16 Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Terlengkap

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah – Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan resmi. Tugas suatu sekolah bukan hanya terletak pada kepala sekolah dan guru saja, namun juga para siswa/i. Jika anda memiliki saran, kritikan ataupun kelurahan yang ditujukan kepada suatu sekolah tertentu, maka anda pun bisa menyampaikan hal tersebut melalui surat pembaca tentang lingkungan sekolah.

Surat pembaca tentang lingkungan sekolah ini bisa anda kirimkan kepada media misalnya. Salah satu media yang sering digunakan untuk menampung dan menerbitkan surat pembaca adalah koran. Namun khusus untuk surat pembaca tentang lingkungan sekolah, biasanya akan diterbitkan di mading sekolah. Jadi, surat pembaca tersebut akan bisa dibaca oleh semua warga sekolah.

Surat pembaca mengenai sekolah ini tidak hanya bisa disampaikan oleh siswa/i saja, namun juga pihak lain. Salah satu contoh adalah orang tua siswa yang mungkin memiliki saran, kritikan, keluhan, dan juga pujian terhadap suatu sekolah, dimana anak anak mereka bersekolah. Jadi, salah satu contoh surat tidak resmi ini bisa dipergunakan oleh siapa saja.

Dalam penyampaiannya, anda haruslah menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Terlebih untuk anda seorang siswa/i yang menulis surat pembaca, haruslah menunjukkan etika seorang siswa/i. Sekalipun yang anda sampaikan adalah keluhan, namun anda harus menyampaikannya dengan sopan. Sekalipun hal yang anda sampaikan berupa saran, tetaplah sopan dan jangan terkesan menggurui.

Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah

Menulis contoh surat yang satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menuliskan apa yang ada dalam pikiran anda tanpa harus terbebani dengan bagian bagian surat, sebagaimana pada surat resmi. Apapun yang ada dalam pikiran anda bisa anda tuliskan dalam surat pembaca, namun yang pasti harus dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Untuk menyampaikan saran, kritikan, keluhan, ataupun saran memang merupakan hal yang mudah. Namun untuk merangkai kata kata dengan baik, mungkin anda harus membutuhkan referensi. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang bisa anda jadikan bahan referensi.

1. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Berupa Informasi

Ada banyak hal yang bisa anda sampaikan pada surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Mungkin anda ingin menyampaikan saran, keluhan, kritikan, bahkan juga informasi kepada kepala sekolah dan pihak sekolah. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah di bawah ini.

Penawaran Dari Toko Alat Tulis Maju Jaya Sejahtera

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Kami ingin memberitahukan bahwa kami selaku OSIS SMA Negeri 1 Medan mendapat tawaran dari Toko Alat Tulis Maju Jaya Sejahtera yang baru dibuka seminggu lalu di dekat sekolah. Mereka memberikan penawaran yang sangat menarik untuk para siswa/i di sekolah kita.

Penawarannya adalah tiap siswa kelas XII SMA Negeri 1 Medan berhak mendapatkan 2 buah buku catatan dan satu set alat tulis lengkap. Adapun persyaratannya sangat mudah, yakni menunjukkan fotocopy kartu pelajar masing masing siswa. Menurut mereka, penawaran ini diberikan dalam rangka menyambut ujian nasional yang sudah tidak lama lagi.

Jika bapak menyetujui penawaran ini, maka kami akan segera membuat surat resminya. Kami juga akan segera menginformasikan hal tersebut kepada semua siswa/i kelas XII SMA Negeri 1 Medan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, dan kami menunggu jawaban dan tanggapan dari Bapak Kepala Sekolah.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

 

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah yang Banjir

Banjir memang diakibatkan oleh volume air yang terlalu besar. Namun selain itu, ada banyak faktor yang mendukung terjadinya banjir, seperti selokan yang dipenuhi sampah. Maka jika anda memiliki saran, anda bisa menyampaikannya dalam surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang banjir di bawah ini.

