16 Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan, dari Perusahaan, Guru

Contoh Surat Pengalaman Kerja – Setiap orang tentu membutuhkan pekerjaan untuk bisa mendapatkan penghasilan. Sebagian orang memilih untuk membuka usaha sendiri dan mendapatkan penghasilan dari sana. Namun mayoritas orang masih mengharapkan pekerjaan dari pihak lain, yang tentunya bukanlah perkara mudah. Disinilah anda mungkin akan membutuhkan surat pengalaman kerja dari tempat anda bekerja sebelumnya.

Ya, walaupun sudah memiliki pekerjaan, namun tidak jarang ada orang yang memilih mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Ada juga yang mungkin bekerja dengan sistem kontrak, sehingga tidak bisa bekerja lama di tempat tersebut dan akhirnya harus keluar ketika masa kontrak sudah usai. Nah, untuk mencari pekerjaan baru, maka anda pun bisa memanfaatkan pengalaman kerja anda sebelumnya.

Pengalaman kerja tanpa bukti yang otentik tentu tidak akan diterima oleh perusahaan begitu saja ketika anda melamar. Anda pun bisa memberikan bukti berupa surat resmi dari atasan anda sebelumnya. Maka dari itulah anda membutuhkan surat pengalaman kerja. Anda bisa meminta kepada pihak dimana anda bekerja sebelumnya, untuk dibuatkan surat pengalaman kerja. Ataupun anda bisa meminta surat pengalaman kerja tersebut ketika anda ingin keluar dan berhenti dari pekerjaan anda.

Jika anda memang memiliki kinerja yang baik dan memiliki disiplin yang baik, maka mereka akan mudah memberikan surat tersebut untuk anda. Namun tidak dengan sebaliknya, atau jika anda memiliki kinerja yang buruk. Kenapa demikian?, karena mereka tentu tidak akan mau merekomendasikan orang yang memiliki kinerja buruk dan kurang disiplin.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Menulis surat pengalaman kerja bukanlah hal yang terlalu susah. Cara penulisannya pun tidak berbeda jauh dengan berbagai contoh surat lainnya, khususnya untuk surat resmi. Selain memperhatikan penggunaan bahasa, anda pun harus memperhatikan bagian per bagian yang harus dilengkapi pada surat tersebut.

Namun jika anda belum terbiasa menulis surat pengalaman kerja, maka mungkin saja anda harus membutuhkan bahan referensi. Dan untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis contoh surat seperti ini. Maka dari itu, beberapa contoh surat pengalaman kerja di bawah ini mungkin bisa anda manfaatkan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan Klinik

Bidan bukanlah hanya mengenai pendidikan atau tamatan saja, namun juga pekerjaan. Seorang yang memiliki basis pendidikan sebagai bidan, maka meman sangat cocok untuk bekerja sebagai bidan juga. Maka dari itulah pengalaman kerja sebagai seorang bidan sangat diperlukan ketika anda melamar pekerjaan di tempat lain sebagai bidan. Maka jika anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, anda pun bisa meminta surat pengalaman kerja dari tempat pekerjaan anda terdahulu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja bidan di bawah ini.

KLINIK MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:dr. Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Klinik Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari, Amd. Keb
Alamat:Jl. Perjuangan No. 123, Medan

Benar telah bekerja pada Klinik Maju Jaya Sejahtera selama 3 tahun, terhitung mulai dari tanggal 20 Agustus 2016 s/d 20 Agustus 2019 yang lalu dengan jabatan terakhir sebagai pembantu dokter di Klinik Maju Jaya Sejahtera.

Selama menjadi bidan di Klinik Maju Jaya Sejahtera, saudari Intan Permatasari memiliki kinerja yang baik, disiplin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Dalam hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari Klinik Maju Jaya Sejahtera atas keinginan sendiri.

