16 Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Tetap Swasta

Contoh Surat Pengangkatan Karyawan – Jenis surat yang satu ini tentu merupakan surat yang sangat ditunggu – tunggu oleh para karyawan swasta dengan jabatan karyawan kontrak. Ya, ada banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan dengan status kontrak. Hal ini berarti jika karyawan tersebut bisa diberhentikan pada saat kontrak sudah usai.

Selanjutnya, perusahaan tinggal mencari karyawan kontrak baru lagi untuk mengisi posisi yang kosong. Hal ini memang seringkali kita temukan, terutama di perusahaan swasta sekarang ini. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang menerapkan karyawan kontrak sebagai penjenjangan sebelum mengangkat menjadi karyawan tetap. Semuanya tentu tergantung pada kinerja karyawan, apakah akan diangkat sebagai karyawan tetap atau diberhentikan setelah kontrak usai.

Agar bisa diangkat menjadi karyawan tetap, perusahaan tentu sudah memiliki standar tersendiri bagi semua calon karyawan tetap, dimana pada umumnya memang diangkat dari status karyawan kontrak. Tentu saja anda harus bisa memenuhi standarisasi yang ditentukan perusahaan jika ingin menjadi karyawan tetap.

Bekerja sebagai karyawan kontrak tentu ada banyak hal yang masih harus dipikirkan. Dengan status karyawan kontrak, maka perusahaan bisa saja memutuskan kontrak setelah selesai. Namun dengan status karyawan tetap, maka perusahaan tidak akan bisa lagi memberhentikan karyawan secara sepihak.

Namun perlu anda ketahui, jika surat pengangkatan karyawan tidak hanya digunakan untuk mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap. Namun SK perusahaan juga bisa digunakan ketika memberikan jabatan yang baru atau jabatan yang lebih tinggi kepada karyawan.

Apa Isi Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan?

Menulis surat keputusan karyawan sebenarnya bukanlah hal yang susah. Tentunya, sebagian besar perusahaan juga sudah memiliki draf surat keputusan karyawan agar lebih mudah digunakan. Namun sebelumnya, anda harus mengetahui apa saja isi dari contoh sk pengangkatan karyawan.

Kop Surat

Kop surat dimaksud adalah kop surat perusahaan yang mengeluarkan surat keputusan pengangkatan karyawan. Kop surat perusahaan diposisikan di bagian tengah atas, lalu diikuti dengan kop SK beserta nomor surat yang digunakan.

Pertimbangan dan Keputusan

Jika seorang karyawan swasta diangkat menjadi karyawan tetap, maka tentu ada pertimbangan yang mendasari keputusan tersebut. Pertimbangan dimaksud bisa dikarenakan kinerja yang baik dari karyawan kontrak selama bekerja, ataupun hal lainnya.

Selanjutnya adalah keputusan, dimana tentunya berisikan keputusan untuk mengangkat karyawan bersangkutan sebagai karyawan tetap di perusahaan tersebut.

Identitas Karyawan

Contoh surat pengangkatan jabatan karyawan swasta harus berisikan identitas dari karyawan yang diterangkan. Dengan demikian, akan jauh lebih mudah untuk mengetahui isi dari sk pengangkatan karyawan.

Jenis Pekerjaan dan Upah

Bagian ini memang bukanlah merupakan bagian wajib yang harus anda cantumkan pada sk karyawan swasta. Sebagian perusahan hanya mencantumkan jenis jabatan yang akan diduduki oleh karyawan bersangkutan. Selanjutnya, jenis pekerjaan tentu sudah diketahui oleh masing – masing karyawan di perusahaan tersebut.

Selanjutnya mengenai upah, juga tidak harus dicantumkan pada surat keputusan karyawan. Sebelum sah diangkat menjadi karyawan tetap atau naik jabatan, tentunya sudah mengetahui besaran gaji atau upah, sehingga sebagian perusahaan merasa tidak perlu mencantumkan gaji pada sk karyawan.

Contoh Surat Pengangkatan Karyawan

Contoh surat keputusan pengangkatan karyawan sangat beraneka ragam. Bisa merupakan sk pengangkatan karyawan tetap dari sebelumnya hanya menjadi karyawan kontrak, juga bisa sk kenaikan jabatan bagi karyawan. Namun yang pasti, semua keputusan pengangkatan karyawan tentunya sudah dipertimbangkan dengan baik oleh atasan di perusahaan swasta.

SK diberikan bisa berdasarkan penilaian terhadap karyawan, namun juga bisa dikarenakan surat pengajuan pengangkatan karyawan. Namun pada umumnya, tidak lain dan tidak bukan dikarenakan prestasi kerja yang baik dari karyawan, sehingga atasan menilai perlu untuk memberikan posisi karyawan tetap ataupun jabatan baru kepada karyawan.

