16 Contoh Surat Perintah Kerja Dinas, Resmi, Perusahaan

Contoh Surat Perintah Kerja – Dalam suatu perusahaan ataupun instansi pemerintahan, bahkan lembaga sekalipun, tentu akan sering menggunakan surat perintah kerja. Surat ini dipergunakan ketika seseorang atasan ingin memberikan pekerjaan khusus kepada salah satu bawahannya ataupun karyawannya. Dan untuk menjelaskan pekerjaan tersebut, waktu pelaksanaan pekerjaan, dan juga hal lainnya, maka diperlukanlah surat perintah kerja.

Dalam suatu pekerjaan, setiap orang tentu sudah memiliki tanggung jawab dan pekerjaan tersendiri. Namun kendati demikian, seseorang atasan mungkin saja menghendaki kita untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan lain, yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Baik itu pekerjaan proyek, pekerjaan kontraktor, pekerjaan di luar kantor, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis surat resmi yang satu ini memang masih sangat mudah kita temukan di berbagai badan usaha, instansi pemerintahan, dan juga lembaga lembaga pada umumnya. Pada surat perintah kerja ini akan bisa kita temukan beberapa informasi, seperti pihak yang memberikan perintah kerja, penerima perintah kerja, waktu pelaksanaan pekerjaan, dan beberapa informasi lainnya yang mungkin akan diperlukan.

Lantas, mengapa harus menggunakan surat perintah kerja?. Ya, pada umumnya surat perintah kerja ini dipergunakan ketika seorang atasan ingin memberikan suatu pekerjaan yang lain untuk seseorang bawahan. Karena kalau pekerjaan yang diberikan adalah pekerjaan sehari harinya di kantor, tentu tidak akan diperlukan lagi surat perintah kerja. Dan sebagai seorang bawahan, kita pun tentu harus bisa melaksanakan pekerjaan yang diberikan tersebut dengan sebaik mungkin dan harus menyelesaikannya tepat waktu.

Contoh Surat Perintah Kerja

Penulisan surat perintah kerja memang agak berbeda dengan penulisan beberapa surat resmi lainnya. Surat perintah kerja ini pada umumnya dipergunakan pada satu lingkungan kerja tertentu, dimana diberikan oleh atasan kepada bawahan. Namun bukan tidak mungkin juga jika surat perintah kerja diberikan kepada pihak lain ataupun badan usaha lain, diluar dari perusahaan tersebut. Untuk itu, kami sudah menyediakan banyak contoh surat yang bisa anda contek.

Bagi anda yang masih sekolah atau kuliah, juga mungkin saja mendapat tugas untuk menulis berbagai contoh surat perintah kerja. Dan anda pun mungkin saja masih kurang begitu paham bagaimana tata cara penulisan surat perintan kerja yang baik dan benar. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat perintah kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Perintah Kerja Proyek

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor ataupun developer. Nah, ketika memiliki satu proyek, tentu pihak perusahaan harus menunjuk seseorang atau beberapa orang untuk menangani proyek tersebut. Dan untuk itu, diperlukanlah surat perintah kerja. Di bawah ini adalah salah satu contoh surat perintah kerja proyek yang bisa anda lihat.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
DEVELOPER AND BUILDING

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

dengan ini memberikan perintah kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Mandor Proyek
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Untuk menangani Proyek Pembangunan Ruko yang terletak di Jl. Cindelaras No. 123, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pembagunan ruko tersebut dilaksanakan selama 6 (enam) bulan, terhitung dari tanggal 01 November 2019 s/d 01 Mei 2020 dan ditangani langsung oleh Bapak Muhammad Ilham.
  2. Kondisi dan kualitas bangunan ruko tersebut harus sesuai dengan prosedur dan standar yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
  3. Semua keperluan dan biaya yang dibutuhkan agar selalu dikoordinasikan dengan Departemen Sarana dan Prasana PT. Maju Jaya Sejahtera.
  4. Jika pekerjaan telah selesai dilakukan, agar yang bersangkutan segera memberikan laporan kepada Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera.
  5. Jika pekerjaan tidak selesai dilakukan dalam waktu 6 (enam) bulan, maka akan diberikan waktu tambahan 1 (satu) bulan untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut.
  6. Jika setelah diberikan tambahan waktu pekerjaan masih belum selesai dilaksanakan, maka akan diberikan sanksi. Dan bila selesai dikerjakan tanpa harus menggunakan tambahan waktu, akan diberikan bonus dari perusahaan.

