Doa Kristen di Pagi Hari Sebelum Bekerja dan Sekolah

Pagi hari merupakan awal dari aktivitas kebanyakan orang setiap harinya. Dan dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan, sudah seharusnya tetap mengandalkan kuasa Tuhan. Untuk agama Kristen, bisa menggunakan doa kristen di pagi hari, begitu juga dengan umat agama lain sesuai ajarannya masing – masing.

Dalam agama Kristen, ada ajaran yang menyebutkan “Bekerja Sambil Berdoa”. Pekerjaan yang kita lakukan bisa disebut sebagai usaha yang kita lakukan untuk mencapai sesuatu hal. Namun selain berusaha, tentunya kita juga harus meminta pertolongan Tuhan yang berkuasa atas segalanya.

Doa Kristen di pagi hari sebelum bekerja hendaknya menjadi salah satu sarapan rohani setiap paginya bagi umat Kristen. Apapun pekerjaan yang kita lakukan, tentunya semua harus atas seizin Tuhan, dan untuk itulah kita perlu memohon pertolongan dari-Nya sebagai umat yang beriman.

Berdoa tidak harus melihat keadaan, misalnya ketika sakit lalu memanjatkan doa kristen untuk orang sakit demi kesembuhan. Tapi dalam keadaan senang juga, kita harus tetap mengandalkan Tuhan.

Contoh Doa Kristen di Pagi Hari

Berdoa adalah salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan ataupun untuk meminta apa yang kita inginkan. Setiap harinya, setiap orang pasti memiliki keinginan, misalnya agar pekerjaanya lancar, agar mendapatkan nilai yang bagus di sekolah, agar lulus ujian, dan lain sebagainya.

Tetap andalkan Tuhan dalam setiap aktivitas kita dan serahkan diri sebelum kita melakukan apa yang menjadi kewajiban kita sejak pagi hari. Dengan demikian, kita berharap agar bisa melewati hari tersebut dengan baik dan tanpa kekurangan satu apapun juga.

Adapun pengucapan doa kristen dari setiap orang mungkin saja berbeda – beda. Namun bagaimanapun juga, tentunya tidak ada salahnya untuk mencari bagaimana kalimat – kalimat yang bagus dalam berdoa. Maka dari itu, berikut beberapa contoh doa kristen di pagi hari yang bisa anda jadikan referensi.

1. Doa Kristen di Pagi Hari Sebelum Bekerja

Pekerjaan setiap orang setiap harinya bisa saja berbeda, namun semuanya pasti menginginkan kelancaran dalam melakukan pekerjaan masing – masing. Serahkan semuanya ke dalam tangan Tuhan, bahkan sebelum anda memulai pekerjaan anda.

Sebagai umat Kristen yang beriman, mari kita awali setiap pekerjaan kita dengan berdoa kepada Tuhan. Di bawah ini adalah contoh doa agama kristen di pagi hari sebelum bekerja.

Ya Allah, Tuhan Kami, segala puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat-Mu Tuhan atas segala cinta dan kasih-Mu yang masih saya rasakan di pagi hari yang indah ini. Saya bisa melewati malam yang gelap gulita, dan akan memulai pekerjaan pagi hari ini, semua karena berkat-Mu.

Ya Tuhan, Engkau tahu sebentar lagi saya akan memulai aktivitas saya dalam bekerja. Kiranya Tuhan selalu membimbing saya dalam segala pekerjaan yang akan saya lakukan, jauhkan segala mara bahaya, dan jadikanlah pekerjaan yang saya lakukan ini menjadi berkat bagi saya dan juga orang lain.

Ajari saya Tuhan untuk selalu bersabar dalam bekerja, selalu tetap mengandalkan kuasa-Mu dalam bekerja, dan senantiasa menyelesaikan pekerjaan dengan seizin-Mu Tuhan. Bimbing saya untuk bekerja dengan semangat dan kasih, bekerjasama dengan orang lain, terutama bekerjasama dengan-Mu.

Ketika saya mengalami kesulitan dalam bekerja, jangan biarkan saya tersesat Tuhan, tetapi tuntunlah saya dengan kasih-Mu untuk mencari jalan keluar dari segala kesulitan yang saya jumpai selama bekerja.

Ya Tuhan, diatas semua permohonan saya ini, saya adalah manusia yang lemah dan penuh dosa. Kiranya terlebih dahulu berikan saya pengampunan Tuhan, agar saya layak disebut sebagai anak-Mu dan layak memohon dari-Mu Tuhan.

Hanya dalam nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, saya berdoa dan mengucap syukur serta memohon kepada-Mu. Amin.

2. Doa Agama Kristen di Pagi Hari Sebelum Sekolah

Jika anda masih sekolah, maka hendaknya selalu belajar dengan baik. Bukan hanya bertujuan untuk pintar secara akademik, namun juga harus berusaha mengamalkan semua ilmu yang didapatkan dari guru – guru di sekolah. Dengan demikian, hidup kita akan jauh lebih berwarna dan bermanfaat untuk orang di sekitar kita.

Untuk itu, awali setiap hari anda dengan berdoa di pagi hari, atau sebelum berangkat ke sekolah. Serahkan semua proses belajar yang akan anda ikuti di sekolah ke tangan kuasa Tuhan. Di bawah ini contoh doa kristen di pagi hari sebelum sekolah.

Bapa yang baik, kembali saya menghadap-Mu Bapa untuk mengucap syukur dan berterimakasih atas semua berkat-Mu yang masih saya rasakan hingga pagi hari ini.

Bapa yang Maha Penyayang, di pagi hari ini saya akan kembali belajar dan menimba ilmu di sekolah, kiranya tetap bimbing saya Bapa, agar bisa belajar dengan baik, mendapatkan ilmu dengan baik, dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari Bapa.

Bapa yang Maha Pengasih, berikanlah saya kemudahan dalam belajar Bapa, ajari saya untuk bisa memahami setiap pelajaran yang saya terima dari Bapak/Ibu Guru di sekolah, bisa membanggakan dan membahagiakan orang tua saya, terlebih memuliakan nama-Mu Bapa.

Ya Bapa, buka hati dan pikiran saya, agar bisa menjadikan setiap ilmu yang saya terima bermanfaat untuk saya, untuk keluarga saya, orang sekitar saya, dan kelak demi bangsa dan negara ini Bapa. Untuk itu, jauhkanlah segala godaan yang menghambat fokus saya dalam belajar ya Bapa.

Bapa yang Maha mengampuni, saya adalah manusia yang lemah dan penuh dosa, kirannya ampunilah kesalahan dan dosa – dosa saya Bapa, agar layak meminta berkat dari-Mu. Hanya dalam nama Anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, saya bersyukur dan berdoa kepada-Mu. Amin.

Penutup

Setiap orang tentu sudah memiliki rencana yang akan dilakukan setiap harinya. Baik dalam bekerja, sekolah, dan lain sebagainya. Dengan perencanaan tersebut, setiap orang juga tentu sudah memiliki persiapan yang akan dilakukan dari pagi sampai selesai melakukan pekerjaan.

Namun diatas semuanya itu, hendaknya doa kristen yang kita panjatkan di pagi hari menjadi sarapan rohani yang wajib. Doa kristen di pagi hari untuk setiap orang mungkin berbeda – beda, namun tidak ada doa yang salah, dan sangat perlu adanya mengandalkan Tuhan dalam segala aktivitas kita.