16 Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja Menarik

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja – Ketika sedang atau akan melamar pekerjaan baru, tentu ada beberapa dokumen yang harus anda persiapkan. Dokumen tersebut merupakan syarat administrasi yang harus dipenuhi, dan memang berbeda beda antar setiap perusahaan atau badan usaha yang membuka lowongan kerja.

Selain ijazah dan idenditas diri pelamar kerja, daftar riwayat hidup juga seringkali dibutuhkan. Ya, contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja menjadi salah satu syarat administrasi ketika anda melamar pekerjaan baru. Daftar riwayat hidup sering juga disebut dengan Curriculum Vitae atau disingkat dengan CV. Bukan hanya soal surat lamaran kerja, namun anda juga harus membuat daftar riwayat hidup sebagus dan semenarik mungkin.

Lalu, apa yang harus dicantumkan dalam daftar riwayat hidup ketika melamar pekerjaan baru?. Tentu saja identitas anda sendiri, pendidikan, dan juga pengalaman kerja. Namun anda bisa menambahkan daftar skill atau kemampuan yang anda miliki untuk menjadi nilai lebih. Tentunya, desain daftar riwayat hidup juga harus bisa anda buat semenarik mungkin, untuk menarik perhatian HRD.

Sama halnya seperti surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup juga harus bisa menarik perhatian HRD. Sebaik apapun skill atau kemampuan yang anda miliki, tentu tidak akan bisa diketahui dengan mudah oleh HRD. Maka dari itu, anda harus bisa menggambarkan semuanya dengan baik dan tepat pada contoh curriculum vitae yang anda lampirkan pada lamaran kerja.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

Lantas, bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup ketika ingin melamar pekerjaan baru?. Sebenarnya bukanlah hal yang terlalu sulit, bahkan ada banyak form cv yang dijual bebas di percetakan. Namun ada baiknya agar anda membuat curriculum vitae sendiri agar terlihat lebih kreatif dan anda bisa bebas mendesign sendiri.

Anda juga bisa bebas menambahkan berbagai informasi penting pada cv anda. Misalnya saja mengenai pengalaman organisasi anda jika memang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Dan berikut beberapa contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1.Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja di Pabrik

Sampai sekarang ini, pabrik masih menjadi salah satu badan usaha yang menjanjikan banyak lowongan kerja. Anda pun bisa melamar kerja di pabrik dengan berbagai posisi, tentunya sesuai dengan pendidikan dan pengalaman kerja anda sebelumnya. Dan dalam melamar kerja di pabrik, anda pun tetap harus mencantumkan daftar riwayat hidup pada surat lamaran kerja.

Jika misalnya anda hanya melamar kerja sebagai karyawan biasa saja di pabrik, maka tentu tidak terlalu banyak informasi pada curriculum vitae yang harus anda cantumkan. Mengapa demikian?, karena mungkin akan banyak informasi yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaan ataupun posisi pekerjaan tersebut.

Misalnya saja anda ingin melamar pekerjaan sebagai karyawan biasa, namun mencantumkan pengalaman berorganisasi sebelumnya. Memang tidak masalah mencantumkan informasi tersebut, namun akan kurang berguna karena tidak berkaitan sama sekali dengan pekerjaan yang anda lamar. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh curriculum vitae untuk melamar kerja di pabrik di bawah ini.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama:Anton Syahputra
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir:Medan/30 September 1994
Kewarganegaraan:Indonesia
Status Perkawinan:Belum Menikah
Agama:Islam
Kesehatan:Sangat Baik
Alamat:Jl. Gaharu No. 123, Medan
Telp.:081234567890

Pendidikan

2000 – 2006:SD Negeri 123456 Medan
2006 – 2009:SMP Negeri 123 Medan
2009 – 2012:SMK Negeri 2 Medan

Pengalaman Kerja

  1. Operator Mesin di PT. Maju Jaya Sejahtera : Oktober 2012 – Desember 2014
  2. Mekanik Mesin di PT. Sukses Makmur : Februari 2014 – Juni 2016
  3. Kepala Operator Mesin di PT. Bahagia Bersama : Agustus 2016 – September 2019.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Curriculum Vitae Dalam Bahasa Inggris

Pada umumnya, perusahaan memang selalu mengutamakan bahasa Indonesia dalam penulisan daftar riwayat hidup. Namun tidak tertutup kemungkinan jika para pelamar kerja diminta untuk membuat cv dalam bahasa Inggris, tergantung dari pekerjaan ataupun perusahan yang dilamarnya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan multinasional dan mungkin saja bahasa Inggris adalah hal yang penting. Bukan hanya daftar riwayat hidup, surat lamaran kerja juga bisa ditulis dalam bahasa Inggris, semua tergantung persyaratan dari perusahaan yang sedang menyediakan lowongan kerja.