Surat perintah kerja ini diberikan kepada yang bersangkutan, agar bisa dipergunakan sebagai pedoman pekerjaan dan bisa dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Medan, 31 Oktober 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Perintah Kerja Word

Ketika memerlukan surat perintah kerja, maka mungkin akan ada banyak orang yang mencari contoh surat perintah kerja word ataupun dalam bentuk file documen. Namun hal tersebut hanya akan memakan banyak waktu anda saja. Sebaliknya, anda pun bisa mengcopy contoh surat perintah kerja di bawah ini, untuk selanjutnya diedit di microsoft word.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 123/SPK/KPB/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, selaku Lurah Padang Bulan, dengan ini memberikan perintah kerja kepada :

No.NamaJabatan
1.Muhammad IlhamKetua TPK
2.Ahmad SentosaAnggota TPK
3.Barry WijayaAnggota TPK

untuk mengawasi Pembangunan Parit Jalan di Jl. Gitar, Kelurahan Padang Bulan, dengan ketentuan pekerjaan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan selama 1 bulan, terhitung dari tanggal 01 November 2019 s/d 01 Desember 2019, dan diawasi langsung oleh Ketua dan Anggota TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) yang namanya tersebut di atas.
  2. Kualitas pekerjaan harus memenuhi standar yang sudah disepakati bersama antara pihak Kelurahan dengan Pihak Kontraktor. Dan jika kualitasnya kurang bagus atau tidak memenuhi standar, maka agar segera melapor kepada Lurah Padang Bulan.
  3. Pekerjaan harus dilakukan secara bersama sama, dan jangan sampai pembangunan parit tersebut ditinggalkan tanpa pengawasan dari TPK Kelurahan.
  4. Jika pekerjaan sudah selesai dilaksanakan, agar TIM TPK segera memberikan laporan mengenai pekerjaan tersebut kepada Lurah Padang Bulan.

Demikian surat perintah kerja ini diberikan kepada yang bersangkutan, untuk bisa dilaksanakan dengan sebaik – baiknya dan tepat waktu.

Medan, 31 Oktober 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Perintah Kerja Resmi

Pada umumnya, semua jenis dan contoh surat perintah kerja itu adalah bentuk surat perintah kerja resmi. Surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi, lembaga, maupun perusahaan tersebut adalah merupakan surat resmi, yang walaupun dikeluarkan oleh seseorang atasan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat perintah kerja resmi di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 123/SPK/Disdik/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Drs. Anton Syahputra
NIK:7654534675636
Pangkat/Gol:Pembina / IV A
Jabatan:Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan

dengan ini memberikan perintah kepada :

No.NamaJabatan
1.Muhammad Ilham, SEPengawas Sekolah SMA
2.Dra. Intan PermatasariPengawas Sekolah SMA
3.Dewi Cahaya, M. PdPengawas Sekolah SMA

untuk memantau persiapan semua SMA Negeri Se-Kota Medan dalam menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dengan ketentuan sebagai berikut ini :

  1. Waktu pelaksanaan pekerjaan adalah selama 1 bulan, terhitung dari tanggal 01 November 2019 s/d 01 Desember 2019.
  2. Setiap pagi harus terlebih dahulu hadir di Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan, mengisi absen, lalu mengambil Kendaraan Dinas Pendidikan Kota Medan untuk dipergunakan mengunjungi setiap sekolah SMA Negeri Se-Kota Medan.
  3. Agar melaporkan semua biaya dan keperluan yang dibutuhkan kepada Bagian Perbendaharaan Dinas Pendidikan Kota Medan.
  4. Agar merangkum semua masalah yang dihadapi oleh para siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), untuk kemudian disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan.
  5. Setelah selesai melaksanakan pekerjaan, agar memberikan laporan dalam waktu 1 (satu) minggu kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan.

Demikian surat perintah kerja ini diperbuat, untuk bisa dilaksanakan dengan sebaik – baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Medan, 31 Oktober 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Drs. Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Perintah Kerja Perusahaan

Selain lembaga dan instansi pemerintahan, ada banyak juga perusahaan yang menggunakan surat perintah kerja dalam menugaskan para karyawan mereka. Dan untuk itu, anda pun bisa menggunakan contoh surat perintah kerja perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 123/SPK/MJS/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera

dengan ini memberikan perintah kerja kepada :

Nama:Intan Permatasari
Jabatan:Konsultan Planning
Alamat:Jl. Badaruddin No. 123, Medan

untuk mengikuti rapat dan mempresentasikan rencana kerjasama kepada PT. Sukses Makmur, Jl. Jend. Sudirman No. 123 pada :

