Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi dan Contohnya

Surat Permohonan Rekomendasi – Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi sekarang ini, penggunaan surat juga sudah semakin berkurang di kalangan masyarakat. Bahkan bisa dikatakan jika penggunaan surat mayoritas kita temukan hanya untuk urusan resmi saja sekarang ini. Kendati demikian, tentu saja kita tidak mungkin meninggalkan penggunaan surat sebagai media komunikasi. Hal ini dikarenakan masih banyak juga urusan yang harus menggunakan surat. Baik itu surat resmi maupun surat tidak resmi, untuk urusan perseorangan atau pribadi, maupun untuk urusan kantor atau perusahaan.

Jika anda tidak ingin berlama – lama membaca pengertian dari contoh surat permohonan rekomendasi, maka bisa langsung melihat contoh – contoh suratnya saja di Contoh Surat Permohonan Rekomendasi.

Salah satu contoh surat yang mungkin akan sering anda pergunakan secara pribadi adalah surat permohonan rekomendasi. Surat ini biasanya berisikan permohonan kepada orang lain untuk menerbitkan surat rekomendasi atas nama anda. Dan selanjutnya anda pun akan bisa menggunakan surat rekomendasi tersebut untuk kepentingan anda sendiri. Namun pada umumnya, ada beberapa hal yang mungkin harus anda penuhi sebelum bisa menerima surat rekomendasi dari pihak lain.

Jika dilihat dari bahasa yang digunakan dan penulisannya, surat permohonan rekomendasi merupakan salah satu contoh surat resmi. Bentuk surat yang satu ini juga tidak hanya bisa digunakan oleh pribadi ataupun perseorangan. Tidak sedikit juga perusahaan atau instansi pemerintahan yang menggunakan surat permohonan rekomendasi. Namun penggunaan bahasa harus tetap dijaga, sekalipun surat ini dipergunakan oleh perseorangan.

Pengertian Surat Permohonan Rekomendasi

Surat permohonan merupakan suatu bentuk permohonan tertulis yang biasanya menggunakan bahasa formal dengan tujuan untuk memohon sesuatu hal kepada orang lain ataupun pihak lain. Nah, dari sana kita tentu sudah bisa menebak apa pengertian dari surat rekomendasi. Pengertiannya tentu saja tidak akan jauh berbeda, hanya saja peruntukan atau tujuan dari surat tersebut adalah untuk meminta rekomendasi.

Surat Permohonan Rekomendasi merupakan salah satu bentuk permohonan secara tertulis yang diajukan oleh seseorang ataupun mewakili pihak tertentu untuk meminta rekomendasi dari orang lain atau pejabat lain. Dalam hal ini anda bisa meminta rekomendasi mengenai hal apa saja, yang tentunya dengan tujuan akan mempermudah anda dalam mengurus sesuatu hal yang ingin anda lakukan.

Salah satu contoh adalah ketika anda ingin melamar pekerjaan. Setiap orang tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang baik dengan gaji yang mencukupi. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang akhirnya memilih keluar dari sebuah perusahaan atau dari tempatnya bekerja ketika mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di perusahaan lain. Nah, untuk mempermudah anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, maka anda bisa meminta surat rekomendasi dari pihak perusahaan tempat anda bekerja sekarang ini.

Surat permohonan rekomendasi ini tentu saja akan mudah anda dapatkan dari atasan jika anda memang memiliki track record yang bagus pada perusahaan tersebut. Namun sebaliknya, jika anda merupakan salah satu karyawan yang kurang disiplin atau sering melanggar peraturan, maka mungkin saja anda tidak akan diberikan surat rekomendasi.

Kenapa demikian, sebab isi dari surat rekomendasi adalah hal – hal yang baik. Dan perusahaan tentu saja tidak akan berbohong dengan merekomendasikan anda ke perusahaan lain, sementara anda sendiri tidak memiliki kinerja yang baik. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu jika anda memang layak mendapatkan surat rekomendasi, sebelum memberikan surat permohonan rekomendasi kepada atasan di perusahaan tempat anda bekerja sekarang.