Dan bilamana anda mendapati perusahaan penyedia lowongan kerja dengan persyaratan menulis daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan contoh daftar riwayat hidup di bawah ini sebagai bahan referensi untuk mempermudah anda dalam menulis curriculum vitae.

Daftar Riwayat Hidup Dalam Bahasa Inggris
Daftar Riwayat Hidup Dalam Bahasa Inggris

3. Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja dengan Tulis Tangan

Jika anda ingin membuat daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan, maka tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Pada umumnya, pihak perusahaan ataupun badan usaha tidak mempermasalahkan curriculum vitae yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri atau diketik lalu di print.

Namun tentunya, perhatikan agar tulisan anda bisa jelas terbaca, dan semua informasi di dalamnya bisa dicerna dengan baik oleh HRD. Hal ini memang menjadi tantangan tersendiri ketika menggunakan tulisan tangan untuk membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja.

Contoh Curriculum Vitae Tulisan Tangan
Contoh Curriculum Vitae Tulisan Tangan

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja Sederhana

Ada banyak orang yang menyukai desain sederhana saja, asalkan informasi yang terkandung di dalamnya bisa dicerna dengan mudah dan jelas. Hal ini juga berlaku untuk daftar riwayat hidup, yang mungkin saja ingin anda buat dengan sederhana saja, namun tetap harus mencantumkan berbagai informasi penting di dalamnya.

Seperti salah satu contoh curriculum vitae di bawah ini, terlihat sangat sederhana dan polos saja. Namun jika diperhatikan, semua informasi yang biasanya dibutuhkan sudah tercantum disana, dan hal tersebut tentu tidak akan dipermasalahkan oleh HRD sekalipun desainnya sederhana. Mengapa demikian?, karena isi daftar riwayat hidup lebih penting dari desainnya sendiri.

Daftar Riwayat Hidup Sederhana Untuk Melamar Kerja
Daftar Riwayat Hidup Sederhana Untuk Melamar Kerja

5. Contoh Daftar Riwayat Hidup Menarik

Jika anda ingin membuat curriculum vitae terlihat lebih hidup dan lebih menarik, maka tidak ada salahnya juga. Namun jangan karena terlalu menarik, malah mengabaikan kejelasan isi ataupun informasi yang terkandung di dalamnya. Sekarang ini ada banyak desain curriculum vitae yang terlihat menarik, namun tetap jelas untuk dibaca.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Menarik
Contoh Daftar Riwayat Hidup Menarik

Penutup

Ketika akan melamar pekerjaan baru, maka tentu ada beberapa syarat yang harus anda penuhi. Semuanya itu tergantung pada jenis pekerjaan yang anda lamar. Persyaratan yang pertama kali harus dipenuhi tidak lain dan tidak bukan adalah persyaratan administrasi, seperti KTP, ijazah, dan daftar riwayat hidup, dan beberapa dokumen lainnya yang diminta oleh pihak perusahaan.

Sama halnya dengan ketika membuat contoh surat lamaran kerja, menulis daftar riwayat hidup juga tidak bisa asal asalan. Satu hal yang pasti adalah kejelasan dan kelengkapan informasi yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan, harus anda lengkapi dalam curriculum vitae tersebut. Selain itu, anda juga bisa bebas memilih membuat dengan tulisan tangan, ataupun mengetik lalu print.

Last, pentingnya daftar riwayat hidup untuk melamar kerja terkadang sama pentingnya dengan surat lamaran pekerjaan yang anda berikan. Maka dari itu, anda pun harus berhasil menarik perhatian HRD atau bagian Personalia dengan cv yang anda kirimkan. Itulah beberapa contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.