Jika anda ingin membuat SK pengangkatan karyawan, maka beberapa contoh surat pengangkatan karyawan di bawah ini bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1.Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Tetap

Menerapkan sistem kerja kontrak kepada karyawan memang sedikit merugikan karyawan yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan perusahaan berhak memutus hubungan kerja secara sepihak ataupun memberhentikan karyawan kontrak dimaksud. Dan yang sangat disayangkan, perusahaan terkadang melakukan hal tersebut tanpa alasan yang jelas.

Namun tidak sedikit juga perusahaan yang serius memperhatikan status karyawan mereka. Status karyawan kontrak diberikan untuk mengetahui dengan baik dan jelas bagaimana kinerja karyawan. Selanjutnya, akan diberikan jabatan karyawan tetap jika memang memenuhi standar keinginan perusahan. Di bawah ini adalah contoh surat pengangkatan karyawan tetap di perusahaan swasta yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 123/SK/MJS/2020

Perihal : Pengangkatan Karyawan Tetap

Setelah melakukan beberapa tahapan penilaian terhadap kinerja Sdr. Muhammad Ilham selama berstatus sebagai karyawan kontrak terhitung mulai tanggal 20 Juni 2020 dengan jabatan Staff Marketing, maka dengan ini Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera menganggap Sdr. Muhammad Ilham sudah memenuhi syarat dan kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap, dengan ketentuan sebagai berikut :

Menimbang : Berdasarkan penilaian secara intensif dan objektif terhadap Sdr. Muhammad Ilham

Mengingat : Anggaran Dasar dan Peraturan PT. Maju Jaya Sejahtera

Memperhatikan : Kebutuhan akan tenaga Staff Marketing demi meningkatkan penjualan produk PT. Maju Jaya Sejahtera

MEMUTUSKAN :

Untuk mengangkat Sdr. Muhammad Ilham sebagai karyawan tetap PT. Maju Jaya Sejahtera dengan jabatan Staff Marketing. Apabila di kemudian hari terdapat kesalahan dalam penerbitan surat keputusan ini, maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di : Medan
Pada Tanggal : 25 November 2020

Mengetahui,

Anton Syahputra.
Kepala Personalia PT. MJS
.

2. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Swasta

Sebagaimana kami jelaskan diatas, surat keputusan pengangkatan karyawan tidak hanya dipergunakan untuk karyawan kontrak yang kemudian diangkat menjadi karyawan tetap. SK karyawan juga bisa digunakan untuk karyawan baru yang baru melamar kerja dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

Tidak bisa dipungkiri jika masih ada beberapa perusahaan di Indonesia yang langsung mengangkat karyawan langsung menjadi karyawan tetap pada saat melamar kerja. Namun tentu saja jika pelamar tersebut mampu memenuhi kriteria dan standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan sebelumnya.

Perusahaan pun tentu saja tidak akan gegabah langsung mengangkat pelamar sebagai karyawan tetap, tanpa mengetahui dengan jelas kinerja yang dimiliki. Jadi tidak heran jika mungkin hanya sedikit perusahaan demikian di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh sk pengangkatan karyawan swasta lengkap di bawah ini.

PT. SUKSES MAKMUR
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456
Email : admin@suksesmakmur.co.id

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 123/SK-K/SM/2020
Tentang :
PENGANGKATAN KARYAWAN PT. SUKSES MAKMUR

Menimbang : Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kelengkapan berkas administrasi, hasil test dan hasil wawancara kerja yang dilakukan oleh PT. Sukses Makmur dalam penerimaan calon karyawan baru, terhadap :

Nama:Intan Permatasari
NIK:762355328792538
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Januari 1997
Jenis Kelamin:Perempuan
Pendidikan:S-1 Akuntansi
Alamat:Jl. Mercusuar No. 123, Medan

Mengingat : Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Sukses Makmur

Memperhatikan : Kebutuhan Sumber Daya Manusia di Perusahaan PT. Sukses Makmur

MEMUTUSKAN :

Pertama

Mengangkat :

Nama:Intan Permatasari
NIK:762355328792538
Alamat:Jl. Mercusuar No. 123, Medan

Sebagai Karyawan Perusahaan PT. Sukses Makmur, terhitung sejak tanggal ditetapkan dan ditandatanganinya Surat Keputusan ini, hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kedua

Pengangkatan sebagai Karyawan sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Pertama diatas, berlaku dengan ketentuan :

Nomor Induk Karyawan:A875578
Jabatan:Admin Kasir
Departemen:Pemasaran
Tugas Pokok:1. Mencatat semua transaksi
2. Mencatat kas fisik dan memberikan laporan kepada atasan
Hari Kerja:Senin – Jumat (Kecuali Hari Libur/Tanggal Merah)
Jam Kerja:08.00 – 16.30

Ketiga

Jenis Tugas dan Kewajiban Karyawan dengan jabatan Admin Kasir sebagaimana disebutkan diatas adalah sebagai berikut :

Tugas Kasir Admin :

  1. Menjalankan proses penjualan dan pembayaran
  2. Mencatat semua transaksi penjualan dan pembayaran
  3. Membantu pelanggan dalam memberikan informasi suatu barang atau produk
  4. Melakukan proses transaksi pelayanan jual beli
  5. Melakukan pengecekan jumlah barang pada saat penerimaan barang
  6. Melakukan pencatatan kas fisik serta memberikan laporan kepada atasan
  7. Melakukan pengecekan atas saldo dan stok barang bulanan.