Banjir di Sekolah Saat Hujan Deras

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Beberapa hari ini terjadi hujan deras terus menerus di Medan. Selokan sekolah tidak kuat menampung dan mengalirkan air hujan karena volume air yang meningkat drastis. Hal ini menyebabkan banjir di sekolah, bahkan sampai ke sebagian ruangan kelas.

Banjir yang terjadi menyebabkan para murid kesulitan saat menuju kelasnya masing-masing, begitu juga guru yang hendak mengajar di kelas. Genangan juga terjadi di sekitar kantin, membuat aktivitas murid ketika istirahat terganggu. Genangan yang tak kunjung surut ini membuat lantai sekolah menjadi kotor karena air hujan becampur dengan tanah.

Menurut pengamatan kami, selain volume air yang meningkat drastis, banyaknya sampah di selokan juga merupakan faktor yang menyebabkan banjir. Menumpuknya sampah di selokan menggambarkan kesadaran para siswa dan siswi akan kebersihan masih rendah.

Kami berharap sekiranya bapak Kepala Sekolah berkenan untuk menghimbau semua siswa untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan selokan, mengingat keadaan sudah mendesak. Kami juga berharap agar peraturan sekolah terkait pembuangan sampah secara sembarangan lebih dipertegas lagi.

Hal ini bertujuan agar semua siswa dan siswi lebih berhati-hati dalam bertindak dan timbul kesadaran untuk menjaga lingkungan. Terutama setelah kami semua mengalami salah satu dampak negatif dari membuang sampah sembarangan, yaitu banjir.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah yang Singkat

Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah tidaklah harus panjang lebar. Anda pun bisa menulis dengan singkat, namun apa yang anda sampaikan harus jelas. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang singkat di bawah ini.

Spanduk Catering Tidak Terpasang Acara Sekolah

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Saya selaku pemilik catering Enak mengaku sangat kecewa terhadap penyelenggaran pentas seni SMA Negeri 1 Medan berlangsung kemarin. Sekitar 2 bulan sebelum acara, saya menyetujui proposal sponsor yang diberikan oleh beberapa orang anggota OSIS SMA Negeri 1 Medan.

Dalam proposal tersebut mereka memberikan penawaran agar saya menyiapkan kue kering sebanyak 500 buah dan berhak memasang spanduk bertuliskan nama catering Enak di dekat panggung pentas musik. Namun pada saat pelaksanaan acara, ternyata spanduk tersebut tidak terpasang menurut salah satu karyawan saya.

Karyawan saya pun mencoba meminta penjelasan namun tidak menemui titik terang karena diberikan alasan yang berbelit-belit. Hal ini tentu saja membuat saya sangat kecewa.

Saya mohon kejelasan langsung dari bapak kepala sekolah selaku penanggung jawab acara pensi. Saya siap bila diundang untuk bertemu bapak dan panitia penyelenggara.

Demikian kekecewaan yang bisa saya sampaikan, semoga segera mendapat tanggapan dan masalah ini bisa diselesaikan secara baik-baik.

Hormat Saya,
Pemilik Catering Enak,

 

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah dan Tata Tertib Sekolah

Setiap sekolah tentu memiliki peraturan dan tata tertib untuk dipatuhi oleh semua siswa. Dan jika anda melihat adanya peraturan peraturan baru yang sangat posifit, anda pun bisa memberikan pujian atas hal tersebut. Anda bisa menyampaikan pujian tersebut melalui surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah dan tata tertib sekolah di bawah ini.

Apresiasi Terhadap Peraturan Baru di Sekolah

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Selamat atas terpilihnya Bapak Muhammad Ilham sebagai kepala sekolah SMA Negeri 1 Medan yang baru. Jujur, dua bulan setelah kepemimpinan bapak ada perubahan yang dirasakan anak-anak kami.

Saya sangat senang ketika bapak menetapkan peraturan baru yaitu adanya kegiatan mengaji Al-Qur’an bersama tiap pagi selama 15 menit dan diharuskannya semua murid yang beragama Islam untuk melaksanakan Sholat Dhuha. Selain itu ada pula peraturan yang mewajibkan siswa minimal seminggu sekali untuk membaca di perpustakaan.

