16 Contoh Surat Dagang Penawaran, Jual Beli, Permintaan, Pesanan

Contoh Surat Dagang – Dalam berbagai urusan bisnis ataupun urusan niaga, surat dagang memang sangat dibutuhkan. Bukan hanya antar perusahaan, namun juga bisa dipergunakan oleh berbagai pihak yang melakukan perdagangan atau jual beli. Maka tidak heran jika berbagai jenis dan contoh surat dagang masih seringkali dipergunakan hingga sekarang ini.

Berbicara mengenai suatu badan usaha, surat dagang memang wajib digunakan. Baik itu oleh perusahaan yang menyediakan produk dan barang, ataupun perusahaan yang menyediakan berbagai jasa untuk digunakan oleh orang lain. Selain itu, surat dagang ini juga dibutuhkan oleh pihak pihak yang membutuhkan suatu barang atau jasa, atau sering disebut sebagai konsumen.

Namun tidak hanya itu saja, ketika anda secara perseorangan menjual atau membeli suatu harta benda tertentu, maka anda juga bisa menggunakan surat dagang. Jenis surat dagang yang akan digunakan untuk itu adalah surat dagang jual beli, atau sering disebut sebagai perjanjian jual beli antara pembeli dengan penjual suatu barang. Surat ini akan berlaku ketika anda menjual atau membeli sebidang tanah, rumah, mobil, sepeda motor, maupun harta benda lainnya.

Jadi bisa disimpulkan jika penggunaan surat niaga memang sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik itu pembeli/konsumen maupun penjual. Ada banyak jenis surat niaga atau jenis surat dagang yang sering digunakan, seperti surat pesanan, penawaran, permintaan penawaran, tagihan pembayaran, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Dagang

Surat dagang atau sering disebut dengan surat niaga bukanlah merupakan jenis surat yang asing untuk sebuah badan usaha. Jika anda bekerja di suatu badan usaha dan bertugas mengurusi surat menyurat, maka tentu anda sudah terbiasa dengan surat surat tersebut. Namun untuk anda yang maish sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat dagang, maka mungkin harus membutuhkan beberapa contoh surat sebagai bahan referensi.

Menulis surat dagang tidaklah hal yang terlalu susah sebenarnya. Kendati demikian, di bawah ini adalah beberapa contoh surat dagang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi untuk menulis contoh surat yang baik dan benar.

1. Contoh Surat Dagang Penawaran Barang

Salah satu jenis surat dagang yang tentu sudah tidak asing lagi kita temukan adalah surat dagang penawaran barang. Surat dagang penawaran barang ini dikirimkan oleh pihak penyedia barang kepada para calon konsumen. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang penawaran barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Buah Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, perusahaan saudara merupakan salah satu perusahaan distributor barang barang elektronik yang besar dan berkembang dengan pesat di kota Medan. Dan untuk memenuhi permintaan konsumen, tentu saja perusahaan saudara harus memiliki supplier barang barang elektronik yang memadai.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam kesempatan yang baik ini kami bermaksud menawarkan barang barang elektronik yang kami produksi, yang memiliki kualitas tinggi namun dengan banderol harga yang terjangkau. Kami yakin para konsumen akan puas dengan barang barang elektronik tersebut nantinya.

Kami pun berharap bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan saudara dan menjadi salah satu supplier barang barang elektronik untuk perusahaan saudara.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Dagang Penawaran Jasa

Selain menyediakan barang atau produk, ada banyak juga perusahaan yang menyediakan jasa. Dan jasa ini juga perli ditawarkan kepada pihak lain agar lebih cepat dikenal pihak umum dan menarik minat mereka menggunakan jasa yang anda tawarkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang penawaran jasa di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
PEMASANGAN DAN SERVICE AC

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Penawaran Jasa
Lampiran : 1 Lembar Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan Hotel Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama ini izinkan kami memperkenalkan diri, PT. Maju Jaya Sejahtera yang bergerak di bidang penyediaan jasa pemasangan dan service ac. Kami melayani pemasangan ac baru dan juga perawatan dan service yang dilakukan secara berkala.

Sebagai sebuah hotel yang berkelas, tentu saja Hotel Sukses Makmur harus memiliki perangkat ac yang benar benar prima dan selalu siap digunakan demi kepuasan para konsumen. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud menawarkan jasa yang kami miliki kepada saudara. Kami bisa merawat dan melakukan service ac di hotel saudara secara berkala, untuk mencegah terjadinya kerusakan agar masa pakai ac lebih panjang.

