16 Contoh Surat Resmi dan Tidak Resmi yang Baik dan Benar

Contoh Surat – Surat memang merupakan salah satu media komunikasi yang sangat populer dan tidak bisa ditinggalkan penggunaanya hingga saat ini. Walaupun sudah ada banyak media komunikasi elektronik dan digital, namun penggunaan surat masih tetap saja dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan. Jadi, tidak heran jika masih ada banyak orang yang menggunakan berbagai contoh surat untuk berbagai urusan.

Pada umumnya, penggunaan surat sekarang ini sudah didominasi oleh urusan urusan resmi dan untuk kepentingan resmi. Namun bukan hanya itu saja, tidak ada salahnya juga bagi anda yang ingin menggunakan contoh contoh surat untuk berbagai keperluan tidak resmi atau pribadi. Surat seperti inipun disebut dengan surat tidak resmi atau surat pribadi.

Khusus untuk surat resmi, ada sangat banyak jenisnya yang dipergunakan oleh berbagai pihak. Surat resmi ini biasanya digunakan oleh pihak pihak perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi. Dan surat ini tidak mewakili perseorangan saja, melainkan mewakili suatu pihak atau kelompok seperti di atas.

Sementara untuk surat tidak resmi atau surat pribadi, bisa anda pergunakan untuk berbagai keperluan pribadi. Walaupun sudah banyak media komunikasi, namun tidak ada salahnya bagi anda menggunakan surat tidak resmi ini. Anda bisa menggunakannya seperti kepada orang tua, keluarga, sahabat, kekasih atau pacar, guru, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Resmi dan Surat Tidak Resmi

Jenis jenis dari surat resmi dan surat tidak resmi memang sangat beraneka ragam. Semua itu tergantung dari kebutuhan anda dan tujuan dari penerbitan surat tersebut. Khusus untuk surat resmi, maka harus menggunakan berbagai aturan, seperti bahasa dan kalimat, serta tata penulisan. Sementara untuk surat tidak resmi, bisa anda tulis dengan bebas, namun tetap memperhatikan kesopanan.

Dikarenakan penggunaan surat resmi sudah terbilang agak jarang, terlebih untuk penggunaan surat tidak resmi, maka mungkin ada banyak orang yang kurang paham bagaimana menulis contoh surat yang baik dan benar. Namun anda tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah beberapa contoh surat resmi dan contoh surat tidak resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat yang paling sering dipergunakan oleh perseorangan. Surat ini dipergunakan untuk mengajukan diri untuk bisa diterima bekerja sesuai dengan lowongan kerja yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari media digital, bahwa PT. Maju Jaya Sejahtera sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi sebagai Teknisi Mesin Produksi.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1990
Jenis Kelamin:Laki Laki
Pendidikan:S-1 Teknik Mesin
Telp.:081234567890
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan diri untuk bisa diterima bekerja di Perusahaan yang Bapak/ibu pimpin sebagai Teknisi Mesin sesuai dengan lowongan kerja yang tersedia.

Sebelumnya, saya sudah memiliki pengalaman kerja sebagai teknisi mesin di PT. Sukses Makmur selama kurang lebih 3 tahun, yang mana pengalaman kerja dari perusahaan tersebut sudah saya lampirkan bersama dengan surat ini. Saya juga bisa bekerja dengan baik secara team maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Fotocopy Surat Pengalaman Kerja
  6. SKCK dari Kepolisian
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Pas Photo Ukuran 4 x 6

Demikian surat lamaran kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, dan besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberikan saya kesempatan interview, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki.

Atas perhatian dan kesempatan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri

Ketika seseorang sudah memiliki pekerjaan, bukan berarti jika seseorang itu sudah terikat dan tidak bisa terlepas dari pekerjaan tersebut. Terkadang seseorang pun ingin mengundurkan diri dari pekerjaanya dengan berbagai alasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.
Kepala Departemen Personalia
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Produksi
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Makmur, terhitung sejak tanggal 21 November 2019 mendatang. Adapun yang menjadi alasan pengunduran diri saya adalah dikarenakan saya ingin fokus menjalankan bisnis keluarga. Dan saya berharap agar Bapak pimpinan bisa memaklumi alasan saya ini.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa bekerja dengan baik di perusahaan ini. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan kerja sekalian yang sudah membimbing saya untuk bisa bekerja dengan profesional di perusahaan ini.