Peraturan peraturan seperti ini memberi dampak yang positif bagi anak-anak kami, sehingga mereka tidak hanya mengejar ilmu dunia namun juga ibadah untuk di akhirat kelak.

Semoga program ini dapat berlangsung terus, dan bapak bisa menetapkan kebijakan-kebijakan baru lainnya yang inovatif dan baik.

Sekian surat dari saya selaku orang tua siswa, sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Semoga bapak sehat selalu.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

 

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Pembaca Berupa Saran Kepada Sekolah

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, tidak terkecuali lembaga pendidikan seperti sekolah. Jika anda memiliki saran yang baik terhadap sekolah anda, maka anda bisa menyampaikan hal tersebut dengan menggunakan surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca berupa saran kepada sekolah di bawah ini.

Perayaan Ulang Tahun Sekolah dengan Acara Sedekah

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Sebagaimana setiap tahunnya, sebentar lagi SMA Negeri 1 Medan akan merayakan ulang tahun sekolah. Menurut saya sekolah perlu mencoba merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda. Sebab, beberapa tahun ini kegiatan ulang tahun selalu diisi dengan acara pentas seni dan musik.

Saya memiliki sedikit saran agar sekolah mengadakan acara bakti sosial ke panti-panti asuhan sebagai bentuk perayaan ulang tahun. Mengingat jumlah siswa/i yang banyak, tentu tidak akan susah untuk mengunjungi banyak panti asuhan sekaligus. Kita bisa melakukan pembagian kelompok siswa, untuk nantinya mengunjungi satu panti asuhan.

Siswa/i akan mempunyai pengalaman langsung bertemu dengan anak-anak di panti asuhan, tidak hanya menyumbang saja. Di panti asuhan murid-murid menyelenggarakan acara makan bersama dan games sederhana untuk menghibur anak-anak yang ada. Tak lupa acara doa bersama untuk mendoakan kebaikan sekolah sekaligus berdoa agar murid-murid kelas 12 dilancarkan saat ujian nasional.

Demikian saran yang bisa saya utarakan terkait inovasi dalam acara ulang tahun sekolah. Terimakasih untuk waktunya. Semoga menjadi bahan pertimbangan di rapat rutin antara kepala sekolah dan OSIS selanjutnya.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pembaca Tentang Toilet Sekolah

Kebersihan toilet sekolah memang seringkali menjadi salah satu problem yang dihadapi oleh banyak sekolah. Toilet sekolah yang kotor ini pun bisa disebabkan berbagai faktor dan hal. Dan jika anda memiliki saran untuk hal tersebut, anda pun bisa menyampaikannya melalui surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang toilet sekolah di bawah ini.

Kebersihan Toilet Sekolah SMA Negeri 1 Medan

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Ada banyak siswa/i SMA Negeri 1 Medan, termasuk saya, yang mengeluh soal kebersihan toilet sekolah. Ada beberapa toilet yang terjaga kebersihannya, ada juga yang tidak.

Beberapa masalah yang bisa kita temukan, adalah seperti air keran yang tidak mengalir, bau tidak sedap, fentilasi udara yang kurang sehingga toilet menjadi pengap, ketidaktersediaan sabun, ember yang kotor sehingga airnya juga kotor. Terkadang juga ada ember atau gayung yang pecah sehingga kami kewalahan untuk mengambil dan mengisi air. Itu merupakan beberapa masalah yang sering membuat kami mengeluh.

Menurut saya, perlu ada sedikit perbaikan pada toilet sekolah agar kami yang menggunakan dapat merasa nyaman dan tidak mengeluh lagi. Sebaiknya fentilasi udara ditambah agar sirkulasi udara tetap lancar dan toilet tidak terlalu gelap. Jika perlu, disetiap toliet juga ditambahkan tempat cuci tangan dan tentunya disediakan sabun. Siswa/i SMA Negeri 1 Medan juga perlu diberi penyuluhan tentang kebersihan toilet agar lebih disiplin lagi dalam menggunakannya.