Selain itu, kami juga akan melaporkan setiap part part ac yang perlu diganti kepada saudara untuk mencegah kerusakan yang lebih fatal. Dan semua laporan tersebut akan kami berikan setiap bulannya. Besar harapan kami agar bisa menjalin kerjasama dengan hotel saudara dan bisa saling menguntungkan antar kedua belah pihak.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Dagang Jual Beli

Surat dagang jual beli sering juga disebut dengan surat perjanjian jual beli. Surat ini diperlukan ketika dua orang melakukan jual beli suatu harta benda dan sebagai bukti penguat, maka perlu menggunakan surat dagang jual beli. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang jual beli di bawah ini.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI

Pada tanggal 20 September 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:9876447476
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

mewakili diri sendiri sebagai PENJUAL dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama, dengan :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:87653347675
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

mewakili diri sendiri sebagai PEMBELI dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Kedua belah pihak sudah sepakat melakukan perjanjian jual beli sebuah Mobil, yang selanjutnya diatur dalam beberapa pasal berikut ini :

  1. Pihak Pertama menyatakan sudah menjual 1 Unit Mobil Toyota Avanza Tahun 2016, warna Hitam dengan nomor polisi BK 4321 CBA atas nama Anton Syahputra dengan harga Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah).
  2. Pihak Kedua menyatakan sudah membeli satu unit mobil dari pihak pertama sesuai dengan keterangan di atas.
  3. Pihak Pertama menyatakan sudah menerima panjar atas mobil tersebut pada saat surat perjanjian ini ditanda tangani, sebesar 10% atau Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
  4. Pihak Kedua menyatakan akan melunasi sisa pembayaran selambat lambatnya 1 bulan sejak surat perjanjian ini ditanda tangani, atau pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.
  5. Segala urusan pajak dan balik nama kendaraan menjadi tanggung jawab dari Pihak Kedua sebagai pembeli.
  6. Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat akan menyelesaikan secara kekeluargaan jika terjadi kesalah pahaman. Namun jika tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, akan dibawa ke Pengadilan Negeri Medan.

Demikian surat perjanjian jual beli ini diperbuat dalam 2 (dua) rangkap dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Medan, 20 September 2019

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Dagang Permintaan Penawaran

Surat jenis yang satu ini juga seringkali dipergunakan ketika suatu pihak sedang membutuhkan barang atau jasa tertentu. Setelah mendapatkan supplier, maka anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai barang tersebut dan juga tata cara pembayaran, serta beberapa informasi lain. Maka dari itu, anda bisa mengirimkan surat permintaan penawaran kepada mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permintaan penawaran di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Permintaan Penawaran

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan yang terdapat pada Harian Medan Jaya pada tanggal 18 September 2019 yang lalu, kami mendapatkan informasi mengenai perusahaan saudara yang menjual perangkat komputer dan laptop dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau. Dan kami sangat tertarik dengan barang barang tersebut, sehubungan dengan perusahaan kami yang sedang membutuhkan banyak komputer dan laptop.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud meminta kepada saudara agar mengirimkan surat penawaran kepada kami. Kami juga meminta agar saudara mengirimkan :

  1. Brosur Lengkap Dengan Daftar Harga
  2. Tata Cara Pembayaran
  3. Tata Cara Pengiriman Barang Kepada Kami

Setelah mendapatkan informasi tersebut, maka kami akan mempertimbangkan kembali untuk melakukan pemesanan barang komputer dan laptop kepada saudara.

Demikian surat permintaan penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayanannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Permintaan Barang

Ketika anda membutuhkan suatu barang dan ingin membelinya, maka anda tinggal mencari supplier saja. Setelah mendapatkan informasi yang anda butuhkan terkait barang barang tersebut, maka anda pun bisa segera mengirimkan surat permintaan baran atau surat pesanan barang. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permintaan barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Berdasarkan surat penawaran Saudara No. 72/SA/IV/19 tanggal 15 September 2019 yang lalu, bersama ini kami bermaksud untuk memesan barang-barang sebagai berikut :

  1. 30 Unit TV LED Samsung 32 Inchi
  2. 30 Unit TV LED Samsung 24 Inchi
  3. 30 Unit Kompor Listrik
  4. 30 Unit Dispenser
  5. 30 Unit Kulkas Satu Pintu

Kami  berharap agar barang barang tersebut bisa dikirimkan kepada kami secepatnya, dan sudah kami terima setidaknya pada tanggal 10 Oktober 2019 mendatang. Mengenai pembayaran akan kami lakukan dengan cara tunai di perusahaan kami setelah memeriksa semua barang pesanan kami.

