Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru – Pekerjaan sebagai seorang guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Namun dikarenakan alasan tertentu, seorang guru bisa saja mengundurkan diri dari pekerjaanya.

Ada banyak alasan seorang guru ingin resign dari pekerjaannya sebagai guru. Namun ketika ingin resign, maka hendaknya harus mengajukan surat pengunduran diri yang baik dan benar. Surat ini bisa diberikan kepada kepala sekolah atau dinas terkait, bisa juga kepada kepala yayasan untuk sekolah swasta.

Surat pengunduran diri guru harus ditulis dengan baik dan formal, baik dari struktur surat, ataupun penggunaan bahasa baku. Khususnya untuk guru PNS, maka biasanya juga harus melampirkan beberapa dokumen pendukung agar permohonan resign bisa segera diproses.

Penggunaan berbagai contoh surat pengunduran diri ini berguna untuk menunjukkan profesionalitas sebagai seorang guru. Selain itu, pengajuan pengunduran diri guru juga mencegah terjadinya kekosongan guru pada sekolah tersebut.


Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Menulis contoh surat pengunduran diri guru yang baik dan benar bukanlah hal yang terlalu susah. Bisa dikatanakan kurang lebih sama dengan surat resign lainnya. Namun khusus guru PNS, tentunya harus melampirkan beberapa berkas pendukung, untuk mempercepat proses resign.

Mengundurkan diri dari pekerjaan haruslah dipikirkan dengan matang – matang dan bukan hanya karena emosi sesaat. Jika anda sudah benar – benar yakin, maka bisa menggunakan beberapa contoh surat pengunduran diri guru di bawah ini.


1. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Sederhana

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Sederhana

Menulis surat permohonan resign guru bukanlah hal yang terlalu susah. Anda pun bisa menulis surat ini dengan sederhana dan simpel saja. Hal terpenting adalah maksud dan tujuan dari surat tersebut.

Selain itu, tentunya juga anda harus melampirkan beberapa dokumen yang sekiranya dibutuhkan untuk proses resign tersebut. Di bawah ini surat pengunduran diri guru sederhana yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMK Negeri 123 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Permatasari, S.Pd
NIP : 9845853 3464 3463
Jabatan : Guru Komputer
Alamat : Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari SMK Negeri 123 Medan sebagai Guru Matematika dan sebagai anggota Pegawai Negeri Sipil. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan lagi untuk mengajar.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, tanpa adanya pengaruh dari pihak lain. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.
NIP. 9845853 3464 3463.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Di Hotel


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Guru TK

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah Sebagai Guru TK

Pekerjaan sebagai guru TK tentu bukanlah hal mudah, sebab harus berhadapan dengan anak – anak yang dimana tidak semua orang akan sanggup menjalaninya.

Namun apapun alasan anda mengundurkan diri, sebaiknya tetap mengajukan permohonan resign dengan baik. Anda pun bisa menggunakan surat pengunduran diri guru tk di bawah ini.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
Kepala Sekolah TK Cinta Budaya
Jl. Pendidikan No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Dewi Cahaya
Jabatan : Guru Pembimbing
Alamat : Jl. Merpati No. 123, Medan

dengan ini bermaksud menyampaikan pengunduran diri saya dari TK Cinta Budaya sebagai Guru Pembimbing, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah karena saya mendapat tawaran pekerjaan di tempat lain, yang saya rasa bisa lebih sesuai dengan passion saya.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja disini. Saya juga menyampaikan permohonan maaf bilamana pernah melakukan kesalahan selama menjadi guru di TK Cinta Budaya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Yayasan

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Yayasan

Ketika seorang guru sekolah swasta ingin mengundurkan diri, maka bisa mengajukan permohonan resign kepada kepala yayasan ataupun kepala sekolah. Semua itu tergantung dari kebijakan yang ditetapkan pada yayasan tersebut.

Terlihat sedikit agak berbeda dengan pengunduran diri guru PNS yang notabenenya memberikan surat pengunduran diri kepada dinas pendidikan atau instansi lain. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri guru yayasan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Yayasan Cinta Budaya
Cq. Kepala Sekolah SMA Cinta Budaya
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Syahputra, S.Pd
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20 Juni 1990
Jabatan : Guru Matematika
Alamat : Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini menyampaikan permohonan pengunduran diri sebagai guru dari SMA Swasta Cinta Budaya, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan saya adalah karena berhasil lolos menjadi Guru CPNS dan ditempatkan di sekolah lain.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk mengajar dan mengabdi di sekolah ini. Saya juga menyampaikan permohonan maaf jika selama bekerja disini, saya pernah berbuat salah kepada rekan – rekan guru ataupun kepada siswa.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.