Demikian saran dari saya, semoga bapak berkenan untuk mempertimbangkan hal tersebut. Sekian dan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pembaca Tentang Fasilitas Kebersihan Sekolah

Untuk menjaga kebersihan sekolah, maka tentu anda harus memiliki fasilitas kebersihan, mulai dari sapu, tong sampah dan lainnya. Namun jika ada beberapa kekurangan mengenai hal tersebut, anda pun bisa menyampaikannya melalui surat pembaca dan memberikan saran. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah berupa fasilitas kebersihan sekolah di bawah ini.

Peralatan Kebersihan Kelas SMA Negeri 1 Medan

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Disetiap kelas terdapat alat untuk membersihkan kelas, seperti sapu dan kain pel. Tetapi alat-alat tersebut sering hilang begitu saja. Terkadang ada juga siswa/i kelas lain yang meminjam sapu ataupun kain pel namun tidak dikembalikan lagi ke kelas tersebut. Hal tersebut dapat membuat siswa kewalahan untuk melaksanakan piket. Banyak juga siswa yang mengeluh atas ketidaknyamanan itu.

Saran saya, sapu maupun kain pel milik setiap kelas diberi nama kelas tersebut agar mempermudah siswa/i mencarinya. Mereka yang tidak mengembalikannya lagi juga perlu diberi peringatan agar selanjutnya jika meminjam alat kebersihan tidak lupa untuk mengembalikan. Hal itu semata-mata juga mengajarkan siswa untuk selalu bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat dan dapat lebih disiplin lagi.

Demikian saran yang saya sampaikan kepada bapak, mohon maaf jika terdapat salah kata. Sekian dan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Pembaca Tentang Kantin Sekolah

Kantin merupakan tempat berisitirahat untuk sebagian besar siswa/i, sekaligus tempat jajan. Maka dari itu, ada banyak hal yang harus diperhatiakn dari sebuah kantin sekolah. Dan jika anda memiliki saran untuk hal tersebut, anda bisa menyampaikannya melalui surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah di kantin di bawah ini.

Perbaikan Kantin Sekolah

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Melalui surat pembaca ini, saya ingin berkomentar tentang kantin yang ada di sekolah saya, SMA Negeri 1 Medan. Selama ini saya melihat bahwa kebersihan kantin masih kurang. Itu terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan di sekitar kantin, lokasi yang terlalu sempit, dan juga jajanan yang kurang bervariasi.

Pada saat jam isitirahat, kantin bahkan sudah seperti pasar malam mendadak, yang orang-orangnya berdesakan satu sama lain. Itu disebabkan oleh jalan menuju ke kantin sangat sempit. Apabila saya sedang membeli makanan di kantin, rasanya seperti kekurangan oksigen. Hawa di dalam kantin sangatlah pengap dan panas. Oleh sebab itu, saya meminta kepada pihak sekolah untuk merombak ulang kantin sekolah.

Saya ingin kantin di SMA Negeri 1 Medan diperbanyak jumlahnya. Selain itu, makanan dan minuman yang dijual juga diusahakan merupakan produk sehat. Supaya terlihat lebih bersih, lebih baik tempat sampah di kantin diperbanyak juga.

Supaya kantin di sekolah lebih menarik, tolong diadakanlah lomba menghias kantin dan interiornya pula. Dan agar pembeli menjadi lebih nyaman, tempat duduk di kantin untuk bisa ditambah jumlahnya. Dan lebih bagus lagi jika kantin diberi pengharum ruangan.

Kami berharap yang terbaik untuk sekolah kami, termasuk kantin kami. Semoga pihak sekolah bisa membantu kami agar kami lebih nyaman untuk menikmati waktu istirahat kami.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan yang Banjir

Banjir memang seringkali menjadi masalah yang serius di berbagai tempat, tidak terkecuali di lingkungan sekolah. Banjir ini pun tidak hanya karena volume air yang tinggi, namun juga dikarenakan beberapa faktor lain. Jika anda ingin menyampaikan sesuatu mengenai hal tersebut, maka anda bisa menyampaikannya melalui surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang banjir di bawah ini.

