16 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja, Organisasi, DLL

Contoh Surat Pengunduran Diri – Setiap orang pada umumnya tentu akan mendambakan pekerjaan yang menjanjikan. Dengan pekerjaan tersebut, maka anda bisa mendapatkan penghasilan dan bisa memenuhi kebutuhan. Namun tidak bisa dipungkiri juga jika seseorang berniat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang digelutinya dengan alasan tertentu.

Bekerja di suatu perusahaan/badan usaha bukan berarti akan bekerja disana selamanya. Ada banyak alasan seseorang mengundurkan diri atau resign dari pekerjaannya. Apakah itu karena ingin melamar kerja di perusahaan lain, ingin fokus mengelola usaha, ataupun karena berbagai alasan lainnya. Maka walaupun seseorang sudah memiliki pekerjaan yang terbilang enak dengan gaji yang tinggi, bukan berarti seseorang itu akan bertahan bekerja disana selamanya.

Nah, ketika anda ingin keluar dan berhenti bekerja di salah satu perusahaan ataupun dimana saja, maka sebaiknya anda mengajukan surat resign. Hal ini juga berlaku ketika anda mengundurkan diri dari sekolah, dari kampus, dari organisasi, ataupun dari jabatan tertentu. Penggunaan surat pengunduran diri ini menunjukkan jika anda memiliki itikad baik dan berpamitan dengan cara baik – baik.

Dengan demikian, hak – hak anda pun akan dibayarkan oleh perusahaan, seperti pesangon. Selain itu, pihak perusahan juga akan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti anda. Begitu juga dengan organisasi, pihak organisasi akan mengetahui keluarnya anda dan bisa mencari pengganti anda jika memang anda menjadi pengurus dalam organisasi tersebut. Jadi, sebaiknya anda sudah memberikan surat pengunduran diri setidaknya 2 minggu sebelum benar – benar keluar.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Ada sangat banyak jenis dan contoh – contoh surat pengunduran diri ataupun contoh surat resign. Bukan hanya di bidang pekerjaan dan organisasi, namun juga di sekolah dan kampus. Namun khusus untuk anak sekolah dan mahasiswa, ada baiknya agar surat resign tersebut diwakili oleh orang tua, sehingga bisa meyakinkan pihak sekolah atau kampus. Khusus untuk bidang pekerjaan, anda juga bisa sekalin meminta surat rekomendasi dari perusahaan ketika mengundurkan diri.

Untuk anda yang sedang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, organisasi, sekolah, atau kampus, mungkin akan membutuhkan referensi untuk menulis surat pengunduran diri. Ada juga yang mungkin ingin mendownload contoh surat pengunduran diri doc/word/pdf untuk bisa diedit. Beberapa contoh surat pengunduran diri di bawah ini mungkin akan berguna sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dari Perusahaan

Ada banyak alasan seseorang harus mengundurkan diri dari sebuah perusahaan/badan usaha tempatnya bekerja. Namun apapun yang menjadi alasan anda, sebaiknya tetap memberikan surat pengunduran diri dengan menggunakan bahasa yang sopan. Hal ini agar pihak perusahaan tidak tersinggung dan merasa dihormati. Anda pun akan bisa meninggalkan perusahaan dengan tenang dan tanpa beban. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Jabatan:Kepala Administrasi

Dengan perantara surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan dari jabatan dan perusahaan yang Ibu pimpin, terhitung pada tanggal 30 Agustus 2019 mendatang.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab Ibu Pimpinan telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Ibu pimpin semakin maju dan berkembang.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dari Hotel

Bekerja di sebuah hotel mungkin masih menjadi impian bagi banyak orang. Tidak heran jika semakin banyak orang sekarang ini yang mengambil jurusan perhotelan dan pariwisata ketika menempuh pendidikan tinggi. Hal ini bisa saja dikarenakan gaji bekerja di hotel memang cenderung lumayan. Namun jika anda memang ingin keluar dan berhenti bekerja dari sebuah hotel, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri kerja dari hotel di bawah ini.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan Hotel Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1994
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan
Jabatan:General Accounting Hotel Sukses Makmur

