16 Contoh Surat Dispensasi Kuliah Untuk Mahasiswa

Contoh Surat Dispensasi Kuliah – Jenis surat yang satu ini dipergunakan untuk memberikan keringanan kepada seseorang atau kelompok tertentu secara resmi. Misalnya saja dalam perkuliahan, dimana mahasiswa diberikan kebebasan untuk tidak masuk kuliah selama periode tertentu dikarenakan alasan yang tentunya harus jelas.

Mengeluarkan surat dispesansi tentu saja tidak sembarangan, dan pada umumnya dikeluarkan oleh atasan. Pemberian dispensasi juga harus berdasarkan alasan yang jelas dan tentunya bisa dipertanggung jawabkan. Misalnya saja, mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan sebagai perwakilan dari kampus, maka bisa diberikan surat dispensasi kuliah.

Lantas, apa yang dimaksud dengan surat dispensasi?. Dispensasi adalah sebuah keputusan yang memberikan kebebasan kepada seseorang dari aturan yang berlaku. Jadi, anda dibebaskan dan tidak terikat dengan aturan, tentunya dalam waktu yang sudah ditentukan. Dalam hal ini, pemberian dispensasi kuliah kepada mahasiswa berarti dibebaskan dari jam kuliah untuk 1 atau 2 hari misalnya.

Ada banyak contoh surat dispensasi kuliah yang bisa dipergunakan, tergantung dari keperluan masing – masing. Bukan hanya dispensasi tidak masuk kuliah, namun juga dispensasi keterlambatan pembayaran uang kuliah. Mahasiswa diberikan waktu tenggat yang lebih lama untuk membayar uang kuliah, tentunya juga harus dengan alasan yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan mahasiswa yang bersangkutan.

Contoh Surat Dispensasi Kuliah

Contoh surat dispensasi kuliah merupakan salah satu jenis surat resmi, dimana penulisannya dan penggunaan kata di dalamnya harus diperhatikan dengan baik. Penggunaan komponen surat juga harus lengkap, dan ditanda tangani oleh pejabat atau orang yang berwenang. Namun cara menulis surat dispensasi kuliah sebenarnya tidaklah sulit, terutama kebanyakan kampus sudah memiliki format surat dispensasi masing – masing.

Namun untuk anda yang memiliki pekerjaan untuk mengonsep surat, ataupun mendapat tugas untuk menulis contoh surat dispensasi, maka tidak ada salahnya untuk mencari referensi. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat dispensasi kuliah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan penulisan surat.

1.Contoh Surat Dispensasi Tidak Masuk Kuliah Karena Kegiatan

Bukan hal baru lagi jika ada kegiatan kampus yang bentrok dengan jam kuliah. Baik itu kegiatan di dalam kampus ataupun di luar kampus, seperti mengikuti kegiatan tertentu. Sebagai perwakilan kampus dalam mengikuti kegiatan, sudah seharusnya mahasiswa yang bersangkutan mendaptkan dispensasi dari pihak kampus dan juga dosen mata kuliah yang tidak bisa dihadiri.

Mahasiswa tersebut bisa saja dibebaskan dari jam kuliah selama mengikuti kegiatan. Namun tentu akan jauh lebih baik jika tetap menggunakan surat dispensasi, sebagai bukti resmi. Di bawah ini adalah contoh surat dispensasi tidak masuk kuliah karena kegiatan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

FAKULTAS MATEMATIKA & ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 15 November 2020

Nomor : 123/FMIPA/USU/11/2020
Lampiran : –
Perihal : Mohon Dispensasi Kuliah

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pengasuh Mata Kuliah
Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Olimpiade Sains Nasional oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, maka kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk memberikan dispensasi kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIM:783456755
Jurusan:Ilmu Pengetahuan Alam

dikarenakan akan mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/25 November 2020
Waktu:Pukul 09.00 – 15.00
Tempat:Hotel Indonesia, Jakarta
Acara:Olimpiade Sains Nasional

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Mengetahui,
Dekan FMIPA USU,

Dr. Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Dispensasi Kuliah dari Organisasi

Ada banyak organisasi yang bisa kita temukan pada lingkungan kampus, yang tentunya diisi oleh para mahasiswa kampus tersebut. Tidak jarang mahasiswa harus rela meninggalkan jam kuliah, dikarenakan kegiatan organisasi kampus tersebut. Hal ini memang sah sah saja, asalkan mahasiswa yang bersangkutan bisa mempertanggungjawabkannya dan mendapatkan dispensasi dari dosen.