Keadaan Sekolah Ketika Hujan Deras

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Belakangan ini, banjir seringkali menggenangi pekarangan sekolah kita, SMA Negeri 1 Medan. Hal tersebut dikarenakan volume air yang memang sangat tinggi dan seringkali turun hujan deras.

Namun jika diperhatikan dan diamati dengan teliti, banjir ini juga terjadi dikarenakan kelalaian dari kita, para warga sekolah. Selokan yang terdapat di sekeliling sekolah terlihat tidak bisa menampung debit air yang memang deras, dikarenakan ada banyak sampah yang berserakan disana.

Akibatnya air pun tidak bisa berjalan dengan semestinya dan mudah naik ke pekarangan sekolah, yang tentunya sangat mengganggu. Bukan hanya banjir, namun sampah sampah yang terdapat di selokan juga ikut terbawa arus air ke pekarangan sekolah, sehingga pekarangan sekolah menjadi kotor dan berlumpur.

Mungkin alangkah baiknya jika diadakan gotong royong khusus untuk membersihkan selokan yang kotor tersebut. Selain itu, kita juga bisa membentuk jadwal piket untuk membersihkan sampah di selokan. Namun yang paling penting adalah menumbuhkan kesadaran masing masing agar tidak membuang sampah sembarangan di selokan.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bisa berguna dan mendapat tanggapan dari Bapak Kepal Sekolah.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pembaca Tentang Fasilitas Mushola di Lingkungan Sekolah

Mushola memang menjadi fasilitas penting pada setiap sekolah. Namun terkadang terdapat kekurangan pada mushola sekolah, terlebih jika sudah berbicara kebersihan. Maka dari itu, anda bisa menyampaikan saran dan kritikan terhadap hal tersebut dengan menggunakan surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah dan mushola di bawah ini.

Mushola SMA Negeri 1 Medan Kurang Memadai

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Mushola merupakan salah satu tempat penting dan pasti dimiliki oleh setiap sekolah umum. Namun kemarin pada saat saya ke mushola, ternyata banyak fasilitas yang kurang memadai di mushola sekolah kita ini.

Beberapa di antaranya adalah genteng bocor yang mengakibatkan kaki basah pada saat hujan, bahkan mungkin terpeleset ketika memasuki mushola. Hal ini tentunya sangat membahayakan warga sekolah yang ingin memasuki mushola. Kemudian air yang terkadang macet dan tidak keluar, bahkan mukena yang kotor dan bau. Saya sendiri akhirnya harus membawa mukena sendiri dari rumah karena hal ini.

Maka dari itu saya harapkan pihak sekolah dapat mengerti akan hal hal tersebut, serta segera memperbaiki kekurangan di atas demi lingkungan sekolah yang lebih baik.

Hormat Saya,

 

Intan Permatasari.

11. Contoh Surat Pembaca Tentang Tata Tertib Sekolah

Ada banyak peraturan dan tata tertib pada suatu sekolah untuk dipatuhi oleh semua siswa. Namun terkadang ada banyak siswa juga yang melanggar peraturan dan tata tertib tersebut. Maka jika anda memiliki saran, bisa menyampaikannya melalui surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah berupa tata tertib di bawah ini.

Kurangnya Ketertiban Siswa/i SMA Negeri 1 Medan

SMA Negeri 1 Medan merupakan salah satu sekolah favorit dan memiliki prestasi yang cukup membanggakan di kota Medan. Setidaknya sampai saat ini, hal tersebutlah yang bisa kita ketahui dari SMA Negeri 1 Medan.

Namun, ketertiban di sekolah ini masih perlu ditingkatkan karena selama ini banyak siswa yang melanggar tata tertib, seperti terlambat, tidak menggunakan dasi, baju tidak dimasukan, mengenakan kaos kaki yang pendek, dan memakai sepatu tidak sesuai. Tidak hanya itu, dalam waktu KBM masih ada siswa yang menggunakan HP untuk hal-hal yang tidak penting. Ada juga siswa yang usil melempar sampah ke kelas lain.

