Mau Bisnis Terkendala Modal? Berikut 5 Sumber Modal Bisnis

Sumber Modal Untuk Bisnis – Banyak sekali keluhan mengenai permodalan ketika memulai bisnis. Padahal jika diperhatikan, permasalahan dalam memulai bisnis bukanlah hanya sebatas modal saja. Namun tetap saja kebanyakan orang akan stuck ketika memikirkan modal yang tidak ada. Jika Anda memiliki ide bisnis yang cemerlang dan jelas tentang perincian biaya dan keuntungannya, maka sumber modal bisnis akan datang dengan lebih mudah.

Sumber Modal Untuk Bisnis

Dari beberapa survey dalam memulai bisnis, modal jadi peringkat utama yang menyebabkan kesulitan bagi pemula yang akan menjalankan bisnisnya. Pebisnis pemula terus berkutat dengan pendanaan yang tidak mencukupi, dan kebanyakan dari mereka terlalu muluk-muluk pada awalnya dengan persiapan yang kurang memadai.

5 Sumber Modal Bisnis Untuk Anda

Biasanya pikiran orang tentang permodalan adalah dari berhutang, ini sangat salah jika Anda pun masih ragu tentang apakah bisnis Anda akan menguntungkan atau tidak, tentu akan sangat beresiko bagi Anda dan aset Anda yang dijaminkan jika tak mampu untuk membayar angsuran hutang setiap bulannya.

Dalam hal ini, aset yang anda jaminkan akan ditahan ataupun diambil alih oleh pihak pemberi pinjaman. Hal ini akan terjadi jika anda tidak mampu membayar angsuran atau cicilan hutang setiap bulannya, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama antara pemberi pinjaman dan anda sebagai pihak peminjam.

1.Modal dari Keluarga

Untuk memulai bisnis tentu membutuhkan modal yang cukup. Mulailah dengan simpanan uang atau menjual aset Anda yang berharga. Permodalan dari keluarga besar Anda juga bisa menjadi peluang, meminjam ke keluarga tentu tidak berbunga dan lebih fleksibel dalam pengembaliannya. Namun, Anda harus tetap menjaga profesionalitas agar hubungan dengan keluarga tidak terkendala dikemudian hari karena masalah uang.

2. Joint Venture

Sumber modal dengan sistem Joint Venture sangat cocok bagi Anda yang memiliki rencana bisnis yang baik. Rincikan semua rencana bisnis Anda dalam bentuk proposal dimana seluruh rencana, pembiayaan dan keuntungan potensialnya, serta pembagian keuntungan tersebut dirinci sedemikian rupa, dan kemudian cari partner terdekat terlebih dahulu yang berminat untuk memberikan modalnya untuk rencana bisnis Anda.

Syarat utama untuk memperoleh modal dengan sistem Joint Venture adalah Kepercayaan dan Integritas. Anda harus tidak memiliki cela pada track record Anda, sehingga orang yang melihat proposal Anda akan lebih yakin apabila melihat background Anda, terutama orang-orang yang sudah mengenal Anda.

3. Sumber Modal Bisnis dari Program Pemerintah

Saat ini, pemerintah dengan badan permodalan daerah dan atau pusat tengah gencar untuk mendorong usaha kecil menengah untuk lebih produktif dengan membantu permodalan serta bimbingan pelatihan terpadu sehingga koordinasi antara pengusaha dan pemerintah menjadi sinergi. Ada beberapa model skema pendanaan dari pemerintah, antara lain :

  • PNPM Mandiri

Program ini merupakan perwujudan dari kemitraan antara Pemerintah dengan pengusaha kecil dan menengah. Skema model ini awalnya tanpa adanya agunan, hanya dengan koordinasi antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah serta pusat.

  • PKBL

Yakni Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, namun pada pelaksanaannya belum sesuai yang diharapkan. Karena saat ini program PKBL dilimpahkan kepada PT PNM sebagai mitra dari BUMN untuk menyalurkan dana pinjaman usaha.

4. Crowd Funding

Model crowd funding biasanya untuk sebuah start up bisnis digital dimana pendanaannya melalui sistem crowd atau berjamaah. Dimana ada sebuah situs luar negeri semisal kickstarter atau crowdfunding yang mengorganisir antara pemodal dan pengusaha start up bisnis 4.0.

Siapa yang dapat mengajukan pendanaan crowd funding? Salah satu contoh misalnya membangun website untuk toko online atau jasa tertentu seperti perbaikan masalah iPhone secara online, atau toko online semisal bukalapak maupun tokopedia.

5. Pinjaman Kredit Usaha Rakyat

Ini adalah solusi terakhir bagi Anda yang bingung untuk memulai usahanya. Salah satu program pemerintah yang bekerjasama dengan perbankan sebagai sumber dana dengan bunga yang cukup rendah yakni 1-2% sangat memudahkan bagi pengusaha dalam mendanai usahanya.

Untuk bisa mendapatkan KUR, maka anda terlebih dahulu harus mengajukan surat permohonan kepada pihak terkait. Selain itu, anda pun harus memenuhi persyaratan yang harus dilengkapi, baik persyaratan administrasi ataupun persyaratan non administrasi. Misalnya saja, Anda harus memiliki aset sebagai jaminan atau Usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun dengan laporan keuangan yang jelas.

Dengan demikian, anda pun tidak akan terlalu susah untuk mendapatkan sumber modal bisnis, yang memang tidak bisa dipungkiri menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Namun yang paling penting sebenarnya bukanlah sekedar modal bisnis saja, melainkan kemauan berusaha dan keinginan untuk berkembang. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.