suratresmi » Surat Permohonan » Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi

Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi

Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi

Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi – Dalam berbagai urusan secara resmi, seringkali kita membutuhkan rekomendasi dari pihak terkait. Tentu saja, rekomendasi yang kita inginkan tidak akan datang begitu saja, melainkan kita sendiri yang harus mengurus dan memintanya kepada pihak terkait.

Misalnya saja ketika ingin melakukan permohonan beasiswa dari pemerintah. Beasiswa pada umumnya diberikan kepada siswa yang berprestasi dan juga kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Jika anda ingin mengurus beasiswa berprestasi, maka bisa memohon rekomendasi dari kepala sekolah. Untuk beasiswa siswa kurang mampu, maka bisa meminta rekomendasi dari kepala desa atau aparat lingkungan setempat, untuk menerangkan bahwasanya anda memang benar merupakan siswa dari keluarga kurang mampu.

Namun tidak sampai disitu saja, ada banyak sekali kegunaan kegiatan ataupun pengurusan yang membutuhkan rekomendasi. Dan untuk itu, anda pun harus berinisiatif sendiri untuk memohon rekomendasi dari pihak terkait.

Lanta, apa pengertian surat permohonan rekomendasi?. Dan bagaimana tata cara penulisannya?. Semuanya akan kami bahas dengan lengkap pada artikel ini.


Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi

Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi

Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi adalah surat yang berisikan permohonan yang diajukan oleh seeorang ataupun mewakili pihak tertentu untuk meminta rekomendasi dari pihak terkait. Dalam hal ini, pihak terkait adalah pihak tujuan atau penerima surat permohonan rekomendasi.

Permohonan rekomendasi harus ditulis dengan menggunakan bahasa formal, sopan, dan tentunya harus singkat, namun padat dan jelas. Pada umumnya, surat rekomendasi yang diinginkan berguna untuk mempermudah kita dalam mengurus sesuatu hal.

Salah satu contoh permohonan rekomendasi adalah ketika ingin melamar pekerjaan baru. Jika anda sudah pernah bekerja sebelumnya, maka alangkah baiknya meminta surat rekomendasi kerja dari perusahaan tersebut. Selanjutnya anda bisa melamar pekerjan baru dengan melampirkan surat rekomendasi tersebut.

Jika anda memiliki kinerja yang baik sebelumnya, maka perusahaan tentu tidak akan keberatan memberikan surat rekomendasi kerja. Dan modal tersebut akan berguna untuk lebih meyakinkan perusahaan yang akan anda lamar selanjutnya.


Bagian Surat Permohonan Rekomendasi

Bagian Surat Permohonan Rekomendasi

Setelah mengetahui pengertian surat permohonan rekomendasi, lantas bagaimana cara menulis surat permohonan rekomendasi?. Pada umumnya tidak berbeda jauh dengan surat permohonan lainnya. Ada unsur – unsur yang harus anda cantumkan pada surat tersebut.

Berikut adalah beberapa bagian dari surat permohonan rekomendasi yang harus anda lengkapi :

  1. Kop Surat, dipergunakan ketika anda menulis surat ini atas nama perusahaan ataupun instansi perusahaan. Dan jika anda menulis surat ini atas nama pribadi atau perseorangan, maka kop surat tidak dibutuhkan.
  2. Nama Kota dan Tanggal, bagian ini harus anda isi dengan baik dan benar, ketika anda menulis surat ini atas nama perusahaan maupun atas nama pribadi.
  3. Nomor Surat, jika anda menulis surat ini atas nama perusahaan, maka anda harus melengkapinya dengan nomor surat. Namun anda tidak akan memerlukannya jika anda menulis surat ini atas nama pribadi atau perseorangan.
  4. Lampiran, bagian ini bisa anda kosongkan jika memang tidak memiliki lampiran yang ingin diberikan. Namun bukan tidak mungkin anda yang membuat surat atas nama pribadi juga memiliki lampiran yang ingin diberikan untuk mempermudah penerbitan surat rekomendasi untuk anda.
  5. Hal/Perihal, untuk bagian ini, anda tinggal menyebutkan kepentingan ataupun tujuan dari surat yang ingin anda berikan. Bagian ini bisa juga disebut sebagai ringkasan dari isi surat yang anda berikan.
  6. Tujuan, untuk anda yang menulis surat atas nama perusahaan ataupun atas nama pribadi, harus mengisi bagian ini. Dan jangan lupa agar selalu menggunakan pembuka Kepada Yth dalam bagian tujuan surat.
  7. Isi Surat, dalam bagian ini, anda bisa menjelaskan secara rinci mengenai maksud dan tujuan dari surat yang anda berikan.
  8. Penutup, biasanya berisi dengan ucapan terimakasih dan harapan agar permohonan anda segera diproses.
  9. Tanda Tangan, setiap surat yang dikirimkan atau ditulis harus anda tanda tangani, baik atas nama perusahaan maupun atas nama perusahaan.
  10. Stempel, jika anda menulis surat ini atas nama perusahaan, maka jangan lupa untuk membubuhkan stempel perusahaan atau instansi tempat anda bekerja. Namun jika anda menulisnya atas nama pribadi, maka tidak perlu memperhatikan bagian ini.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Ada banyak contoh permohonan rekomendasi yang mungkin dibutuhkan sekarang ini. Surat permohonan inipun bisa dipergunakan oleh perseorangan ataupun mewakili nama perusahaan/instansi pemerintahan.

Sample Surat Permohonan Rekomendasi
Sample Surat Permohonan Rekomendasi

Berikut adalah beberapa contoh surat permohonan rekomendasi yang mungkin berguna untuk anda.

  1. Surat permohonan rekomendasi kegiatan atau acara
  2. Surat permohonan rekomendasi jasa perusahaan
  3. Surat permohonan rekomendasi beasiswa
  4. Surat permohonan rekomendasi pengurusan data kependudukan
  5. Surat permohonan rekomendasi perizinan
  6. Surat permohonan rekomendasi pindah tugas

Sebenarnya, masih ada banyak sekali contoh yang mungkin tersedia. Namun anda bisa membaca artikel contoh permohonan rekomendasi terdahulu untuk mendapatkan info lebih lengkapnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top