Demikian surat pesanan ini kami perbuat, atas perhatian dan pelayanannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Dagang Resmi

Surat dagang yang resmi merupakan surat dagang atau surat niaga yang dipergunakan oleh suatu perusahaan dan ditujukan kepada perusahaan lain. Dalam hal ini, isi dari surat tersebut bisa bermacam macam, seperti pesanan, penawaran, penagihan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang resmi di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
PRODUSEN CAT TERBAIK

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Perkenalan
Lampiran : 1 Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
PT. Maju Jaya Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi berbagai macam cat. Hingga saat ini telah melayani 500 outlet atau toko di Medan dan juga di luar Kota Medan.

Dalam kesempatan yang baik ini, kami pun bermaksud memperkenalkan cat cat terbaik yang kami produksi kepada saudara. Bersama ini kami pun sudah kami melampirkan satu buah brosur untuk saudara.

Demikian perkenalan kami atas cat yang kami produksi dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan cat untuk usaha saudara. Atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Dagang Yang Berisi Pesanan Barang

Jenis surat dagang yang berisi pesanan mungkin merupakan salah satu contoh surat dagang atau surat niaga yang paling sering digunakan. Surat ini dipergunakan untuk melakukan pemesanan barang dari pembeli kepada penjual. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang yang berisi pesanan barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas surat penawaran yang saudara kirimkan pada tanggal 15 September yang lalu. Dan dengan ini kami sangat tertarik dengan barang barang atk yang saudara tawarkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud untuk memesan barang barang atk sebagai berikut :

  1. 20 RIM Kertas A4
  2. 20 Lusin Pensil
  3. 20 Lusin Bolpoin
  4. 20 Kotak Tinta Printer Hitam
  5. 20 Kotak Paper Clip

Kami berharap agar barang barang pesanan kami bisa dikirim secepatnya dan sudah kami terima setidaknya pada tanggal 10 Oktober 2019 mendatang. Adapun mengenai pembayaran akan kami lakukan di kantor kami setelah semua barang tersebut sampai dan sudah kami periksa.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayanannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Dagang Yang Benar

Dalam menulis surat dagang, ada banyak hal yang harus anda perhatikan. Seperti penggunaan bahasa, bagian bagian surat yang harus tepat, dan beberapa faktor lainnya. Di bawah ini adalah surat konfirmasi pesanan sebagai salah satu contoh surat dagang yang benar untuk anda sekalian sebagai bahan referensi.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Konfirmasi Pesanan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Kami ucapkan terimakasih atas surat yang saudara kirimkan pada tanggal 15 September yang lalu, yang berisikan pesanan barang. Melalui surat ini, kami bermaksud melakukan konfirmasi atas barang barang yang saudara pesan, yakni :

  1. 20 RIM Kertas A4
  2. 20 Lusin Pensil
  3. 20 Lusin Bolpoin
  4. 20 Kotak Tinta Printer Hitam
  5. 20 Kotak Paper Clip

Setelah surat ini Saudara tanda tangani, mohon lembar aslinya diserahkan kepada kami dan kami akan mengirimkan barang pesanan anda secepatnya.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Dagang Pemesanan Barang

Surat pemesanan barang dibutuhkan oleh calon pembeli untuk melakukan pemesanan barang kepada penjual. Dalam surat pesanan tersebut akan tercantum nama nama dan jenis barang yang ingin dibeli, dan juga tata cara pembayaran yang akan dilakukan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang pemesanan barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pemesanan Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Menurut informasi yang kami dapatkan, perusahaan anda PT. Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan distributor yang menjual komputer dan laptop dengan harga terjangkau di kota Medan.

Dan sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud memesan komputer dan laptop dari perusahaan anda, sebagai berikut :

  1. 5 Unit Komputer Core i8
  2. 5 Unit Komputer Core i5
  3. 5 Unit Laptop Core i8
  4. 5 Unit Laptop Core i5
  5. 5 Unit Laptop Core i3

Kami berharap agar barang pesanan kami bisa dikirimkan secepatnya kepada perusahaan kami dengan alamat yang tertera pada kop surat. Kami pun akan melakukan pembayaran secara tunai di kantor kami pada saat barang tersebut sudah tiba dan kami periksa semuanya.

