suratresmi » Surat Niaga » Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang

Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang

Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang

Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang – Dalam urusan bisnis, penggunaan surat niaga adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Surat ini berguna sebagai media komunikasi resmi yang digunakan sesama badan usaha. Dalam dalam hal ini, contoh surat niaga pemesanan barang dipergunakan ketika ingin melakukan pembelian barang dari perusahaan lain.

Surat niaga pesanan barang biasanya ditujukan kepada perusahaan supplier barang – barang tertentu. Misalnya saja distributor barang elektronik, mengirimkan surat pesanan kepada perusahaan yang menyediakan atau memproduksi barang – barang tersebut.

Adapun jenis surat niaga pemesanan ini bisa dikirimkan atas inisiatif pengirim sendiri ataupun karena mendapatkan surat penawaran dari perusahaan dimaksud. Sebagai perusahaan yang memproduksi barang, memang seringkali mengirimkan penawaran kepada perusahaan lain.

Alhasil, ada banyak jenis dan contoh surat niaga pesanan barang yang sering dipergunakan. Misalnya surat pesanan barang elektronik, surat yang dikirimkana atas dasar penawaran, dan lain sebagainya.


Contoh Surat Pemesanan Barang

Pada umumnya, setiap perusahaan sudah memiliki format surat pesanan sendiri. Alhasil, hanya butuh waktu sebentar saja untuk mengonsep surat pesanan dan bisa segera dikirimkan kepada perusahaan tujuan. Ada berbagai informasi penting yang terdapat pada surat pesanan barang.

Misalnya saja informasi mengenai item dan jumlah barang yang dipesan, informasi pembayaran, informasi pengiriman, dan juga berbagai informasi lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat beberapa contoh surat niaga pemesanan barang di bawah ini.


1. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang Elektronik

1. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang Elektronik

Surat niaga pemesanan barang elektronik bisa dipergunakan oleh perusahaan yang memang berfokus menjual barang tersebut. Surat pesanan ini dikirimkan kepada perusahaan supplier, yakni perusahaan yang memproduksi barang – barang elektronik dimaksud.

Misalnya saja badan usaha yang menjual berbagai macam dan merk TV. Tentunya perusahaan ini sudah memiliki beberapa merk pilihan yang sering dibeli. Di bawah ini adalah contoh surat niaga pemesanan barang elektronik yang bisa anda gunakan.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : [email protected]
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 03 Maret 2021

Nomor : 123/Pesanan/MJS/2021
Perihal : Pemesanan Barang Elektronik

Kepada Yth,
PT. Samsung Electronic Indonesia
Jl. Kapt. Sumarsono No. 234
Medan

Dengan hormat,
Menyambung kerja sama yang sudah kita lakukan pada tempo hari, kami ingin mengabarkan jika barang – barang elektronik merk Samsung banyak diminati oleh para pelanggan kami.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami ingin memesan beberapa item barang, sebagai berikut.

No.Nama BarangJumlah
1.TV LED 32 Inch20 Unit
2.TV LED 24 Inch25 Unit
3.TV LED 21 Inch30 Unit

Dikarenakan stok barang yang sudah semakin menipis, kami berharap agar Saudara segera mengirimkan pesanan barang tersebut secepat mungkin, dan bisa kami terima selambat – lambatnya pada tanggal 10 Maret mendatang. Mengenai pembayaran, akan kami lakukan secara tunai pada saat penerimaan barang di kantor kami.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.


2. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang Secara Kredit

2. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang Secara Kredit

Pembayaran atas barang pesanan tidak selalu dilakukan secara tunai pada saat barang diterima. Namun ada kalanya dilakukan secara kredit juga, atau dibayar beberapa waktu kemudian setelah barang diterima.

Hal ini sering terjadi, terutama untuk perusahaan supplier dan langganannya yang sudah bekerja sama sejak lama. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menggunakan surat niaga pesanan barang secara kredit di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : [email protected]
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 04 Maret 2021

Nomor : 763/Order/MJS/2021
Perihal : Pesanan Barang

Kepada Yth,
PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 352
Medan

Dengan hormat,
Bersama ini kami ingi mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik dan saling menguntungkan selama ini diantara perusahaan kita.

Meyambung pesanan tempo hari, kami pun ingin memesan beberapa jenis barang kembali, sebagai berikut.

No.Jenis BarangJumlah
1.Meja Kerja15 Unit
2.Kursi Kantor25 Unit
3.Lemari Arsip5 Unit

Adapun mengenai pembayaran, sebagaimana biasanya akan kami lakukan secara kredit, sesuai dengan ketentuan yang sudah kita sepakati selama ini.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama yang baik dari Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.


3. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang Atas Penawaran

3. Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang Atas Penawaran

Untuk mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan, maka suatu badan usaha memang sering memberikan surat penawaran. Surat penawaran ini biasanya akan disertai dengan penawaran menarik, seperti diskon, walaupun memang tidak selalu demikian.

Jika anda merasa tertarik dengan penawaran dari perusahaan lain, maka bisa membalasnya sekalian memesan beberapa item barang yang ditawarkan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah contoh surat pemesanan barang atas penawaran yang diterima.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : [email protected]
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 05 Maret 2021

Nomor : 235/PO/MJS/2021
Perihal : Pemesanan

Kepada Yth,
PT. Miyako Indonesia
Jl. Malaka No. 45
Medan

Dengan hormat,
Menindaklanjuti surat penawaran yang Saudara berikan tertanggal 25 Februari lalu, kami merasa tertarik dengan penawaran yang Saudara berikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami ingin melakukan pemesanan barang sebagai berikut.

No.Jenis BarangJumlah
1.Kipas Angin 21 Inch30 Unit
2.Rice Cooker35 Unit
3.Dispenser45 Unit
4.Blender35 Unit

Dikarenakan kebutuhan barang yang mendesak, kami berharap agar barang pesanan kami bisa dikirimkan secepatnya. Adapun megnenai pembayaran, akan kami lakukan secara tunai pada saat penerimaan barang, dengan potongan diskon harga sebesar 10% sebagaimana yang Saudara sampaikan pada penawaran sebelumnya.

Demikian pesanan pembelian ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.


Penutup

Pemesanan barang memang bisa saja dilakukan melalui komunikasi telepon. Namun penggunaan surat pesanan tetap tidak bisa dihilangkan begitu saja, dan malah sangat dibutuhkan oleh para pelaku badan usaha.

Hal ini dikarenakan komunikasi melalui telepon beresiko salah ataupun kurang jelas, terutama pada saat penyebutan jenis barang dan jumlah barang yang ingin dipesan. Selain itu, surat niaga pemesanan barang ini juga berguna sebagai arsip untuk perusahaan yang terlibat dan mungkin saja dibutuhkan di kemudian hari.

Membuat surat pesanan ataupun purchase order memang tidaklah terlalu susah. Terutama karena pada umumnya, banyak perusahaan sudah memiliki form purchase order masing – masing. Itulah beberapa contoh surat niaga pemesanan barang yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top