kami, Saudari Intan Permatasari sudah 2 bulan berturut turut tidak memenuhi target yang sudah ditentukan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami bermaksud memangil Saudari Intan Permatasari pada :

Hari/Tanggal:Senin/10 Oktober 2019
Waktu:Pukul 09.00 WIB
Tempat:Ruang Direktur

Kami selalu berusaha mencari solusi dari setiap masalah yang terjadi, baik di internal perusahaan, maupun untuk para karyawan. Dan kami berharap agar Saudari Intan Permatasari bisa hadir pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan, untuk berbagai mengenai masalah ataupun hambatan dalam meraih target penjualan dari perusahaan.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Panggilan Karyawan Tidak Masuk Kerja

Setiap perusahaan tentu sudah memiliki jadwal hari kerja untuk semua karyawan mereka. Dan jika ada karyawan yang tidak hadir pada beberapa hari, mungkin saja akan dipanggil oleh pihak perusahaan, demi meminta keterangan ataupun penjelasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan kerja karyawan tidak masuk kerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Panggilan Karyawan

Kepada Yth,
Sdri. Dewi Cahaya
Staff Administrasi
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Menurut informasi yang kami dapatkan dari Departemen Personalia, bahwa Saudari Dewi Cahaya tidak masuk kerja selama 4 hari berturut turut tanpa pemberitahuan pada minggu lalu, terhitung sejak tanggal 27 September s/d 30 September 2019.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami bermaksud memanggil Saudari Dewi Cahaya untuk hadir pada :

Hari/Tanggal:Senin/06 Oktober 2019
Pukul:10.00 WIB
Tempat:Ruang Direktur

Kami berharap agar semua karyawan yang tidak masuk kerja selalu memberitahukan ketidakhadirannya kepada perusahaan dan meminta izin. Dan untuk itu, kami pun bermaksud meminta pertanggung jawaban dan penjelasan terkait ketidakhadiran Saudari Dewi Cahaya selama 4 hari berturut turut.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

14. Surat Panggilan Untuk Menghadiri Sidang

Suatu sidang perkara pada umumnya harus dihadiri oleh beberapa pihak, seperti pihak penggugat ataupun pihak tergugat. Dan untuk itu, maka pihak pengadilan pun perlu memberikan surat panggilan sidang kepada mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan sidang di bawah ini.

PENGADILAN NEGERI TINGGI MEDAN
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PANGGILAN
Nomor : 123/PNM/10/2019

Pada hari ini, Senin, 05 Oktober 2019, saya panitera (pengganti) pada Pengadilan Negeri Tinggi Medan, ditunjuk oleh dan guna memenuhi perintah Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri tersebut, sebagaimana termuat dalam surat ketetapannya tertanggal 01 Oktober 2019, Nomor : 123/PNM/10/2019, untuk melaksanakan pekerjaan sebagai sita pengganti :

TELAH MEMANGGIL KEPADA :

Intan Permatasari, bertempat tinggal di Jl. Amal No. 123, Medan, sebagai TERGUGAT,

Untuk datang menghadap di muka Persidangan Pengadilan Negeri Tinggi Medan, pada hari Senin, 10 Oktober 2019, pukul 10.00 WIB, untuk didengar keterangan mereka dalam perkara tersebut dengan membawa saksi-saksi yang mereka ingin supaya didengar dan surat-surat yang mereka ingin ajukan sebagai berikut.

Kepada tergugat tersebut saya serahkan sehelai turunan bermaterai cukup daripada surat gugatan dengan pemberitahuan bahwa jika ia menghendaki dapat menjawab gugatan itu dengan tertulis yang ditandatangani, baik oleh sendiri maupun oleh kuasanya dan diserahkan dimuka persidangan tersebut.

Yang Menjalankan Pekerjaan,

Anton Syahputra.

15. Surat Pemanggilan dari Kepolisian

Kepolisian seringkali memanggil orang orang tertentu dikarenakan banyak hal. Namun pada umumnya seseorang dipanggil sebagai seorang tersangka/tergugat ataupun sebagai seorang saksi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat panggilan kepolisian di bawah ini.

KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA
RESORT KOTAMADYA MEDAN
Jl.Wahidin No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PANGGILAN
Nomor : 123/Polres/10/2019

Pertimbangan :

Bahwa untuk kepentingan pemeriksaan dalam hal penyidik tindak pidana perlu untuk memanggil seseorang untuk didengar keterangannya, dalam hal ini sebagai SAKSI.

Dasar :

  1. Pasal 7 ayat (1) huruf g, Pasal 11, Pasal 112 ayat (1) dan (2) dan Pasal 113 KUHP.
  2. UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
  3. Laporan Polisi No. 98/Pdn-11/102/2019 tanggal 03 Oktober 2019.

MEMANGGIL

Nama:Dewi Cahaya
Jenis Kelamin:Perempuan
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1992
Agama:Islam
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Kewarganegaraan:Indonesia
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Untuk hadir di Kantor Polisi Resort Kota Medan, pada hari Senin, 10 Oktober 2019, Pukul 10.00 WIB, untuk didengar keterangannya sebagai TERGUGAT, dalam perkara tindak pidana Pencemaran Nama Baik, atas pengaduan dari Saudari Intan Permatasari, sesuai dengan nomor laporan polisi 123/POLRES/MEDAN/10/2019 yang sudah kami terima.

Dikeluarkan di : Medan
Pada Tanggal : 05 Oktober 2019

Kepolisian Resort Kota Medan,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Panggilan

Ada banyak contoh dan jenis surat panggilan yang seringkali dipergunakan. Namun salah satu yang paling sering dipergunakan adalah surat panggilan orang tua dari pihak sekolah kepada orang tua siswa. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah format contoh surat panggilan orang tua untuk anda sekalian.

(KOP SURAT SEKOLAH)

(Nama Kota dan Tanggal)

Nomor : . . . . . . . . . . . . . . .
Perihal : Panggilan Orang Tua

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Bersama ini kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Orang Tua dari siswa :

Nama Siswa: 
Kelas: 
Alamat: 

untuk bisa hadir di sekolah pada :

Hari/Tanggal: 
Pukul: 
Tempat: 

Kehadiran Bapak/Ibu Orang Tua Siswa sangat kami harapkan demi kepentingan anak didik kita dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

Demikian surat panggilan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah . . . . . . . . . . . . . ,

(Nama dan Tanda Tangan).
NIP. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Penutup

Penggunaan surat panggilan memang masih sangat sering kita temui, baik di lingkungan sekolah, pekerjaan, kepolisian, kedinasan, maupun pengadilan. Salah satu yang sering digunakan adalah surat panggilan interview dalam bahasa Inggris ataupun bahasa indonesia. Penggunaan surat panggilan ini mempermudah menjadi komunikasi resmi antara pemanggil dan pihak yang dipanggil. Itulah tadi beberapa contoh surat panggilan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.