Demikian surat pesanan ini kami perbuat, atas perhatian dan pelayanannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Dagang Mobil

Ketika anda melakukan jual beli mobil, maka anda harus menggunakan surat dagang atau surat niaga jual beli mobil. Hal ini berguna untuk menghindari permasalahan di kemudian hari, baik anda sebagai pembeli maupun sebagai penjual. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang mobil di bawah ini.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI

Pada tanggal 20 September 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:9876447476
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

mewakili diri sendiri sebagai PENJUAL dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama, dengan :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:87653347675
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

mewakili diri sendiri sebagai PEMBELI dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Kedua belah pihak sudah sepakat melakukan perjanjian jual beli sebuah Mobil, yang selanjutnya diatur dalam beberapa pasal berikut ini :

  1. Pihak Pertama menyatakan sudah menjual 1 Unit Mobil Daihatsu Xenia Tahun 2016, warna Hitam dengan nomor polisi BK 4321 CBA atas nama Anton Syahputra dengan harga Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah).
  2. Pihak Kedua menyatakan sudah membeli satu unit mobil dari pihak pertama sesuai dengan keterangan di atas.
  3. Pihak Pertama menyatakan sudah menerima panjar atas mobil tersebut pada saat surat perjanjian ini ditanda tangani, sebesar 10% atau Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
  4. Pihak Kedua menyatakan akan melunasi sisa pembayaran selambat lambatnya 1 bulan sejak surat perjanjian ini ditanda tangani, atau pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.
  5. Segala urusan pajak dan balik nama kendaraan menjadi tanggung jawab dari Pihak Kedua sebagai pembeli.
  6. Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat akan menyelesaikan secara kekeluargaan jika terjadi kesalah pahaman. Namun jika tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, akan dibawa ke Pengadilan Negeri Medan.

Demikian surat perjanjian jual beli ini diperbuat dalam 2 (dua) rangkap dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Medan, 20 September 2019

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

11. Contoh Surat Dagang Tanah

Proses jual beli sebidang tanah memang sudah seharusnya menggunakan surat dagang tanah. Hal ini akan sangat berguna agar berbagai permasalahan di kemudian hari bisa diatasi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang tanah di bawah ini.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI

Pada tanggal 20 September 2019, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:9876447476
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

mewakili diri sendiri sebagai PENJUAL dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama, dengan :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:87653347675
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

mewakili diri sendiri sebagai PEMBELI dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Kedua belah pihak sudah sepakat melakukan perjanjian jual beli sebidang tanah yang beralamat di Jl. Perjuangan No. 123, Medan, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Medan Baru, Kotamadya Medan, yang selanjutnya diatur dalam beberapa pasal berikut ini :

  1. Pihak Pertama menyatakan sudah menjual sebidang tanah dengan luas 100 ha dengan sertifikat atas nama Anton Syahputra dengan harga Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah).
  2. Pihak Kedua menyatakan sudah membeli sebidang tanah sebagaimana diterangkan diatas.
  3. Pihak Pertama menyatakan sudah menerima panjar atas pembelian sebidang tanah tersbut pada saat surat perjanjian ini ditanda tangani, sebesar 10% atau Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah).
  4. Pihak Kedua menyatakan akan melunasi sisa pembayaran selambat lambatnya 1 bulan sejak surat perjanjian ini ditanda tangani, atau pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang.
  5. Segala urusan mengenai tanah tersebut dan juga pengurusan balik nama menjadi tanggung jawab dari pihak kedua sejak surat perjanjian ini ditanda tangani.
  6. Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat akan menyelesaikan secara kekeluargaan jika terjadi kesalah pahaman. Namun jika tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, akan dibawa ke Pengadilan Negeri Medan.

Demikian surat perjanjian jual beli ini diperbuat dalam 2 (dua) rangkap dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Medan, 20 September 2019

Pihak Pertama,Pihak Kedua,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

12. Contoh Surat Dagang Pemberitahuan Pengiriman Barang

Ketika anda menerima pesanan dari perusahaan lain, maka alangkah baiknya jika barang tersebut segera anda kirimkan dengan secepatnya. Dan untuk memberitahukan pengiriman, anda pun bisa mengirimkan surat pemberitahuan pengiriman  barang kepada konsumen anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang pemberitahuan pengiriman barang di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pemberitahuan Pengiriman Barang

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Jakarta

Dengan hormat,
Sungguh merupakan suatu kebanggaan bagi kami atas kepercayaan Saudara pada perusahaan kami. Adapun pesanan Saudara pada tanggal 15 September 2019 yang lalu dengan nomor surat 255/IM/IV/2019 telah kami kirimkan pagi ini menggunakan pengankutan Bus MAJU EXPRESS sesuai dengan permintaan saudara.

Apabila ada hal-hal yang kurang berkenan mengenai pesanan Saudara, mohon segera memberitahu kepada pihak kami.