Hari/Tanggal:Senin/02 November 2019
Waktu:Pukul 08.00 – 12.00
Tempat:Ruang Rapat PT. Sukses Makmur

dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Mempresentasikan bentuk kerjasama yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pihak PT. Sukses Makmur dengan sebaik mungkin, termasuk menjelaskan besar keuntungan yang bisa didapatkan oleh kedua perusahaan.
  2. Menjaga image dan nama baik perusahaan di depat pihak PT. Sukses Makmur.
  3. Hadir di Ruang Rapat PT. Sukses Makmur paling lambat 30 menit sebelum rapat dimulai.
  4. Setelah selesai melaksanakan pekerjaan, agar segera membuat laporan yang harus diserahkan kepada Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera.

Demikian surat perintah ini diperbuat, agar bisa dijadikan pedoman dalam melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab.

Medan, 31 Oktober 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Perintah Kerja Kontraktor

Ada banyak orang atau pihak yang membutuhkan jasa dari pihak kontraktor, seperti untuk membangun suatu gedung perkantoran. Dan untuk itu, pihak pemberi kerja pun perlu memberikan surat perintah kerja kepada pihak perusahaan kontraktor tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat perintah kerja kontraktor di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : 123/SPK/SMAN1/10/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, M. Pd
Pangkat/Gol:Pembina/IV A
Jabatan:Kepala Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan

dengan ini memberikan perintah kerja kepada :

Nama:Muhammad Ilham
Jabatan:Direktur PT. Sukses Makmur
Alamat:Jl. Jend. Sudirman No. 123, Medan

Untuk mengerjakan Proyek Pembangunan Gedung Aula SMA Negeri 1 Medan, dengan nilai pekerjaan sebesar Rp. 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta rupiah), dengan ketentuan sebagai berikut ini :

  1. Proyek pekerjaan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, terhitung mulai tanggal 02 November 2019 s/d 02 Februari 2019, tanpa mengurangi kualitas dari bangunan proyek.
  2. Gedung bangunan aula harus sesuai dengan denah yang sudah ditentukan dan sudah disepakati bersama antara kedua belah pihak.
  3. Pihak kontraktor harus berani menjamin mutu dan kualitas dari bangunan gedung tersebut, serta bersedia memberikan garansi penuh selama 1 (satu) tahun tanpa kerusakan berarti pada gedung.
  4. Pembayaran nilai kontrak pekerjaan diberikan sebanyak 20% sebelum pekerjaan dilakukan, dan akan dilunasi setelah pekerjaan selesai dilaksanakan.

Demikian surat perintah kerja ini diperbuat, untuk bisa dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan kesepakatan bersama dari kedua belah pihak.

Ditetapkan di : Medan
Pada Tanggal : 31 Oktober 2019

Mengetahui,

Pemberi Proyek,Penerima Proyek,
  
Anton Syahputra, M. PdMuhammad Ilham

6. Format Contoh Surat Perintah Kerja

Format dari surat perintah kerja mungkin agak berbeda beda, tergantung dari pihak yang menggunakan. Namun pada intinya, semua itu adalah sama, yakni memberikan perintah agar seseorang atau beberapa orang bawahan melaksanakan suatu pekerjaan tertentu. Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan satu buah format contoh surat perintah kerja perusahaan yang bisa anda pergunakan.

(KOP SURAT PERUSAHAAN)

SURAT PERINTAH KERJA
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 

dengan ini memberikan perintah kerja kepada :

Nama: 
Jabatan: 
Alamat: 

Untuk mengerjakan/melaksanakan . . . . . . . . . . . . . . . . . , dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pekerjaan dilaksanakan selama . . . . . . . . . . . . . . . . . , terhitung sejak tanggal . . . . . . . . . . . . . . . . .  s/d . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  2. (ketentuan lain bila ada)
  3. (ketentuan lain bila ada)
  4. (ketentuan lain bila ada)
  5. Setelah selesai melaksanakan pekerjaan, agar segera memberikan laporan kepada . . . . . . . . . . . . . . . . .

Demikian surat perintah kerja ini diperbuat, agar bisa dilaksanakan dengan sebaik – baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

(Nama dan Tanda Tangan).

Penutup

Bagi anda yang sudah bekerja, baik di instansi pemerintahan, perusahaan, maupun lembaga tertentu, sudah pasti tidak asing lagi dengan surat perintah kerja ini. Surat perintah kerja memang sangat sering dipergunakan oleh berbagai pihak hingga sekarang ini. Itulah tadi beberapa contoh surat perintah kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.