16 Contoh Surat Teguran Tertulis PNS & Karyawan Terbaru

Contoh Surat Teguran Tertulis – Teguran ataupun peringatan dari seorang atasan kepada bawahan bukan bisa diberikan dengan dua cara. Jika kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan masih terbilang ringan, maka mungkin akan diberikan teguran secara lisan saja. Namun apabila pelanggaran tersebut dirasa cukup mengganggu, maka bisa saja diberikan surat teguran tertulis.

Surat teguran ini bisa dipergunakan di berbagai ruang lingkup pekerjaan. Mulai dari lingkungan kerja para PNS, pegawai bumn dan bumd, sampai dengan karyawan dan buruh di suatu perusahaan. Sebagaimana kita ketahui bersama, setiap instansi, lembaga, ataupun perusahaan tentu sudah membuat peraturan yang harus dipatuhi oleh semua pegawai dan karyawan. Namun tidak jarang kita temukan pelanggaran yang dilakukan secara sengaja, maupun tidak sengaja.

Pelanggaran disiplin adalah salah satu pelanggaran yang paling sering kita temukan. Beberapa di antaranya adalah tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan selama beberapa hari berturut – turut, datang terlambat atau pulang lebih awal dari jam kerja yang sudah ditentukan, ataupun keluar dari kantor/perusahaan pada saat jam kerja. Bukan hanya itu, masih ada banyak pelanggaran disiplin lainnya yang bisa kita temukan.

Nah, untuk itulah diperlukan adanya surat teguran yang ditujukan kepada yang bersangkutan ketika melanggar disiplin atau peraturan. Dengan adanya surat teguran ini, maka diharapkan yang bersangkutan akan bisa intropeksi diri dan memperbaiki kesalahan, serta tidak mengulangi kesalahan yang sama ataupun kesalahan lainnya di kemudian hari.

Contoh Surat Teguran Tertulis

Bagi anda yang sudah bekerja, tentu sudah tidak asing lagi dengan surat teguran ini. Sebagaimana kami sebutkan diatas, penggunaan surat teguran tidaklah terbatas hanya pada satu atau beberapa ruang lingkup pekerjaan saja, namun bisa dikatakan semuannya. Bahkan bila kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan sudah terlalu berat, maka bukan tidak mungkin akan diberikan surat peringatan juga.

Surat teguran tertulis termasuk kedalam salah satu jenis surat resmi. Maka dari itu, surat ini harus dilengkapi dengan kop surat ataupun kepala surat. Kop surat tersebut merupakan kop surat dari instansi, lembaga, ataupun perusahaan yang mengeluarkan surat teguran. Tidak perlu berlama – lama, berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat teguran tertulis yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Teguran Tertulis PNS

Banya orang yang mengatakan jika menjadi seorang PNS itu sangat menyenangkan, karena peraturannya yang dominan lebih rileks dan tidak seketat peraturan pada perusahaan swasta. Namun tetap saja, jika seorang anggota ASN atau pegawai negeri sipil berbuat kesalahan atau pelanggaran, maka bisa saja diberikan surat teguran tertulis pns oleh atasan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/11/2019

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan memandang perlu memberikan teguran kepada ASN dengan identitas dan data di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
NIP:8976545 3466 2342
Pangkat/Gol:Penata/IIIB
Jabatan:Kepala Sub Bagian Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diberikan berdasarkan kesalahan/pelanggaran yang sudah dilakukan oleh Sdri. Dewi Cahaya, dimana pada hari Senin, 19 November 2019, telah keluar dari kantor pada saat jam kerja masih berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) jam.

Sebagai seorang anggota ASN, maka sudah seharusnya yang bersangkutan tetap berada di kantor dan mengerjakan semua tugas – tugas kantor pada saat jam kerja. Dan sebagai seorang Kepala Sub Bagian, sudah seharusnya bisa memberikan contoh yang lebih baik untuk para bawahannya.