Kami harap pihak sekolah lebih tegas dalam menerapkan tata tertib sehingga ketertiban sekolah terjaga. Para siswa diharapkan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh sekolah dengan penuh kesadaran.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah yang Kotor

Masalah kotor memang seringkali menjadi masalah yang serius pada banyak sekolah. Hal ini diakibatkan dari kurangnya kesadaran para siswa/i untuk membuang sampah pada tempatnya. Nah, jika anda ingin memberikan kritikan atau saran atas hal tersebut, maka bisa anda sampaikan dengan menggunakan surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang kotor di bawah ini.

Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya

Sudah satu bulan yang lalu saya memperhatikan banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Akibatnya, banyak sudut sudut sekolah yang terlihat kotor dengan sampah yang berserakan.

Selain itu, setiap kali hujan datang selokan depan sekolah selalu saja mampet dan menimbulkan genangan air. Walaupun sekolah sudah pernah melakukan gotong royong bersama, namun hasilnya tidak begitu memuaskan dan tidak berkelanjutan, karena dilakukan hanya sekali saja.

Sebagai salah satu siswa SMA Negeri 1 Medan , saya mengajak teman-teman dan juga keterlibatan bapak dan ibu serta warga sekolah untuk bekerja bakti membersihkan selokan dan lingkungan sekolah kita.

Saya berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sekolah yang berlangsung setiap hari Jumat pagi. Selain itu, saya juga berharap usulan saya ini mendapat tanggapan yang positif dari teman-teman, guru, maupun semua warga sekolah.

Tidak hanya agar udara dan lingkungan sekolah menjadi lebih nyaman, segar, dan bersih, tetapi juga untuk kenyamanan belajar kita di sekolah. Sudah saatnya mewujudkan dengan nyata bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Sekolah

Apakah sekarang ini sekolah anda sudah bersih atau ternyata masih kotor. Nah, jika masih kotor, anda mungkin memiliki saran ataupun kritikan terhadap hal tersebut, yang bisa anda sampaikan melalui surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang kebersihan sekolah di bawah ini.

Sampah Berserakan Karena Kurangnya Tempat Sampah

Saya Anton Syahputra, ingin menyampaikan sedikit kritikan mengenai lingkungan sekolah yang terkesan kumuh karena lambannya pengolahan dan kurangnya tempat sampah di lingkungan sekolah. Penumpukan tempat sampah di sudut lapangan basket menimbulkan aroma tak sedap.

Terkait itu, maka saya mohon bapak kepala sekolah menyediakan lebih banyak tempat sampah agar warga sekolah tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Selain itu, saya harap bapak sekolah mengusahakan pengolahan sampah dengan cepat sehingga tercipta lingkungan sekolah yang indah dan tidak terkesan kumuh. Mohon segera ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah dan Siswa

Warga sekolah yang paling banyak adalah terdiri dari para siswa/i yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut. Ada banyak peraturan dibuat agar setiap siswa lebih baik lagi. Namun tidak sedikit juga siswa/i yang malah melanggar peraturan. Nah, jika anda memiliki saran dan kritikan, maka anda bisa menyampaikannya melalui surat pembaca tentang lingkungan sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah dan siswa di bawah ini.

Pelanggaran Tata Tertib Sekolah

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya rapi, disiplin, dan menaati peraturan dari sekolah. Namun sepertinya tidak semua anak berlaku demikian. Tak jarang saya menemukan rekan-rekan saya siswa yang kurang disiplin seperti baju dikeluarkan, rambut yang panjang untuk anak laki-laki, dasi yang terlalu pendek, kuku yang diwarnai dan panjang.

Melalui tulisan ini saya ingin menyarankan teman-teman yang kurang disiplin. Karena tidaklah lucu kalau  orangtua kita dipanggil oleh pihak sekolah karena tidak disiplin dan melanggar tata tertib sekolah.