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 30 Agustus 2019 mendatang, dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Sukses Makmur akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Sukses Makmur, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi dari Perusahaan

Bagi sebagian perusahaan, mungkin tidak masalah jika anda hanya berpamitan secara lisan dari perusahaan mereka. Namun ada juga perusahaan yang mewajibkan para karyawannya untuk menyerahkan surat pengunduran diri ketika ingin keluar dan berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini juga berarti jika anda memungkinkan untuk meminta surat pengalaman kerja dari perusaahan tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri resmi dari perusahaan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Hal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Sukses Makmur, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Departemen:Pemasaran
Jabatan:Sales
No. Karyawan:B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sukses Makmur karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

Ada banyak organisasi yang biasanya bisa ditemukan di lingkungan kampus. Salah satu organisasi tertinggi di kampus ataupuun perguruan tinggi tertentu adalah BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Jika anda memiliki jabatan disana namun berniat untuk resign, maka sebaiknya memberikan surat permohonan pengunduran diri terlebih dahulu. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari organisasi yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Hal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Muhammad Malik
Ketua BEM Universitas Sumatera Utara
di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya
Jabatan di BEM:Sekretaris
Fakultas:Sastra – Sastra Inggris
NIM:12345678
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan
Telp.:085374748585

Melalui surat ini mengajukan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara sebagai Sekretaris. Adapun alasan saya adalah karena disibukkan dengan urusan skripsi, yang membutuhkan banyak konsentrasi dan fokus yang tinggi. Maka dari itu, saya berharap agar saudara saudara bisa mencari pengganti saya sebagai seorang sekretaris BEM.  Tidak lupas saya juga memohon maaf jika selama berproses di organisasi ini saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan dan hal-hal yang kurang berkenan.

Surat pengunduran ini saya buat dengan penuh kesadaran dan sebenar-benarnya, tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Saya berharap Ketua BEM dan seluruh jajarannya memahami dan mengerti keadaan saya. Atas pengertian dan dukungannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

5. Contoh Surat Resign Perangkat Desa

Dimanapun kita bekerja atau bertugas, hendaknya selalu memberikan surat pengunduran diri ketika ingin keluar dan berhenti bekerja. Sama hal nya dengan seorang perangkat desa yang ingin keluar dan berhenti sebagai seorang perangkat desa, maka harus memberikan surat pengunduran diri kepada kepala desa. Hal ini bertujuan juga agar kepala desa bisa segera mencari pengganti perangkat desa yang baru. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat resign perangkat desa di bawah ini.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Lurah Padang Bulan
Kecamatan Medan Baru Kota Medan
di Tempat

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Kasi Kesra Desa
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1988

Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kasi Kesra Desa terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2019 mendatang. Pengunduran diri ini saya ajukan karena sudah tidak sanggup lagi memikul atau melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban sebagai perangkat desa tersebut.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat tanpa ada paksaaan atau tekanan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

Bekerja di pabrik masih menjadi pilihan banyak orang sekarang ini, terutama untuk mereka yang memiliki pendidikan terbatas. Menggantungkan penghasilan dari pabrik bukan berarti jika seseorang harus bekerja disana selamanya, dan bisa saja berniat resign dikarenakan berbagai alasan. Di bawah ini adalah contoh surat resign dari pabrik yang bisa anda pergunakan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Bersama surat ini saya Anton Syahputra  mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Sukses Makmur sebagai Staff Gudang, terhitung mulai tanggal 30 Agustus mendatang.

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan PT. Sukses Makmur Jaringan kepada saya untuk bekerja selama 2 tahun ini.

Tidak lupa saya juga mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. Sukses Makmur apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini.