Tidak lupa, saya pun ingin meminta maaf kepada Bapak Pimpinan, pihak manajemen, dan semua karyawan yang lain, sekiranya saya pernah berbuat kesalahan selama bekerja disini, sengaja maupun tidak sengaja, baik dari perkataan maupun dari tindakan yang saya lakukan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sebenarnya, dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Kuasa

Ada banyak jenis surat kuasa yang seringkali dipergunakan oleh banyak ornag. Tujuan dari surat kuasa ini adalah untuk mewakilkan wewenang ataupun tanggung jawab dalam melakukan sesuatu hal. Jadi, orang yang anda berikan kuasa akan melakukan sesuatu hal atas nama anda dan atas izin dari anda sendiri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIK:876578973345
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIK:876574563
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Untuk mengambil BPKB Sepeda Motor di Leasing Adira Finance, di Jl. Ringroad No. 123, Medan, dengan identitas sepeda motor sebagai berikut :

Merk:Honda
Type:Honda PCX 150
Tahun Pembuatan:2017
Warna Kendaraan:Merah Putih
No. Polisi:BK 4321 CBA
Nama Pemilik:Intan Permatasari

Dengan ini semua tanggung jawab dan sebab akibat dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya selaku pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaiman mestinya sebagai pedoman.

Medan, 21 Oktober 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
  
Intan Permatasari.Dewi Cahaya.

4. Contoh Surat Izin Sekolah

Ketika seorang siswa tidak bisa masuk dan mengikuti pelajaran di sekolah, maka sebaiknya siswa tersebut memberikan surat izin kepada sekolah. Surat tersebut pun bisa dibuat dan ditanda tangani oleh orang tuanya sendiri atau wali. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat izin sekolah di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Izin Sekolah

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari siswa :

Nama:Intan Permatasari
NISN:87675346435
Kelas:XII SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut di atas tidak bisa masuk dan mengikuti pelajaran di sekolah hari ini, Senin, 21 Oktober 2019, dikarenakan sedang sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Menurut keterangan dari dokter, anak kami setidaknya harus menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Adam Malik selama kurang lebih 5 hari. Bersama ini, kami pun sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Oleh karena itu, sudilah kirannya Bapak/Ibu guru memberikan izin kepada anak kami.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru sekalian, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Pernyataan

Surat pernyataan merupakan surat yang dipergunakan untuk menyatakan sesuatu hal, yang mana umumnya berguna untuk menerangkan seseorang. Jadi, dalam hal ini, apa yang diterangkan bisa merupakan diri sendiri ataupun mengenai orang lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pernyataan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PERNYATAAN KERJA
Nomor : 123/MJS/SK/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini menyatakan bahwa :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Perkutut No. 123, Medan

bahwa nama tersebut di atas adalah benar merupakan karyawan kami yang masih aktif dan bekerja hingga sekarang. Menurut data kepegawaian dari Departmen Personalia, nama tersebut di atas sudah menjadi karyawan kami terhitung dari tanggal 20 Juli 2015 sampai dengan sekarang.

Demikian surat pernyataan ini kami perbuat dengan sebenarnya untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Oktober

Yang Menyatakan,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Izin

Ada banyak jenis surat izin yang mungkin akan dibutuhkan oleh banyak orang. Salah satunya adalah surat izin kerja yang bisa dipergunakan oleh para pegawai maupun karyawan untuk meminta izin kepada atasan. Ketika anda berhalangan masuk ataupun sedang sakit, maka anda bisa membuat surat izin seperti contoh di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Izin Kerja

Kepada Yth,
Kepala Bagian HRD
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Staff Administrasi
Alamat:Jl. Perkutut No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2019. Hal tersebut tidak lain dikarenakan saya sedang sakit dan harus beristirahat untuk memulihkan keadaan.

Oleh karena itu, saya pun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak Kepala Bagian HRD. Dan sebagai bentuk pertanggung jawaban, bersama ini saya pun sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

7. Contoh Surat Resign

Surat resign memang bisa dipergunakan pada banyak tempat. Namun yang paling sering kita temukan adalah surat resign kerja ataupun surat pengunduran diri dari pekerjaan. Surat ini akan diperlukan ketika anda ingin mengajukan permohonan pengunduran diri kepada atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat resign di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Direktur PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Amal  No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sukses Makmur dengan jabtan terakhir sebagai Staff Marketing, terhitung sejak tanggal 21 November 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena sudah berkeluarga dan ingin fokus mengurus keluarga.

Saya mengucapkan terimakasih yang  sebesar besarnya kepada Bapak pimpinan yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bisa bekerja pada perusahaan ini. Saya pun ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan kerja semuanya yang sudah banyak membimbing saya untuk bisa bekerja dengan profesional.