Alangkah baiknya jika pimpinan organisasi kampus tersebut melayangkan surat permohonan dispensasi langsung kepada para dosen yang bersangkutan, agar tidak menimbulkan masalah ke depannya. Di bawah ini adalah contoh surat dispensasi kuliah dari organisasi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Sekretariat : Jl. Kampus USU No. 124, Medan
Telp. 061-234567, Fax. 061-234567

Medan, 15 November 2020

Nomor : 123/BEM-USU/11/2020
Lampiran : 1 (satu) Lembar
Perihal : Permohonan Dispensasi Kuliah

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Dosen
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka acara Rapat Koordinasi Perencanaan Kegiatan Tahun 2021 Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/23 November 2020
Pukul:10.00 – 13.00 WIB
Tempat:Auditorium USU
Acara:Perencanaan Kegiatan Tahun 2021

Sehububungan dengan adanya kegiatan tersebut, maka kami bermaksud untuk memohon izin untuk memberikan dispensasi kuliah kepada nama – nama mahasiswa yang tercantum pada lampiran ini, dikarenakan tidak bisa mengikuti jam kuliah seperti biasanya.

Demikian surat permohonan dispensasi ini kami buat, atas perhatian dan izin Bapak/Ibu Dosen kami sampaikan terima kasih.

Mengetahui,

Sekretaris BEM,Ketua BEM,
Intan Permatasari.Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Dispensasi Pembayaran Kuliah

Membayar uang kuliah dan tagihan lainnya dengan tepat waktu sudah menjadi kewajiban semua mahasiswa/i. Namun dikarenakan alasan tertentu, bukan tidak mungkin kalau mahasiswa harus menunda pembayaran biaya kuliah. Mungkin saja karena bencana alam, orang tua yang sedang sakit dan tidak bisa memberikan uang, ataupun berbagai alasan lainnya.

Tentunya alasan tersebut harus bisa dibuktikan oleh mahasiswa dan bisa dipertanggung jawabkan. Salah satu caranya adalah dengan mengikutsertakan orang tua menanda tangani surat dispensasi uang kuliah yang diajukan. Di bawah ini adalah contoh surat dispensasi pembayaran uang kuliah yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

SURAT PERMOHONAN DISPENSASI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIM:873458364
Jurusan:Pendidikan Ekonomi
Semester:VII (Tujuh)

Dengan ini mengajukan permohonan dispensasi untuk pembayaran SPP Semester VI (Tujuh), Tahun Akademik 2020/2021 sebesar Rp. 1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Adapun surat permohonan dispensasi ini saya ajukan dengan pertimbangan dan alasan orang tua saya yang baru saja kecelakaan dan harus menjalani operasi di Rumah Sakit Adam Malik dengan biaya yang banyak. Saya berjanji akan melunasi paling lambat pada tanggal 20 Januari 2022.

Apabila saya tidak melunasinya hingga jangka waktu tersebut, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di Universitas Medan Area.

Demikian permohonan dispensasi ini saya perbuat, atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Medan, 20 November 2020

Orang Tua,Pemohon,
Anton Syahputra.Dewi Cahaya.

Penutup

Mengajukan izin tidak masuk kuliah adalah hal yang wajar, asal bisa dipertanggung jawabkan dan disertai dengan alasan yang jelas. Mendapatkan dispensasi kuliah dari dosen tidaklah begitu susah jika anda memang memiliki alasan dan bukti yang kuat. Itulah beberapa contoh surat dispensasi kuliah yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.