Kami berharap dengan adanya surat teguran ini, maka yang bersangkutan bisa memperbaiki diri dan selalu mematuhi semua peraturan dan tata tertib sebagai seorang anggota ASN. Surat teguran ini berlaku selama 3 (tiga) bulan, dan apabila yang bersangkutan masih mengulangi kesalahan yang sama, akan diberikan sanksi yang lebih berat lagi.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, agar bisa diperhatikan dan dijadikan bahan koreksi diri.

Medan, 20 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Dra. Intan Permatasari.
NIP. 9834687 2642 1236

2. Contoh Surat Teguran Tertulis Disiplin PNS

Menjadi seorang PNS, maka ada enaknya dan ada tidak enaknya. Sebagaimana kita ketahui, ada banyak sekali peraturan dan disiplin yang harus dijaga dengan benar oleh seorang pegawai negeri sipil. Karena jika sampai ketahuan melakukan kesalahan, maka bisa saja diberikan surat teguran tertulis disiplin dari atasan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN DISIPLIN
Nomor : 123/Disdik/11/2019

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan memandang perlu untuk memberikan teguran kepada :

Nama:Anton Syahputra
NIP:87657325 2365 2345
Jabatan:Staff Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas pelanggaran disiplin sebagai seorang PNS yang sudah dilakukan oleh Sdr. Anton Syahputra, yakni terlambat masuk kerja selama 3 hari berturut – turut pada tanggal 17, 18, dan 19 November.

Kami sangat menyayangkan kejadian seperti ini, dimana seorang Pegawai Negeri Sipil tidak bisa menjaga disiplin, bahkan hanya untuk sekedar disiplin waktu saja. Sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil, maka sudah seharusnya menaati semua peraturan dan menjaga disiplin sebagai seorang PNS.

Surat teguran ini diberikan dan berlaku selama 3 (tiga) bulan sejak diterbitkan dan ditanda tangani. Apabila yang bersangkutan masih mengulangi kesalahan yang sama dalam jangka waktu 3 bulan tersebut, maka akan diberikan surat peringatan 1, ataupun sanksi disiplin yang lebih berat.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa diperhatikan dan dijadikan bahan intropeksi, serta sebagai pedoman perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 20 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Dra. Intan Permatasari.
NIP. 237245782 2456 0965.

3. Conntoh Surat Teguran Tertulis Bagi PNS yang Tidak Masuk Kerja

Jika anda bekerja pada perusahaan dan tidak masuk kerja selama beberapa hari, maka mungkin perusahaan akan memotong gaji anda. Namun sebagai seorang PNS tidaklah demikian, karena masalahnya bukan hanya pada pemotongan gaji saja, namun ada banyak faktor lain yang harus diperhatikan, dikarenakan sistem kerja yang berbeda. Maka dari itu, seorang anggota pegawai negeri sipil yang tidak masuk kerja, bisa saja diberikan surat teguran pns tertulis.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/SMAN1/11/2019

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan memandang perlu adanya untuk memberikan teguran kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:4537337 9867 2352
Jabatan:Guru Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Surat teguran ini diberikan kepada yang bersangkutan atas kesalahan dan pelanggaran yang sudah dilakukan, yakni berupa :

  1. Tidak masuk kerja selama 3 (tiga) hari berturut – turut tanpa pemberitahuan kepada kepala sekolah ataupun guru piket, pada tanggal 17, 18, dan 19 November.

Sebagai seorang guru PNS, maka sudah seharusnya semua guru memberikan panutan dan teladan, serta contoh yang baik untuk semua siswa/i kita. Kami sangat menyayangkan pelanggaran seperti ini, dimana dampaknya terasa besar, terlebih untuk para siswa/i yang harus mengalami kekosongan kelas.

Maka dari itu, dengan sangat menyesal kami harus memberikan surat teguran kepada yang bersangkutan, dimana surat teguran ini berlaku selama 3 (tiga) bulan sejak diterbitkan dan di tanda tangani. Apabila yang bersangkutan masih mengulangi kesalahan yang sama, maka akan diberikan sanksi disiplin PNS yang lebih berat lagi.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, agar bisa dijadikan pedoman dan perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 20 November 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Intan Permatasari, M. Pd.
NIP. 742635235 1235 8736.