Tidak lupa, saya pun ingin meminta maaf kepada Bapak pimpinan, rekan rekan kerja, dan juga semua manjajemen PT. Sukses Makmur, sekiranya saya pernah berbuat salah selama bekerja disini, baik dari perkataan maupun dari perbuatan yang saya lakukan. Saya hanya berharap agar perusahaan ini ke depannya semakin maju dan berkembang pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

8. Contoh Surat Dinas

Berbagai contoh dan jenis surat dinas seringkali dipergunakan oleh berbagai perusahaan, instansi pemerintahan, lembaga, maupun organisasi. Surat dinas ini merupakan surat resmi dan diterbitkan atas nama sebuah kelompok tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dinas di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 21 Oktober 2019

Nomor : 123/Disdik/10/2019
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA Sederajat Se-Kota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka menyambut Ujian Nasional pada Tahun Ajaran 2019/2020 ini, maka semua pihak harus bersinergi agar Ujian Nasional tersebut bisa berjalan lancar dan memberikan hasil yang baik.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami pun ingin mengundang semua Bapak/Ibu Guru Kepala Sekolah SMA Se-derajat Se-Kota Medan untuk hadir pada rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Kamis/24 Oktober 2019
Waktu:Pukul 09.00 – 11.00
Tempat:Aula Dinas Pendidikan

Mengingat pentingnya rapat ini, maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu untuk bisa hadir sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Drs. Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Izin Sakit

Ketika anda sedang sakit, maka aktivitas anda tentu akan terganggu. Baik itu aktivitas sekolah, kuliah, maupun pekerjaan. Nah, sebaiknya anda tidak terlalu memaksakan diri untuk menjalani aktivitas seperti biasanya. Anda pun bisa meminta izin dengan menggunakan contoh surat izin sakit di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Perihal : Permohonan Izin Kuliah

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Dekan Fakultas MIPA
Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:987657654
Fakultas:MIPA
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa mengikuti semua kegiatan perkuliahan pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2019. Hal tersebut dikarenakn saya sedang sakit dan harus beristirahat untuk memulihkan keadaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya pun bermaksud untuk meminta izin dari Bapak Dekan, atas ketidakhadiran saya. Sebagai pertanggung jawaban saya, bersama ini saya pun sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohohan izin sakit ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak Dekan, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

10.  Contoh Surat Resmi

Berbicara mengenai contoh surat resmi, tentu sudah bukan merupakan hal yang baru lagi untuk anda sekalian. Penggunaan surat ini seringkali kita temukan pada berbagai tempat, salah satunya adalah perusahaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat resmi perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 21 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 Brosur

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan homat,
Menurut informasi yang kami dapatkan, PT. Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan distributor peralatan elektronik paling lengkap dan terbesar di kota Medan. Dan kami berpendapat jika PT. Sukses Makmur harus memiliki supplier yang bisa menyediakan berbagai peralatan elektronik dengan kualitas tingi, namun dengan harga yang terjangkau.

Sehubungan dengan  hal tersebut, bersama ini kami pun bermaksud menawarkan beberapa peralatan elektronik yang kami miliki kepada Bapak/Ibu. Adapun kami sudah berpengalaman selama kurang lebih selama 20 tahun dalam memproduksi peralatan elektronik dan sudah memiliki banyak pelanggan.

Kami pun tentu akan sangat senang jika bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu. Jika Bapak/Ibu bersedia menjadi salah satu distributor kami, maka kami akan memberikan harga spesial untuk setiap pembelian. Jika Bapak/Ibu berminat, maka bisa menghubungi kami pada nomor telepon yang tersedia ataupun mengirimkan surat balasan kepada kami.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

11. Contoh Surat Pribadi

Memang harus diakui jika penggunaan surat pribadi sekarang ini sudah semakin jarang. Namun sebenarnya tidak ada salahnya bagi anda jika ingin menggunakan surat pribadi untuk berkomunikasi. Anda pun bisa mengirimkan surat pribadi seperti kepada sahabat ataupun teman anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pribadi untuk sahabat di bawah ini.

Medan, 21 Oktober 2019

Sahabatku,
Intan Permatasari
Jl. Amal No. 123
Jakarta

Hai Intan, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Medan. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu sobat. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dna keluarga berencana pulang ke Jakarta untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Intan.

Oh iya Intan, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

12. Contoh Surat Sakit

Ketika anda sedang sakit dan berobat ke dokter ataupun ke bidan, maka anda pun bisa meminta surat sakit dari mereka. Surat sakit ini bisa anda pergunakan untuk meminta izin, baik itu kepada guru di sekolah, atasan di tempat pekerjaan, ataupun kepada dosen di kampus. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat sakit di bawah ini.

DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
RUMAH SAKIT UMUM ADAM MALIK

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 123/RSUAM/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Umur:27 Tahun
Pekerjaan:Karyawan Swasta
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Oleh karena sakit, maka perlu diberikan istirahat selama 3 hari, terhitung sejak tanggal 21 Oktober 2019 s/d 23 Oktober 2019.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Oktober 2018

Dokter Pemeriksa,

dr. Anton Syahputra.

