Pengertian Surat Pengunduran Diri, Cara Membuatnya, dan Contohnya

Pengertian Surat Pengunduran Diri – Ada banyak jenis dan contoh surat yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Ya, walaupun sudah banyak media komunikasi elektronik sekarang ini, namun penggunaan surat masih tetap tidak bisa ditinggalkan. Hal tersebut karena sudah memiliki bena fisik, bisa dijadikan sebagai bukti otentik, dan berguna sebagai media komunikasi yang resmi. Sementara media komunikasi lainnya masih tidak bisa dikatakan sebagai media resmi sampai sekarang ini.

Jika anda ingin langsung membaca mengenai contoh – contoh surat pengunduran diri, maka anda bisa membukanya pada Contoh Surat Pengunduran Diri.

Salah satu jenis surat yang mungkin akan sering dibutuhkan adalah surat pengunduran diri. Pengunduran diri ini tidak hanya berlaku pada pekerjaan saja, namun di berbagai aspek kehidupan lainnya. Contohnya adalah pengunduran diri siswa dari sekolah, pengunduran diri mahasiswa dari kampus, dan pengunduran diri dari organisasi. Jadi pengunduran diri tidaklah terbatas pada dunia kerja saja.

Ketika anda bekerja di suatu perusahaan tertentu sebagai karyawan tetap dan bukan karyawan kontrak, maka tentu anda bisa mengundurkan diri kapan saja. Pengunduran diri ini menjadi hak anda, dengan alasan apapun anda mengundurkan diri. Mungkin anda bisa saja mengundurkan diri dari perusahaan dengan tiba – tiba dan pemberitahuan terlebih dahulu. Namun hal ini tetap tidak disarankan, dan anda lebih baik memberikan permohonan pengunduran diri kepada atasan.

Mengapa demikian?. Karena dengan anda memberitahukan pengunduran diri, maka perusahaan akan memiliki waktu untuk mencari pengganti anda. Selain itu, anda pun akan dianggap sebagai karyawan yang bertanggung jawab dan tidak meninggalkan pekerjaan begitu saja. Anda pun bisa meminta surat rekomendasi dari perusahaan. Dan surat rekomendasi ini bisa anda pergunakan ketika anda melamar pekerjaan kembali di perusahaan lain.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Pengunduran diri merupakan salah satu jenis surat yang seringkali digunakan hingga saat ini. Tidak hanya oleh para orang yang sudah bekerja, namun juga anak sekolah, mahasiwa, dan para anggota organisasi tertentu. Mengundurkan diri berarti anda meminta untuk terlepas dari suatu perusahaan dan melepaskan semua tangung jawab anda di dalamnya. Namun dengan demikian, tentu saja anda tidak akan menerima gaji lagi dari perusahaan, dan ini berarti anda kehilangan penghasilan dari perusahaan tersebut.

Maka dari itu, alangkah baiknya bagi anda untuk tetap mempertimbangkan dengan matang – matang keputusan anda untuk mengundurkan diri. Namun jika keputusan anda sudah bulat dan sudah dipikirkan efek sampingnya, maka anda pun bisa mengajukan permohonan pengunduran diri dengan sopan. Selalu gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam menulis pengunduran diri, agar tidak menyinggung pihak perusahaan.

Lantas, apa pengertian dari pengunduran diri?. Surat Pengunduran Diri merupakan adalah surat yang dibuat untuk menyatakan pengunduran diri dari pekerjaan, sekolah, kampus, ataupun dari organisasi tertentu. Khusus untuk  yang sudah bekerja, pengunduran diri ini juga berlaku untuk pekerjaan di perusahaan swasta maupun di instansi pemerintahan. Sementara untuk organisai, bisa merupakan organisasi sekolah, organisasi kampus, maupun organisasi masyarakat di lingkungan sekitar.

Sebagaimana kita ketahui, sekarang ini ada sangat banyak organisasi di lingkungan sekitar kita. Baik itu anda sebagai anggota saja, ataupun anda sebagai pengurus dari organisasi yang anda ikuti. Dan jika anda ingin keluar dan berhenti menjadi anggota organisasi tersebut, bisa memberikan permohonan pengunduran diri.

Bagian – Bagian Surat Pengunduran Diri

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan ketika ingin menulis permohonan pengunduran diri. Satu hal yang pasti adalah selalu menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Anda juga bisa menyertakan alasan anda mengapa harus mengundurkan diri, walaupun hal ini tidak menjadi kewajiban bagi anda untuk menjelaskannya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan lagi untuk bisa menulis surat pengunduran diri dengan baik.

Untuk anda yang memang sedang ingin mengundurkan diri, mungkin membutuhkan beberapa referensi untuk menulis surat permohonan pengunduran diri. Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas menulis surat, mungkin juga membutuhkan beberapa referensi. Maka dari itu, beberapa bagian di bawah ini adalah hal yang harus anda cantumkan dalam surat tersebut.

  1. Nama Kota dan Tanggal, semua jenis surat harus dilengkapi dengan nama kota dan tanggal penulisan surat tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda bisa menuliskan Permohonan Pengunduran Diri.
  3. Tujuan, bisa anda tulis dengan nama pimpinan dari perusahaan, nama pimpinan organisasi, kepala sekolah, ataupun dekan fakultas anda di kampus.
  4. Salam Pembuka, untuk bagian ini anda cukup menuliskan Dengan hormat atau ucapan Assalamualaikum.
  5. Isi Surat, anda bisa menjelaskan mengenai diri anda dan jabatan anda di perusahaan tersebut, alasan anda untuk mengundurkan diri, dan berbagai hal lainnya.
  6. Salam Penutup, pada bagian ini anda bisa menulis ucapan terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk bekerja, ucapan permohonan maaf jika mungkin ada kesalahan, dan juga harapan agar perusahaan tetap bisa maju dan semakin berkembang. Jangan lupa juga mengatakan jika pengunduran diri anda bukan karena tekanan dari pihak manapun juga.
  7. Nama dan Tanda Tangan, jangan lupa untuk menulis nama, serta membubuhkan tanda tangan anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Ada banyak jenis dan contoh surat pengunduran diri yang mungkin akan anda butuhkan. Hal ini tergantung keinginan anda untuk menulis suratnya seperti apa. Juga untuk para anak sekolah dan mahasiwa, ada beberapa jenis pengunduran diri yang bisa anda tulis sebagai tugas. Beberapa di bawah ini adalah jenis – jenis pengunduran diri yang mungkin akan bermanfaat untuk anda sekalian.

  1. Pengunduran Diri dari Perusahaan
  2. Pengunduran Diri dari Hotel
  3. Pengunduran Diri Resmi
  4. Pengunduran Diri dari BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa)
  5. Pengunduran Diri Perangkat Desa
  6. Pengunduran Diri Karena Mendapat Pekerjaan Baru
  7. Pengunduran Diri Siswa dari Sekolah
  8. Pengunduran Diri Guru
  9. Pengunduran Diri Karena Kesehatan
  10. Pengunduran Diri Karena Hamil

Sebenarnya masih ada beberapa jenis surat pengunduran diri yang lain. Namun beberapa jenis surat permohonan pengunduran diri di atas mungkin sudah cukup sebagai bahan inspirasi dan bahan referensi untuk anda dalam menulis surat. Untuk anda yang memang sedang ingin mengundurkan diri ataupun untuk anda yang masih sekolah dan kuliah, semoga penjelasan di atas bisa memberikan manfaat.