Klinik Maju Jaya Sejahtera dengan ini berharap agar dimana pun kiranya yang bersangkutan bekerja bisa tetap bekerja dengan baik dan disiplin, sama seperti waktu bekerja di Klinik Maju Jaya Sejahtera. Kami juga berharap agar yang bersangkutan semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat dengan sebenar benarnya, agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Klinik Maju Jaya Sejahtera,

dr. Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan Puksesmas

Ada banyak orang yang bekerja sebagai  bidan di puskesmas. Namun tidak sedikit juga yang akhirnya berhenti bekerja karena ingin mendapatkan pekerjaan sebagai bidan di tempat lain. Nah, maka dari itu, anda pun bisa meminta dari atasan anda surat pengalaman kerja untuk dipergunakan melamar pekerjaan baru nantinya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat surat pengalaman kerja bidan puskesmas di bawah ini.

DINAS KESEHATAN KOTA MEDAN
PUSKESMAS PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Kepala Puksesmas Padang Bulan, menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya, Amd. Keb
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

benar telah pernah bekerja pada Puskesmas Padang Bulan selama 2 tahun, terhitung mulai dari tanggal 30 Agustus 2017 s/d 30 Agustus 2019. Karena yang bersangkutan memiliki kinerja yang baik dan disiplin yang tinggi, serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan, maka kami tidak segan merekomendasikan yang bersangkutan ketika melamar pekerjaan dimana pun nantinya.

Kami juga berharap agar yang bersangkutan semakin sukses ke depannya dan bisa mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat dengan sebenar benarnya, agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Puksesmas Padang Bulan,

Intan Permatasari, Amd Keb.

3. Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan Rumah Sakit

Tentu ada banyak rumah sakit yang tersebar di setiap kota kota besar di Indonesia. Dan jika anda ingin bekerja pada rumah sakit yang lebih besar dengan gaji yang lebih menjanjikan, tidak ada salahnya untuk anda mencobanya. Namun sebelumnya, usahakan untuk meminta surat pengalaman kerja dari rumah sakit tempat anda bekerja sekarang ini. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman  kerja bidan di bawah ini.

DINAS KESEHATAN KOTA MEDAN
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Pancurbatu No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/AM/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dr. Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Personalia Rumah Sakit Umum Adam Malik

dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari, Amd Keb
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

benar telah pernah bekerja sebagai bidan di Rumah Sakit Umum Adam Malik selama 3 tahun, terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2016 s/d 30 Agustus 2019. Adapun yang bersangkutan sudah berhenti bekerja karena mengundurkan diri atas keinginan sendiri.

Selama bekerja di Rumah Sakit Adam Malik, yang bersangkutan memiliki kinerja yang baik, disiplin yang tinggi, loyal dan ramah terhadap para pasien, dan juga selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Kami berharap dimanapun nantinya yang bersangkutan bekerja, akan bisa bekerja dengan baik, seperti waktu bekerja di Rumah Sakit Adam Malik Medan.

Demikian surat pengalaman kerjra ini kami perbuat dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personali Rumah Sakit Umum Adam Malik,

Dr. Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang bergerak di Indonesia. Dan mungkin saja anda sudah memiliki pengalaman kerja di sebuah perusahaan tertentu. Apapun jabatan atau posisi anda pada perusahaan tersebut, mendapat contoh surat referensi kerja dari sana sangat penting untuk anda dalam mencari pekerjaan baru. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 11/HRD/V/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Jabatan:Kepala Cabang

adalah benar telah bekerja pernah pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak tanggal 20 Agustus 2016 s/d 20 Agustus 2019 dengan jabatan terakhir sebagai kepala cabang. Adapun yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari perusahaan kami atas keinginan sendiri.

Selama bekerja di perusahaan kami, Saudara Muhammad Ilham telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat baik terhadap perusahaan kami dan tidak pernah melakukan penyelewengan tugas.  Kami dari pihak perusahaan sangat berterimakasih sudah karena yang bersangkutan sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik selama bekerja. Kami pun berharap agar yang bersangkutan semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan Sebagai Karyawan

Walaupun hanya menjadi karyawan, namun pengalaman tetap sangat berharga untuk seseorang. Mungkin saja saat ini anda memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan, dimana anda menjadi seorang karyawan. Namun untuk mempermudah mencari pekerjaan baru, anda pun bisa meminta surat pengalaman kerja dari atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan sebagai karyawan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Alamat:Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Dengan sebenar-benarnya telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu selama 3 tahun, terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2016 s/d 30 Agustus 2019.

Saudara Muhammad Ilham telah memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan selama menjadi karyawan kami dan tidak pernah melakukan perbuatan yang bisa merugikan perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan di atas.

Kami selaku pihak perusahaan mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan dapat menjumpai kesuksesan yang lebih optimal dimasa mendatang.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan Karyawan Kontrak

Tidak selamanya para karyawan itu menjadi karyawan tetap, karena sekarang ini sangat banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kontrak untuk para karyawan mereka. Jadi, jika masa kontrak anda sudah habis dan anda harus keluar dari perusahan, anda pun bisa meminta surat pengalaman kerja untuk mempermudah anda dalam mencari pekerjaan baru. Untuhk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan karyawan kontrak di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar pernah bekerja di perusahan kami sebagai karyawan kontrak selama 2 tahun, terhitung mulai dari tanggal 30 Agustus 2017 s/d 30 Agustus 2019. Selama menjadi karyawan kontrak di perusahan kami, yang bersangkutan sudah menunjukkan kinerja yang baik, penuh tanggung jawab, memiliki disiplin yang tinggi, serta tidak pernah merugikan perusahaan.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dipergunakan dengan semestinya untuk mencari pekerjaan baru.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pengalaman Kerja Doc

Ada banyak orang yang ingin mencari surat pengalaman kerja doc untuk kemudian didownload dan diedit pada microsoft word. Namun anda tidak perlu lagi melakukan hal tersebut, karena hanya akan membuang buang waktu. Anda pun bisa tinggal mengcopy contoh surat pengalaman kerja doc di bawah ini, lalu mengeditnya sesuai dengan data diri anda pada microsoft office.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/Disdik/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra. M. Pd
Jabatan:Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

Nama:Intan Permatasari, SE
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

benar telah pernah bekerja sebagai tenaga honorer di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Medan selama kurang lebih 3 tahun. Selama bekerja menjadi tenaga honorer di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, yang bersangkutan memiliki kinerja yang baik dan memiliki disiplin yang tinggi. Adapun yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri. Kami pun berharap agar yang bersangkutan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

8. Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru

Menjadi seorang guru tentu bukanlah hal yang mudah. Banyak orang juga yang bercita cita menjadi seorang guru dan megabdi pada negara. Namun dikarenakan alasan tertentu, bisa saja seorang guru mengundurkan guru dari pekerjaannya. Jika anda menginginkan, maka anda pun bisa meminta surat pengalaman kerja dari kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja guru di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 420/123/SMKMW/XI/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Drs. Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya, S. Pd
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123 Medan

Benar telah pernah bekerja pada SMA Negeri 1 Medan sebagai guru honorer selama 3 tahun, terhitung mulai dari tanggal 30 Agustus 2016 s/d 30 Agustus 2019. Selama menjadi guru honorer, yang bersangkutan sudah menunjukkan kinerja yang baik dan selalu disiplin mengenai pekerjaan. Adapun yang bersangkutan sudah berhenti bekerja karena mengundurkan diri atas keinginan sendiri.

Demikian keterangan ini kami perbuat denga sebenarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Drs. Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru PNS

Menjadi seorang guru PNS tentu merupakan keinginan banyak orang. Namun walaupun sudah menjadi seorang PNS, mungkin saja seseorang ingin mencari pekerjaan lain dan tidak ingin menjadi guru PNS lagi. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda meminta surat pengalaman kerja dari kepala sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja guru PNS di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 420/123/SMKMW/XI/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham, S. Pd
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar telah pernah bekerja pada SMA Negeri 1 Medan sebagai guru Matematika dan sudah menjadi seorang PNS selama 4 tahun, terhitung mulai dari tanggal 20 Agustus 2015 s/d 20 Agustus 2019. Adapun yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari SMA Negeri 1 Medan karena keinginan sendiri. Namun selama bekerja di SMA Negeri 1 Medan, yang bersangkutan selalu memegang teguh kode etik guru dan tidak pernah melanggar disipin PNS.

Kami dari pihak SMA Negeri 1 Medan sangat berharap agar yang bersangkutan bisa semakin sukses ke depannya, dimanapun bekerja.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

10. Contoh Surat Pengalaman Kerja di Rumah Sakit

Menjad seorang dokter yang handal tidaklah hanya berbicara mengenai pendidikan saja, namun juga pengalaman kerja. Jadi, jika anda sudah memiliki pengalaman kerja sebagai dokter, alangkah baiknya anda meminta surat pengalaman kerja jika ingin keluar dari rumah sakit tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja di rumah sakit di bawah ini.

DINAS KESEHATAN KOTA MEDAN
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Pancurbatu No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/ADM/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Kepala Personalia Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan, menerangkan dengan sesunguhnya bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar telah pernah bekerja di Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan sebagai dokter spesialis kandungan selama 2 tahun, terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2017 s/d 30 Agustus 2019.

Selama bekerja di Rumah Sakit Adam Malik Medan, yang bersangkutan selalu bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab, dan memegang teguh sumpah seorang dokter untuk melayani pasien dengan baik, serta memiliki disiplin yang sangat tinggi. Kami percaya, dimanapun nantinya yang bersangkutan bekerja, akan bisa bekerja dengan maksimal dan bertanggung jawab.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia Rumah Sakit Umum Adam Malik,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Pengalaman Kerja di Klinik

Sekarang ini ada banyak klinik yang tersebar di berbagai daerah. Dan mungkin anda sudah memiliki pengalaman kerja di suatu klinik. Namun jika anda ingin mencari pekerjaan di tempat yang lebih tinggi, seperti di rumah sakit, maka tidak ada salahnya untuk meminta surat pengalaman kerja dari klinik tempat anda bekerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja di klinik di bawah ini.

KLINIK MAJU JAYA SEJAHTERA
Melayani Pasien Umum dan BPJS
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; FAx. 061-123456

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Kepala Klinik Maju Jaya Sejahtera, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar sudah pernah bekerja di Klinik Maju Jaya Sejahtera sebagai dokter umum selama kurang lebih 2 tahun. Selama bekerja di Klinik Maju Jaya Sejahtera, yang bersangkutan sudah menunjukkan kinerja yang baik, yang kami yakin akan selalu ditunjukkan nantinya dimanapun yang bersangkutan bekerja. Adapun dalam hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari Klinik Maju Jaya Sejahtera atas keinginan sendiri.

Deimikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Klinik Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Pengalaman Kerja Perusahaan Sebagai Manajer

Jabatan seorang manajer di perusahaan tertentu bukanlah jabatan yagn rendah lagi. Pengalaman sebagai manajer tersebut tentu akan sangat membantu anda jika mencari pekerjaan di perusahaan lain. Maka akan sangat baik bagi anda untuk memegang surat pengalaman kerja ketika keluar dan berhenti bekerja dari perusahaan tersbut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja perusahaan sebagai manajer di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan sebenarnya telah bekerja pada perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera terhitung sejak tanggal 25 Agustus 2013 s/d 25 Agustus 2019, dengan jabatan terakhir Manager Marketing. Selama menjadi staf kami, Saudara Muhammad Ilham telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang terbaik kepada terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang sifatnya merugikan perusahaan.

Saat ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat semakin sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Pengalaman Kerja Sopir

Menjadi seorang sopir tentu butuh skill yang bagus dan mengerti pekerjaan dengan baik. Maka dari itu, pekerjaan sebagai seorang sopir selalu mengutamakan pengalaman. Jika anda sudah pernah bekerja sebagai sopir, alangkah baiknya anda meminta surat pengalaman kerja dari atasan anda ketika keluar dan berhenti bekerja. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja sopir di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera

Dengan ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar sudah pernah bekerja sebagai sopir pengangkutan barang di PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 28 Agustus 2015 s/d 28 Agustus 2019.

Selama bekerja sebagai sopir di PT. Maju Jaya Sejahtera, Saudara Muhammad Ilham telah menunjukkan dedikasi, kontribusi, serta profesionalisme kerja yang sangat baik bagi perusahaan. Yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan pelanggaran atau tindakan kelalaian yang dapat merugikan perusahaan. Namun dikarenakan suatu alasan pribadi yang tidak dapat disebutkan, Saudara Muhammad Ilham memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan kami. Kami hanya bisa berharap agar yang bersangkutan bisa semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Pengalaman Kerja Hotel

Bekerja di hotel masih menjadi keinginan banyak orang sekaragn ini. Hal ini bisa kita lihat dari semakin banyaknya anak muda yang memilh jurusan perhotelan atau periwisata ketika menempuh pendidikan tinggi. Dan jika anda sudah memiliki pengalaman kerja di hotel, ada baiknya anda meminta surat pengalaman kerja dari atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja hotel di bawah ini.