13. Contoh Surat Permohonan

Ada banyak jenis surat permohonan yang sering dipergunakan oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah surat permohonan bantuan dana ataupun bantuan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat permohonan bantuan dana di bawah ini.

MASJID AL-IKHLAS PADANG BULAN
PANITIA REHABILITASDI MASJID
Jl. Jend. Jamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 21 Oktober 2019

Nomor : 123/MAI/10/2019
Perihal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari
Warga Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Kami sampaikan bahwa rehabilitasi masjjid Al-Ikhlas Padang Bulan akan segera dimulai dan tentunya akan membutuhkan banyak biaya. Adapun bagian bagian yang akan diperbaiki adalah kamar mandi, asbes, keramik, dan juga atap masjid.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami ingin meminta bantuan dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari yang sekiranya bisa memberikan bantuan dana untuk rehabilitasi masjid ini. Semua rehabilitasi masjid ini bertujuan untuk kenyamanan para jamaah yang ingin melaksanakan ibadah di masjid.

Untuk Bapak/Ibu/Saudara/Saudari yang ingin memberikan bantuan, maka bisa mengantarkannya langsung ke Masjid Al-Ikhlas Padang Bulan, ataupun menelepon Intan Permatasari di nomor 081234567890 untuk selanjutnya bantuan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari dijemput ke rumah.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia Rehabilitasi,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Undangan

Berbagai jenis surat undangan seringkali dipergunakan oleh banyak pihak untuk keperluan banyak hal, salah satunya adalah untuk undangan rapat. Jika anda ingin mengundang pihak pihak lain ataupun orang lain untuk hadir pada repat tertentu, maka anda pun bisa menggunakan surat undangan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat undangan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 21 Oktober 2019

Nomor : 123/MJS/10/2019
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala Bagian
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan diperingatinya HUT Perusahaan pada tanggal 15 November mendatang, maka dengan ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak/Ibu Kepala Bagian agar hadir pada rapat pembentukan panitia perayaan HUT Perusahaan yang akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/25 Oktober 2019
Waktu:Pukul 10.00 – 12.00
Tempat:Ruang Rapat 1

Mengingat pentingnya acara ini, maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu tepat pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah hal yang sangat penting untuk anda yang sudah keluar dari suatu perusahaan namun ingin melamar pekerjaan di perusahaan lain lagi. Surat ini sedikit banyaknya akan membantu anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PENGALANAN KERJA
Nomor : 123/MJS/10/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini menerangkan bahwa :

Nama:Dewi Cahaya
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

adalah benar merupakan salah satu karyawan kami di PT. Maju Jaya Sejahtera, terhitung sejak tanggal 20 Juli 2015 s/d 20 Oktober 2019. Adapun yang bersangkutan sudah mengundurkan diri atas keinginannya sendiri dengan jabatan terakhir sebagai Staff Administrasi.

Selama bekerja di perusahaan kami, yang bersangkutan selalu menunjukkan dedikasi tinggi terhadap perusahaan, bisa bekerja dengan baik dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan, serta tidak pernah merugikan perusahaan. Kami yakin, yang bersangkutan akan bisa bekerja dengan baik dimanapun nantinya bekerja.

Demikian surat keterangan pengalaman kerja ini kami perbuat dengan sebenarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 21 Oktober 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

16. Contoh Surat Undangan Rapat

Kegiatan rapat merupakan salah satu kegiatan yang sangat sering kita temukan pada berbagai tempat, seperti instansi pemerintah, perusahaan, lembaga, dan juga organisasi. Dan jika anda ingin mengadakan rapat tertentu, anda pun bisa menggunakan surat undangan rapat untuk mengundang para anggota rapat yang diharapkan hadir. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat undangan rapat di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

Medan, 20 Januari 2020

Nomor : 123/SMAN1/10/2019
Perihal : Undangan Rapat

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Mengingat semakin dekatnya waktu pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019/2020, maka tentu ada banyak persiapan yang harus dilaksanakan. Semua pihak pun harus bersinergi agar bisa melaksanakan ujian dengan baik dan bisa mendapatkan hasil yang baik.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu Orang Tua/Wali siswa untuk bisa menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/26 Januari 2019
Waktu:Pukul 10.00 – Selesai
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Mengingat pentingnya rapat ini, maka kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Orang Tua/Wali agar bisa hadir pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.

Penutup

Walaupun sudah ada banyak media komunikasi elektronik dan digital sekarang ini, namun penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan. Ada banyak contoh surat yang bisa anda pergunakan dalam kehidupan sehari hari, baik itu surat resmi maupun surat tidak resmi. Itulah tadi beberapa contoh surat resmi dan surat tidak resmi yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.