16 Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengajuan Dana – Urusan dana atau keuangan merupakan hal yang sangat krusial bagi semua pihak. Tidak terkecuali di perusahaan, instansi, ataupun lembaga – lembaga pemerintah dan swasta. Semua biaya dan pengeluaran harus dicatat dengan baik dan benar, dan bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak yang bersangkutan.

Maka dari itulah penggunaan surat pengajuan dana sangat penting bagi semua pihak. Misalnya saja di sebuah perusahaan, dimana Departemen tertentu ingin mengajukan dana ke perusahaan. Sebelum semuanya dilaksanakan, maka Departemen tersebut harus mengajukan permohonan dana terlebih dahulu kepada atasan.

Selanjutnya, atasan ataupun Departemen yang menangani keuangan akan memutuskan apakah akan memberikan dana yang diajukan atau tidak. Ada banyak hal ataupun alasan pengajuan dana di sebuah perusahaan. Mungkin saja merupakan dana operasional, dana kegiatan, dana perjalanan dinas, dan lain sebagainya.

Baik perusahaan, instansi pemerintahan dan juga lembaga pada umumnya sudah memiliki contoh format surat pengajuan dana. Namun pengajuan dana tidak hanya dilakukan secara internal saja. Bukan tidak mungkin jika pihak tertentu misalnya mengajukan permohonan bantuan dana kegiatan ke perusahaan. Hal ini juga berlaku untuk beberapa contoh surat pengajuan lainnya yang sering digunakan.

Contoh Surat Permohonan Pengajuan Dana

Menulis surat pengajuan dana bukanlah hal yang susah. Pada intinya, isi dari surat pengajuan dana hanyalah berisikan besar dana yang diajukan, dan juga tujuan keperluan dari dana tersebut. Tanpa dua faktor tersebut, maka tentu saja pengajuan dana tidak akan disetujui oleh atasan ataupun perusahaan.

Mengajukan dana juga tidak bisa asal – asalan dan harus dipertimbangkan dengan baik. Semua dana yang diterima tentu saja harus bisa dipertanggung jawabkan oleh penerima dan. Di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengajuan dana yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pengajuan Dana ke Perusahaan

Pengajuan dana ke perusahaan bukan hal yang jarang kita temukan. Pengajuan dana ke perusahaan ini bisa dilakukan oleh pihak lain, walaupun itu di luar dari perusahaan. Salah satu contoh kecil adalah pihak panitia rehabilitasi masjid, yang mungkin membutuhkan bantuan dana untuk melaksanakan rehabilitasi masjid.

Para panitia rehabilitasi masjid tentu harus berpikir keras agar kebutuhan dana bisa tercukupi. Jika memang memungkinkan, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan dana ke perusahaan. Di bawah ini adalah contoh surat pengajuan dana ke perusahaan oleh panitia rehabilitasi masjid yang bisa anda pergunakan.

PANITIA REHABILITASI MASJID AL-IKHLAS
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

Medan, 30 November 2020

Nomor : 123/PBD/MAI/2020
Lampiran : 1 (Satu) Lembar
Perihal : Permohonan Dana

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan PT. Maju Jaya
Jl. Perjuangan No. 123
Medan

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Semoga Bapak/Ibu Pimpinan PT. MAJU JAYA selalu sehat wal’afiat dan dalam lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktivitas sehari – hari.

Sehubungan dengan rencana rehabilitasi Masjid Al-Ikhlas yang berada di Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan, yang Insya Allah akan dimulai pada Senin, 10 Desember 2020, kami selaku Panitia Rehabilitasi Masjid Al-Iklhas dengan ini berharap Bapak/Ibu Pimpinan PT. Maju Jaya dapat memberikan bantuan dana pembangunan untuk kelancaran pelaksanaan rehabilitasi Masjid, dengan harapan dapat menambah kekhusyukan dan kenyamanan beribadah.

Mengenai bantuan dana, bisa diantarkan langsung ke Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan, ataupun menghubungi Bendahara Panitia Rehabilitasi Masjid atas nama Intan Permatasari dengan nomor handphone 081234567890.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT selalu meridhoi niat kita semua. Atas perhatian dan kerjasama dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Ketua Panitia,Sekretaris Panitia,
Anton Syahputra.Intan Permatasari.

2. Contoh Surat Pengajuan Dana Operasional Perusahaan

Pada dasarnya, semua kegiatan yang dilaksanakan di internal perusahaan akan memakan biaya. Namun tetap saja harus melalui persetujuan dari atasan atau bagian keuangan terlebih dahulu. Misalnya saja dana operasional untuk kerja ke luar kota ataupun dinas keluar kota.

Jika sudah memiliki rencana tersebut, maka anda bisa segera membuat rincian pengeluaran yang akan dibutuhkan, untuk selanjutnya diajukan kepada atasan. Di bawah ini adalah contoh surat pengajuan dana operasional perusahaan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

DEPARTEMEN MARKETING
PT. Maju Jaya Sejahtera

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 30 November 2020

Nomor : 123/PD/DM-MJS/2020
Perihal : Pengajuan Dana Operasional
Lampiran : 1 (Satu) Lembar

Kepada Yth,
Kepala Departemen Keuangan
PT. Maju Jaya Sejahtera

Dengan hormat,
Demi meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan penjualan produk perusahaan di masa mendatang, maka kami dari Departemen Marketing berencana untuk menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan di Pekanbaru, yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 15 Desember 2020 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami bermaksud mengajukan dana operasional ke Departemen Keuangan sejumlah Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah). Adapun perkiraan rincian dari semua biaya yang dibutuhkan sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat pengajuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Marketing,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pengajuan Dana Perjalanan Dinas

Perjalanan dinas seringkali dilakukan oleh para pejabat instansi pemerintahan dengan berbagai tujuan. Namun sebenarnya, tugas perjalanan dinas juga bisa dilakukan oleh perusahaan swasta, dan juga tidak jarang kita temukan. Semua pengeluaran yang dibutuhkan tentu saja akan menjadi tanggung jawab instansi pemerintahan ataupun perusahaan yang bersangkutan.