Demikian surat pemberitahuan pengiriman barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Dagang Penolakan Pesanan

Ketika anda menerima pesanan dari perusahaan lain, namun anda tidak bisa melayani pesanan tersebut, maka anda bisa mengirimkan surat penolakan pesanan, sekaligus permintaan maaf. Hal ini terjadi mungkin saja karena stok barang anda sedang kosong dan tidak bisa mengirimkan barang pesanan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang penolakan pesanan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Penolakan Pesanan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan saudara dengan melakukan pesanan barang laptop dari perusahaan kami, berdasarkan surat pensanan bernomor 054/NI/lV/2019 yang saudara kirimkan pada tanggal 15 September yang lalu.

Namun dengan sangat menyesal, kami tidak bisa melayani pesanan saudara, dikarenakan stok barang untuk laptop yang saudara pesan sedang kosong. Adapun stok akan datang dan tiba di perusahaan kami pada tanggal 10 Oktober 2019 mendatang, dan kami akan mengabari saudara secepatnya.

Kami sangat berharap agar saudara tidak kecewa dan tetap memberikan kepercayaan kepada kami.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan maklumnya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Dagang Penagihan Pembayaran

Ada banyak cara pembayaran atas suatu pembelian barang, dan salah satunya adalah cara transfer dengan tenggat waktu yang disepakati bersama. Namun jika pelanggan anda tidak membayar sampai jatuh tempo, maka anda pun bisa mengirimkan surat penagihan pembayaran kepada mereka. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang penagihan pembayaran di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Penagihan Pembayaran

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Terimakasih sebelumnya karena saudara sudah melakukan pembelian barang barang elektronik dari kami. Namun setelah kami memeriksa catatan kami, kami mendapati jika masih ada faktur saudara yang belum terbayarkan, dengan nomor faktur 210/EM/IV/2019 senilai Rp. 40.000.000 (empat puluh juta rupiah), yang fotocopy nya sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Kami pun berharap agar faktur tersebut segera saudara bayarkan, mengingat sudah lewat jatuh tempo yang kita sepakati bersama, yakni tanggal 15 September 2019 yang lalu.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Dagang Pengaduan

Kerjasama dagang tidak selamanya berjalan mulus dan mungkin saja terjadi kesalahan atau kekeliruan. Misalnya saja ketika anda membeli barang dan barang tersebut sudah anda terima, ternyata ada yang mengalami kerusakan. Maka dari itu, anda pun bisa mengirimkan surat pengaduan kepada penjual. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dagang pengaduan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 September 2019

Nomor : 123/MJS/09/2019
Perihal : Pengadua

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa 500 Sak Semen Merah Putih telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan banyak terima kasih.

Namun pada waktu barang barang tersebut kami buka, ternyata terdapat sebanyak 45 sak semen yang bocor dan tidak layak untuk kami jual kembali.

Oleh sebab itu, dengan sangat menyesal kami harus mengembalikan semen semen yang bocor tersebut kepada saudara. Kami juga memohon agar saudara mengirimkan 45 sak semen yang masih bagus sebagai barang pengganti atas semen yang rusak tersebut.

Demikian surat pengaduan ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayananya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

16. Format Contoh Surat Dagang

Jenis jenis dan contoh surat dagang yang digunakan memang sangat banyak. Namun salah satu jenis surat dagang yang paling sering dipergunakan adalah surat pesanan barang. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah format contoh surat dagang pesanan untuk anda sekalian.

(KOP SURAT PERUSAHAAN)

(Nama Kota dan Tanggal)

Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . .
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Surat penawaran dari saudara bernomor  . . . . . . . . . . . . . . . . . pada tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . . sudah kami terima dengan baik. Dan kami menyatakan terimakasih atas surat penawaran yang saduara kirimkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud memesan barang barang sebagai berikut :

  1.  . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. . . . . . . . . . . . . . . . . .
  3. . . . . . . . . . . . . . . . . .
  4. . . . . . . . . . . . . . . . . .
  5. . . . . . . . . . . . . . . . . .

Kami berharap agar barang barang pesanan kami bisa dikirimkan secepatnya dan sudah kami terima setidaknya pada  . . . . . . . . . . . . . . . . .. Adapun mengenai cara pembayara akan kami lakukan dengan cara  . . . . . . . . . . . . . . . . ..

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, atas perhatian dan pelayannya yang baik, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Penggunaan surat dagang atau surat niaga memang tidak bisa ditinggalkan hingga saat ini. Surat ini sangat berguna dalam dunia bisnis maupun dalam perjanjian jual beli suatu harta benda tertentu. Itulah tadi beberapa contoh surat dagang atau niaga yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi.