16 Contoh Surat Resign Kerja, Organisasi, Sekolah, DLL

Contoh Surat Resign – Ketika anda ingin keluar dari suatu perusahaan tempat anda bekerja, dari sekolah, dari kampus, ataupun dari organisasi tertentu, maka biasanya harus menggunakan surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri atau surat resign ini dipergunakan sebagai bukti keprofesionalan anda dan sebagai bukti resmi jika anda memang benar – benar mengundurkan diri secara resmi.

Jika anda ingin membaca mengenai pengertian surat resign, bagian surat resign dan jenis- jenisnya, maka bisa membacanya lebih lanjut di Pengertian Surat Resign.

Banyak orang yang mungkin saja berpikir jika surat resign tidaklah begitu penting. Namun ternyata tidak demikian adanya, karena surat resign ini juga berguna sebagai pernyataan bahwa anda tidak akan memiliki hak dan tanggung jawab lagi dengan perkumpulan yang akan anda tinggalkan. Baik itu sekolah, kampus, pekerjaan, maupun organisasi.

Surat pengunduran diri atau surat resign bisa anda tulis dengan sangat mudah. Satu hal yang pasti adalah anda pasti memiliki asalan sehingga harus resign atau harus mengundurkan diri. Anda pun berhak untuk memberitahukan atau tidak memberitahukan alasan anda, karena itu semua menjadi hak anda. Namun apapun yang menjadi alasan anda, sebaiknya tetap tidak membuat sakit hati atau menyinggung perasaan pihak yang anda tinggalkan.

Terlebih untuk anda yang mengundurkan diri dari suatu perusahaan, mungkin saja anda ingin meminta surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja dari mereka. Maka dari itu, anda pun harus menjaga perasaan atasan dan semua rekan kerja anda. Jika anda memang memiliki kinerja yang baik selama bekerja disana, maka atasan anda tentu tidak akan keberatan untuk memberikan surat referensi kerja.

Contoh Surat Resign/Surat Pengunduran Diri

Dalam kehidupan sehari – hari, ada banyak kemungkinan yang bisa membuat anda harus menggunakan surat pengunduran diri/surat resign. Baik itu dari sekolah, pekerjaan, kampus, ataupun dari organisasi. Dan untuk menulis surat resign, maka anda pun harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sopan, padat, singkat, dan jelas.

Menulis surat resign memang tidaklah terlalu susah. Namun belum tentu jika semua orang sudah terampil dalam menulis salah satu jenis surat yang satu ini. Jika anda membutuhkan bahan referensi untuk menulis surat resign, maka beberapa contoh surat resign di bawah ini mungkin akan bermanfaat untuk anda.

1. Contoh Surat Resign Kerja PNS

Bekerja sebagai seorang PNS memang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Ruang lingkup kerja seorang PNS juga bisa mencapai seluruh wilayah negara Indonesia. Maka dari itu, anda tidak bisa sesuka hati untuk pindah tugas kemana saja sesuai dengan keinginan. Bukan hanya pindah tugas saja, namun ketika anda ingin keluar dari pekerjaan sebagai seorang PNS, maka anda harus terlebih dahulu mengajukan surat pengunduran diri PNS kepada atasan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat resign kerja PNS di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
Dan Reformasi Birokrasi
di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :Anton Syahputra
NIP :198503302003121002
Pangkat dan Golongan :Pembina Muda III A
Jabatan :Kepala Bagian
Unit Organisasi :Kantor Sekretariat Provinsi Sumatera Utara
Tempat/Tanggal Lahir :Medan/20 Juli 1988
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan alasan akan fokus mengelola usaha yang sedang saya kembangkan. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya melampirkan :

  1. Surat pengunduran diri dengan hormat atas permintaan sendiri,
  2. Surat pernyataan tidak memiliki hutang yang harus dibayar yang pemberiannya berhubungan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan atas pengunduran diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dari Sdri Dewi Cahaya sebagai Istri,
  4. Fotocopy surat keputusan pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisasi,
  5. Fotocopy surat keputusan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisasi,
  6. Fotocopy surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisasi,
  7. Surat pernyataan telah mengembalikan seluruh barang dan kekayaan negara yang selama ini digunakan untuk menunjang kehidupan seorang Pegawai Negeri Sipil.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar – benarnya dan tanpa anda paksaan dari pihak manapun. Atas pertimbangannya dan keputusannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Resign Dari Perusahaan Swasta

Berbeda dengan seorang PNS, anda memang bisa kapan saja mengundurkan diri dari pekerjaan di sebuah perusahaan swasta. Namun hal ini berlaku jika anda bekerja di perusahaan tersebut bukan sebagai karyawan kontrak. Walaupun anda bisa mengundurkan diri kapan saja, namun sebaiknya anda tetap memberikan surat pengunduran diri kepada atasan anda, sebagai bukti jika anda memiliki attitude yang baik, dan keluar dari perusahaan tanpa meninggalkan tanggung  jawab. Di bawah ini adalah contoh surat resign kerja perusahaan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Direktur Utama
PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya Anton Syahputra dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Produksi di Departemen Teknik. Dengan ini saya sampaikan pengunduran diri saya sebagai pegawai di perusahaan yang Bapak pimpin efektif tertanggal  5 Agustus 2018 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diperoleh selama bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Semoga Bapak dapat memahami keputusan yang telah saya buat dan semoga juga PT. MAJU JAYA SEJAHERA semakin maju, berkembang dan sukses selalu kedepannya.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Resign Simple dengan Alasan Kesehatan

Setiap orang tentu saja menginginkan pekerjaan agar bisa memiliki penghasilan tetap. Namun dikarenakan berbagai hal, banyak orang juga yang harus resign dari perusahaan tempat dimana mereka bekerja. Salah satu alasan yang cukup logis adalah karena gangguan kesehatan. Jika kondisi kesehatan anda memang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, maka anda bisa menulis surat pengunduran diri simple seperti contoh di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
HRD Manajer
PT MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:19820000094
Unit:Pengadaan Logistik
Jabatan:Supervisi

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 5 Agustus 2018 mendatang. Hl ini dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif. Terima kasih saya ucapkan pada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama lebih dari 3 tahun dan terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Saya mempunyai keyakinan perusahaan ini dapat lebih berkembang kedepannya. Tidak lupa juga pada kesempatan ini, saya memohon maaf atas kesalahan- kesalahan saya selama bekerja sama dengan perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Resign Doc

Mungkin banyak diantara anda yang mencari contoh surat resign doc, untuk kemudian didownload filenya, lalu kemudian diedit dalam microsoft word. Namun hal tersebut malah akan lebih menguras waktu anda. Sebaliknya, anda bisa mengcopy contoh surat resign kerja di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya di microsoft word dalam bentuk file doc.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
HRD Manajer PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Maju Jaya Sejahtera sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Planning Manajer
Departemen:Keuangan
Alamat:Jl. Amal No.345, Medan

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Maju Jaya Sejahtera, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Pekanbaru. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anton Syahputra

5. Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar

Dengan mengundurkan diri dari suatu pekerjaan, maka tentu anda akan terlepas dari semua tanggung jawab disana. Namun sangat penting diperhatikan agar anda mengundurkan diri dengan cara baik – baik dan benar, termasuk dalam menulis surat resign kerja. Di bawah ini adalah contoh surat resign kerja yang baik dan benar, yang bisa anda pergunkan untuk keperluan anda.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Dewi Cahaya bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera sebagai karyawan, terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan usia kehamilan anak kedua kami dan keinginan untuk fokus dalam mengurus buah hati kami..