Saya sangat berharap PT. Sukses Makmur menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses menjadi “Nomor 1 di Indonesia”.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Resign dari Jabatan

Memiliki jabatan yang tinggi sudah selayaknya menjadi impian bagi sebagiab besar orang. Namun dikarenakan tanggung jawab yang lebih besar juga, maka bukan tidak mungkin anda berniat untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Maka dari itu, anda pun bisa membuat surat permohonan pengunduran diri dari jabatan dimaksud dan memberikannya kepada atasan anda. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Anton Syahputra, Manajer Keuangan PT. Sukses Makmur mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Bapak Direktur yang sudah mempercayakan jabatan ini kepada saya. Namun sejalan dengan jabatan yang tinggi, maka tanggung jawab yang harus saya lakukan juga semakin besar.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan rasa penyesalan dan permohonan maaf yang sedalam – dalamnya, serta tanpa mengurangi rasa hormat, saya bermaksud memohon pengunduran diri dari Jabatan Manajer Keuangan untuk dikembalikan ke jabatan yang lama sebagai Asisten Manajer Keuangan.

Saya berharap agar Bapak Direktur bisa mempertimbangkan permohonan saya ini dan mengabulkan permohonan saya demi kelancaran kinerja saya ke depannya agar mampu memberikan kontribusi yang maksimal sesuai dengan kemampuan saya.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan pertimbangan dari Bapak Direktur, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

8. Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar

Menulis contoh surat resign dengan baik dan benar sebenarnya bukanlah hal yang susah. Namun jika anda baru pertama kalinya menggunakan surat pengunduran diri, maka tidak ada salahnya mencari referensi agar bisa menulis surat pengunduran diri dengan baik dan benar. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, namun simpel untuk bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Anton Syahputra bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Sukses Makmur sebagai Karyawan Gudang terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2019 mendatang.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Sukses Makmur selama 3 tahun ini.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Sukses Makmur apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sadari ataupun yang tidak saya sadari. Saya berharap semoga PT. Sukses Makmur semakin maju dan berkembang pesat.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Seorang anak biasanya akan mengikuti tempat tinggal orang tuanya. Jadi, ketika orang tuannya tinggal di kota A, maka sang anak juga biasanya akan tinggal dan sekolah di kota A. Namun tidak tertutup kemungkinan jika orang tuanya pindah tugas kerja, sehingga mau tidak mau sang anak juga harus ikut dan harus pindah sekolah. Maka dari itu, sang orang tua bisa memberikan surat pengunduran diri kepada pihak sekolah dan mengurus kepindahan anaknya tersebut. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari sekolah yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, merupakan orang tua dari :

Nama Siswa:Muhammad Ilham
Kelas:X
Nomor Induk:1415.102.32

mengajukan pengunduran diri dari SMA Negeri 1 Medan untuk anak kami dengan nama tersebut di atas. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah karena saya selaku orang tua yang bekerja sebagai seorang TNI AD dipindah tugaskan ke Pekanbaru. Jadi, kami berpikir jika anak kami akan bersekolah disana nantinya mengikuti kami. Hal – hal yang berkaitan dengan administrasi untuk pindah sekolah, akan saya urus secepat mungkin.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya , atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,
Orang Tua Siswa,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Kuliah

Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun tidak tertutup kemungkinan jika seorang mahasiswa harus mengundurkan diri dari kuliah karena alasan tertentu. Maka dari itu, mahasiswa tersebut bisa terlebih dahulu memberikan contoh surat resign kuliah kepada pihak kampus. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri kuliah yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Rektor Universitas Sumatera Utara
Cq. Dekan Fakultas Ekonomi
di Tempat