HOTEL MAJU JAYA SEJAHTERA
Suite Room, Meeting, dan Lounge
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Personalia Hotel Maju Jaya Sejahtera

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Intan Permatasari
Jenis Kelamin:Perempuan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

memang benar telah pernah bekerja di Hotel Maju Jaya Sejahtera , terhitung sejak tanggal 27 Agustus 2015 s/d 27 Agustus 2019, dengan jabatan terakhir sebagai Resepsionis.

Selama bekerja di Hotel Maju Jaya Sejahtera, yang bersangkutan sudah menunjukkan kinerja yan baik, disiplin yang tinggi, serta tanggung jawab terhadap pekerjaan. Namun dikarenakan alasan yang tidak bisa diungkapkan, yang bersangkutan akhirnya mengundurkan diri karena keinginan sendiri. Kami dari pihak Hotel Maju Jaya Sejahtera hanya bisa berharap agar yang bersangkutan semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia Hotel Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pengalaman Kerja Perawat

Tidak berbeda jauh dengan profesi lainnya di bidang kesehatan, seorang perawat juga memerlukan pengalaman yang sangat penting. Jadi, jika anda ingin mencari pekerjaan di tempat yang lebih tinggi dari sekarang ini, jangan pernah lupa untuk meminta surat keterangan pengalaman kerja dari atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja perawat di bawah ini.

DINAS KESEHATAN KOTA MEDAN
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK
Jl. Pancurbatu No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : 123/SPK/ADM/09/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kepala Personalia RSU Adam Malik

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama:Intan Permatasari, Amd. Kep
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar telah pernah bekerja pada Rumah Sakit Umum Adam Malik Medan, terhitung sejak tanggal 29 Agustus 2016 s/d 29 Agustus 2019 sebagai perawat. Adapun yang bersangkutan selama bekerja di RSU Adam Malik selalu bertanggung jawab terhadap pekerjaan, loyal terhadap rumah sakit, ramah terhadap pasien, dan juga memiliki disiplin yang tinggi. Dalam hal ini, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginan sendiri. Kami dari pihak RSU Adam Malik berharap yang bersangkutan bisa semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 06 September 2019

Mengetahui,
Kepala Personalia RSU Adam Malik.

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Pengalaman Kerja

Di atas tadi sudah ada begitu banyak contoh surat pengalaman kerja, mulai dari contoh surat pengalaman kerja bidan, contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan, contoh surat pengalaman kerja guru, dan lain sebainya. Namun salah satu jenis yang paling sering dipergunakan adalah surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan. Maka dari itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah format surat pengalaman kerja dari perusahaan untuk anda.

(KOP SURAT PERUSAHAAN)

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . .

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama: 
Alamat: 

adalah benar telah pernah bekerja di perusahaan kami selama . . . . . . . . . . , terhitung mulai dari tanggal . . . . .  . . .s/d . . . . . . . . . . . ., dengan jabatan terakhir sebagai . . . . . . . . . . . .

Selama bekerja di perusahaan kami, yang bersangkutan memiliki kinerja yang baik, disiplin yang tinggi, loyal terhadap perusahaan, dan juga tidak pernah bertindak sesuatu hal yang merugikan perusahaan. Kami percaya jika yang bersangkutan akan tetap bisa bekerja denngan baik seperti itu, dimanapun nantinya bekerja. Kami pun hanya bisa berharap agar yang bersangkutan semakin sukses ke depannya.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Jika anda ingin mencari pekerjaan baru dan meninggalkan pekerjaan sekarang, surat pengalaman kerja memang akan sangat anda butuhkan. Ada banyak contoh surat pengalaman kerja di atas tadi yang bisa menjadi bahan referensi untuk anda sekalian. Surat pengalaman kerja tersebut nantinya bisa anda pergunaakn ketika anda melamar pekerjaan baru, dengan tujuan untuk mempermudah anda mendapatkan pekerjaan baru.