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap selalu, PT. Maju Jaya Sejahtera dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

6. Contoh Surat Resign Simpel dan Sederhana

Menulis surat resign memang tidaklah harus panjang dan bertele – tele. Hal yang paling penting adalah anda menyampaikan keinginan anda untuk berhenti bekerja atau resign dari perusahaan tersebut dengan baik, serta jangan lupa mengucapkan terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk bekerja disana. Anda pun bisa menulis contoh surat pengunduran diri simpel dan sederhana seperti contoh di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Pimpinan PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Pengunduran diri

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Web Programmer di perusahaan yang Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal surat permohonan pengunduran diri ini disetujui.

Saya mengucapkan rasa terima kasih atas segala kesempatan dan bimbingan yang telah perusahaan berikan kepada saya selama bekerja di PT. Maju Jaya Serjahtera ini.

Hormat saya,

Anton Syahputra

7. Contoh Surat Resign dari Perusahaan dengan Alasan

Mencari pekerjan memang sangat sulit sekarang ini, dan itu berlaku untuk kebanyakan orang. Namun jika anda memiliki alasan yang jelas untuk resign, maka tentu tidak ada salahnya. Seperti misalnya, anda ingin fokus dalam mengembangkan bisnis, dan mengharuskan anda terlepas dari pekerjaan. Di bawah ini adalah contoh surat resign dari perusahaan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 29 Juli 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jln. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya selaku karyawan PT. Maju Jaya Sejahtera :

Nama:Anton Syahputra
Departemen:Logistik
Jabatan:Kepala Bidang
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti, terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2018 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. Maju Jaya Sejahtera untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. Maju Jaya Sejahtera dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya. 

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Word

Mencari contoh surat pengunduran diri word atau dalam bentuk file word masih seringkali dilakukan oleh banyak orang. Namun jika anda ingin yang lebih simple dan cepat, maka anda sebenarnya bisa mengcopy contoh surat resign di bawah ini, lalu kemudian mengeditnya di microsoft word sesuai dengan keinginan anda.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jln. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya Anton Syahputra (NIK 00129123) dengan jabatan terakhir sebagai QC di bagian gudang. mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Ibu / Bapak pimpin, terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2018 mendatang.

Saya ucapkan terima kasih atas bimbingan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya dapat lebih berkembang baik dalam bidang keahlian ataupun kepribadian. Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ini banyak melakukan kesalahan selama bekerja di peusahaan ini.

Saya berharap PT. MAJU JAYA SEHATERA dapat terus berkembang, maju dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Resign dari Organisasi

Ada banyak organisai yang bisa kita temukan di lingkungan sekitar kita sekarang ini. Ada organisasi kepemudaan, organisai keagamaan, maupun organisasi lainnya. Nah, jika anda ingin memiliki jabatan pada organisasi tersebut, tentu tidak bisa keluar begitu saja tanpa pemberitahuan. Hal ini agar organisasi yang anda tinggalkan memiliki waktu untuk mencari pengganti yang akan mengisi jabatan yang anda tinggalkan. Maka dari itu, anda bisa menulis surat pengunduran diri dari organisasi seperti contoh di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Bendahara
Organisasi:Persatuan Pengusaha Muda Indonesia

Dengan ini menyatakan bahwa :

Secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Bendahara di organisasi Persatuan Pengusaha Muda Indonesia, terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan karena banyaknya kesibukan dan aktivitas lain diluar organisasi yang harus saya prioritaskan.

Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini menjadi bendahara di Persatuan Pengusaha Muda Indonesia.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Resign Resmi

Jika anda ingin berhenti bekerja di suatu instansi pemerintahan, tentu saja anda harus menulis surat resign dengan resmi. Namun bukan hanya di instansi pemerintahan, banyak juga perusahaan swasta yang mewajibkan para karyawan mereka untuk memberikan surat pengunduran resmi ketika ingin berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Maka dari itu, anda pun bisa menulis surat pengunduran diri resmi seperti contoh di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
HRD Manager / Pimpinan
PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Anton Syahputra bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya Sejahtera sebagai Marketing, terhitung sejak tanggal 5 Agustus 2018 mendatang.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Jaya Sejahtera. Saya juga memohon maaf kepada segenap karyawan dan manajemen PT. Maju Jaya Sejahtera apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama berada di perusahaan ini. Saya berharap perusahaan ini dapat terus maju dan berkembang di masa depan.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Resign Hotel

Ketika anda ingin bekerja di sebuah hotel tertentu, tentu bukanlah yang mudah dan mungkin ada beberapa proses yang harus anda lewati agar bisa bekerja di hotel tersebut. Begitu juga ketika anda ingin berhenti bekerja di hotel tersebut, anda pun harus resign dan berhenti bekerja di sana dengan baik – baik. Anda pun bisa menggunakan contoh surat resign hotel di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD
Hotel Maju Jaya Sejahtera
Jln. Mahameru No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:General Accounting Hotel Maju Jaya Sejahtera
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1993
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan pengunduran diri pada tanggal 5 Agustus 2018 dengan alasan ingin melanjutkan cita-cita saya selama ini. Semua tugas yang berhubungan dengan tanggung jawab saya sebagai General Accounting di Hotel Maju Jaya Sejahtera akan tetap saya laksanakan dengan baik sampai masa pengunduran saya.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang telah membantu dan membimbing saya selama bekerja, dan saya mohon maaf dengan sangat karena tidak lagi bisa bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan Hotel Maju Jaya Sejahtera.

Demikian surat pengunduran diri yang saya buat atas penuh kesadaran dan keinginan diri sendiri tanpa paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya

12. Contoh Surat Resign Bank

Bekerja di sebuah bank masih merupakan keinginan banyak orang hingga saat ini. Tidak heran jika banyak universitas yang menyediakan jurusan atau program kuliah perbankan. Merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari orang, bukan berarti jika karyawan/ti bank tidak pernah mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Jika anda memiliki alasan untuk berhenti bekerja di bank, maka anda bisa menggunakan contoh surat resign bank di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2019

Kepada Yth,
Pimpinan BANK MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan di BANK MAJU JAYA SEJAHTERA :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Front Officer
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Dengan ini saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di BANK MAJU JAYA SEJAHTERA sebagi suatu perusahaan besar selama penempatan di Front Officer di BANK MAJU JAYA SEJAHTERA kurang lebih satu tahun.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen BANK MAJU JAYA SEJAHETRA. Apalagi terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di BANK MAJU JAYA SEJAHTERA.

Saya berharap dan berdoa agar BANK MAJU JAYA SEJAHTERA menjadi sebuah bank yang terus maju dan sukses.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

13. Contoh Surat Resign Alfamart

Alfamart merupakan salah satu minimarket dengan jumlah retail yang sangat banyak sekarang ini. Dan tentu saja perusahaan minimarket ini membutuhkan karyawan yang sangat banyak juga. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari sana, itu semua tergantung anda, asal sesuai dengan peraturan alfamart. Anda pun bisa menggunakan contoh surat resign alfamart di bawah ini.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Direktur Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart)
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Intan Permatasari, dengan jabatan sebagai Cashier di Alfamart Jamin Ginting, Medan, dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Alfamart, terhitung sejak tanggal 08 Agustus 2018 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di Alfamart. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen Alfamart apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap Alfamart dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Resign Organisasi Kampus

Bukan hanya di lingkungan masyarakat, namun di lingkungan kampus sekalipun banyak organisasi yang bisa kita temukan. Salah satu di antaranya yang paling besar adalah organisasi BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Menjadi anggota atau pengurus BEM memang tidaklah mudah. Dan jika anda ingin berhenti sebagai pengurus dari organisasi tersebut, maka anda pun bisa menulis surat pengunduran diri organisai BEM seperti contoh di bawah ini.