4. Contoh Surat Resign Guru PNS

4. Contoh Surat Resign Guru PNS

Sebagai seorang guru PNS, pengunduran diri dari sekolah haruslah melalui prosedur yang tepat. Setidaknya, anda harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari dinas atau kementerian terkait, baru kemudian bisa berhenti dari pekerjaan sebagai guru.

Bahkan akan lebih baik jika anda meminta persetujuan dari kepala sekolah terlebih dahulu, untuk mempermudah semua proses yang harus dilalui. Sebagai referensi, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri Guru PNS di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 7 (Tujuh) Lembar

Kepada Yth,
Kementerian Pendidikan RI
Cq. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham, S.Pd
Tempat/Tgl Lahir : Medan/25 Juni 1975
NIP : 893457437 3463 2366
Pangkat/Gol. : Pembina IV/B
Jabatan : Guru PNS
Alamat : Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru dan Pegawai Negeri Sipil. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak memungkinkan lagi untuk mengajar.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :

  1. Surat permohonan pengunduran diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),
  2. Surat pernyataan tidak keberatan bilamana tidak mendapatkan dana pensiun,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan dari Istri terkait permohonan pengunduran diri,
  4. Surat keputusan pengangkatan PNS yang sudah dilegalisir,
  5. Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang sudah dilegalisir,
  6. Surat pernyataan tidak memiliki hutang yang pemberiannya berkaitan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil,
  7. Surat pernyataan sudah mengembalikan semua kekayaan dan hak milik negara.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan keputusan yang diberikan, saya menyampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra, S.Pd.
NIP. 893457437 3463 2366.


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Honorer

Menjadi seorang guru honorer memang terkadang sangat kurang memuaskan. Tidak hanya masalah gaji yang kecil, namun juga dikarenakan status yang juga bisa dibilang kurang jelas.

Bilamana mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih menjanjikan, tentunya tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba. Anda pun bisa resign dari sekolah dengan menggunakan contoh surat pengunduran diri guru honorer di bawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Honorer
Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Honorer

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Guru


6. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Doc

 

Surat Pengunduran Diri Guru
Surat Pengunduran Diri Guru

Menulis surat pengunduran diri guru yang baik dan benar memang bukanlah hal susah. Namun mungkin ada diantara anda yang ingin mencari surat pengunduran diri guru doc untuk bisa didownload dan diedit langsung dengan mudah. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri guru doc yang bisa anda download


7. Contoh Surat Resign Guru Pdf

Selain file document atau doc surat pengunduran diri guru, mungkin ada juga yang mencari surat pengunduran diri guru pdf. Entah untuk dipergunakan ataupun sebagai bahan tugas sekolah dan kuliah. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri guru pdf yang bisa anda download.


8. Contoh Format Surat Pengunduran Diri Guru

Permohonan resign seorang guru bisa diberikan kepada beberapa pihak, seperti Kementerian Pendidikan, Dinas Pendidikan setempat, ataupun lepada kepala sekolah dimana anda mengajar. Nah, di bawah ini adalah contoh format surat pengunduran diri guru yang baik dan benar untuk bisa anda pergunakan.

(Tempat dan tanggal)

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu . . . . . . . . . . . .
Kepala Sekolah . . . . . . . .
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  
Tempat/Tgl Lahir :  
NIP :  
Pangkat/Gol.    
Jabatan :  
Unit Kerja :  
Alamat :  

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru dan anggota Pegawai Negeri Sipil (PNS), tanpa mendapatkan hak dana pensiunana PNS. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah dikarenakan . . . . . . . . . . . .

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya melampirkan beberapa berkas sebagai berikut :

  1. Surat permohonan pengunduran diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),
  2. Surat pernyataan tidak keberatan untuk tidak mendapatkan dana pensiun,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan dari suami/istri terkait permohonan pengunduran diri,
  4. Surat keputusan pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sudah dilegalisir,
  5. Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang sudah dilegalisir,
  6. Surat pernyataan tidak memiliki hutang dan kewajiban yang pemberiannya berkaitan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan keputusan yang diberikan, saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama / tanda tangan).
NIP. . . . . . . . . . . . . . . . . .


Penutup

Mencari pekerjaan memang sangat susah sekarang ini, namun tidak menutup kemungkinan jika seorang guru berniat untuk mengundurkan diri dari pekerjaanya.

Sebagai seorang guru profesional, maka haruslah mengajukan surat pengunduran diri dari sekolah, baru kemudian benar – benar berhenti sebagai seorang guru. Itulah tadi beberapa contoh surat pengunduran diri guru yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top