Bagian Surat Permohonan Rekomendasi

Adapun bentuk surat permohonan rekomendasi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bentuk surat resmi lainnya. Namun jika surat tersebut mewakili pribadi atau perseorangan, maka tentu tidak dibutuhkan kop surat. Sementara jika surat tersebut diterbitkan oleh suatu instansi atau perusahaan, maka harus dilengkapi dengan kop surat.

Berikut adalah beberapa bagian dari surat permohonan rekomendasi yang harus anda lengkapi :

  1. Kop Surat, dipergunakan ketika anda menulis surat ini atas nama perusahaan ataupun instansi perusahaan. Dan jika anda menulis surat ini atas nama pribadi atau perseorangan, maka kop surat tidak dibutuhkan.
  2. Nama Kota dan Tanggal, bagian ini harus anda isi dengan baik dan benar, ketika anda menulis surat ini atas nama perusahaan maupun atas nama pribadi.
  3. Nomor Surat, jika anda menulis surat ini atas nama perusahaan, maka anda harus melengkapinya dengan nomor surat. Namun anda tidak akan memerlukannya jika anda menulis surat ini atas nama pribadi atau perseorangan.
  4. Lampiran, bagian ini bisa anda kosongkan jika memang tidak memiliki lampiran yang ingin diberikan. Namun bukan tidak mungkin anda yang membuat surat atas nama pribadi juga memiliki lampiran yang ingin diberikan untuk mempermudah penerbitan surat rekomendasi untuk anda.
  5. Hal/Perihal, untuk bagian ini, anda tinggal menyebutkan kepentingan ataupun tujuan dari surat yang ingin anda berikan. Bagian ini bisa juga disebut sebagai ringkasan dari isi surat yang anda berikan.
  6. Tujuan, untuk anda yang menulis surat atas nama perusahaan ataupun atas nama pribadi, harus mengisi bagian ini. Dan jangan lupa agar selalu menggunakan pembuka Kepada Yth dalam bagian tujuan surat.
  7. Isi Surat, dalam bagian ini, anda bisa menjelaskan secara rinci mengenai maksud dan tujuan dari surat yang anda berikan.
  8. Penutup, biasanya berisi dengan ucapan terimakasih dan harapan agar permohonan anda segera diproses.
  9. Tanda Tangan, setiap surat yang dikirimkan atau ditulis harus anda tanda tangani, baik atas nama perusahaan maupun atas nama perusahaan.
  10. Stempel, jika anda menulis surat ini atas nama perusahaan, maka jangan lupa untuk membubuhkan stempel perusahaan atau instansi tempat anda bekerja. Namun jika anda menulisnya atas nama pribadi, maka tidak perlu memperhatikan bagian ini.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Ada banyak contoh surat permohonan rekomendasi yang mungkin dibutuhkan sekarang ini. Surat permohonan inipun bisa dipergunakan oleh perseorangan ataupun mewakili nama perusahaan/instansi pemerintahan. Berikut adalah beberapa contoh surat permohonan rekomendasi yang mungkin berguna untuk anda.

  1. Permohonan Rekomendasi Kegiatan Acara HUT RI
  2. Permohonan Rekomendasi Kegiatan Bakti Sosial
  3. Permohonan Rekomendasi Kegiatan Olimpiade
  4. Permohonan Rekomendasi Jasa Perusahaan
  5. Permohonan Rekomendasi untuk Pendidikan
  6. Permohonan Rekomendasi untuk Rehab Masjid
  7. Permohonan Rekomendasi Kepengurusan
  8. Permohonan Rekomendasi Bantuan Dana
  9. Permohonan Rekomendasi Pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  10. Permohonan Rekomendasi Pembuatan KK (Kartu Keluarga)
  11. Permohonan Rekomendasi Perizinan
  12. Permohonan Rekomendasi Pindah Tugas
  13. Permohonan Rekomendasi Melanjutkan Pendidikan
  14. Permohonan Rekomendasi Beasiswa
  15. Permohonan Rekomendasi Kerja.

Jadi, ada sangat banyak sekali contoh surat permohonan rekomendasi yang mungkin saja anda butuhkan, baik itu atas nama sendiri maupun atas nama perusahaan/instansi pemerintahan. Namun beberapa contoh di atas hanyalah jenis – jenis dari surat permohonan rekomendasi saja. Jika anda ingin mencari contoh surat dari surat permohonan rekomendasi, maka bisa lihat DISNI.