Perihal : SURAT PENGUDURAN DIRI

Dengan segala hormat, saya yang bertanda tangan di bawa ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:89345748753875498
Jurusan:Ekonomi Bisnis
Semester:3 (Tiga)
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

dengan ini bermaksud memberitahukan jika saya mengundurkan diri dari keanggotaan mahasiswa dan aktivitas perkuliahan dari Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara dikarenakan alasan tertentu yang tidak bisa saya sebutkan disini. Saya berharap agar Bapak Dekan dan Bapak Rektor bisa memaklumi keputusan saya dan menghapus nama saya dari daftar keanggotaan mahasiswa di Universitas Sumatera Utara.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Mengetahui,

Mahasiswa Yang Bersangkutan,Orang Tua,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Bekerja sebagai seorang guru mungkin masih menjadi impian bagi banyak orang. Namun menjadi seorang guru tidaklah mudah, terlebih untuk menjadi seorang guru PNS. Namun jika anda memang berencana untuk mengundurkan diri atau pensiun dini, sebaiknya anda memberikan surat pengunduran diri guru terlebih dahulu kepada kepala sekolah. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri guru yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Perihal  : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,
Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juli 1973
Jabatan:Guru Teknik Komputer dan Jaringan
NUPTK:1362766668137003
Alamat:Jl. Mahemeru No. 123, Medan

Secara resmi terhitung semenjak 30 Agustus 2019 mendatang menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Teknik Komputer dan Jaringan di SMA Negeri 1 Medan. Adapun pengunduran diri saya ini karena saya ingin pulang kampung ke Tarutung dan menjalani kehidupan disana.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMA Negeri 1 Medan untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi. Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan  dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMA Negeri 1 Medan bilamana terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMA Negeri 1 Medan dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

12. Contoh Surat Permohonan Pengunduran Diri dari Partai Politik

Ada banyak partai politik yang sekarang ini berdiri di Indonesia dengan jumlah keanggotaan yang cukup banyak. Namun dengan pertimbangan dan alasan tertentu, anda bisa saja berniat untuk mengundurkan diri dari partai yang sedang anda ikuti. Maka dari itu, sebaiknya tetap memberikan surat permohonan pengunduran diri dari partai agar terlihat profesional. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari partai politik yang bisa anda pergunakan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth,
Bapak Anton Syahputra
Ketua Umum DPP Partai Maju Jaya
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Intan Permatasari, mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Maju Jaya yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi bagian dari pengurus Partai yang Bapak Pimpin.

Dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan permohonan pengunduran diri dari DPP Partai Maju Jaya Kota Medan, terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2019 mendatang.

Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya karena sudah tidak bisa lagi bergabung dan menjadi bagian dari kepengurusan partai yang Bapak pimpin. Tidak lupa saya juga ingin meminta maaf jika selama bergabung disini pernah berbuat salah dan bertindak yang kurang menyenangkan untuk Bapak Pimpinan dan rekan rekan sekalian.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenar benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terimakasih.

Medan, 07 Agustus 2019

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

Sejatinya, seorang karyawan kontrak memang tidak diperkenankan untuk mengundurkan diri dari pekerjaanya sebelum masa kontrak usai. Namun untuk alasan tertentu, maka hal ini bisa saja dipertimbangkan, seperti karena masalah kesehatan. Kendati demikian, anda harus tetap memberikan surat permohonan pengunduran diri dan menyampaikan permohonan maaf. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri karyawan kontrak yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Staff Gudang
Kontrak Kerja:Mei 2018 – Mei 2020
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Bermaksud mengajukan pengunduran diri kerja terhitung sejak 30 Agustus 2019 mendatang. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu istirahat yang lebih intensif, dan tidak bisa melanjutkan pekerjaan hingga masa kontrak kerja berakhir sesuai dengan kesepakatan yang sudah saya setujui. Saya menyampaikan permohonan maaf atas hal tersebut dan mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian, kerja sama, dan perhatian Bapak/Ibu sekalian, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Pengunduran Diri dengan Alasan