4. Contoh Surat Teguran Tertulis PP No. 53 Tahun 2010

Bagi anda seorang PNS dan ingin mengetahui hal apa saja yang diperbolehkan dan hal apa saja yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan seorang pns, maka anda bisa melihat Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010. Disana lengkap semua mengenai disiplin yang harus dipatuhi oleh seorang pns, serta hukuman yang akan diberikan jika terbukti melanggar. Nah, di bawah ini adalah salah satu surat teguran akibat pelanggaran isi dari PP No. 53 Tahun 2010 tersebut.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/11/2019

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan memandang perlu untuk memberikan teguran kepada :

Nama:Anton Syahputra
NIP:896754654 3467 2366
Pangkat/Gol:Penata/IIIB
Jabatan:Kepala Bagian Tata Usaha
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas pelanggaran yang sudah dilakukan Sdr. Anton Syahputra, yakni berupa :

  1. Mendukung salah satu pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden untuk pemilu mendatang, dengan cara melakukan pertemuan dengan tim sukses dari salah satu pasangan calon.

Sebagaimana tertulis pada PP No. 53 Tahun 2010 Pasal 4 tentang Larangan yang tidak boleh dilakukan oleh seorang PNS yang berbunyi :

  1. Memberikan dukungan kepada kepada Calon Presiden/Wakil Presiden dengan cara :

a. membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye; dan/atau,

b. mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, dan pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Dengan sangat menyesal, maka kami terpaksa memberikan surat teguran ini, dimana berlaku sampai pada keputusan dari KPU mengenai pemenang pemilu Presiden/Wakil Presiden mendatang. Jika yang bersangkutan masih mengulagi kesalahan tersebut, maka akan diberikan sanksi yang lebih berat lagi.

Demikian surat teguran ini diterbitkan untuk diperhatikan dan bisa dijadikan bahan koreksi diri.

Medan, 20 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Dra. Intan Permatasari.
NIP. 8964896243 2364 1234.

5. Contoh Surat Teguran Tertulis Karyawan Perusahaan

Bagi anda seorang karyawan ataupun buruh pada suatu perusahaan juga sangat penting untuk memperhatikan disiplin dan semua peraturan. Karena jika tidak, maka seorang atasan tentu tidak akan segan – segan memberikan surat teguran, demi terciptanya lingkungan kerja yang penuh disiplin.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/MJS/12/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan:Staff Marketing
Alamat:Jl. Mahameru No. 123. Medan

Surat teguran ini diterbitkan berdasarkan hasil rekap absensi bulanan perusahaan pada bulan November 2019 ini. Dan kami menemukan terjadinya tindakan indisipliner yang telah dilakukan oleh Sdri. Dewi Cahaya, yaitu tidak masuk kerja selama 4 hari tanpa pemberitahuan selama bulan November 2019.

Sebagai seorang karyawan, sudah seharusnya yang bersangkutan bisa menjaga disiplin dan menaati semua peraturan perusahaan, termasuk agar masuk kerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan. Dan apabila berhalangan hadir dikarenakan berbagai hal, agar memberitahukannya kepada pihak personalia dengan mengirimkan surat permohonan izin.

Surat teguran ini bertujuan untuk mengingatkan yang bersangkutan, agar ke depannya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Surat terguran ini berlaku selama 3 (tiga) bulan sejak diterbitkan dan di tanda tangani. Dan apabila yang bersangkutan masih mengulanginya lagi, maka akan diberikan sanksi yang lebih berat.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dijadikan bahan pedoman dan perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 04 Desember 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

Penutup

Mungkin ada kesalahan yang bisa ditolerir dan hanya diberikan teguran lisan saja. Namun apabila sudah tidak bisa ditolerir, maka bukan tidak mungkin akan diberikan surat teguran, bahkan surat peringatan. Hal ini semuanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang disiplin dan patuh pada peraturan. Itulah tadi beberapa contoh surat teguran yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.