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI
SEBAGAI ANGGOTA BEM
DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Bendahara
Fakultas:Pertanian
NIM:178644012
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan
Telp:085361920000

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara. Selama ada didalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Saya juga mohon maaf apabila dalam organisasi pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Sumatera Utara dapat memahami keputusan ini.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Medan, 29 Juli 2018.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

15. Contoh Surat Resign Sekolah

Seorang anak yang sedang sekolah pada umumnya akan mengikuti dimana orang tuanya tinggal. Jika orang tuanya tinggal di kota A, maka anaknya juga kemungkinan besar akan bersekolah di kota A tersebut. Namun jika ternyata orang tuanya harus pindah ke luar kota karena tugas ataupun karena alasan lain, maka seorang anak bisa mengundurkan diri dari sekolahnya dan melanjutkan sekolah di kota tujuan dari kepindahan orang tuanya tersebut. Namun perlu anda ketahui jika surat pengunduran diri dari sekolah ini harus diwakili oleh orang tua dari siswa dan ditandantangani juga oleh orang tua.

Medan, 29 Juli 2018

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
Jl. Pendidikan No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama:Anton Syahputra
Pekerjaan:TNI
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan
Telp.:085361920000

Selaku Orang Tua / Wali dari :

Nama:Mudahmmad Ilham
Kelas:XI-IPS 2
Sekolah:SMA Negeri 1 Medan
NISN:1872

Mengajukan pengunduran diri anak saya tersebut di atas dari SMA Negeri 1 Medan dengan alasan :

Keluarga kami akan berpindah domisili tempat tinggal ke Palembang, sehingga dirasa tidak mungkin untuk meninggalkan anak kami (Surya Kencana) sendiri di kota Medan untuk melanjutkan proses belajarnya di SMA Negeri 1 Medan. Adapun alasan kepindahan keluarga kami adalah karena saya selaku orang tua yang bekerja sebagai seorang TNI AD dipindah tugaskan ke Palembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan dengan harapan Bapak Kepala Sekolah dapat mengabulkan permohonan ini, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

16. Contoh Format Surat Resign

Sudah ada beberapa contoh di atas mengenai surat resign dari pekerjaan, sekolah, kampus, dan organisasi yang sudah terisi dengan lengkap. Namun salah satu contoh surat pengunduran diri yang paling banyak digunakan adalah surat pengunduran diri kerja dari perusahaan. Maka dari itu, kami akan memberikan contoh format surat pengunduran diri kerja dari perusahaan di bawah ini yang bisa anda copy dan edit dengan data diri anda.

(Nama kota dan tanggal)

Kepada Yth,
Direktur
PT. . . . . . . . . . . . . . .
Jln. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan surat ini, saya selaku karyawan dari PT. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  :

Nama: 
Departemen: 
Jabatan: 
Alamat: 

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. dikarenakan ingin berfokus pada karir bisnis yang sedang saya geluti, terhitung sejak tanggal  . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan PT. . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . untuk berkarya di perusahaan ini. Terima kasih juga saya ucapkan kepada rekan-rekan karyawan dan para staff yang telah banyak membantu saya dalam hal pekerjaan maupun pengembangan diri. Tak lupa saya juga menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak selama saya bekerja di perusahaan ini.

Saya yakin dan percaya bahwa PT. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  dapat menemukan pengganti posisi saya yang lebih baik dan sukses kedepannya. 

Demikian surat ini saya buat. Atas perhatian, kerjasama dan pengertiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Nama anda).

Penutup

Penggunaan surat pengunduran diri memang masih sangat sering dipergunakan oleh banyak pihak. Bukan hanya oleh orang – orang yang sudah bekerja, namun juga untuk para siswa, mahasiswa, ataupun anggota/pengurus organisasi. Anda pun harus menyampaikan permohonan pengunduran diri dengan baik, serta tidak menyinggung perasaan orang lain. Itulah tadi beberapa contoh surat resign atau surat pengunduran diri yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.