Saya khawatir kalau sikap melanggar tata tertib tersebut terbawa sampai ke rumah. Saya menghimbau pihak sekolah agar lebih tegas menindak siswa yang bersikap demikian dan segera ditindaklanjuti agar kejadian ini tidak terjadi lagi seperti pemberian sanksi yang tegas sesuai dengan kesalahan yang diperbuatnya.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pembaca Tentang Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting pada sebuah sekolah. Namun jika anda menemukan beberapa kekurangan disana, maka tidak ada salahnya untuk anda menyampaikan hal tersebut melalui surat pembaca. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang perpustakaan sekolah di bawah ini.

Perpustakaan Sekolah yang Kotor

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan.

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting untuk setiap sekolah. Dan kita bersyukur karena sekolah kita, SMA Negeri 1 Medan sudah memiliki fasilitas ini, yakni perpustakaan sekolah.

Namun sangat disayangkan melihat situasi kebersihan di perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Medan yang kurang terjaga. Hal ini disebabkan oleh kurang nya kesadaran para siswa/i yang sering masih membuang sampah sembarangan di berbagai tempat, termasuk di perpustakaan sekolah. Namun hal ini juga tidak terlepas dari masalah minimnya tempat sampah di perpustakaan sekolah.

Mungkin alangkah baiknya jika tempat sampah di perpustakaan sekolah diperbanyak, sehingga para siswa lebih terlatih membuang sampah pada tempatnya dan lebih dekat untuk membuang sampah.

Selain itu, mungkin akan efektif jika diberlakukan hukuman yang setimpal untuk para siswa yang masih membuang sampah sembarangan. Hal ini bukan hanya untuk kebersihan perpustakaan sekolah, namun juga melatih para siswa/i agar lebih menjaga kebersihan.

Mungkin sekian yang bisa saya sampaikan selaku siswa dari SMA Negeri 1 Medan. Saya akan sangat berterimakasih jika Bapak Kepala Sekolah menindaklanjuti hal ini.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pembaca Tentang Peralatan Olahraga Sekolah

Tidak seperti mata pelajaran yang lain yang banyak teori, mata pelajaran olahraga memang menekankan lebih banyak praktek. Maka dari itu, diharuskan agar sekolah memiliki banyak peralatan olahraga. Namun jika anda tidak melihat demikian, maka anda bisa menyampaikan hal tersebut melalui surat pembaca di mading sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pembaca tentang peralatan olahraga sekolah di bawah ini.

Peralatan Olahraga yang Kurang Memadai

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan

Saya menulis surat pembaca ini adalah untuk mengajukan keluhan mengenai peralatan olahraga yang kurang memadai, seperti tidak adanya lapangan khusus untuk sepakbola, lapangan basket yang sedikit berlubang, tidak adanya tiang untuk lapangan sepak takraw, serta peralatan olahraga lainnya yang kurang memadai dan kurang lengkap.

Keadaan ini tentu sangat memprihatinkan, maka dari itu kami menyarankan kepada pihak sekolah agar memperbaiki lapangan basket, futsal dan pembuatan lapangan sepakbola, serta menyediakan peralatan olahraga dengan baik.

Semoga keluhan dan saran yang saya sampaikan dapat ditanggapi oleh pihak sekolah agar segera mengatasi masalah ini.

Hormat Saya,

 

Anton Syahputra.

Penutup

Tidak ada yang salah dengan orang yang memberikan saran, kritikan, bahkan keluhan. Jadi, jika anda merasakan ada beberapa kekurangan di sekolah, maka anda bisa menyampaikan keluhann atas hal tersebut melalui surat pembaca untuk nantinya diterbitkan dan ditampilkan di mading sekolah. Itulah kegunaan dari surat pembaca tentang lingkungan sekolah.

Jika anda ingin menyampaikan saran atau kritikan, maka anda juga bisa menyampaikannya dengan sopan melalui surat pembaca di mading sekolah. Itulah tadi beberapa contoh surat pembaca tentang lingkungan sekolah yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.