Kewajiban Kasir Admin :

  1. Melakukan penghitungan secara teliti agar tidak terjadi selisih antara produk dan uang yang ada dengan laporan yang dibuat
  2. Melakukan pembukuan secara berkala dengan baik dan benar
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar
  4. Terampil dalam melayani konsumen.

Keempat

Dengan jabatan sebagai Admin Kasir sebagaimana dijelaskan diatas, maka Sdri. Intan Permatasari berhak mendapatkan upah dengan ketentuan sebagai berikut :

Gaji Pokok:Rp. 4.000.000,-
Uang Transportasi:Rp. 500.000,-
Uang Makan:Rp. 700.000,-
Jumlah:Rp. 5.200.000,-

Selain ketentuan tersebut diatas, Karyawan dengan jabatan Admin Kasir juga akan diberikan uang lembur sebesar Rp. 45.000,- setiap jam lembur.

Demikian surat keputusan ini diperbuat, apabila terdapat kesalahan atas penerbitan surat keputusan ini, maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya di kemudian hari.

Ditetapkan di : Medan
Pada Tanggal : 25 November 2020

Mengetahui,

Muhammad Ilham.
Direktur PT. Sukses Makmur.

3. Contoh Surat Pengangkatan Jabatan Karyawan Swasta

Surat keputusan pengangkatan karyawan memang tidak hanya digunakan untuk karyawan tetap yang sebelumnya masih berstatus karyawan kontrak, ataupun pengangkatan karyawan yang baru saja melamar kerja. Namun juga dipergunakan untuk pengangkatan jabatan karyawan, dimana pada umumnya mengalami kenaikan jabatan.

Sebagaimana SK karyawan lainnya, tentu dibutuhkan pertimbangan yang matang, sehingga perusahaan memberikan jabatan baru yang lebih tinggi kepada karyawan. SK pengangkatan jabatan pegawai tidak berbeda dengan sk lainnya. Di bawah ini adalah contoh surat keputusan pengangkatan jabatan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 123/SK/MJS/2020

Perihal : Kenaikan Jabatan Karyawan

Setelah melakukan evaluasi dan penilaian intensif terhadap kinerja Sdr. Muhammad Ilham, terhitung sejak tanggal 25 Mei 2020 dengan jabatan sebagai Kepala Sub Bagian Departemen Keuangan, maka dengan ini PT. Maju Jaya Sejahtera menganggap yang bersangkutan telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi Kepala Departemen Keuangan dengan ketentuan sebagai berikut :

Menimbang : Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kinerja Sdr. Muhammad Ilham di PT. Maju Jaya Sejahtera

Mengingat : Anggaran Dasar dan Peraturan Perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera

Memperhatikan : Kebutuhan Sumber Daya Manusia sebagai Kepala Departemen Keuangan setelah pejabat sebelumnya pensiun

MEMUTUSKAN :

Mengangkat Sdr. Muhammad Ilham sebagai Kepala Departemen Keuangan PT. Maju Jaya Sejahtera dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Sub Bagian. Segala hal yang berkaitan dengan kenaikan jabatan ini akan diselesaikan secepatnya. Bilamana ditemukan kesalahan di kemudian hari atas penerbitan surat keputusan ini, maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di : Medan
Pada Tanggal : 25 November 2020

Mengetahui,

Anton Syahputra.
Direktur PT. MJS

Penutup

Pengangkatan karyawan swasta perusahaan tertentu terjadi dikarenakan berbagai hal. Mungkin saja dikarenakan kebutuhan akan karyawan tetap yang baru, kebutuhan akan pejabat baru, ataupun memang sedang dilakukan penerimaan sekaligus pengangkatan karyawan baru. Semuanya tentu butuh proses dan pada umumnya memang selalu disertai dengan penggunaan surat keputusan pengangkatan karyawan.

Berbagai contoh sk karyawan memang harus digunakan, untuk menjelaskan dengan detail isi dari keputusan yang ditentukan oleh atasan ataupun pejabat berwenang. Dan pada umumnya, kebanyakan perusahaan sudah memiliki format sk tersendiri yang bisa digunakan ketika dibutuhkan. Itulah beberapa contoh surat pengangkatan karyawan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.