Untuk lebih mudahnya kita ambil contoh perjalanan dinas yang dilakukan oleh sebuah instansi pemerintahan. Setiap dinas atau instansi pemerintahan sudah mendapatkan biaya operasional yang ditentukan setiap tahunnya. Jadi, ketika seorang atau beberapa orang melakukan perjalanan dinas, maka semua biaya akan diurus ke bagian keuangan instansi dimana mereka bekerja.

Sebelum berangkat perjalanan dinas, maka pegawai harus mendapatkan biaya perjalanan dinas terlebih dahulu. Walaupun rinciannya belum diketahui dengan pasti, namun tidak ada salahnya untuk mengajukan dana perjalanan dinas kepada pihak terkait.

Jika dana yang diterima lebih, maka akan dikembalikan setelah selesai melakukan perjalanan dinas, dan jika lebih akan dikembalikan ke bagian keuangan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengajuan dana perjalanan dinas di bawah ini.

BAGIAN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN
DINAS PENDIDIKAN KOTA MEDAN
Kotamadya Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 15 Februari 2021

Nomor : 123/BPP/Dispen-Medan/2021
Lampiran : 2 (Dua) Lembar
Perihal : Pengajuan Dana

Kepada Yth,
Kepala Bagian Keuangan
Dinas Pendidikan Kota Medan

Dengan hormat,
Menindaklanjuti Surat Perintah Tugas dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan dengan nomor 103/SPT/Dispen-Medan/2021 yang fotocopy-nya sudah kami lampirkan bersama surat ini, dengan isi Penugasan Pegawai Pengawas Sekolah untuk melakukan Peninjauan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional SMA se-Kota Medan Tahun Ajaran 2020/2021, yang akan dilaksanakan pada :

Hari:Senin – Jumat
Tanggal:25 – 29 Februari 2021
Lokasi:SMA se-Kota Medan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami bermaksud mengajukan dana perjalanan dinas dengan perkiraan rincian yang sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Kami berharap dana perjalanan dinas tersebut sudah bisa kami terima sebelum tanggal 24 Februari 2021, tepat sebelum keberangkatan perjalanan dinas.

Demikian surat pengajuan dana ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Bagian Pemberdayaan Pendidikan
Dinas Pendidikan Kota Medan,

Muhammad Ilham.
NIP. 2353 2532 6342 2532.

4. Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

Sebuah kegiatan tentu akan membutuhkan biaya yang sudah diperhitungkan dengan baik. Misalnya saja kegiatan lomba olahraga yang dilakukan oleh sebuah pihak, tentunya akan bisa dinikmati oleh banyak orang. Khusus kegiatan demikian, maka tentu tidak ada salahnya untuk mengajukan permohonan bantuan dana kepada pihak lain.

Salah satu contoh kecil adalah pertandingan sepak bola antar klub. Untuk kegiatan demikian, tentu harus mempersiapkan proposal terlebih dahulu, yang kemudian bisa dilampirkan bersama dengan surat permohonan bantuan dana. Di bawah ini adalah contoh surat pengajuan dana kegiatan yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 23 November 2020

Nomor : 123/PD/KTB-PD/2020
Lampiran : 1 Bundel Proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak Camat Medan Baru
Jl. Rebab No. 34, Medan

Dengan hormat,
Demi menumbuhkan kecintaan dan mengasah kemampuan olahraga para Remaja Kelurahan Padang Bulan, maka kami selaku Pengurus Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan berencana melakukan kegiatan pertandingan Sepak Bola antar klub yang akan dilaksanakan pada :

Hari:Senin – Rabu
Tanggal:03 – 05 Desember 2020
Tempat:Lapangan Olahraga Padang Bulan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mengharapkan bantuan dana dari Bapak Camat Medan Baru demi terselenggaranya kegiatan ini dengan baik. Kami berharap Bapak Camat bisa mendukung kami dalam mengasah kemampuan berolahraga para remaja, khususnya di Kelurahan Padang Bulan.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Ketua Panitia,Sekretaris Panitia,
Muhammad Ilham.Dewi Cahaya.

Penutup

Dimanapun anda bekerja, maka semua biaya yang keluar harus bisa dicatat dengan baik dan benar. Semua dana yang keluar juga harus bisa dipertanggung jawabkan oleh penerima dana, baik itu dana operasional pekerjaan, dana perjalanan dinas, dana kegiatan, dan lain sebagainya.

Mengajukan dana bukanlah hal yang terlalu susah, namun memiliki manfaat yang sangat penting bagi setiap perusahaan, instansi, ataupun lembaga swasta dan pemerintahan. Itulah beberapa contoh surat pengajuan dana yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi saat akan mengajukan dana ke perusahaan atau atasan.