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang harus mengundurkan diri dari pekerjaanya. Mungkin saja mengundurkan diri dari pekerjaan karena alasan keluarga, karena alasan sakit, karena alasan hamil, dan lain sebagainya. Anda pun bisa menyampaikan alasan tersebut ketika menulis surat permohonan pengunduran diri. Di bawah ini adalah contoh surat resign dengan alasan tertentu yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan Hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Sukses Makmur sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Jabatan:Logistic and Planning Manager
Departemen:Keuangan
Alamat:Jln. Amal No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Sukses Makmur, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Tarutung. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

15. Contoh Surat Resign dari Alfamart/Indomaret

Bekerja di Alfamart ataupun Indomaret masih menjadi pilihan banyak orang sekarang ini, terutama mereka yang masih muda. Gaji yang lumayan dan jenjang karir yang memungkinkan menjadi alasan bekerja di alfamart dan indomaret cukup diminati. Namun jika anda ingin mengundurkan diri dari alfamart/indomaret, maka bisa memberikan surat permohonan resign terlebih dahulu. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri alfamart/indomaret yang bisa anda pergunakan.

Medan, 07 Agustus 2019

Kepada Yth,
Kepala Departemen HRD
PT. Sumber Alfaria Trijaya
di Tempat

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:87635863259865698
Jabatan:Pramuniaga
Toko:Alfamart Jamin Ginting

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Sumber Alfaria Trijaya terhitung sejak tanggal 30 Agustus 2019 mendatang.

Saya menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Sumber Alfaria Trijaya selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja. Saya berharap PT. Sumber Alfaria Trijaya dapat terus maju dan mendapat pencapaian terbaik.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Dewi Cahaya.

16. Contoh Surat Pengunduran Diri Doc/Word

Dokumen Surat Pengunduran Diri
Dokumen Surat Pengunduran Diri

Walaupun sudah ada banyak contoh surat pengunduran diri diatas tadi, namun mungkin saja anda ingin mendownload contoh surat pengunduran diri doc/word dalam bentuk file yang bisa didownload. Maka dari itu, di bawah ini sudah kami sediakan file contoh surat pengunduran diri doc yang bisa anda download, untuk kemudian diedit sesuai dengan kebutuhan sendiri.

17. Contoh Surat Pengunduran Diri Pdf

Selain contoh surat pengunduran diri doc, mungkin ada juga yang ingin mencari contoh surat pengunduran diri pdf. Anda pun tidak perlu khawatir karena di bawah ini kami sudah menyiapkan file surat pengunduran diri pdf yang bisa anda download dengan cepat.

18. Contoh Format Surat Pengunduran Diri

Beberapa contoh surat pengunduran diri di atas mungkin sudah cukup menjadi bahan referensi untuk anda dalam menulis surat pengunduran diri. Dan salah satu surat pengunduran diri yang paling sering digunakan adalah surat pengunduran diri dari pekerjaan di perusahaan. Maka dari itu, kami akan memberikan satu format surat pengunduran diri dari pekerjaan di bawah ini.

(Nama Kota dan Tanggal)

Hal : Pengunduran Diri

Kepada Yth,
. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
Jabatan: 
Departemen: 
Alamat: 

dengan perantara surat ini, saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun yang menjadi alasan saya adalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan dengan baik untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Tidak lupa, saya juga ingin meminta maaf kepada Bapak/Ibu, dan semua staff perusahaan jika ada kesalahan selama saya bekerja disini.

Saya berharap agar perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin bisa semakin berkembang ke depannya dan bisa mensejahterakan seluruh karyawan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya perbuat, atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

(Nama Anda).

Penutup

Penggunan berbagai contoh surat pengunduran diri sejatinya memang sangat diperlukan oleh berbagai pihak. Baik ketika mengunduran diri dari kerja, dari sekolah, dari organisasi, dari partai politik, dan lain sebagainya. Ada juga mungkin yang mencari surat pengunduran diri doc untuk kemudian diedit sesuai dengan keinginan sendiri. Itulah tadi beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa anda pergunakan untuk berbagai keperluan pengunduran diri.