Home » Contoh Surat » Pengertian Surat Pengunduran Diri, Bagian dan Cara

Pengertian Surat Pengunduran Diri, Bagian dan Cara

Pengertian Surat Pengunduran Diri – Resign atau mengundurkan diri merupakan suatu hal yang sangat identik dengan pekerjaan. Namun tidak hanya dalam dunia kerja, resign juga bisa dilakukan dari sekolah, kuliah, organisasi, jabatan dan lain sebagainya.

Ketika ingin mengundurkan diri, maka ada baiknya agar menggunakan surat pengunduran diri secara resmi. Dengan demikian, anda bisa resign dengan baik – baik dan mendapatkan hak jika mengundurkan diri dari pekerjaan, seperti pesangon. Anda juga bisa meminta surat pengalaman kerja sebagai modal mencari pekerjaan baru.

Surat pengunduran diri juga harus diberikan sesegera mungkin, bukan pada saat hari dimana berhenti bekerja. Hal ini bertujuan agar pekerjaan ataupun jabatan yang anda tinggalkan bisa diback up oleh orang lain, sehingga pekerjaan tidak terbengkalai.

Mengundurkan diri dari sekolah ataupun kampus juga demikian pentingnya. Dengan surat pengunduran diri yang anda berikan, maka pengurusan surat pindah tentunya akan jauh lebih mudah dan bisa dipersiapkan oleh pihak sekolah atau kampus dengan lebih cepat.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Pengertian Surat Pengunduran Diri adalah surat yang dibuat untuk menyatakan pengunduran diri dari pekerjaan, sekolah, kampus, organisasi, ataupun jabatan tertentu. Kebanyakan orang memang mengaitkan resign dengan dunia kerja, walaupun ruang lingkup resign sendiri sangatlah luas.

Mengundurkan diri dari pekerjaan, berarti anda meminta untuk lepas dari tanggung jawab dari pekerjaan, dan juga tidak memiliki hak lagi ke depannya. Sementara mengundurkan diri dari sekolah dan kampus, bisa berarti berhenti sekolah ataupun karena ingin pindah.

Mengundurkan diri adalah hak setiap orang tanpa bisa dilarang, bahkan oleh perusahaan sekalipun. Terkecuali untuk karyawan kontrak dengan masa kerja yang mengikat, mungkin saja tidak bisa mengundurkan diri tanpa persetujuan dari pihak yang memberikan kontrak kerja.

Apapun yang menjadi alasan anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, sebaiknya tetap harus dipikirkan dengan matang – matang. Resign dari pekerjaan, maka berarti anda harus memiliki sumber penghasilan lain untuk mencukupi segala kebutuhan dan itu bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.

Bagian – Bagian Surat Pengunduran Diri

Cara menulis surat pengunduran diri tidaklah terlalu susah. Untuk lebih mudahnya, anda harus mengetahui bagian – bagian atau unsur surat pengunduran diri. Dengan demikian, akan lebih mudah mengonsep surat resign sesuai keinginan anda.

Perihal alasan pengunduran diri, anda berhak untuk memberitahukan atau tidak, itu semua tergantung anda sendiri. Hal yang paling penting adalah tetap menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung pihak lain.

Untuk anda yang memang sedang ingin mengundurkan diri, mungkin membutuhkan beberapa referensi untuk menulis surat permohonan pengunduran diri. Untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas menulis surat, mungkin juga membutuhkan beberapa referensi.

  1. Nama Kota dan Tanggal, semua jenis surat harus dilengkapi dengan nama kota dan tanggal penulisan surat tersebut.
  2. Perihal, untuk bagian ini anda bisa menuliskan Permohonan Pengunduran Diri.
  3. Tujuan, bisa anda tulis dengan nama pimpinan dari perusahaan, nama pimpinan organisasi, kepala sekolah, ataupun dekan fakultas anda di kampus.
  4. Salam Pembuka, untuk bagian ini anda cukup menuliskan Dengan hormat atau ucapan Assalamualaikum.
  5. Isi Surat, anda bisa menjelaskan mengenai diri anda dan jabatan anda di perusahaan tersebut, alasan anda untuk mengundurkan diri, dan berbagai hal lainnya.
  6. Salam Penutup, pada bagian ini anda bisa menulis ucapan terimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk bekerja, ucapan permohonan maaf jika mungkin ada kesalahan, dan juga harapan agar perusahaan tetap bisa maju dan semakin berkembang. Jangan lupa juga mengatakan jika pengunduran diri anda bukan karena tekanan dari pihak manapun juga.
  7. Nama dan Tanda Tangan, jangan lupa untuk menulis nama, serta membubuhkan tanda tangan anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Ada banyak jenis dan contoh surat pengunduran diri yang mungkin akan anda butuhkan. Hal ini tergantung keinginan anda untuk menulis suratnya seperti apa.

Sample Surat Pengunduran Diri
Sample Surat Pengunduran Diri

Juga untuk para anak sekolah dan mahasiwa, ada beberapa jenis pengunduran diri yang bisa anda tulis sebagai tugas. Beberapa di bawah ini adalah jenis – jenis pengunduran diri yang mungkin akan bermanfaat untuk anda sekalian.

  1. Surat pengunduran diri dari pekerjaan
  2. Surat pengunduran diri dari organisasi
  3. Surat pengunduran diri dari jabatan
  4. Surat pengunduran diri dari sekolah
  5. Surat pengunduran diri dari kuliah/kampus

Pada dasarnya, pengunduran diri hanya meliputi beberapa contoh diatas tersebut. Namun khusus surat pengunduran diri dari pekerjaan, organisasi, dan jabatan masih terbagi dalam berbagai jenis yang lumayan banyak.

Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa membaca artikel contoh surat pengunduran diri yang sudah kami publish terdahulu. Pada artikel tersebut, ada banyak contoh surat yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.