suratresmi » Umum » Perbedaan Simpati dan Empati

Perbedaan Simpati dan Empati

Perbedaan Simpati dan Empati

Perbedaan Simpati dan Empati – Dalam kehidupan sosial, perasaan empati dan simpati tentu akan sering kita rasakan. Kedua kata ini berhubungan erat dengan emosi, yang secara tidak sadar memang sering dirasakan oleh banyak orang. Namun diatas itu, tentu saja ada banyak perbedaan simpati dan empati.

Jika diurutkan dari posisi yang terbaik, maka empati adalah yang paling tinggi, disusul dengan simpati, selanjutnya adalah antipati. Antipati merupakan rasa ketidaksukaan untuk sesuatu atau seseorang. Dalam hal ini, sangat bertolak belakang dengan empati dan simpati.

Dalam kehidupan sehari – hari, rasa simpati memang sudah seharusnya kita miliki. Bahkan akan jauh lebih baik lagi jika memiliki rasa empati terhadap orang lain. Walaupun sama – sama merupakan reaksi emosional, namun empati jauh lebih tinggi dibandingkan simpati.


Pengertian Empati

Pengertian Empati

Sebelum membahas perbedaan simpati dan empati, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian keduanya. Dilansir dari wikipedia tentang empati, Empati berasal dari bahasa Yunani “εμπάθεια” yang diartikan sebagai “ketertarikan fisik”.

Sementara dalam bahasa Inggris, empati disebut dengan “empathy” yang ditemukan pada tahun 1909 oleh E.B. Titchener, terjemahan dari bahasa Jerman “Einfühlungsvermögen” oleh Theodor Lipps pada akhir abad 19. Namun setelah itu diterjemahkan kembali ke bahasa Jerman sebagai “empathie”.

Jadi, Pengertian Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

Orang yang berempati mampu merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain. Misalnya ketika orang tua sahabat baru saja meninggal dunia. Jika anda bersikap empati, maka anda akan mampu memposisikan diri sebagai sahabat anda tersebut, memiliki keinginan untuk membantunya bangkit dari kesedihan.


Pengertian Simpati

Pengertian Simpati

Pengertian Simpati adalah perasaan peduli dan perhatian terhadap orang lain disertai dengan adanya keterlibatan pribadi yang cukup dalam. Simpati juga bisa diartikan dengan rasa kasih, keikutsertaan merasakan perasaan. Jadi dari sini sebenarnya sudah jelas perbedaan simpati dan empati.

Memberikan rasa simpati terhadap orang lain bukanlah hal yang susah. Misalnya saja ada orang tua sahabat yang baru saja meninggal dunia. Kemudian anda pun mengirimkan sepucuk surat untuk sahabat pena tersebut yang berisikan ucapan turut bersedih dan berdukacita.

Ucapan turut berdukacita tersebut disebut dengan perasaan simpati, bukan empati. Jika anda berempati, maka anda tentu akan memposisikan diri anda sebagai dirinya, merasakan apa yang dirasakannya, serta berupaya membantunya bangkit dari kesedihan.

Jadi, perbedaan simpati dan empati yang paling utama empati jauh lebih mendalam dibandingkan rasa simpati. Memberikan rasa simpati mungkin mudah, bahkan kepada orang yang tidak kita kenal sama sekali. Namun tidak demikian dengan perasaan empati.


Perbedaan Simpati dan Empati

Perbedaan Simpati Dan Empati

Perasaan simpati dan empati mungkin saja bisa dirasakan oleh seseorang secara bersamaan. Memiliki rasa empati terhadap musibah yang sedang dialami oleh orang lain, sudah pasti memiliki unsur perasaan simpati juga.

Namun ketika anda bersimpati terhadap orang lain, maka belum tentu atau bahkan tidak akan mudah untuk memberikan rasa empati. Disinilah letak perbedaan simpati dan empati yang paling mendasar.

Simpati memiliki efek yang kecil, namun empati memiliki efek yang sangat besar. Hal ini dikarenakan empati adalah rasa dimana kita berhasil mengandaikan diri dalam posisi orang lain. Dalam hal ini, orang yang berempati akan berusaha sebisa mungkin untuk membantu.

Rasa empati jauh lebih mendalam dibandingkan simpati. Dalam hal ini, simpati hanya pada level dimana merasa iba kepada orang lain, sementara empati ikut merasakan kesedihan atau persoalan yang sedang dialami, serta mencari solusi juga untuk mengatasinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top